Penyebab dan Cara Mengatasi Free Fire Keluar Sendiri

Game Free Fire banyak digandrungi oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Game ini juga bisa mengalami gangguan seperti akun yang keluar sendiri terus berkali-kali. Munculnya masalah tersebut tentu dapat mengganggu para pengguna yang sedang bermain.

Penyebab Free Fire Keluar Sendiri

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan game ini mengalami error saat dimainkan. Namun setiap masalah tersebut tentu ada solusinya. Berikut beberapa penyebab Free Fire yang keluar sendiri dan cara-cara yang diperlukan untuk mengatasinya.

Jaringan internet tidak stabil

Aplikasi game ff membutuhkan koneksi internet yang bagus dan stabil. Masalah aplikasi yang close force atau tertutup secara tiba—tiba dapat disebabkan karena jaringan internet yang digunakan buruk.

Koneksi internet yang tidak stabil membuat aplikasi tidak bisa berjalan dengan normal. Pengguna akan kesulitan dan mendapati game Free Fire reconnect terus saat coba dijalankan.

Waktu sesi login akun telah habis

Pada game online, tampilannya akan terus diupdate saat perangkat terhubung ke internet. Apabila didiamkan biasanya akan ada aplikasi atau sesi yang tertutup karena waktu login yang sudah habis.

Masalah game Free Fire yang force close juga dapat disebabkan karena sesi login akun berakhir bukan masalah pada Free Fire lagi gangguan atau lainnya. Sesi waktu login dapat berpengaruh pada kinerja sistem.

HP kepanasan (overheat)

Penyebab aplikasi game ini terus berhenti adalah perangkat smartphone yang mengalami overheat. Panas berlebih saat memainkan game dapat menyebabkan aplikasi keluar dengan sendirinya.

Pengguna tidak menutup aplikasi tetapi Free Fire keluar otomatis apabila suhu hp yang terlalu panas atau overheat. Hal ini sangat mungkin terjadi terutama untuk pengguna yang bermain game dalam waktu lama secara terus menerus dan ventilasi buruk.

Free Fire Galat

Faktor lain penyebab game sering re-login adalah pada aplikasi yang galat atau corrupt. Pada aplikasi seperti ini, sistem tidak bisa menjalankan perintah seperti biasanya.

Pengguna akan kesulitan untuk bermain game Free Fire dan bahkan harus berulang kali login. Aplikasi tidak bisa berjalan dengan baik apabila galat. Fitur-fitur pada game juga error dan game akan keluar sendiri walaupun pemain tidak menutupnya.

Menggunakan cheat/script

Beberapa orang bermain game ff menggunakan cheat/script untuk bisa menang dengan lebih mudah. Ada beberapa akun yang sembunyi-sembunyi menggunakan cheat. Penggunaan cheat ini ternyata juga bisa membuat error atau gangguan saat pengguna menjalankan game.

Gangguan seperti game yang tiba-tiba keluar dapat disebabkan pengguna yang memakai cheat. Selain itu, masalah game yang login ulang berkali-kali juga bisa disebabkan karena hal tersebut.

Free Fire belum diupdate

Penyebab game sering login ulang selanjutnya adalah aplikasi Free Fire yang belum diupdate. Pada aplikasi versi lawas bisa saja bermasalah karena mungkin ada beberapa sistem yang sudah tidak sesuai dengan versi terbaru.

Game Free Fire pun akan sering bermasalah saat dibuka atau dimainkan. Saat bermain game, aplikasi bisa otomatis tertutup dan pengguna harus login ulang karena menggunakan aplikasi versi lama.

Data Free Fire menumpuk

Penyebab aplikasi game keluar sendiri terus selanjutnya bisa karena data pada Free Fire yang terlalu banyak dan menumpuk. Setiap kali membuka aplikasi atau game, data pada aplikasi akan bertambah dan membuat penyimpanan semakin penuh.

Ruang penyimpanan dapat berpengaruh pada aplikasi yang tidak berjalan lancar. Saat membuka game, Free Fire dapat otomatis keluar karena gangguan pada kinerja smartphone yang menurun.

File yang jarang dipakai di hp menumpuk

Aplikasi mungkin tidak bisa berjalan normal jika RAM atau penyimpanan ponsel yang terlalu penuh. Game error dan akun Free Fire keluar tiba-tiba dapat disebabkan karena masalah penyimpanan tersebut.

File yang jarang dipakai dan dibiarkan akan menumpuk di penyimpanan dan mengganggu kinerja sistem atau aplikasi. Saat membuka aplikasi besar seperti game Free Fire, sistem mungkin gagal untuk menjalankan aplikasi seperti biasanya.

Download Free Fire yang tidak resmi

Bermain game terganggu karena aplikasi Free Fire reconnect terus dapat disebabkan karena aplikasi yang digunakan bukan dari developer resmi. Walaupun semua aplikasi bisa saja mengalami gangguan, tetapi aplikasi resmi biasanya lebih baik dan lebih aman.

Download game Free Fire dari sumber yang tidak jelas bisa saja membuat pengguna mendapatkan aplikasi yang banyak bermasalah. Bermain game pun menjadi tidak lancar.

Dibanned oleh pihak Free Fire

Jika masalahnya adalah tidak bisa masuk, ada kemungkinan akun Free Fire yang sudah dibanned oleh developer. Akun yang dibanned tidak bisa digunakan untuk mengakses atau masuk ke game Free Fire.

Developer dapat melakukan banned pada akun-akun yang melanggar ketentuan. Biasanya akun yang mencurigakan dan menggunakan cheat atau lainnya. Developer akan memblokir akun-akun tersebut dan membuat pengguna tidak bisa login.

Terkena virus

Apabila game Free Fire error dan sering re-login, hati-hati aplikasi tersebut sudah terkena virus atau malware. Virus yang ada di perangkat atau aplikasi dapat membahayakan sistem dan membuat aplikasi tidak bisa berjalan normal.

Ancaman malware dapat mengganggu permainan dan membuat game keluar secara paksa. Bukan hanya aplikasi yang tertutup tiba-tiba, virus bahkan bisa membuat sistem utama pada smartphone mati.

Cara Mengatasi Free Fire Keluar Sendiri

Setelah mengetahui beberapa penyebab diatas, berikut beberapa solusi dan cara mengatasinya;

Restart modem

Penyebab Dan Cara Mengatasi Free Fire Keluar Sendiri 2022

Saat bermain ff dan muncul masalah game yang keluar sendiri, pengguna bisa mencoba memperbaiki jaringan yang digunakan dengan restart modem. Restart atau pasang ulang modem yang terhubung ke perangkat untuk bermain game.

Bagi yang menggunakan modem, coba lakukan cara ini untuk mengatasi Free Fire yang Force Stop. Biasanya setelah itu jaringan internet dari modem tersebut akan normal dan lebih lancar.

Istirahatkan sebentar lalu main kembali

Game yang error dan akun Free Fire keluar sendiri terus mungkin terjadi karena pengguna bermain game dalam waktu lama. Solusi masalah tersebut adalah dengan memberikan waktu jeda untuk berhenti bermain game sebentar.

Jangan biarkan smartphone bekerja terus menerus karena bermain Free Fire yang terlalu lama. Istirahatkan sebentar dan silahkan bermain game kembali agar aplikasi dapat berjalan dengan lancar.

Restart HP

Penyebab Dan Cara Mengatasi Free Fire Keluar Sendiri 2022

Solusi untuk ff yang bermasalah berikutnya adalah dengan melakukan restart smartphone. Saat HP direstart, maka seluruh aplikasi akan berhenti dan keluar. Sistem akan kembali ke awal seperti saat pertama kali perangkat dinyalakan.

Cara ini efektif untuk mengatasi game yang error dan bolak-balik keluar padahal tidak di-close. Restart HP juga dapat mengembalikan kinerja sistem lebih lancar dan aplikasi berjalan normal.

Izinkan fitur yang ada di Free Fire

Penyebab Dan Cara Mengatasi Free Fire Keluar Sendiri 2022

Game Free Fire yang terus berhenti mungkin disebabkan karena ada beberapa fitur yang tidak mendapatkan izin akses. Aplikasi game ini tentunya memiliki banyak fitur dan beberapa membutuhkan izin khusus.

Apabila game error dan berulang kali berhenti, cek pada izin aplikasi dan berikan izin agar fitur di Free Fire dapat berjalan. Pengguna dapat mematikan dan mengaktifkan izin akses pada aplikasi.

Ganti jaringan internet

Penyebab Dan Cara Mengatasi Free Fire Keluar Sendiri 2022

Ganti jaringan internet yang lebih lancar dan stabil untuk membuka game PUBG mobile. Game ini akan berjalan dengan lebih baik tanpa gangguan atau error.

Turunkan pengaturan grafis Free Fire ke paling kecil

Penyebab Dan Cara Mengatasi Free Fire Keluar Sendiri 2022

Free Fire tiba-tiba keluar mungkin dapat disebabkan karena perangkat tidak mendukung aplikasi. Silahkan coba mengatasi game yang terus berhenti dengan mengatur grafis Free Fire ke level yang paling kecil.

Cara ini dapat bekerja untuk mengatasi game error karena grafis yang terlalu berat untuk smartphone. Grafis yang lebih kecil akan lebih ringan untuk dijalankan oleh sistem operasi sehingga game tidak error.

Hapus data Free Fire

Penyebab Dan Cara Mengatasi Free Fire Keluar Sendiri 2022

Jika game sering relog karena penyimpanan internal dan RAM yang sudah terlalu penuh, maka solusinya adalah dengan membersihkannya. Salah satu cara membersihkan penyimpanan tersebut yaitu dengan menghapus data Free Fire.

Pertama coba hapus data cache untuk memberikan sedikit ruang agar game kembali lancar. Apabila tidak berhasil, mungkin perlu pembersihan data secara menyeluruh untuk aplikasi game tersebut.

Tutorial untuk menghapus data:

Hapus file yang jarang dipakai di HP

Penyebab Dan Cara Mengatasi Free Fire Keluar Sendiri 2022

Masih karena penyimpanan terlalu penuh yang menyebabkan Free Fire sering login ulang, solusinya adalah dengan membersihkan ruang penyimpanan internal. Mungkin ada beberapa file yang sebenarnya jarang dipakai yang dapat dikorbankan untuk dihapus.

Menghapus file yang jarang dipakai akan membuat penyimpanan tersisa lebih banyak. Sistem yang sebelumnya terlalu berat untuk menjalankan aplikasi pun akan menjadi lebih lancar.

Instal ulang Free Fire

Jika game keluar sendiri terus, coba atasi dengan menginstal ulang aplikasi Free Fire. Aplikasi yang diinstall ulang akan kembali pada kondisi yang masih bersih dan tanpa cache yang menumpuk.

Pengguna dapat bermain game lebih lancar dengan aplikasi yang masih seperti baru ini. Dijamin game akan berjalan normal dan tidak ada lagi error game yang keluar sendiri.

Gunakan VPN atau DNS resolver

Penyebab Dan Cara Mengatasi Free Fire Keluar Sendiri 2022

Cara mengatasi Free Fire keluar sendiri terus berikutnya adalah dengan VPN atau DNS resolver. Pengguna bisa memanfaatkan VPN atau DNS untuk mengakses game online seperti Free Fire agar lebih lancar.

Membuka game melalui VPN dapat menjadi solusi jitu apabila bermain di aplikasi Free Fire terus bermasalah. Pengguna dapat bermain Free Fire seperti biasa melalui VPN atau DNS resolver.

Daftar vpn yang perlu dicoba: vpn terbaik di hp android.

Pengubah DNS yang perlu DIcoba: aplikasi pengubah dns terbaik di hp android.

Lapor ke layanan CS

Penyebab Dan Cara Mengatasi Free Fire Keluar Sendiri 2022

Bagi pengguna yang sudah bingung akun Free Fire tidak bisa masuk atau game yang error, silahkan untuk menghubungi customer service. Layanan customer service siap membantu pengguna yang mengalami masalah dengan game Free Fire ini.

Biasanya mereka akan membantu mencari penyebab dari game Free Fire yang error. Setelahnya akan diberikan instruksi apa yang harus dilakukan untuk mengembalikan game agar berjalan normal.

Untuk melaporkan hal ini bisa mengunjungi: https://ffsupport.garena.com/hc/en-us/articles/4412920946458-Announcement-How-to-Submit-a-Request

Itulah beberapa penyebab keluar sendiri terus dan cara mengatasinya. Pengguna bisa mengecek apa penyebab dari gangguan tersebut. Setelahnya dapat mencoba salah satu cara di atas agar game Free Fire kembali normal dan bisa bermain dengan lancar.

Pada intinya, penyebab masalah ini bisa berasal dari faktor internal seperti perangkat dan jaringan internet atau faktor internal seperti server dan akun terblokir. Jadi pengguna sebaiknya perhatikan ruang penyimpanan, koneksi internet yang digunakan, pengaturan izin akses, dan ketentuan dari Free Fire agar dapat bermain game tanpa kendala.

Tinggalkan komentar