Ampuh, Ini 8 Cara Cas Hp Samsung Secara Cepat dan Tepat

Samsung merupakan merk HP yang paling banyak digunakan sebab brand ini menghadirkan banyak teknologi dan inovasi baru yang selalu membuat penggemarnya melekat.

Terutama saat jamannya smartphone merajalela seperti sekarang ini, samsung seakan jadi daya tarik tersendiri bagi pasar android.

Bicara mengenai ponsel, pastinya semua ponsel perlu melakukan ritual wajib seperti pengisian baterai.

Sekalipun pengisian daya menggunakan charger ini kerap dilakukan namun ternyata masih banyak juga yang belum mengetahui seperti apa cara mengisi daya yang aman.

Sehingga hasilnya baterai jadi cepat rusak atau istilahnya ngedrop. Maka dari itu untuk menghindari hal tersebut, di bawah akan dijelaskan cara charge HP Samsung yang benar pengisian juga berjalan lebih optimal.

Cara charge HP Samsung yang Cepat dan Benar:

Selalu Gunakan Charger Asli

Istilah barang yang asli selalu lebih baik daripada yang kw memang benar adanya.

Alasannya charger original yang Anda dapatkan ketika pembelian memang disesuaikan spesifikasinya dengan arus dan tegangan yang dibutuhkan baterai HP saat pengisian.

Charger original sendiri juga sudah melewati pengujian dan standarisasi keamanan bagi smartphone.

Oleh karena itu sebaiknya selalu gunakanlah charger original, kalaupun charger Anda telah rusak belilah lagi yang asli dan sesuai dengan spesifikasi charger yang lama.

Manfaat penggunaan charger asli selain lebih awet, waktu yang dibutuhkan untuk pengisian daya juga tidak terlalu lama.

Jangan Mengandalkan Port USB untuk Mengisi Baterai

Pengisian daya memang tidak hanya bisa dilakukan melalu charger saja, contohnya sepeti menggunakan kabel usb yang terhubung ke PC atau laptop. Tapi coba bandingkan mana pengisian yang lebih cepat? Pasti kebanyakan menjawab pengisian melalui charger akan lebih cepat.

Hal ini dikarenakan port USB pada PC atau laptop hanya mengeluarkan arus 0,5 Ampere saja, sedangkan kebanyakan charger mengeluarkan arus 1 – 2 Ampere.

Tentu saja hal ini membuat pengisian daya tidak optimal, karena sebenarnya kabel yang terhubung ke PC cuma sebatas sebagai transfer file saja.

Arus yang dikeluarkan pun hanya berfungsi agar HP tetap standby walaupun presentase baterai tidak berubah.

Charging Dalam Keadaan Mati

Mungkin mematikan HP masih terasa berat bagi sebagian orang, namun tidak dapat dapat dipungkiri bahwa cara ini masih yang paling efektif agar daya baterai terisi dengan optimal.

Dengan kondisi ponsel yang mati secara total maka arus listrik yang diterima akan lebih terfokus, kemudian komponen seperti baterai pun akan lebih awet.

Cara charge HP Samsung ini sangat direkomendasikan. Apalagi jika HP yang Anda gunakan memakai baterai tanam, tentunya Anda harus lebih berhati-hati saat melakukan pengisian, karena penggantian baterai tanam tidaklah mudah.

Menggunakan Mode Penerbangan

Lain halnya dengan mematikan ponsel cara ini merupakan alternatif bagi Anda yang enggan mematikan HP.

Dengan menggunakan mode penerbangan maka beberapa aktivitas yang memakan daya seperti internet maupun penerimaan sinyal akan dimatikan.

Pada mode ini tentu saja HP Anda tidak akan bisa digunakan untuk berkomunikasi dalam bentuk apapupun.

Walaupun pada dasarnya ponsel Anda tetap menyala saat menggunakan mode ini tapi pengisian ponsel pada HP Anda dijamin akan lebih cepat.

Penyebab kenapa pengisian ponsel baterai di ponsel Anda berjalan lama karena sinyal di Indonesia sendiri kurang stabil sehingga saat reviewer selalu bekerja untuk menguatkannya.

Penerima sinyal yang bekerja terlalu keras akan menyedot daya baterai terus-terusan sehingga pengisian tidak optimal, maka dari itu sempatkanlah untuk menghidupkan mode penerbangan saat melakukan charging.

Memakai Charger Quick Charge

Beberapa charger pada HP samsung keluaran terbaru menggunakan fitur quick charge.

Sesuai namanya fitur ini memungkinkan Anda mengisi daya baterai secara cepat dengan cara memasukkan arus sebanyak mungkin pada saat pengisian.

Arus yang digunakan disini berkisar antara 2 – 3 Ampere, namun harus diperhatikan juga kapasitas baterai pada HP Anda, karena tidak semua ponsel dapat menggunakan quick charge.

Namun, kekurangan dari quick charge ini dapat menyebabkan baterai ponsel Anda menjadi cepat panas walaupun cuma di awal pengisian.

Karena pada dasarnya arus listrik yang digunakan lumayan besar, akan tetapi saat HP Anda mencapai persentase pengisian 90 – 100% maka arus tadi otomatis akan diturunkan.

Mengisi Daya Baterai Saat Suhu HP Dingin

Saat mengisi daya kebanyakan suhu baterai pada HP Samsung akan mengalami peningkatan dan menyebabkan panas.

Walaupun sebenarnya kondisi ini merupakan hal yang wajar, sebab arus lisrik yang mengalir ke dalam baterai menimbulkan reaksi kimia dan menyebabkan pelepasan kalor.

Begitu juga saat digunakan terlalu lama suhu HP akan meningkat, maka cara charge HP Samsung yang benar adalah menunggu agar suhu HP menurun terlebih dulu.

Jangan Bermain Game Saat Mengisi Daya

Mungkin hal ini sudah jadi kebiasaan bagi sebagian orang yang gemar bermain game hingga tidak bisa meletakkan ponselnya begitu saja bahkan saat mengisi daya.

Padahal hal ini amatlah tidak baik, karena suhu HP dapat meningkat drastis.

Bukan hanya merusak baterai, komponen seperti processor pun akan terpengaruh hingga akhirnya menyebabkan performa HP Anda menurun. Bahkan dalam beberapa kasus baterai dapat meledak karena suhu yang terlalu ekstrem.

Memakai Kabel USB Original dan Berkualitas

Sama halnya dengan charger,kabel USB yang Anda pakai pun harus diperhatikan kualitasnya agar sumber daya dapat dihantarkan dengan baik.

Walaupun memiliki harga yang sedikit lebih mahal namun keawetan kabel ini pun tidak dapat disamakan dengan kabel USB murahan yang dapat rusak dalam hitungan minggu.

Biasanya pada kabel yang mendukung quick charge bahkan bisa lebih mahal lagi dimana harganya bisa mencapai ratusan ribu Rupiah.

Hal ini dikarenakan kabel tersebut didesain lebih kokoh dan terbuat dari bahan penghantar dan isolator yang baik. Selain itu terdapat juga fitur tambahan yang tidak ada dalam kabel USB bawaan charger ori.

Seperti itulah cara charge HP Samsung yang cepat dan optimal. Adapun kesimpulan yang dapat diambil dari rangkuman di atas seperti menggunakan charger ori dan juga mematikan HP saat pengisian.

Untuk hp yang lainnya:

Selain daya baterai dapat terisi dengan baik, komponen baterai pada HP Anda pun juga lebih awet dan tidak boros energi.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *