6 Cara Screenshot di Laptop Acer OS Windows 10 dan 7

Kesulitan screenshot layar di laptop Acer? Tidak perlu khawatir karena sudah banyak cara untuk melakukannya. Bagaimana cara screenshot di laptop acer tersebut?

Dalam beberapa kesempatan, fitur screenshot pada laptop akan dibutuhkan oleh pengguna.

Contohnya dalam membuat laporan ataupun kebutuhan lainnya. Namun, bagaimanakah cara screenshot di laptop acer khusunya OS windows 10?

Cara melakukan hal ini sebenarnya sudah tersedia dikeyboard laptop. Tapi saat tidak mengetahuinya, hal ini akan menyulitkan.

Lantas, bagaimanakah cara screenshot laptop acer? Temukan jawabannya dengan membacanya di bagian berikutnya.

Setelah dicari tahu, terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk melakukan screenshot. Cara yang dimaksud, akan dijelaskan dibawah ini.

Berikut langkah-langkah screenshot di laptop acer yang benar:

Tombol Windows+H

Hal yang biasa dilakukan untuk screenshot adalah menekan tombol windows dan huruf H. Lakukan secara bersamaan, agar mendapatkan hasil. Cara ini juga dapat dilakukan untuk laptop Acer 13 yang merupakan produk terbaru dari Acer.

Tombol ini akan membantu mengarahkan layar ke windows share toolbar. Fitur ini akan membantu mengirimkan file yang discreenshot langsung ke media sosial rekan. Dengan catatan, media sosial tersebut sudah terhubung sebelumnya.

Tombol Alt+ PrSc/PrtScn

Selain cara pertama, anda yang kesulitan dengan cara itu dapat mencoba cara lainnya. Dalam hal ini mencoba menekan tombol Alt-PrSc. Tombol ini akan membantu untuk screenshot jendela yang sedang aktif.

Tapi ada satu kekurangan dari penggunaan tombol ini. Dimana, anda tidak dapat menggunakannya untuk menyimpan hasil screenshot secara langsung. Jadi, harus dilakukan tindakan lainnya untuk dapat menyimpan hasil screenshot atau edit lainnya.

Tombol PrSc

Pada laptop Acer khususnya untuk windows 10, anda dapat menggunakan tombol PrSc untuk screenshot layar yang aktif. Untuk cara screenshot di laptop acer ini tidak membutuhkan bantuan tombol lain. Karena hanya dengan menekannya, screenshot aktif.

Cara ini lebih banyak digunakan dibandingkan cara lainnya. Karena lebih praktis saat digunakan. Hasil cara screenshot di laptop acer windows 10 dapat dibuka secara langsung pada folder tertentu. Karena ternyata sudah dilakukan perubahan sebelum dikeluarkan.

Tombol Windows+PrSc

Inilah cara yang biasa dilakukan untuk screenshot layar laptop, yaitu dengan menekan tombol windows+PrSc. Tombol ini harus ditekan secara bersamaan saat akan digunakan. Hal inilah yang akan memberikan hasil untuk screenshot halaman yang diinginkan.

Hasil yang diberikan dari cara ini adalah seluruh layar akan ditampilkan maksimal. Untuk membukanya, anda dapat melihatnya melalui windows this PC picture dan buka folder screenshot. Di sanalah, akan terlihat beberapa hasil screenshot yang dilakukan.

Software Snip Editor

Nama lain dari software inilah microsoft snip yang di setiap laptop. Aplikasi ini menarik untuk dimilikki, karena anda dapat mengubah hasil capture sesuai kebutuhan. Hasil screenshot yang diberikan pun tidak main-main, yakni seluruh tampilan layar.

Bila dibandingkan dengan cara melakukan screenshot di laptop acer lainnya, software ini dianggap lebih unggul. Karena pengguna dapat melakukan editing secara langsung. Beberapa fitur yang dapat digunakan adalah menambahkan teks, gambar hingga suara.

Untuk mendapatkannya secara gratis bisa didapatkan di: snip free.

Software Snipping Tool

Satu lagi jenis software yang dapat membantu screenshot adalah snipping tool. Software ini sudah cukup terkenal dan telah digunakan sejak zaman windows Vista. Untuk menggunakan software ini, ikuti beberapa langkah dibawah ini,

  • Masuk pada menu start. Karena disanalah terdapat berbagai menu yang termasuk aplikasi dalam laptop.
  • Tekan menu all program, menu inilah yang akan mengantarkan pada setiap program yang dimilikki. Lanjutkan dengan masuk pada menu windows accesoris. Disanalah anda akan menemukan software snipping tool. Untuk lebih cepat silahkan ketik saja di pencarian windows: snipping tool.
  • Untuk memulainya, anda cukup menekan tombol new. Setelahnya akan didapatkan hasil screenshot layar, sesuai dengan yang dibutuhkan.

Bila dibandingkan software lain, software memiliki keunggulan. Karena cukup kaya fitur, anda dapat menggunakan fitur seperti free form maupun fitur full-screen nips.

Anda yang kesulitan untuk melakukan cara-cara ini, dapat melihat tutorial melalui video.

Carilah video melalui mesin pencari dan melakukannya sesuai dengan penjelasan.

Jika demikian, maka cara screenshot di laptop acer, sudah dipastikan akan berhasil. Dan, tidak perlu lagi ada kebingungan untuk melakukannya secara berulang.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *