Explorer Exe Error

Explorer.exe atau bisa disebut juga Windows Explorer merupakan sebuah software yang tidak terpisahkan dari sistem operasi Microsoft Windows, menyediakan kepada pengguna Graphical User Interface (GUI: Antarmuka grafis) untuk mengakses sistem berkas.

Terkadang di windows 8 jika terkena virus atau sebuah kesalahan sistem terdapat error pesan kosong dengan judul “Explorer.exe”, pesan ini akan muncul di dekstop ketika baru memasuki dekstop.

Walaupun pesan ini akan hilang jika menekan tombol close (Tanda “X”), jika komputer/notebook/laptop di restart ataupun dimatikan, pesan ini akan muncul lagi saat pengguna memasuki dekstop.

Jika terus dibiarkan pesan ini tidak berbahaya namun bagi pengguna yang melihat ini akan risih setiap baru pertama kali masuk ke dekstop ada pesan yang agak menjengkelkan.

Curhat

Minggu lalu secara tidak sengaja saya menemukan error di windows 8, penyebabnya saya tidak tahu padahal ketika itu tidak ada error dalam windows 8 saya ini, tapi semenjak saya meminjamkan notebook saya ke adik-adik saya tiba tiba pesan ini muncul.

Pesan yang di tampil dalam notebook saya adalah “Explorer.EXE“, isi dalam pesan tersebut tidak ada.

Setiap saya menyalakan laptop pesan itu akan muncul secara otomatis, karena saya muak, bosen dan males lihat pesan itu tiap hari akhirnya saya mencari di forum tentang komputer yang saya ikuti lalu akhirnya ada sebuah member yang kejadiannya sama dengan saya.

Dia membagikan sebuah cara untuk mengatasi/memperbaiki pesan error .Explorer.EXE”. Cara ini dia dapatkan dari sebuah blog seputar tentang sistem operasi dan komputer.

Pengguna bisa mengatasi pesan ini dengan bantuan software repair registry.

Namun jika masih tidak bisa menggunakan software tersebut, bisa melakukan cara alternatif di bawah ini.

Cara ini manual dan agak ribet karena harus masuk dan mencari registry yang dapat membuat hal ini error dan meninggalkan pesan yang kosong.

Untuk melakukan cara ini, yang pertama harus dilakukan adalah menyiapkan bahan RegOwnershipEx agar registry yang dicari dapat dihapus. Berikut ini bahannya.

Bahan

RegOwnershipEx

Berikut ini cara mengatasi explorer.exe error tidak bekerja:

  1. Tekan tombol logo windows + R di keyboard, lalu ketikan regedit di kolom Run setelah itu klik OK, ini bertujuan untuk membuka registry editor.
  2. Telusuri dibawah ini.

HKEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftWindows NTCurrentVersionWindows


  1. Lihat dibagian kanan ada kata load, hapuslah registry tersebut dengan cara klik kanan -> delete.
  2. Terakhir restart windows  dan lihat hasilnya

Jika masih tidak mengerti tutorial di atas kamu bisa melihat videonya di bawah ini.

Video

Jika masalahnya merambat hingga sampai menyebabkan windows error recovery maka ikuti: cara mengatasi windows error recovery ketika dinyalakan.

Demikianlah bagaimana cara mengatasi explorer exe di windows 7, 8 dan windows 10. Semoga bekerja dengan baik.

One Response

  1. Kiki

Give a Comment