8 Tips dan Cara Cas HP Xiaomi Agar Cepat dan Tahan Lama

Merawat smartphone dengan benar akan membantu membuat smartphone Anda bertahan lebih lama. Salah satu perawatannya adalah dari segi pengisian daya.

Ya, kebanyakan pengguna smartphone sering mengalami masalah pada baterainya karena cara pengisian daya yang salah.

Bagi Anda para pengguna smartphone Xiaomi, beberapa tips dan cara charge HP Xiaomi berikut bisa menjadi referensi pengisian daya baterai HP Xiaomi Anda agar bisa bertahan lebih lama.

Mengisi daya baterai adalah sebuah hal yang harus dilakukan setiap pemilik smartphone untuk menjaga agar tetap bisa berkomunikasi dengan baik.

Sayangnya tidak semua orang mengetahui bagaimana seharusnya mengisi daya baterai yang baik dan benar.

Hal ini kemudian memberi dampak besar bagi smartphone itu sendiri. Akibat yang sering terjadi adalah ketahanan baterai semakin berkurang, baterai bisa rusak, bahkan jika dibiarkan bisa saja mengganggu komponen lainnya yang ada di dalam smartphone itu.

Untuk itulah setiap pengguna smartphone harus tahu bagaimana cara mengisi daya baterai yang baik agar baterai bisa bertahan lama.

Bagi Anda pengguna smartphone Xiaomi, tips dan cara charge HP Xiaomi yang akan dijelaskan di bawah ini harus Anda perhatikan dan terapkan saat mengisi ulang daya baterai ponsel Anda.

Jika Anda bisa menerapkan cara-cara di bawah ini, maka dijamin ketahanan baterai ponsel Xiaomi Anda bisa lebih lama.

Berikut ini Cara Cas hp xiaomi agar cepat dan tahan lama:

Pakai Charger Original/Asli Xiaomi

Cara pertama yang harus Anda lakukan saat mengisi ulang daya / charge HP Xiaomi adalah dengan menggunakan charger originalnya.

Charger original buatan pabrik sudah pasti menjamin keamanan saat proses charging.

Hal ini karena setiap produsen smartphone, termasuk Xiaomi, pasti sudah memiliki standar tersendiri dalam membuat ponsel beserta perangkat pendukungnya.

Jadi jika memang charger original Anda rusak, akan lebih baik jika Anda membeli baru yang original pula.

Meskipun memang sedikit lebih mahal, namun jika bisa menjamin keamanan ponsel Anda, mengapa tidak?

Charge Langsung dari Charger

Anda pasti bingung dengan langkah atau cara mengisi daya baterai satu ini.

Terkadang ada beberapa orang yang memilih melakukan pengisian ulang melalui perangkat lain seperti laptop atau komputer karena satu dan lain sebab.

Kebiasaan inilah yang bisa membawa pengaruh buruk pada ponsel Anda. Karena itu, cara mengisi daya baterai Xiaomi yang benar agar bisa membuat smartphone Anda tahan lama adalah dengan mengisi langsung menggunakan chargernya.

Charge dengan Mode Pesawat (Aiplane Mode)

Cara mengisi ulang daya (charge) Xiaomi yang benar selanjutnya yang bisa menjamin keamanan dan daya tahan baterai Xiaomi Anda adalah dengan mengaktifkan mode pesawat saat melakukan charging.

Pada dasarnya meskipun smartphone sudah dibekali teknologi canggih, sistem di dalamnya masih harus menangkap sinyal yang ada.

Keadaan inilah yang membuat ponsel masih harus bekerja dan menguras baterai bahkan saat dicharge.

Karena itu untuk menghindari hal tersebut, lakukan pengisian dengan posisi ponsel dalam keadaan mode pesawat terbang agar daya yang terisi tidak kembali terbuang.

Coba Pakai Charger dengan Teknologi Quick Charge

Agar proses pengisian daya baterai atau charging HP Xiaomi Anda bisa lebih cepat hingga hanya membutuhkan waktu hanya 1 jam, cara selanjutnya adalah dengan menggunakan perangkat charger yang sudah didukung dengan teknologi fast charging.

Teknologi ini sekarang sudah banyak ditanamkan pada ponsel keluaran terbaru. Selain bisa membuat proses pengisian daya jadi lebih cepat, fitur fast charging juga akan membuat baterai jadi tidak cepat panas.

Pada awalnya mungkin memang akan terasa panas, namun itu tidak akan bertahan lama. Proses pengecasan pun jadi lebih cepat.

Jangan Mengisi Daya saat Ponsel dalam Keadaan Panas

Sudah disinggung pada poin di atas jika saat mengisi ulang daya baterai akan timbul panas yang diakibatkan oleh reaksi kimia yang timbul saat proses pengisian.

Karena itu, jika ingin proses pengisian daya baterai bisa lebih cepat, coba dinginkan dulu baterai pada suhu ruang.

Jangan coba-coba mendinginkan dengan cara tiba-tiba seperti memasukkannya ke lemari pendingin.

Diamkan saja ponsel di suhu ruangan sampai ponsel dingin, apalagi setelah digunakan untuk bermain game. Dengan cara ini, proses pengisian daya bisa lebih efektif.

Charge dalam Keadaan Off

Cara ini tergolong lebih etektif untuk membuat proses pengisian baterai jadi lebih cepat dibandingkan dengan mengaktifkan mode pesawat.

Saat dalam posisi mati atau off, daya yang masuk dari proses charging hanya akan fokus untuk pengisian saja.

Saat dalam posisi mati, panas yang dikeluarkan juga lebih minim dibandingkan saat mengisi dalam keadaan hidup.

Selain itu, mengisi daya dalam keadaan ponsel mati juga bisa membuat daya tahan komponen lain di dalam smartphone jadi lebih tinggi. Hal ini tentu akan membuat Hp juga tidak cepat rusak, terutama baterainya.

Saat Proses Charging, Jangan Digunakan untuk Bermain Game

Ini adalah kebiasaan buruk yang sering diabaikan oleh pengguna smartphone.

Menggunakan ponsel untuk bermain game atau sekedar memainkannya. Kebiasaan ini tidak hanya akan membuat proses charging jadi sangat lama, panas yang dihasilkan dari proses charging plus aplikasi yang berjalan karena digunakan juga akan membuat komponen smartphone lama kelamaan akan mengalami masalah. Jika diteruskan bukan tidak mungkin justru akan merusak baterai dan ponsel Anda.

Pakai USB Original

Banyak yang meremehkan hal ini, namun percaya atau tidak, kabel USB yang berkualitas akan menentukan proses charging ponsel Anda.

Sama seperti perangkat charger, menggunakan USB original pasti lebih aman dibandingkan dengan USB abal-abal yang bisa didapatkan dengan mudah di pasaran.

Tak heran ada pengguna yang memilih menggunakan USB meskipun dengan harga yang sangat mahal, karena USB ini dibuat dengan bahan khusus berkualitas serta dilengkapi dengan fitur-fitur khusus.

Proses charging merupakan proses yang akan menentukan kinerja dan daya tahan ponsel.

Karena itu, setiap pengguna smartphone sebaiknya mengetahui bagaimana cara mengisi ulang daya baterai, selain agar cepat terisi penuh juga untuk membuat baterai bisa bertahan lebih lama.

Untuk hp yang lainnya:

Cara charge HP Xiaomi agar cepat penuh dan tahan lama di atas bisa menjadi tips yang bermanfaat untuk mengisi ulang daya baterai bagi Anda pengguna ponsel Xiaomi.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *