Charging iPhone Tidak Berfungsi: Penyebab, Klasifikasi, Solusi

Smartphone seperti iPhone menggunakan baterai untuk memudahkan penggunaannya di mana saja dan kapan saja.

Baterai iPhone perlu diisi secara berkala agar bisa digunakan terus menerus.

Apabila proses pengisian daya baterai bermasalah, Anda akan kesusahan ketika beraktivitas menggunakan smartphone.

Masalah baterai iPhone yang sering ditemui adalah proses charging iPhone tidak berfungsi mulai dari dicharge berkurang atau tidak mengisi sama sekali.

Coba saja lihat:

Permasalahan tersebut harus diatasi dengan segera supaya aktivitas bisa berjalan lancar dan kerusakan tidak merembet ke bagian lain.

Apple mengklaim rata-rata umur penggunaan baterai iPhone adalah 2 tahun.

Lebih dari waktu tersebut, sudah sewajarnya jika proses charging iPhone mulai menemui kendala.

Namun umur penggunaan tersebut bisa lebih pendek terutama jika proses charging tidak sesuai aturan.

Ada banyak faktor yang menyebabkan proses charging menjadi bermasalah.

Beberapa di antaranya adalah mengisi daya baterai terlalu lama, penggunaan charger palsu, iPhone dibiarkan mati sebelum dicharge, dan penggunaan sumber listrik tidak benar yang terlalu sering.

Hindarilah faktor-faktor tersebut supaya perangkat bisa bekerja dengan normal dan umur penggunaan sesuai dengan klaim Apple.

Charging iPhone Tidak Berfungsi: iPhone Dicharge Malah Berkurang

Salah satu permasalahan charging adalah baterai dicharge malah berkurang.

Hal ini ditunjukkan dengan persentase baterai berkurang meskipun iPhone tersambung ke sumber listrik.

Jika dibiarkan baterai akan habis dan iPhone tidak bisa digunakan. Bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut? Lakukan cara-cara berikut untuk membuat proses charging bekerja normal lagi.

Menggunakan aksesoris Apple bersertifikat

Apple tidak hanya mengeluarkan produk smartphone. Mereka juga mendukung smartphone dengan aksesoris yang sesuai.

Setiap aksesoris tersebut memiliki sertifikat yang tidak dimiliki oleh aksesoris palsu. Hal pertama yang harus Anda periksa adalah kesesuaian aksesoris yang Anda gunakan.

Apabila baterai iPhone benar-benar habis, layar iPhone akan tetap menjadi hitam meskipun sudah terhubung dengan sumber listrik.

Setidaknya Anda membutuhkan waktu 10 menit bagi iPhone sebagai indikator bahwa smartphone tersebut sedang diisi.

Membersihkan konektor USB

Jika aksesoris yang Anda gunakan sudah sesuai dan asli, cara selanjutnya adalah memeriksa kebersihan dari aksesoris tersebut.

Kotoran, debu, dan minyak bisa membuat konektor USB tidak bekerja sesuai fungsi normalnya sehingga proses charging iPhone tidak berfungsi maksimal.

Hal ini ditunjukkan dengan adanya notifikasi bertuliskan “Aksesoris Anda Tidak Bersertifikat” meskipun saat itu sedang menggunakan konektor USB asli.

Langkah yang perlu dilakukan adalah memeriksa konektor USB yang terletak di bagian bawah.

Bersihkan secara perlahan bagian konektor USB menggunakan kain lembut, vacuum, atau peniup lensa.

Jangan membersihkan konektor menggunakan air supaya perangkat elektronik tidak rusak.

Apabila konektor USB sudah bersih, cobalah untuk menyambungkan kabel USB lagi ke sumber listrik. Jika notifikasi sebelumnya masih muncul, maka cobalah untuk mengganti aksesoris yang berbeda.

Charging iPhone Tidak Berfungsi: iPhone Dicharge Tidak Lebih dari 80%

Permasalahan charging lain yang sering ditemui adalah iPhone tidak bisa dicharge sampai 100% penuh.

Tanda bahwa baterai tidak bisa diisi penuh adalah iPhone akan berhenti mengisi daya ketika persentase baterai mencapai 80%. Adanya permasalahan ini memunculkan fitur baru dari Apple.

Apple memberikan fitur dengan tujuan menjaga kestabilan perangkat elektronik.

Ketika pengisian daya mencapai 80%, suhu perangkat akan meningkat drastis.

Kondisi ini berlaku di iPhone dan Android. Fitur Apple untuk mengatasi kondisi ini adalah memperlambat laju daya pengisian.

Laju pengisian daya akan kembali normal ketika suhu sudah turun dan stabil. Anda juga bisa mengisi di tempat yang dingin agar laju pengisian daya stabil.

Jika Anda sering menemui kendala seperti ini, maka terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan.

Pertama, charge iPhone dalam ruangan yang sejuk dan jauhkan dari paparan panas seperti sinar matahari atau kompor. Kedua, jangan gunakan iPhone ketika sedang dicharge.

Adanya aktivitas ketika iPhone dicharge akan membuat suhu semakin tinggi. Terakhir, jangan terlalu sering menggunakan sumber listrik semacam power bank dan laptop.

Arus yang dihasilkan berbeda dengan stop kontak sehingga dapat menyebabkan suhu iPhone ikut terpengaruh ketika dicharge.

Charging iPhone Tidak Berfungsi: iPhone Mati Total dan Charge Tidak Masuk

Pengguna juga menemukan masalah berupa iPhone mati toal dan ketika dicharge tidak masuk.

Faktor yang menyebabkan masalah ini adalah pengisian daya iPhone dilakukan ketika iPhone mati total atau baterai 0%. Untuk mengatasi hal tersebut bisa dilakukan langkah-langkah berikut.

Sambungkan iPhone ke sumber listrik

Sambungkan iPhone ke sumber listrik yang benar seperti stop kontak menggunakan charger asli. Tunggu sampai sekitar 30 menit sampai daya baterai terisi.

Restart iPhone

Jika iPhone tetap tidak menyala meskipun sudah dicharge selama 30 menit, restart iPhone Anda. Tekan tombol power dan home secara bersamaan selama 8 detik sampai logo Apple muncul. Tunggu sampai iPhone hidup kembali.

Ciri-Ciri Baterai iPhone Bocor dan Charging iPhone Tidak Berfungsi

Apabila semua cara sebelumnya sudah dilakukan tetapi tidak memberikan hasil signifikan, maka Anda perlu curiga masalah bersumber di baterai iPhone. Permasalahan ini bisa berawal dari baterai iPhone yang bocor. Anda perlu tahu tanda-tanda baterai iPhone bocor untuk bisa mengatasinya. Berikut tanda baterai iPhone bocor.

Persentase baterai cepat habis

Melihat persentase baterai dapat dilakukan dengan melihat di status bar. Sebagai pengguna, Anda pasti bisa menilai apakah persentase baterai cepat habis atau tidak.

Anda bisa membandingkan lama penggunaan baterai ketika awal penggunaan smartphone dengan saat ini.

Selain itu, tanda baterai cepat habis adalah penurunan daya baterai yang tiba-tiba. Misalnya daya baterai awal adalah 90% lalu tidak lama menjadi 25%. Kondisi ini sangat tidak normal dan menunjukkan baterai iPhone bocor.

Baterai iPhone menggelembung

Kondisi fisik bisa menjadi salah satu parameter untuk mengetahui baterai iPhone bocor.

Baterai bocor bisa disebabkan karena pengisian daya yang berlebihan, contohnya Anda tidur ketika iPhone dicharge sehingga pengisian daya berlangsung semalaman.

Apabila hal ini dilakukan terus menerus, kondisi baterai akan semakin rusak. Baterai menggelembung tidak hanya menimbulkan masalah saat pengisian, tetapi juga membahayakan pemiliknya.

Baterai menggelembung dapat berpotensi membocorkan zat di dalamnya, bahkan dapat menimbulkan ledakan.

iPhone sering mati mendadak

Efek dari baterai iPhone gampang habis adalah iPhone sering mati mendadak. Hal ini terjadi terutama ketika iPhone digunakan untuk browsing atau bermain game.

Ketika iPhone mati mendadak, maka Anda perlu waspada karena kinerja baterai iPhone menurun dan tidak optimal.

Segera tangani supaya kerusakan baterai tidak menjalar ke perangkat elektronik lain. Anda bisa memperbaiki dengan mengganti baterai iPhone menjadi baterai baru yang asli dan masih normal.

Berbagai masalah charging iPhone tidak berfungsi bisa muncul dalam beragam kondisi, mulai dari iPhone dicharge malah berkurang, iPhone dicharge tidak penuh, dan iPhone mati total dan dicharge tidak masuk.

Setiap kondisi disebabkan oleh penyebab yang berbeda dan solusi yang berbeda pula. Terapkan solusi yang sesuai dengan permasalahan Anda. Semoga uraian di atas bisa membantu.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *