8 Penyebab dan Cara Mengatasi Facebook Error dan Gangguan

Beberapa waktu lalu Facebook sempat tidak bisa di akses. Menurut informasi yang dirilis oleh pihak Facebook, penyebab Facebook error ini adalah karena ada kesalahan aplikasi yang mengakibatkan terbatasnya akses akun-akun Facebook di dalamnya.

Tentu saja terjadi kekacauan di dunia maya karena banyak orang mengandalkan Facebook untuk berbagai keperluan seperti berjualan online, menerbitkan berita, dan lain-lain.

Nah meskipun saat ini Facebook sudah beroperasi secara normal, tapi masih ada saja beberapa orang yang tidak bisa mengakses akun miliknya.

Ada banyak faktor yang membuat Facebook error seperti perawatan server, kesalahan aplikasi, atau faktor lainnya yang mungkin saja tidak terpecahkan.

Jika Anda sedang bermasalah dalam mengakses akun Facebook Anda, beberapa penyebab dan cara mengatasinya di bawah ini mungkin bisa membantu.

Hal ini sama seperti ketika menghadapi: facebook tidak bisa dibuka dan beranda facebook kosong dan feed status teman tidak muncul.

Dan juga sama seperti ketika menghadapi: fb lite tidak bisa dibuka.

Berikut beberapa penyebab Facebook Error Lengkap dengan Cara Mengatasinya yang saat ini telah diketahui:

Aplikasi Facebook Mengalami Error

Sebagai perusahaan besar, menyediakan layanan yang prima kepada pengguna adalah prioritas Facebook.

Meskipun demikian, tidak jarang Facebook sendiri mengalami kesalahan aplikasi yang menyebabkan akun-akun di dalamnya tidak bisa di akses.

Kesalahan ini bisa saja timbul karena update aplikasi yang kurang tepat, ataupun dari server Facebook itu sendiri. Tentu saja Anda sebagai pengguna tidak bisa menghindari hal ini.

Anda harus menunggu hingga ada pemberitahuan resmi dari Facebook tentang kesalahan tersebut.

Biasanya pihak Facebook akan segera merespon jika terjadi kesalahan aplikasi seacara massal.

Anda akan mendapatkan pemberitahuan entah dari nomor telepon atau dari email yang Anda gunakan untuk mendaftar.

Tapi bagi Anda yang tidak sabar, ada cara yang patut Anda coba untuk menghilangkan kesalahan aplikasi ini.

Anda bisa mencoba untuk keluar dari aplikasi Facebook, lalu mematikan ponsel Anda. setelah itu, cabut baterai, kartu SIM, dan kartu memori eksternal.

Tunggu beberapa saat dan coba nyalakan kembali ponsel Anda. Beberapa orang yang menggunakan cara ini terbukti berhasil mengakses akunnya kembali.

Lalu bagaimana jika ponsel Anda mengadopsi sistem baterai tanam? Tenang, Anda tidak perlu khawatir.

Cukup matikan ponsel Anda dan cabut kartu SIM serta memori eksternalnya saja. tunggu beberapa saat, pasang kembali, dan hidupkan. Cobalah untuk membuka aplikasi Facebook dan mengakses akun Anda. Jika berhasil, maka error aplikasi Facebook tersebut sudah teratasi.

Data Aplikasi Facebook Penuh

Pernahkah Anda mendengar istrilah cache? Cache adalah data sekunder yang dibutuhkan aplikasi agar bisa berjalan dengan lancar di ponsel.

Data ini akan selalu bertambah seiring dengan waktu penggunaan aplikasi tersebut. Jika tidak rajin dibersihkan, maka bisa ditebak akan terjadi penumpukan cache yang membebani kinerja memori ponsel.

Begitu pun dengan aplikasi Facebook yang membutuhkan cache agar bisa beroperasi secara normal.

Namun jika cache Facebook sudah mulai penuh, biasanya akan muncul beberapa tanda seperti tidak bisa mengunggah foto atau menonton video secara online.

Pada tahap yang sudah parah, biasanya aplikasi menjadi tidak bisa di akses sama sekali dan muncul pemberitahuan “sayangnya aplikasi Facebook sudah berhenti”.

Anda tidak perlu panik karena ini menandakan Facebook tidak bisa berjalan karena tidak mendapatkan cukup memori di ponsel.

Error yang satu ini bisa terjadi baik di Facebook biasa maupun versi Facebook Lite.

Untuk mengatasi hal ini, Anda cukup menghapus cache aplikasi agar Facebook bisa berjalan normal seperti sedia kala.

Untuk hp xiaomi berikut langkah-langkah cara untuk menghapus cache aplikasi facebook:

  1. Pergi ke menu setting/ pengaturan.
  2. Kemudian masuk ke bagian Aplikasi Terinstal.
  3. Lalu pilihlah aplikasi Facebook.
  1. PIlihlah hapus data.
  2. Kemudian pililah bersihkan cache, namun jika tidak berhasil gunakan Hapus semua data.

Cara ini berbeda-beda untuk setiap tipe ponsel, tapi secara garis umum hampir sama.

Tunggu beberapa saat hingga cache terhapus dan cobalah untuk mengakses aplikasi Facebook Anda.

Jika belum berhasil, maka ada alternatif lain yaitu dengan menghapus semua data dari aplikasi Facebook tersebut.

Caranya hampir sama dengan menghapus cache, hanya pada bagian setelah memilih aplikasi, pilih menu hapus semua data.

Perlu Anda ingat bahwa dengan menghapus data aplikasi, berarti semua hasil unduhan Anda dari Facebook juga akan terhapus. Anda juga diharuskan login kembali ke akun Facebook Anda setelah kembali.

Aplikasi Belum Diupdate

Pihak pengembang aplikasi selalu menyediakan pembaruan agar aplikasinya bisa terus berjalan dengan baik di berbagai platform. Hal serupa juga dilakukan oleh Facebook.

Facebook rutin memberikan pembaruan entah pembaruan minor ataupun mayor kepada aplikasinya di platform ponsel. Nah, pada kasus inilah terkadang ditemukan beberapa error.

Jika Anda pernah mengalami gambar di Facebook tidak muncul, atau Anda tidak bisa memberikan komentar atas satu post, maka bisa saja aplikasi Facebook yang Anda gunakan belum diupdate.

Banyak orang yang menyepelekan masalah update aplikasi ini, karena memang tidak semua update dirasa cocok dengan aplikasi yang sebelumnya.

Masalahnya, fitur-fitur baru yang ada di aplikasi versi update terkadang tidak bisa dibaca atau diolah dengan baik oleh aplikasi versi lama.

Maka cara satu-satunya adalah dengan mengupdate aplikasi Anda. Silakan pergi ke Google Play Store dan pilih menu dengan ikon tiga garis di pojok atas. Setelah itu, pilih aplikasi dan game saya. Setelah itu, cari aplikasi facebook dan update aplikasinya. Jika sudah diupdate, cobalah untuk mengakses lagi aplikasi Facebook tersebut.

RAM dan Memori Ponsel Penuh

Adanya dalam ponsel adalah sebagai jalur utama data-data yang akan diproses.

Jika data yang diproses membeludak karena terlalu banyak, maka RAM bisa macet dan data yang diproses pun gagal.

Imbasnya, data yang sudah tersimpan di dalam memori internal tidak bisa di akses dan ponsel pun tidak bisa digunakan.

Hal ini juga bisa menjadi salah satu penyebab kenapa Facebook error. Banyaknya aplikasi yang diinstal dan aktif dalam waktu bersamaan bisa menyebabkan RAM kewalahan untuk memproses data.

Efeknya, banyak aplikasi yang terpaksa di hentikan termasuk aplikasi Facebook itu sendiri. beberapa aplikasi yang erat termasuk Chrome, Mozilla, dan lain-lain.

Untuk mengatasinya, silakan copot pemasangan aplikasi yang menurut Anda tidak terlalu dibutuhkan karena hanya akan membebani kinerja ponsel saja.

Jangan lupa juga untuk memilah foto-foto atau video yang ada di galeri ponsel Anda. Hapus file yang tidak perlu untuk meringankan beban kerja ponsel.

Facebook Terkena Virus

Jangan dikira virus hanya ada di komputer saja. Ponsel pun bisa terjangkit virus jika tidak hati-hati dalam menggunakannya. Virus pada ponsel biasanya berasal dari aplikasi dengan sumber yang tidak tepercaya.

Sebagai contoh, Anda mengunduh aplikasi Facebook dari internet dan bukan dari Google Play Store. Kemungkinan file APK tersebut membawa virus jelas lebih besar.

Risikonya jelas berbahaya. Virus bisa menular ke aplikasi lain dan membebani kinerja ponsel Anda. bahkan dalam beberapa kasus, virus bisa mengakses informasi pribadi Anda dan menggunakannya secara tidak bertanggungjawab.

Untuk mengatasinya, pertama-tama Anda perlu mencopot pemasangan aplikasi tersebut. Selanjutnya, unduh antivirus dari sumber tepercaya dan lakukan scan secara mendalam. Mungkin scan virus akan memakan waktu yang lama jika file yang ada banyak file di dalam ponsel Anda.

Ponsel Terlalu Panas

Ponsel yang terlalu panas saat digunakan juga bisa menjadi pemicu Facebook error.

Ponsel yang panas menandakan kinerja RAM ponsel yang tidak stabil karena terlalu banyak beban data yang dimuat.

Ponsel panas biasanya terjadi jika Anda mengakses banyak aplikasi sekaligus sehingga semuanya aktif secara bersamaan.

Selain itu, menginstal aplikasi yang terlalu tinggi spesifikasinya untuk ponsel juga bisa memicu ponsel menjadi panas.

Jika sudah panas, biasanya ponsel menjadi sering berhenti beroperasi atau biasa disebut “freeze”.

Dalam keadaan ini, Anda sama sekali tidak bisa mengoperasikan ponsel karena layar ponsel menjadi beku. Solusinya adalah dengan menutup semua aplikasi yang sedang aktif di latar belakang. Itu jika Anda masih bisa mengakses menu multi-tasking. Tapi jika Anda sudah tidak bisa mengaksesnya, silakan cabut baterai ponsel untuk mematikannya.

Setelah baterai tercabut, jangan lupa untuk mencabut kartu SIM beserta memori eksternalnya juga.

Tunggu beberapa saat hingga suhu ponsel Anda kembali normal. Kemungkinan error karena ponsel panas bisa terjadi berkali-kali jika Anda tidak mencopot aplikasi yang membebani kinerja ponsel segera.

Maka disarankan setelah ponsel aktif kembali untuk mencopot aplikasi-aplikasi yang tidak dibutuhkan.

Jika di hp xiaomi berikut unutk cara memberhentikan paksa sebuah aplikasi:

  1. Pergi ke pengaturan atau setting.
  2. Selanjutnya cari aplikasi terinstall/kelola aplikasi.
  3. Cari dan pilih aplikasi facebook.
  4. Lalu klik pilihan “paksa berhenti” atau force stop.

Mengunduh Facebook dari Sumber Tidak Tepercaya

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, mengunduh aplikasi Facebook di luar sumber resmi memiliki banyak sekali risiko.

Selain risiko file APK membawa virus, facebook yang berasal dari sumber luar juga cenderung lebih tinggi mengalami error.

Hal ini karena aplikasi gagal menyesuaikan dengan iklim Facebook resmi itu sendiri karena sudah banyak dimodifikasi.

Anda mungkin memiliki alasan tersendiri mengapa harus mengunduh dari sumber tidak tepercaya.

Beberapa aplikasi hasil modifikasi menawarkan fitur-fitur yang sering kali belum ada di versi resminya.

Tapi sekali lagi, dengan mengunduh aplikasi dari sumber abal-abal berarti Anda sudah merisikokan keselamatan ponsel dan data-data Anda di dalamnya.

Untuk itu, unduh aplikasi Facebook hanya dari pihak yang tepercaya saja seperti Google Play Store.

Akses Diblokir Pemerintah

Belum lama ini pemerintah memberlakukan filter konten yang beredar di media-media sosial termasuk Facebook.

Pemerintah saat itu ingin mencegah penyebaran berita tidak benar yang biasanya menggunakan media Facebook sebagai alat penyebaran.

Akhirnya, Facebook yang terdeteksi di akses dari Indonesia mengalami eror seperti tidak bisa menerima dan mengirim gambar, tidak bisa berkomentar, sampai tidak bisa mengakses akun sama sekali.

Pemerintah menggunakan basis poin akses untuk memberlakukan blokir ini. Jadi untuk menyiasatinya, Anda bisa menggunakan aplikasi VPN yang akan memberikan poin akses privat kepada Anda. cara kerjanya, VPN akan mengalihkan poin akses Anda ke server negara lain, jadi pemerintah tidak mendeteksi Anda sebagai pengakses Facebook dari Indonesia. dengan begitu, Anda bisa mengakses Facebook tanpa halangan lagi.

Tapi bagaimanapun, perlu dipahami bahwa pemerintah tidak akan memberlakukan kebijakan jika tidak melalui banyak pertimbangan yang matang. Untuk itu, ada baiknya Anda bersabar sejenak dan mengikuti aturan yang diterapkan tersebut demi keamanan negara.

Baca juga: Tidak bisa memutar video di facebook android.

Itulah beberapa penyebab Facebook error dan cara mengatasinya. Anda sekarang tidak perlu khawatir lagi saat berselancar di Facebook dan menemui gangguan karena Anda sudah tahu solusinya. Semoga bermanfaat.

One Response

  1. Dheon gagal Tenar

Give a Comment