Kumpulan Distro Linux Mirip Windows

Di tengah dominasi Microsoft Windows sebagai operating system berbagai perangkat komputer maupun laptop, kini terdapat sebuah operating system alternatif yakni distro linux. Hal itu karena Distro linux mirip Windows yang membuatnya mudah digunakan oleh orang banyak yang terbiasa menggunakan Windows.

Microsoft Windows memang masih menjadi acuan mengingat operating system ini sudah popular di dunia. Namun, Microsoft Windows ini memiliki harga yang cukup mahal sehingga perlu adanya sebuah sistem operasi yang ekonomis dan terjangkau orang banyak orang.

Pilihan alternatifnya yakni distro Linux. Distro Linux memiliki harga yang relative terjangkau dan tampilanya sangat mirip dengan Microsoft Windows. Oleh sebab itu maka Anda dapat mempertimbangkan distro linux tersebut untuk menjadi sebuah operating systems di komputer atau laptop Anda.

Jenis Distro Linux Mirip Sistem Operasi Microsoft Windows PC/Laptop

Perlu diketahui bahwa harga Microsoft Windows 10 32 Bit saat ini yakni sekitar Rp 3.000.000,-. Harga tersebut cukup mahal dan kurang terjangkau.

Untuk itu perlu kiranya mencari alternatif operating system lainnya yang terjangkau yakni distro linux. Berikut adalah alternatif pilihan yang dapat Anda gunakan:

Linux Mint

Pilihan operating systems yang dapat menjadi alternatif Anda yang pertama yakni Linux Mint. Linux Mint merupakan sebuah sistem operasi yang cukup easy user dan tampilannya sangat mirip dengan Microsoft Windows. Hal itu membuat sistem operasi ini cukup ramah digunakan bahkan untuk pemula.

Secara umum Linux Mint ini memiliki basic dari Ubuntu sehingga memiliki kemudahan akan penggunaan dan instalasi. Ketia Anda ingin mengintall windows ini maka Anda tidak akan direpotkan dengan urusan menginstall driver maupun office. Hal itu karena semua sistemnya berjalan otomatis dan cukup ringkas.

Untuk melakukan proses intalasi dari windows ini berbasis web. Hal itu membuatnya mudah dan kompatibel dengan beragam software khususnya software milik Ubuntu karena seperti yang sudah diutarakan di awal Windows ini memiliki basic dari Ubuntu.

Mengingat kemudahan tersebut membuat banyak orang yang menggunakan Windows ini. kelebihan lainnya dari Linux Mint yakni memiliki tampilan yang cukup sederhana namun tetap menampilkan sisi elegan. Hal itu membuat penggunanya sangat nyaman dan trendi ketika menggunakan Linux Mint.

Kelebihan lainnya yang akan Anda peroleh ketika menggunakan Linux Mint yakni kemudahan mencari aplikasi. Hal itu karena berbagai aplikasi populer disediakan di Windows ini seperti Java, browser plugin, dvd playback, media codev, dan berbagai aplikasi lainnya.

Kubuntu

Distro berikutnya yang dapat menjadi alternatif pengganti Microsoft Windows yakni Distro Kubuntu. Distro ini banyak digunakan karena memiliki konfigurasi yang cukup unik dan memiliki daftar aplikasi yang cukup bervariatif yang dapat menjangkau setiap kebutuhan Anda.

Distro Kubuntu juga dilengkapi dengan desktop KDE yang didukung langsung oleh sebuah sistem yakni Ubuntu. Selain itu sistem ini juga di support oleh sebuah aplikasi khusus KDE yang menyediakan berbagai kemudahan untuk penggunanya.

Secara umum Distro Kubuntu ini merupakan pilihan yang disediakan dari Ubuntu. Distro ini dikembangkan oleh Blue Sysyem yang dirilis pertama kali pada tahun 2005. Selanjutnya Kubuntu mengalami perkembangan dan merilis versi terakhirnya pada 2019 dengan versi Kubuntu 19.10.

Distro Kubuntu memiliki tag line yakni “Friendly Computing“. Hal tersebut menandakan kampanye distro kubuntu yang mudah untuk digunakan sertya easy user. Distro ini diharapkan dapat digunakan oleh semua orang baik professional maupun pemula.

Zorin OS

Alternatif pilihan pengganti Microsoft Windows berikutnya yakni Distro Zorin OS. Zorin OS merupakan salah satu distro linux mirip Windows yang cukup layak menjadi pilihan. Hal itu karena distro ini memiliki kinerja yang cukup baik dan siklus pengembangan yang baik.

Zorin OS ini memiliki dua jenis versi utama yakni premium edition dan free edition. Premium edition adalah versi OS berbayar yang memiliki dua varia lainnya yakni Zorin OS business dan Zorin OS Ultimate yang memiliki spesifikasi masing-masing.

Sedangkan untuk Zorin OS free edition ini menggratiskan penggunanya untuk menggunakan. Versi gratis ini memiliki 4 varian yakni Zorin OS educational lite, Zorin OS Lite, Zorin OS Core, dan Zorin OS Educational. Keempat versi tersebut dapat Anda gunakan secara cuma-cuma atau gratis.

Cara intall Zorin OS juga cukup mudah, layaknya Ubuntu. OS ini memiliki kemiripan yang tinggi terhadap Microsoft Windows. Penggunanya akan seketika merasa familiar ketika menggunakannya distro ini. Hal itu karena dekstopnya sangat mirip dengan Windows dan memiliki tools yang hampir sama.

Zorin OS memiliki fitur yang cukup baik yang ditunjang dengan GUI yang cukup canggih. Zorin OS ini juga memiliki sumber code base (basis kode) yang mirip dengan Ubuntu. Selain itu Zorin OS juga memiliki DE yang dapat dimodifikasi dengan basis genome 2 yang membuat OS ini cukup canggih.

Apabila dilihat dari tampilannya dan spesifikasi di dalamnya, Zorin OS ini cukup mirip dengan Windows 7. Anda dapat memilih tampilan lainnya di dalam menu look changer dengan berbagai jenis tema. Sekilas fungsi menu itu mirip dengan Windows XP dan Gnome 2.

Kelebihan yang menonjol lainnya dari Zorin OS yakni memiliki perangkat Wine. Wine merupakan sebuah emulator untuk menjalankan program Windows pada perangkat Linux. Selain itu Zorin OS juga dilengkapi dengan berbagai aplikasi dasar yang cukup lengkap untuk menjalankan berbagai fungsi.

Charlet OS

Charlote IS merupakan sebuah operating sustem yang dapat menjadi alternatif pilihan Anda berikutnya. Charlet OS memiliki tampilan yang cukup keren. Sekilas ketika Anda menginstallnya, sistem operasi ini terlihat seperti Windows 10.

Mengingat mahalnya harga Windows 10, maka Charlet OS dapat menjadi sebuah alternatif pilihan. Charlet OS ini dapat menjadi pesaing Windows 10 mengingat harga yang ditawarkan cukup ekonomis dan terjangkau oleh banyak orang.

Selain itu, sistem operasi ini juga dilengkapi dengan satu set customize yang lengkap. Charlet OS ini memiliki sistem dengan basis Ubuntu dengan versi terakhir yakni 14.04.03 LTS. Hal itu menandakan bahwa Anda akan menerima update OS berkala selama 2-3 tahun kedepan.

Elementary OS ( EOS)

Elementary OS ini merupakan sebuah sistem operasi yang berbasis kepada Linux Ubuntu. Rilis terbaru dari sistem operasi ini yakni Ubuntu 16.04 LTS. Update terbaru ini akan meningkatkan sistem keamanan hingga 5 tahun mendatang.

Versi terbaru dari EOS ini memiliki dua arsitektur PC yang cukup ringan untuk digunakan. Untuk dapat menggunakannya, Anda disarankan memiliki spesifikasi perangkat komputer/ Laptop dengan RAM minimal 2 GB dan memiliki AMD Equivalent dan dual-core intel SOC.

Itulah jenis-jenis distro linux mirip Windows yang dapat Anda gunakan di laptop atau PC Anda. tampilannya yang tidak berbeda jauh dari Microsoft windows menjadi sebuah alasan. Anda dapat menginstall windows tersebut dan pilihlah salah satu diantara lima pilihan tersebut.

Give a Comment