Penyebab dan Cara Mengatasi Facebook Tidak Bisa Dibuka

Pernah mengalami masalah dengan aplikasi Facebook Anda? Salah satu kasus yang dikeluhkan pengguna dan bingung dengan cara mengatasinya adalah Facebook tidak bisa dibuka.

Facebook error tiba-tiba berhenti saat tengah digunakan, aplikasi keluar dengan sendirinya, sedang saat dicoba dibuka kembali tidak bisa.

Terkadang muncul pesan tertentu pula seperti ‘unfortunately Facebook has stopped’.

Anda kemungkinan sudah mencoba cara lain pula seperti install ulang aplikasi, pindah browser, pindah perangkat, namun belum berhasil juga.

Untuk membantu mengatasi masalah tersebut, berikut ini dijelaskan penyebab-penyebab Facebook tidak dapat dibuka beserta cara mengatasinya.

Penyebab Facebook Tidak Bisa Dibuka Beserta Cara Mengatasinya

Facebook tidak berhasil dibuka ternyata penyebabnya bermacam-macam. Ada penyebab internal dari perangkat atau aplikasi Anda, maupun faktor eksternal yang tidak bisa Anda kendalikan.

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tidak bisa membuka aplikasi Facebook.

Hal ini sama seperti ketika mengalami: facebook error dan gangguan tidak bisa diakses dan beranda facebook kosong, status teman tidak muncul dan feed tidak muncul.

Cara-cara yang dilakukan pun tergantung pada penyebab permasalahan. Berikut ulasannya.

Berikut penyebab dan cara mengatasi facebook tidak bisa dibuka yang benar:

Aplikasi Facebook error

Error adalah saat dimana aplikasi berhenti ketika sedang digunakan. Aplikasi Facebook yang error tiba-tiba macet dan tidak dapat dioperasikan.

Cara mengatasi Facebook error adalah dengan menutup aplikasi terlebih dahulu.

Jika error juga terjadi pada perangkat yang mana tombol untuk keluar tidak bisa berfungsi maka restart perangkat. Copot baterai, memori eksternal, dan sim card. Jika baterai berjenis baterai tanam, cukuplah mencopot memori eksternal dan sim card.

Setelah itu, hidupkan kembali perangkat dan cobalah membuka aplikasi Facebook.

Data cache aplikasi Facebook penuh

Jika Anda mencoba cara pertama, namun saat membuka kembali Facebook tetap muncul pesan ‘unfortunately Facebook has stopped’ atau dalam Bahasa Indonesia ‘sayangnya Facebook telah berhenti’, kemungkinan penyebabnya adalah data aplikasi penuh.

Aplikasi, termasuk Facebook, saat digunakan akan menghasilkan data-data yang disebut chace yang tersimpan pada memori internal perangkat. Jika data cache tidak pernah dibersihkan maka data tersebut akan menumpuk di memori internal yang dapat menghambat kinerja perangkat. Data cache yang memenuhi memori internal dapat mengganggu sistem dalam membaca aplikasi.

Solusi tidak bisa membuka aplikasi Facebook karena data aplikasi penuh adalah dengan menghapus cache. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Masuklah ke menu setting/ pengaturan perangkat.
  2. Selanjutnya masuk ke bagian Aplikasi Terinstal
  3. Di dalam menu tersebut akan muncul nama-nama aplikasi yang terinstal di perangkat, carilah Facebook.
  1. Disana akan muncul pengaturan aplikasi, geser ke bawah dan cari Hapus data.
  2. Selanjutnya pilih Bersihkan cache, namun jika tidak berhasil gunakan Hapus semua data.

Perlu diketahui, Hapus semua data akan membuat akun Facebook Anda logged out. Sehingga saat dibuka kembali Anda perlu log in dengan menggunakan email/nomor telepon dan password.

Tampilan interface menu-menu pada setiap merek perangkat bisa jadi akan berbeda. Anda hanya harus mencari menu pengaturan untuk menghapus cache dari aplikasi Facebook.

Aplikasi Facebook belum terupdate

Pihak developer sebuah aplikasi biasanya akan selalu mengupgrade celah atau bug pada aplikasinya.

Karena itulah terkadang saat aplikasi belum terupdate akan menimbulkan aplikasi error.

Cara mengatasi Facebook gagal dibuka karena disebabkan belum terupdate yang dengan meng-update aplikasi.

