Cara Cas Hp Vivo Secara Cepat Dalam Beberapa Jam Saja

Sebagai pengguna smartphone baik itu iOS, android, Windows, atau ponsel lainnya tak bisa dipungkiri jika pengisian daya atau charging sangatlah penting.

Jadi walaupun hp yang Anda gunakan memiliki embel-embel ponsel yang sangat hemat daya, proses charging tidak bisa dilupakan begitu saja, termasuk ponsel Vivo.

Tahukah Anda jika ponsel Vivo bisa diisi dayanya hanya dalam 1 jam? Lalu bagaimana cara charge ponsel Vivo dalam 1 jam yang benar?

Mengisi daya tak boleh dilakukan secara sembarangan. Sering ditemukan di sekitar kita jika para pengguna smartphone melakukan charging dengan asal-asalan seperti memakainya saat dicas, ataupun asal cabut walau daya belum penuh dan memasangnya lagi sesuka hati.

Hal-hal seperti itu bisa merusak ponsel Anda sendiri. Pengisian daya berpengaruh pada ketahanan atau durability baterainya yang juga berpengaruh ke komponen yang lain.

Berikut cara cas hp Vivo cepat kurang lebih dalam 2 jam yang bisa diterapkan:

Pakai Charger Ori Keluaran Vivonya

Langkah pertama ini sepertinya mutlak harus dilakukan setiap pengguna smartphone.

Gunakan charger yang asli keluaran dari ponsel tersebut. Selain karena sudah berstandar dari Vivo, charger asli bisa menghindarkan dari kemungkinan ponsel rusak.

Jika charger orinya sudah rusak maka belilah yang original juga. Walaupun mahal namun bisa membuat baterai ponsel jadi lebih tahan lama. Jadi Anda tak perlu khawatir baterai cepat rusak.

Proses Charging Harus Langsung dari Chargernya

Yang satu ini juga sederhana namun tak kalah penting. Sering kali orang melakukan charging tidak langsung dari chargernya seperti misalnya lewat USB yang terhubungkan ke PC atau laptop. Padahal hal itu tidak dibenarkan karena bisa merusak baterai ponsel.

Slot USB yang ada di PC atau laptop biasanya mempunyai arus sebesar 0,5 Ampere.

Jadi walaupun bisa digunakan sebagai charger namun fungsi utamanya sebenarnya lebih ke membantu memperpanjang waktu stand by saja.

Tak heran jika Anda mengecasnya maka butuh waktu yang sangat lama untuk penuh dibandingkan saat memakai charger orinya.

Menggunakan Mode Pesawat Saat Proses Charging

Setiap ponsel termasuk Vivo pada dasarnya merupakan ponsel biasa yang telah dibekali dengan sejumlah kemampuan terbaru.

Walau bagaimanapun setiap ponsel akan selalu berusaha menangkap sinyal dari operator yang ada supaya bisa tetap konek dan dapat dipakai sebagai sarana komunikasi.

Yang menjadi masalah adalah sinyal seluler operator yang ada di negara ini kadang turun kadang pula naik.

Dengan begitu maka ponsel akan kesulitan membuat stabil penerimaan sinyalnya. Jadi hal itulah yang membuat baterai bisa terkuras.

Padahal prinsip proses charging yaitu pengisian daya dari charger ke ponselnya. Maka dianjurkan untuk menyalakan mode pesawat saat sedang melakukan proses charging.

Gunakan Charger yang Support Quick Charge (Rekomendasi)

Tak berbeda jauh dengan poin pertama, pemakaian charger yang sudah mendukung Quick Charge bisa membuat pengisian jadi lebih cepat.

Dengan menggunakan charger model itu Anda bisa mempersingkat waktu pengisian jadi efisiensi panas dari baterai juga tak terlalu lama.

Meskipun dengan memakai charger tersebut bisa beresiko baterai jadi cepat panas namun hal tersebut hanya terjadi pada awal pengisian.

Apalagi jika baterai ponsel Vivo Anda sangat sedikit. Hal itu dikarenakan cara kerjanya yang menyuntikkan arus listrik dengan maksimal.

Penyuntikkan arus listrik itu bahkan bisa menyentuh 3 Ampere pada awal diisi. Namun, tingkat Ampere itu akan menurun seiring dengan terisinya baterai.

Lakukan Charge Saat Dingin

Cara charge ponsel Vivo dalam 1 jam yang efektif selanjutnya adalah dengan mengisi daya saat ponsel ada di keadaan dingin.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya jika pengisian daya bisa membuat panas jadi timbul maka langkah terbaik adalah mengisinya saat ponsel tidak panas.

Hal itu wajar saja karena listrik yang masuk ke baterainya bisa menimbulkan reaksi kimia yang berdampak pada munculnya panas.

Jadi usahakan saja untuk charging ketika ponsel sudah adem. Tunggu sejenak jika Anda habis memainkannya dalam waktu lama.

Apalagi jika baru dipakai bermain game online. Dengan mengisinya saat dingin maka baterai bisa terisi secara optimal. Masa pakai baterainya jadi lebih lama dan awet.

Usahakan Tidak Melakukan Charging Ketika Ponsel Menyala

Cara keenam ini adalah salah satu cara terpenting yang harus dilakukan saat melakukan charging.

Pengisian baterai saat ponsel ada di keadaan mati total akan membuat prosesnya jadi lebih optimal.

Sebenarnya cara ini lebih efektif ketimbang menyalakan mode pesawat. Hal itu dikarenakan arus listrik yang masuk hanya fokus ke pengisian dayanya saja. Jadi durasi pengisian menjadi lebih pendek.

Karena panas yang dihasilkan juga sedikit alias di awalnya saja maka kelebihan dari pengisian dengan cara ini adalah komponen lain bisa terbantu terjaga. Masa pemakaian komponen lain bisa lebih lama juga termasuk baterai ponsel Vivo Anda.

Tidak Main Game Saat Charge

Selanjutnya adalah saat Anda melakukan charging jangan pernah memainkan game dari ponsel tersebut.

Jika sebelumnya Anda terbiasa melakukan itu maka hentikanlah mulai sekarang.

Memainkan ponsel saat dicas bisa sangat mengganggu. Selain karena kabelnya yang menjalar, panas dari ponsel itu bisa membuat tangan Anda terasa tak nyaman juga.

Memakai Kabel Dengan Kualitas Bagus (Ori)

Yang terakhir adalah memakai kabel dengan kualitas bagus alias ori. Kualitas kabel berpengaruh besar terhadap proses pengisian dayanya.

Terlebih jika chargernya berfitur Quick Charge dari Qualcomm. Jangan pernah berpikir jika kabel USB apapun bisa aman saat dipakai. Apalagi jika kabel tersebut dibeli dengan harga yang kelewat murah.

Gunakan saja yang ori. Anda tak perlu heran apabila charger dengan fitur Quick Charge harganya lebih mahal.

Hal itu dikarenakan kabelnya dibuat dengan bahan terbaik dan ditambah dengan fitur yang tidak disematkan di kabel bawaan Vivo.

Itulah tadi daftar 8 cara charge ponsel Vivo dalam 1 jam yang benar. Bagi Anda yang memiliki ponsel Vivo di rumah mungkin bisa mencoba semua cara di atas untuk membuktikannya.

Yang jelas semua cara di atas terbilang efektif untuk menjaga ketahanan baterai dan komponen lain smartphone Vivo Anda. Semoga penjelasan ini bisa berguna dan menambah informasi.

You May Also Like

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *