Penyebab Dan Cara Mengatasi File Tidak Bisa Dibuka

File merupakan kumpulan berisi data atau informasi penting yang disimpan pada suatu perangkat elektronik. Pentingnya keberadaan suatu file kerap membuat orang khawatir dan takut saat file tidak bisa diakses. Mengingat file merupakan produk elektronik berbasis teknologi yang mana dapat mengalami kerusakan jika tidak sesuai penggunaannya.

Banyak orang mengeluhkan mengenai file yang bermasalah hari ini. Permasalahan ini membuat orang tidak dapat mengakses file penting. Sehingga tak jarang orang akan panik dan segera mencari solusi terbaik untuk menangani permasalahan ini.

Penyebab File Tidak Bisa Dibuka

File yang tidak dapat dibuka pada suatu perangkat menandakan adanya masalah pada system atau file gangguan hari ini. Masalah ini harus segera diselidiki agar tidak membuat kerusakan semakin parah, salah satunya dengan mengetahui apa saja penyebab file tidak dapat dibuka. Berikut uraian yang menyebabkan file tidak dapat dibuka:

Kerusakan Pada File/ Corrupt

Penyebab pertama file tidak dapat dibuka adalah karena kerusakan atau terjadi corrupt pada suatu file. Kerusakan ini dapat terjadi karena beberapa faktor seperti virus, system yang rusak, malware, atau pun masalah pada update hingga kerusakan perangkat keras.

File corrupt dapat terjadi pada beberapa perangkat baik komputer atau hp. Biasanya kesalahan ini terjadi karena adanya ketidaklengkapan pada suatu bagian. Sehingga menyebabkan adanya kerusakan pada file.

Ekstensi File Yang Tidak Didukung

setiap file memiliki ekstensi berbeda satu sama lain. Perbedaan itu disebabkan karena perbedaan jenis file. Sebagai contoh file gambar biasanya akan memili ekstensi jpg, png, jpeg dan lain-lain. Namun, untuk file berupa dokumen dapat memiliki ekstensi seperti doc, docx, pdf, xls, dan lain-lain.

Setiap ekstensi memiliki aplikasi yang spesifik dalam membaca isi informasi di dalamnya. Sehingga kesalahan dalam pembukaan aplikasi dapat membuat suatu file tidak dapat dibaca karena file format tidak didukung. Pastikan setiap kali membuka file sesuai dengan aplikasi dan ekstensinya.

Aplikasi Belum Diinstall

Seperti diketahui setiap file akan memiliki ekstensi berbeda. Hal tersebut membuat suatu aplikasi hanya dapat membaca jenis file tertentu saja. Sehingga pastikan jika Anda telah menginstall aplikasi yang sesuai dengan jenis file yang akan dibuka.

Misalkan saja Anda ingin membuka file dokumen dengan ekstensi doc, maka komputer harus menginstal terlebih dahulu Microsoft Office dan Word. Begitu pula jika ingin membaca file dengan ekstensi XLS, maka komputer harus memili aplikasi Excel terlebih dahulu.

Format File Tidak Didukung Oleh Aplikasi

Setiap aplikasi akan bekerja spesifik hanya kepada file yang sesuai dengan jenisnya. Beberapa file format tidak didukung tidak akan pernah bisa dibuka. Sehingga selalu pastikan jika aplikasi pembuka file telah sesuai dengan fungsinya.

Apalagi perbedaan aplikasi, berbeda jenis tahunnya saja dapat berpengaruh besar pada file yang dimiliki. Kejadian ini biasanya akan membuat file Nampak berantakan dan tidak tersusun dengan rapi.

Terdapat Kesalahan Pada Aplikasi Pembuka File

Penyebab lain file yang tidak dapat dibuka adalah terjadinya kesalahan aplikasi. Kesalahan ini akan membuat aplikasi corrupt sehingga todak akan mengenali jenis file yang Anda buka. Akibatnya adalah file tidak dapat dibuka pada suatu perangkat.

File Belum Memiliki Ekstensi

Penyebab lain yang menjadikan suatu file tidak dapat dibuka adalah file format tidak didukung dan belum memiliki ekstensi file. Setiap file akan memiliki ekstensi masing-masing yang berfungsi sebagai identifikasi format sebuah file. Cara identifikasinya dapat dilihat pada bagian belakang suatu file.

Setiap file memiliki ekstensi yang berbeda, misalnya Word maka ekstensi dapat berupa doc, docx, dan lain-lain. Begitu pula file video yang biasanya memiliki ekstensi khusus seperti MP4, anv, dan masih banyak lagi. Sehingga pastikan setiap file memiliki format ekstensi agar dapat dibuka dengan pasti pada suatu aplikasi.

Aplikasi Pembuka File Tidak Update

Penyebab lain yang memicu file tidak bisa dibuka adalah aplikasi tidak diupdate secara berkala. Hal ini menjadi penting karena dengan update aplikasi maka akan membawa fitur-fitur terbaru sesuai dengan kebutuhan. Sehingga pastikan aplikasi sudah dilakukan update secara berkala agar tetap dapat menikmati fasilitas membuka file-file penting Anda dan tidak ada lagi file format tidak didukung.