Biasanya aplikasi akan ter-setting untuk update secara otomatis jika tersambung dengan perangkat Wifi.

Masalahnya jika Anda menggunakan data maka update otomatis tidak terjadi. Oleh karena itu untuk mengupdate aplikasi Facebook harus dilakukan dengan cara manual.

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Play Store. Di bagian atas di sebelah kiri tombol search terdapat ikon menu berbentuk tiga garis. Klik ikon tersebut.
  2. Pilih menu Aplikasi & game saya.
  3. Pada bagian Pembaharuan carilah Facebook, selanjutnya klik Update. Tunggu hingga aplikasi selesai diperbaharui kemudian Anda dapat membuka kembali aplikasi Facebook.

Memori Internal/RAM penuh

Penyebab facebook tidak bisa dibuka juga dapat disebabkan oleh memori internal atau RAM penuh. Untuk mengatasinya adalah dengan mengosongkan sebagian isi dari memori internal perangkat.

Jika Anda memiliki aplikasi-aplikasi yang terasa sering tidak dipakai lebih baik hapus saja aplikasi tersebut daripada hanya memenuhi memori. Selain aplikasi, memori penuh juga bisa disebabkan oleh file-file lain seperti dokumen, foto, video, dan sebagainya.

Jika hal itu terjadi, seleksi dan hapuslah file-file yang dirasa tidak digunakan. Atau jika Anda tidak ingin menghapusnya, Anda bisa memindahkannya ke memori eksternal.

Virus yang menyerang perangkat

Masalah ini ternyata juga bisa disebabkan oleh virus yang menyerang perangkat baik laptop maupun hp Anda. Jika ini terjadi maka bersihkanlah perangkat menggunakan aplikasi antivirus.

Khusus untuk hp, hapus terlebih dahulu aplikasi dari perangkat. Selanjutnya unduh antivirus yang ampuh untuk mengatasi virus. Jika sudah terinstal, scan dan hapus virus yang menjangkiti perangkat. Jika virus sudah terhapus, instal kembali aplikasi Facebook dan aplikasi dapat digunakan kembali.

Perangkat terlalu panas

Aplikasi error bisa disebabkan karena perangkat over heat atau terlalu panas karena perangkat bekerja terlalu keras.

Hal ini biasanya terjadi karena perangkat menjalankan program yang terlalu berat atau saat banyaknya aplikasi yang dibuka dan bekerja secara bersamaan. Misalnya Anda membuka game yang berat bersamaan dengan Facebook dan beberapa aplikasi lain secara bersamaan.

Cara mengatasi hal ini adalah dengan mengeluarkan semua aplikasi dan membuka kembali aplikasi Facebook. Jika cara ini tidak berhasil maka lakukan langkah restart perangkat.

Aplikasi yang terinstal tidak resmi

Jika Anda menginstall file .apk Facebook tidak resmi maka bisa jadi aplikasi tidak berjalan dengan baik.

Solusinya adalah dengan menghapus aplikasi Facebook tidak resmi, kemudian install ulang aplikasi Facebook resmi dari Play Store.

Data browser penuh

Bagi pengguna yang menggunakan laptop dan membuka Facebook dari browser seperti Chrome, Mozilla, Opera, dan sebagainya. Facebook tidak dapat dibuka juga bisa disebabkan karena terlalu banyak data di browser yang menyebabkan browser lambat, error, berhenti, dan perangkat panas. Sebenarnya tidak hanya pengguna laptop, hal ini juga terjadi pada perangkat hp yang membuka aplikasi pada browser.

Untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan menghapus data-data seperti cache, history, dan sebagainya dari browser. Untuk pengguna perangkat hp, cara menghapus data browser adalah sebagai berikut:

  1. Bukalah Pengaturan pada perangkat Anda.
  2. Buka menu Aplikasi terinstall.
  3. Carilah aplikasi browser yang Anda gunakan, misalnya jika Anda menggunakan Chrome, pilihlah aplikasi tersebut.
  1. Pada pengaturan Chrome, geser ke bawah dan pilih Hapus data.
  2. Klik Hapus semua data.
  1. Selanjutnya adalah membuka kembali browser dan menghapus history. Bukalah Chrome, klik ikon menu dan pilih History.
  2. Pilih ‘hapus data browsing’. Kemudian akan muncul pilihan rentang waktu, centang semua untuk menghapus seluruh history.
  3. Pilih hapus data.

Sedangkan untuk perangkat komputer cara menghapus data browser adalah sebagai berikut.

