Ciri-ciri Baterai Hp Cepat Habis, Bocor, dan Mulai Lemah

Mengetahui ciri-ciri baterai hp rusak, baik ciri-ciri baterai tanam rusak maupun ciri-ciri baterai non removable bocor perlu untuk diketahui, karena baterai pada hp jenis smartphone yang banyak digunakan saat ini rentan rusak atau bocor dibandingkan dengan hp jadul yang juga dikenal dengan hp candybar atau hp flip tanpa OS (Operating System).

Hal tersebut disebabkan karena hp jadul menggunakan layar berukuran kecil serta tidak mempunyai firmware dan tidak terkoneksi ke internet, sehingga penggunaan daya relatif lebih kecil yang membuat daya kerja baterai juga lebih ringan.

Berbeda dengan smartphone yang banyak digunakan saat ini. Dengan ukuran layar di atas 4 inch ditambah adanya OS dan fitur untuk terkoneksi dengan jaringan internet, membuat kinerja baterai menjadi lebih berat dan tentunya lebih rentan mengalami kerusakan.

Terlebih jika keliru dalam pemakaian atau penggunaan hp, akan membuat kualitas baterai mengalami penurunan dan umur baterai menjadi lebih singkat.

Sebelum mengetahui ciri-ciri baterai hp rusak atau mencari tahu cara memperbaiki baterai hp yang rusak, ada baiknya untuk menghindari beberapa kebiasaan yang keliru dalam penggunaan hp yang membuat baterai rentan bocor.

Beberapa kebiasaan penggunaan hp yang harus dihindari tersebut diantaranya: mencharge hp dalam kondisi daya 0%, smartphone yang relatif baru dicharge sampai dengan 100%, menggunakan hp saat sedang dicharge, menggunakan charger kw alias bukan yang asli, terlalu sering menggunakan power bank dan mengisi daya sambil ditinggal tidur.

Jika kebiasaan buruk tersebut seringkali dilakukan, maka hampir bisa dipastikan kualitas baterai smartphone akan mengalami pernurunan sebelum akhirnya bocor atau rusak dan tidak dapat digunakan.

Untuk mengetahui ciri-ciri baterai hp rusak, baik baik ciri-ciri baterai tanam rusak maupun ciri-ciri baterai non removable bocor.

Berikut indikator yang dapat digunakan untuk mengetahui baterai hp rusak, bocor dan mulai lemah:

  • Pada saat dilakukan pengisian daya, indikator baterai dengan cepat terisi penuh, namun pada saat digunakan, baterai dengan cepat habis. Hal tersebut menunjukkan bahwa daya penyimpanan baterai sudah tidak berfungsi dengan normal atau mulai mengalami kerusakan.
  • Smartphone dalam kondisi tidak beres jika saat digunakan terasa cepat panas. Jika sumber panas muncul pada sekeliling body hp, kemungkinan ada ketidakberesan pada hardware atau perangkat kerasnya. Namun jika sumber panas berada pada bagian belakang atau di sekitar tempat penyimpanan baterai, kemungkinan yang rusak adalah baterai hp. Karena baterai dengan kondisi yang tidak normal akan bekerja melebihi kemampuan yang dimilikinya sehingga menciptakan energi panas.
  • Ciri-ciri baterai hp rusak berikutnya adalah jika indikator baterai tidak bekerja dengan normal. Pada saat dilakukan pengisian daya, indikator tersebut terkadang keluar tapi terkadang juga tidak terlihat. Penyebabnya karena daya yang masuk ke baterai, terkadang dapat disimpan tapi terkadang tidak karena sel-sel baterai yang telah bocor.
  • Hp hanya menyala jika terhubung langsung dengan charger. Hal ini disebabkan karena fungsi penyimpanan pada baterai sudah tidak bekerja, sehingga baterai hanya berfungsi sebagai perantara daya yang bersumber dari arus listrik untuk didistribusikan ke perangkat smartphone.
  • Smartphone yang tiba-tiba langsung mati juga merupakan ciri-ciri baterai hp rusak, karena baterai yang masih berfungsi normal, akan mengeluarkan peringatan yang memberitahukan bahwa daya baterai hampir habis.

Demikian ciri-ciri baterai hp rusak atau bocor yang perlu untuk diketahui dan harus secepatnya diatasi, karena jika tidak, kerusakan pada baterai dapat merembet pada rusaknya komponen keras atau hardware. (*)

Give a Comment