Daftar Linux Untuk Server Terbaik

Membangun server berkualitas bukanlah perkara yang mudah. Sebab butuh sistem operasi yang berkualitas dan mudah dijalankan. Selama ini mungkin Anda hanya mengenal OS windows saja.

Padahal Anda juga punya alternatif lain yang tak kalah berkualitas. Ya itulah open source linux.

Popularitasnya mungkin tak sementereng window akan tetapi kualitas yang ditawarkan sangatlah aman, mudah dan bebas dari virus.

Maka dari itu lebih baik Anda mempertimbangkan memilih Os linux terbaik saat berniat membangun server.

Berikut Ini Distro OS Linux Terbaik Sesuai kebutuhan Anda.

Distro Linux itu sendiri memiliki banyak jenisnya. Maka dari itu, mungkin Anda akan bingung jika menggunakannya untuk pertama kali.

Pemilihan yang tepat tentu akan memudahkan nantinya Anda ketika sedang membangun server. Yang pasti ketahui terlebih dahulu tujuan yang diinginkan.

Di bawah ini akan ditampilkan beberapa OS Linux terbaik yang layak untuk dipilih.

Perlu dicatat ini untuk server, jika ingin digunakan untuk keperluan pribadi bisa dilihat: rekomendasi distro linux yang stabil dengan spesifikasi komputer/laptop rendah.

Sedangkan untuk os hp yang berbasis linux bisa dilihat: rekomendasi os linux di ponsel.

Berikut ini rekomendasi linux untuk server:

Ubuntu Server

Bisa dibilang inilah server linux yang paling populer saat ini. Sebenarnya hal tersebut tak mengherankan mengingat sistemnya yang begitu aman dan ada banyak software di dalamnya.

Tak khayal sistem operasi ini begitu pas digunakan bagi Anda yang masih pemula tetapi sudah ingin membangun server.

Server yang cocok dikembangkan di OS linux terbaik ini ialah server game, email dan media. Namun juga tak menutup kemungkinan untuk jenis server yang lainnya.

Red Hat Enterprise Linux (RHEL)

Tak kalah populer dari tipe sebelumnya. Red hat juga kini sudah banyak yang menggunakannya.

Jika Ubuntu lebih mengarah ke pembangunan server game, email dan media.

Red Hat lebih dikenal sangat berkualitas dalam bidang sistem keamanannya.

Semua sistem operasi sudah didesain dengan pengamanan yang mumpuni sehingga ancaman virus tidak akan lagi membelenggu komputer maupun laptop Anda.

SUSE Linux Enterprise Server

Bila Anda sedang mencari sistem operasi yang ringan dan memiliki perawatan yang mudah maka akan sangat tepat memilih SUSE linux.

Selain itu, respon yang diberikannya pun sangatlah cepat tanggap. Jadi Anda tidak akan kelamaan menunggu ketika mengembangkan server.

CentOs

Dikembangkan dengan sistem yang aman dan lancar membuatnya mulai dipercaya banyak orang.

Apalagi tipe ini merupakan turunan dari RHEL yang mana sudah dikenal bagus dalam membangun dan mengamankan server dengan baik.

Maka akan menjadi keputusan yang tepat jika Anda memilih jenis yang satu ini.

Debian

Beberapa OS Linux terbaik di atas sangat pantas dipilih. Tetapi untuk tipe yang satu ini lebih disarankan untuk Anda yang sudah terbiasa menjalankan OS Linux.

Hal itu dikarenakan sistemnya yang komplet dan mudah menginstal semua yang berhubungan dengan programing.

Namun jika belum terbiasa mungkin Anda malah akan bingung sendiri. Paling tidak minta dampingan seseorang yang benar ahli bila masih belum terbiasa.

Oracle Linux Server

Awalnya sistem operasi ini merupakan anak turunan dari RHEL, namun saat ini sudah dikembangkan secara mandiri oleh pihak Oracle corporation.

Tak ayal dari namanya pun sudah seperti itu. Bagaimanapun pihak oracle tidak main-main dalam mengembangkannya sehingga kualitas yang ditawarkan tidak perlu diragukan lagi.

Mageia / Mandriva

Nama jenis linux yang satu ini mungkin masih terdengar asing bagi kebanyakan dari Anda.

Namun, bukan berarti kualitas yang ditawarkan tidak mumpuni. Banyak dipercaya di negara-negara Eropa dan Amerika telah menjadi bukti valid bahwa sistem operasi ini menawarkan keamanan dan mudah dijalankan dalam membangun server.

ClearOS

Satu lagi keluaran RHEL yang menarik untuk disimak. Apa yang ditawarkan begitu mempesona yang mana menggabungkan server gateway dan jaringan.

Tak ada banyak orang mulai bermain menggunakannya, umumnya para pengusaha kecil yang baru merintis.

Arch Linux

Sebenarnya OS ini kurang pas bila dikembangkan dalam membangun server.

Hal itu terasa wajar karena memang tidak terlalu cocok diterapkan di dalamnya.

Namun bukan berarti tidak bisa bagaimanapun komunitas penggunanya di negara ini sangat banyak. Sistemnya hang ringan membuatnya terasa nyaman digunakan

Slackware

Inilah sistem operasi yang tertua di dalam dunia linux. Meski begitu, tipe ini pernah menjadi OS linux terbaik pada masanya.

Pengguna setianya pun masih banyak sehingga kualitasnya tetap keren untuk dijalankan.

Demikianlah beberapa distro os linux terbaik untuk server.

One Response

  1. Ahmad Rosydian M

Give a Comment