Gunakan kombinasi keyboard Ctrl+Shift+Del maka akan muncul kotak dialog penghapusan data browser. Selanjutnya yaitu dengan mencentang browsing history, cookies, dan cache lalu clear data.

Catatan, masing-masing perangkat dan browser mungkin akan memiliki tampilan interface yang berbeda. Untuk melakukan cara penghapusan Anda dapat mencobanya sendiri, caranya tidak akan terlalu berbeda.

Koneksi internet yang lambat

Facebook tidak bisa terbuka dengan normal bisa jadi disebabkan oleh koneksi yang sedang lambat. Hal ini biasanya juga ditandai dengan tampilan halaman facebook yang blank putih atau hitam.

Cara mengatasi jika permasalahan disebabkan oleh koneksi lambat adalah dengan mempercepat koneksi bisa dengan menggunakan jaringan data yang lebih cepat atau dengan koneksi Wifi. Namun jika tidak tersedia, solusi satu-satunya adalah dengan menunggu hingga koneksi kembali normal.

Server Facebook sedang sibuk atau down

Aplikasi Facebook yang tidak berjalan normal juga dapat disebabkan karena faktor eksternal dari server. Ada kalanya server Facebook sedang down sehingga seluruh pengguna aplikasi ini mendapat gangguan untuk mengaksesnya. Server down biasanya ditandai dengan tidak bisa masuk ke halaman Facebook atau tampilan halaman blank. Sedangkan pada aplikasi akan terjadi error.

Cara mengatasi hal ini tidak ada cara lain selain menunggu hingga layanan server kembali normal. Pengguna tidak bisa melakukan apapun karena ini adalah masalah eksternal dari pusat.

Akun Facebook Anda terkena banned/blokir

Jika Anda tidak bisa masuk dalam akun Anda padahal tidak ada masalah dengan email atau password, coba periksa akun Anda barangkali terkena banned/blokir. Caranya dengan mencari akun Anda dengan menggunakan akun orang lain. Jika terdapat keterangan ‘This page isn’t available’ maka artinya akun Anda diblokir/dibanned.

Akun yang diblokir oleh Facebook disebabkan karena akun menyalahi aturan atau ketentuan penggunaan Facebook.

Tidak ada cara lain bagi akun yang terblokir kecuali berhasil menegosiasi pihak Facebook untuk membuka kembali akun. Cobalah untuk melakukan banding/negosiasi kepada Facebook, biasanya akan membutuhkan data-data seperti nomor hp dan ktp.

Sedangkan untuk akun Facebook yang dibanned sementara caranya hanya dengan menunggu hingga blokir dibuka kembali oleh pihak Facebook.

Akses Facebook diblokir server atasan

Pemblokiran akses pada Facebook biasanya terjadi di kantor atau sekolah. Biasanya pihak server jaringan di tempat tersebut membatasi akses untuk media sosial atau halaman lain yang dianggap dapat mengganggu produktivitas karyawan.

Hal ini dapat diakali dengan menggunakan VPN. Cari dan install aplikasi VPN. Setelah terinstall, buka aplikasi VPN, kemudian klik tombol untuk mengaktifkan.

Dengan menggunakan VPN, Anda dapat mengakses halaman-halaman yang diblokir oleh atasan.

Akses Facebook Diblokir Pemerintah

Pernah mendengar berita bahwa pemerintah memblokir sementara situs atau media sosial tertentu?

Hal ini dilakukan pemerintah biasanya karena terjadi sesuatu masalah atau keadaan yang kurang kondusif yang memaksakan untuk diblokirnya beberapa media.

Jika hal ini terjadi, pengguna hanya bisa menunggu hingga pemerintah kembali membuka akses pada Facebook.

Jika tidak ingin menunggu, seperti sebelumnya, Anda dapat menggunakan aplikasi VPN atau proxy.

Jika facebook lite juga bermasalah maka bisa ikuti: fb lite tidak bisa dibuka.

Itulah penyebab-penyebab Facebook tidak bisa dibuka sekaligus cara mengatasinya.

Baca juga: Facebook tidak bisa memutar video.

Kenali penyebabnya terlebih dahulu baru kemudian gunakan cara yang sesuai dengan sebab permasalahan. Semoga cara-cara ini bermanfaat untuk Anda sehingga Anda dapat kembali mengakses Facebook dengan lancar. Selamat mencoba.

Give a Comment