Penyebab dan Cara Mengatasi Facebook Tidak Bisa Putar Video

Alasan Facebook Susah Memutar Video Beserta Kiat Mengatasinya — Di zaman sekarang ini video tak kalah penting dibandingkan foto maupun tulisan.

Hal itu bisa dilihat di sekitar kita dimana video bisa diakses dimanapun, salah satunya adalah di Facebook. Tapi terkadang bisa juga Facebook susah memutar video karena beberapa alasan.

Anda bahkan mungkin mengalaminya sendiri dimana Facebook tiba-tiba sulit untuk memuat video yang ada di lamannya.

Masalah itu pasti menjengkelkan karena bisa saja video yang akan diputar adalah video penting. Walaupun sudah diklik putar atau play namun tetap saja tidak bergeming.

Problem yang satu ini bisa terjadi kapan saja. Bisa saja saat Anda memakai UC Browser, Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, dan browser lain.

Bukan hanya di Facebook biasa, Facebook Lite atau Facebook yang dibuka di smartphone android atau iPhone juga dapat mengalaminya.

Mengapa Facebook Susah Memutar Video?

Ada beberapa penyebab beserta solusi untuk mengatasi video yang tidak terputar di Facebook.

Namun perlu diingat jika cara yang satu ini belum tentu berhasil 100% karena banyak masalah lain yang membuat Facebook susah membuka video.

Di bawah ini adalah beberapa penyebab facebook susah memutar video beserta cara menyelesaikannya:

Jaringan Internet Bermasalah

Jaringan internet yang buruk atau tidak stabil bisa membuat Facebook sulit memutar video. Video yang awalnya baik-baik saja bisa jadi macet karena jaringan internetnya tidak cukup kuat untuk memutar videonya.

Sebagai akibatnya, saat diputar video jadi diam saja. Solusi atas permasalahan ini adalah tunggu sampai jaringan stabil kembali.

Jika Anda bersikeras untuk memutarnya maka cari saja tempat yang sekiranya memiliki jaringan internet yang lebih stabil. Permasalahan tersebut berlaku bagi mereka yang menggunakan modem Myrepublic, Indihome, Biznet, dan provider sejenis.

Apabila Anda memakai modem maka coba saja tekan tombol restart. Tapi jika tidak berhasil maka tunggu saja sampai jaringan stabil lagi.

Banyaknya Data dan Cache

Penyebab lainnya yang bisa terjadi adalah karena banyaknya data dan cache yang ada di browser. Baik browser maupun aplikasi Facebook biasa dan Facebook Lite jika memiliki banyak data dan cache maka bisa membuat kinerja Facebook jadi lama.

Solusi permasalahan ini adalah dengan menghapus data dan cachenya. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus data dan cache:

  1. Masuklah ke pengaturan.
  2. Pilih “Aplikasi Terinstall”.
  3. Pilih browser yang digunakan. Sebagai contoh, Anda menggunakan Google Chrome.
  1. Klik tulisan “Hapus Data” yang ada di sana.
  2. Pilihlah “Hapus Semua Data”.
  1. Selanjutnya masuklah ke Google Chrome dan klik ikon tiga baris yang ada di bagian atas, lalu pilih saja history.
  2. Tekan “Hapus Data Browsing” dan pilih waktu yang akan dihapus. Akan lebih baik jika Anda memilih waktu dari awal membuka Google Chrome tersebut.
  3. Pilihlah “Hapus Data”. Selesai.

Selain cara tersebut, ada juga cara yang melalui aplikasi Facebooknya. Sedikit catatan tambahan jika Anda menggunakan ponsel Xiaomi maka dengan menghapus data maka akun nantinya akan keluar dengan sendirinya. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuklah ke pengaturan.
  2. Pilih “Aplikasi Terinstall”.
  3. Carilah dan klik aplikasi Facebook yang sudah diinstall di sana.
  1. Klik “Hapus Data” serta “Hapus Semua Data”

Sementara itu bagi Anda yang mau hapus data dan cache di browser komputer atau laptop maka cukup tekan saja kombinasi tombol CTRL + SHIFT + DELETE. Anda akan dibawa ke menu penghapusan data browser secara otomatis. Apapun browsernya.

Facebook Galat

Bagi Anda yang menggunakan ponsel dengan spesifikasi yang standar maka Facebook galat kerap terjadi. Bukan hanya ponsel berspesifikasi standar saja namun yang spesifikasi bagus juga bisa mengalaminya.

Penyebab masalah ini adalah karena Anda kerap membuka aplikasi Facebooknya. Hampir tidak ada istirahatnya. Solusi atas masalah ini adalah hanya dengan menutup paksa aplikasinya. Setelahnya restart ponsel Anda.

Apabila Anda memakai browser maka tutuplah terlebih dahulu browsernya baru restart ponselnya. Hal yang sama juga berlaku seandainya Anda memakai PC atau laptop.

Facebook Tidak Diupgrade

Penyebab lainnya adalah karena Facebook tidak diupgrade. Facebook yang tidak diperbarui bisa menimbulkan banyak masalah. Salah satunya adalah problem video tak bisa dibuka itu. Pastikan jika Anda memakai Facebook yang paling terbaru supaya menghindari dari kemungkinan error tersebut.

Internal Memory Penuh

Internal memory yang penuh juga membuat Facebook mengalami error saat memutar video. Penyebabnya adalah karena kinerja RAM smartphone yang tidak stabil.

Masalah ini kerap terjadi di pengguna smartphone dengan RAM di bawah standar (di bawah 1 GB). Pastikanlah internal memory Anda tidak penuh saat mengakses Facebook.

Hapus saja data yang sudah tidak terpakai. Baik itu video, musik, dokumen, foto, dan file lain yang tidak berguna cukup dihapus saja maka sudah bisa membantu Anda.

Pemerintah Memblokir Aksesnya

Di sejumlah situasi penting pemerintah terkadang melakukan pemblokiran sosial media. Pemblokiran tersebut dilakukan supaya suasana jadi kondusif kembali. Solusi jika Facebook ikut diblokir pemerintah adalah dengan memakai VPN maupun proxy.

Demikianlah keenam penyebab facebook susah memutar video beserta cara menyelesaikannya. Keenam solusi tersebut tidak ada yang sulit. Anda bisa mencobanya dimana saja. Jadi jika Facebook tiba-tiba sulit membuka video, tak usah risau lagi. Kenali penyebabnya dan selesaikan masalahnya.

Give a Comment