Aplikasi Pembuka File Menumpuk

setiap perangkat elektronik memiliki batasan terkait memori yang digunakan. Memori ini akan sangat menentukan bagaimana performa suatu aplikasi dalam mengerjakan beberapa tugas. Jika memori penuh maka dapat berpengaruh terhadap segala aktivitas pekerjaan yang dijalankan.

Salah satu penyebab memori cepat penuh adalah karena banyaknya aplikasi yang dibuka. Pada saat telah mencapai batas maksimal, maka system akan bekerja dengan lambat dan bahkan dapat terjadi eror atau kesalahan yang akan meluas menjadi kesalahan pada folder yang dimiliki dan membuat isi di file jadi tidak bisa dilihat.

Cache Dan Cookie Bermasalah

Cache akan selalu muncul setelah Anda berselancar di dunia maya. Setiap cache atau sampah yang disimpan akan mengambil kapasitas memori pada perangkat. Sehingga jika telah melampau batas maksimal maka akan membuat respons perangkat menjadi lama dan bahkan eror atau terjadi kesalahan.

Hal tersebut akan berdampak pada pembukaan folder yang tidak bisa maksimal. Alhasil, file yang ingin dibuka menjadi tidak bisa . Tumpukan file memang tidak berbahaya, namun jika terus dibiarkan dapat membuat penurunan performa kinerja perangkat hingga isi di file jadi tidak bisa dilihat.

Memori Internal Penuh

memori memiliki peran yang sangat penting pada performa kerja perangkat. Pasalnya, perangkat akan membutuhkan slot memori untuk dapat mengerjakan segala hal. Sehingga jika kapasitas memori berkurang maka akan mengurangi sensitivitas pekerjaan hingga tidak dapat membuka beberapa file.

Terkena Virus

Virus atau malware dapat dikatakan sebagai penyebab utama suatu file tidak dapat dibuka. Bagaimana tidak virus dapat mengubah menghapus hingga meruak informasi dan juga system yang terdapat dalam perangkat komputer atau laptop. Hal tersebut menjadikan laptop tidak dapat membaca file-file yang rusak sehingga isi di file jadi tidak bisa dilihat.

Cara Mengatasi File Tidak Bisa Dibuka

Terdapat beberapa solusi atau cara untuk mengatasi permasalahan file yang tidak bisa dibuka. Berikut merupakan cara yang bisa digunakan untuk mengatasi file yang tidak bisa dibuka:

Unduh dan Pasang Aplikasi Pembuka File

Solusi pertama dalam permasalahan file yang tidak bisa dibuka cukup sederhana yaitu dengan menginstal aplikasi sesuai dengan format file. Hal ini dikarenakan setiap file membutuhkan aplikasi tertentu untuk dapat membuka, mengedit, atau bahkan memperbaiki.

Misalnya saja jika ingin membuka dan mengedit dokumen, maka Anda membutuhkan aplikasi Microsoft Word yang menjadi bawaan Microsoft Office. Begitu pula dengan beberapa jenis file lainnya yang membutuhkan aplikasi spesifik agar dapat dibuka.

Download Ulang File-Nya

Solusi lain yang juga bisa digunakan untuk mengatasi file format tidak didukung digunakan adalah dengan mendownload ulang file tersebut. Hal ini untuk mencegah adanya kerusakan pada saat download file. Mengingat pada saat download file bisa diikuti dengan kehadiran virus atau pada saat mendownload system sedang bermasalah sehingga menyebabkan file tidak dapat dibuka.

Mulai Ulang Perangkat

Penyebab Dan Cara Mengatasi File Tidak Bisa Dibuka 2022

Penyebab file format tidak didukung dan tidak dapat dibuka bisa disebabkan karena adanya masalah pada hardware dan software perangkat Anda. Cara yang digunakan cukup sederhana dan tak perlu dikhawatirkan lebih lanjut. Anda cukup melakukan kembali proses warm booting untuk menghilangkan beberapa kesalahan atau eror yang terjadi.

Lakukan restart pada perangkat Anda untuk mengatur kembali semua system sedari awal. Sehingga dapat memperbaiki komponen yang rusak atau eror.

Scan dengan Antivirus

Penyebab Dan Cara Mengatasi File Tidak Bisa Dibuka 2022

Salah satu penyebab file yang tidak dapat dibuka adalah kehadiran virus. Sehingga cara mengatasinya adalah menggunakan antivirus. Setiap perangkat pasti akan memiliki beberapa antivirus yang digunakan untuk menjaga perangkat Anda dari serangan virus-virus berbahaya.

Pada saat download file sangat memungkinkan Anda membawa suatu virus. Sehingga cukup lakukan scan secara mendalam pada perangkat Anda untuk mendeteksi ada tidaknya serangan virus.

Perbarui Aplikasi Pembuka File

Penyebab Dan Cara Mengatasi File Tidak Bisa Dibuka 2022

Solusi lain yang bisa dilakukan untuk membuka file yang tidak bisa dibuka adalah dengan update aplikasi. Hal ini untuk mencegah adanya kegagalan system dalam membaca suatu file terbaru. Dimana aplikasi harus senantiasa diupdate untuk mendapatkan fitur terbaru dan terkini.

Berikan Akses atau Perijinan Pembukaan File

Penyebab Dan Cara Mengatasi File Tidak Bisa Dibuka 2022

Percaya atau tidak percaya terdapat beberapa file yang pembukaannya harus melalui pemberian izin. Cara ini tidak dapat dilakukan secara otomatis dalam rangka menjaga dan mencegah adanya file-file yang berisikan virus berbahaya.

Sehingga biasanya pada saat membuka file akan terdapat serangkaian pertanyaan untuk membuka akses file tersebut. Cukup berikan izin satu aplikasi dalam membuka file, maka file dapat terbuka dengan segera.

Hapus Data Aplikasi Pembuka File

Penyebab Dan Cara Mengatasi File Tidak Bisa Dibuka 2022

Beberapa data biasanya akan masih tersimpan di suatu aplikasi pembuka. Hal ini bertujuan jika ingin membuka kembali cukup klik riwayat tersebut. Tapi terlalu banyak data yang ada akan membuat system penuh sehingga mengganggu aktivitas pembukaan file.

Cara mengatasi hal tersebut begitu mudah di mana Anda cukup menghapus beberapa data yang dianggap tidak perlu lagi digunakan pada aplikasi pembuka file. Sehingga memori akan tersisa untuk membuka file baru yang akan Anda kerjakan.

Hapus Cookie Dan Cache

Penyebab Dan Cara Mengatasi File Tidak Bisa Dibuka 2022

Setiap kali berselancar di dunia maya pasti akan membawa suatu tumpukan file atau sampah yang diberi nama cookie atau cache. Kehadiran file-file ini dapat mengambil space memori sehingga kinerja laptop akan menjadi berat.

Kinerja yang berat dapat disebabkan karena factor memory yang penuh. Sehingga sederhananya adalah dengan mengosongkan memori untuk tetap membuat perangkat Anda dapat bekerja secara optimal.

Tambahkan Ekstensi di Belakang File

Penyebab Dan Cara Mengatasi File Tidak Bisa Dibuka 2022

Ekstensi digunakan untuk melakukan identifikasi suatu format file. Namun pada kenyataannya tidak semua file langsung memiliki ekstensi. Khususnya jika Anda mendapatkan file dari internet biasanya bersifat open file yang belum memiliki ekstensi khusus. Cukup berikan ekstensi di bagian belakang nama file sesuai dengan jenis aplikasi yang akan digunakan untuk membuka.

Ganti Nama Ekstensi File

Penyebab Dan Cara Mengatasi File Tidak Bisa Dibuka 2022

Jika cara di atas gagal terus dan tidak bisa digunakan untuk membuka file yang tidak bisa dibuka, Anda bisa melakukan mix and match jenis ekstensi. Misalkan jika setelah diganti menjadi doc tidak dapat dibuka, maka coba peruntukannya menjadi.pdf. hal ini dapat membantu keberhasilan dalam menemukan ekstensi sebenarnya yang dimiliki oleh file tersebut.

Download Aplikasi Pembuka File Lain

Perbedaan ekstensi akan mengakibatkan perbedaan aplikasi yang digunakan. Sehingga jika tidak dapat dilakukan oleh suatu aplikasi mungkin akan dapat dilakukan oleh aplikasi lain. Cukup ganti jenis aplikasi pembukanya saja maka file dapat terbuka dengan mudah.

Berikut untunk download aplikasi pembuka file:

Nyalakan Fitur Sumber Tidak Dikenal (Unknown Source)

Penyebab Dan Cara Mengatasi File Tidak Bisa Dibuka 2022

Beberapa file dengan ekstensi .Apk tidak dapat dibuka tanpa adanya izin dari perangkat Anda. Hal ini bertujuan untuk melindungi perangkat Anda dari file-file eksternal yang membahayakan. Sehingga jika akan membuka file dengan ekstensi.Apk maka Anda harus memberikan izin akses perangkat dari sumber tidak dikenal terlebih dahulu.

Dengan mengaktifkan Sumber tidak dikenal maka file yang tidak bisa dibuka di hp android jadi bisa dibuka kembali.

Manfaatkan Aplikasi Repair File

Salah satu penyebab mengapa file tidak dapat dibuka adalah kerusakan pada file. Hal ini dapat diperbaiki menggunakan aplikasi repair file. Aplikasi tersebut akan melakukan perbaikan pada file yang mengalami kerusakan.

Berikut untunk download aplikasi repair file:

Demikian merupakan penyebab dan solusi yang dapat dilakukan pada saat file tidak dapat dibuka. Caranya cukup sederhana yang memungkinkan untuk dilakukan sendiri. Namun, jika semua cara telah dilakukan dan belum berhasil membuka maka Anda perlu membawa ke ahlinya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar