Penyebab dan Cara Mengatasi Mobile Legends Tidak Bisa Dibuka

Mobile Legends merupakan salah satu permainan yang sangat populer beberapa tahun belakangan ini, bahkan sudah menjadi satu cabang e-sports. Banyak sekali orang yang ingin memainkan game ini dan banyak juga yang berusaha untuk bisa menguasai permainan tersebut dengan sebaik mungkin. Jadi banyak yang berlatih siang dan malam agar supaya bisa menguasai game tersebut dengan baik.

Smartphone sekarang ini sudah banyak yang memang dibuat paling tidak untuk bisa memainkan Mobile Legends yang sangat populer. Akan tetapi tetap ada saat di mana ada gangguan jadi tidak bisa main ML, dan itu memang sangat mengganggu ya. Oleh karena itu pada kesempatan ini kami akan jelaskan penyebab dan juga cara untuk mengatasi.

Penyebab Mobile Legends Tidak Bisa Diakses

Terkadang memang ada gangguan Mobile Legends tidak bisa dibuka padahal ada kuota, dan ini menjadi masalah banyak orang. Untuk bisa mengatasi hal ini, maka Anda perlu tahu dulu apa sih sebenarnya penyebabnya, sehingga nanti akan bisa dicari solusinya. Berikut ini beberapa penyebab saat Anda membuka Mobile Legends gagal terus atau tidak bisa terbuka.

HP Tidak Support

Penyebab yang pertama itu adalah sebenarnya HP yang Anda pakai untuk memainkan game Mobile Legends itu tidak support. Jadi tidak bisa main ML dengan menggunakan HP yang memang tidak support atau tidak sesuai dengan spesifikasi minimal game tersebut. Jadi jelas game tersebut tidak bisa dibuka dan Anda harus menggantinya dengan smartphone yang memang support untuk game bisa dibuka.

Server Down

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mobile Legends Tidak Bisa Dibuka 2022

Penyebab yang berikutnya adalah server lagi down, Mobile Legends lagi gangguan itu biasanya karena server down. Ini adalah salah satu penyebab yang memang paling sering membuat Mobile Legends itu tidak bisa dimainkan untuk sementara waktu. Ini biasanya terjadi kalau terlalu banyak orang bermain dalam satu waktu dan server mengalami masalah atau juga mengalami gangguan hari ini.

Jaringan Internet Tidak Stabil

Penyebab yang ketiga adalah jaringan internet yang digunakan untuk memainkan game tersebut tidak stabil, jadi kadang cepat kadang lambat. Biasanya kalau jaringan internet tidak stabil itu game akan terhenti di bagian awal pembukaan aplikasi game tersebut. Jadi jelas hal ini membuat game Mobile Legends itu tidak bisa dibuka dan kemudian tidak bisa dipakai dan tidak bisa masuk ke server.

HP Kepanasan (Overheat)

Penyebab yang keempat itu adalah HP kepanasan, ini juga sering membuat HP tidak bisa membuka aplikasi tertentu. Karena memang biasanya kalau HP kepanasan itu akan bisa membuat kinerja smartphone jadi berkurang drastis. Bahkan bisa menyebabkan aplikasi crash atau tertutup sendiri, jadi tentunya ini bisa menjadi penyebab Mobile Legends tidak bisa dibuka.

Mobile Legends Galat

Penyebab yang berikutnya adalah Mobile Legends mengalami galat atau bisa dibilang juga mengalami eror dan membuat aplikasi tidak bisa dibuka. Hal ini adalah eror yang memang sering sekali terjadi pada aplikasi Mobile Legends tidak bisa buka atau tertutup sendiri. Ini biasanya terlihat kalau aplikasi Mobile Legends tidak bisa diakses.

Mobile Legends Belum Diupdate

Penyebab yang selanjutnya itu adalah Mobile Legends yang belum diupdate yang memang sering membuat aplikasi ini tidak bisa dibuka. Biasanya sih Anda hanya akan bisa masuk ke bagian pembukaan aplikasi saja, dan tidak masuk ke game tersebut. Jadi meskipun bisa dibuka, tapi hanya sampai di bagian pembuka saja dan Mobile Legends tidak bisa masuk.

Data Mobile Legends Menumpuk

Penyebab lain yang membuat aplikasi game ini tidak bisa dibuka atau langsung tertutup itu adalah Mobile Legends datanya menumpuk di smartphone. Karena memang ketika sebuah game dijalankan oleh smartphone, maka akan data cache yang masuk ke dalam smartphone. Kemudian akan tersimpan dan akan menumpuk, dan kemudian membuat aplikasi jadi berat dan tidak bisa dibuka.

File Yang Jarang Dipakai Menumpuk

Penyebab yang mungkin sering terjadi karena penggunaan smartphone itu adalah file yang jarang dipakai menumpuk di smartphone. Karena ada banyak sekali data yang tertumpuk dari berbagai aplikasi yang terpasang di smartphone, karena sudah pasti akan masuk di smartphone. Nah kalau menumpuk itu akan bisa membuat kinerja smartphone jadi semakin lambat dan tidak bisa membuka game Mobile Legends.

Download Mobile Legends Yang Tidak Resmi

Penyebab yang selanjutnya itu adalah kemungkinan Anda tidak download Mobile Legends yang resmi, ini sering membuat terjadinya eror ya. Karena kalau bukan aplikasi resmi, maka kemungkinan sangat besar adanya bug yang membuat aplikasi tersebut eror. Bila tidak resmi biasanya juga tidak terlalu stabil dan juga tentunya banyak bug yang akan muncul.

Mobile Legends Diblokir Pemerintah

Penyebab yang berikutnya adalah diblokir pemerintah, ini juga akan membuat Anda tidak bisa lagi masuk ke game tersebut. Bila sudah sampai diblokir oleh pemerintah, maka Anda tidak dapat tersambung ke aplikasi tersebut meskipun aplikasi resmi dan ada koneksi internet juga. Karena ketika diblokir kita tidak akan bisa mengakses situs ataupun server dari game tersebut.

Mobile Legends Diblokir Oleh Penyedia WIFI

Penyebab lain adalah kemungkinan aplikasi game Mobile Legends itu diblokir oleh penyedia WIFI yang akan Anda gunakan. Nah kalau diblokir oleh penyedia WIFI itu nanti kesannya akan seperti tidak ada koneksi internet pada saat Anda ingin memainkan Mobile Legends ini. Jadi tidak bisa masuk ke game dan tidak bisa mulai main Mobile Legends.

Terkena Virus

Penyebab yang terakhir adalah terkena virus yang membuat Anda jadi tidak bisa main ML di smartphone yang Anda miliki. Virus itu pengaruhnya ke smartphone bisa banyak hal, bisa memperlambat kinerja atau merusak file termasuk file game Mobile Legends ini. Ini memang menjadi salah satu alasan yang sering membuat Mobile Legends tidak bisa dibuka padahal ada kuota.

Cara Mengatasi Game Mobile Legends Tidak Bisa Digunakan

Apabila Anda mengalami masalah seperti Mobile Legends tidak bisa dimainkan, atau Anda Mobile Legends Anda bermasalah hari ini, maka ada solusi. Setelah Anda tahu penyebabnya, maka saatnya untuk mengetahui pilihan solusi yang bisa Anda coba untuk bisa membuka Mobile Legends yang tidak bisa dibuka. Nah berikut kami akan jelaskan pilihan solusi dari yang mudah sampai yang cukup rumit.

Istirahatkan Sebentar Lalu Main Lagi

Solusi yang pertama agar supaya bisa digunakan lagi adalah, Anda beristirahat sejenak sebelum Anda nanti bermain lagi. Ini adalah salah satu hal yang penting lho, karena bisa jadi smartphone Anda overheat atau koneksi sedang sangat tidak stabil. Anda istirahat sebentar beberapa jam kemudian Anda main lagi, mungkin akan bisa berjalan lagi.

Jangan Main Saat Smartphone Di Cas

Solusi yang kedua adalah hindari memainkan Mobile Legends pada saat smartphone itu sedang di cas ya. Karena pada saat di cas itu biasanya smartphone sangat panas, dan itu akan menghambat kinerja dari smartphone. Dan itu akan membuat smartphone tidak bisa menjalankan game tersebut dengan baik dan akhirnya tidak bisa dibuka.

Paksa Berhenti Mobile Legends Lalu Buka Kembali

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mobile Legends Tidak Bisa Dibuka 2022

Solusi yang kedua adalah Anda harus paksa berhenti aplikasi game Mobile Legends terlebih di dalam smartphone mereka. Biasanya ini karena aplikasi Mobile Legends itu mengalami eror, apalagi kalau Anda membuka beberapa aplikasi selain Mobile Legends. Nah untuk bisa membuat Anda bisa masuk ke game Mobile Legends tersebut, maka Anda perlu paksa berhenti dulu supaya aplikasi restart ke setting semula.

Restart Smartphone

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mobile Legends Tidak Bisa Dibuka 2022

Solusi yang kedua adalah Anda juga bisa melakukan restart smartphone, ini adalah salah satu solusi yang bisa dipakai. Dengan melakukan restart tersebut, maka semua program pun akan terbuka ulang dan juga semua data cache akan terhapus. Oleh karena itulah nantinya program game Mobile Legends akan bisa berjalan lagi dan Anda bisa mainkan juga.

Scan Menggunakan Antivirus

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mobile Legends Tidak Bisa Dibuka 2022

Solusi yang berikutnya adalah melakukan scan smartphone dengan menggunakan antivirus yang bisa digunakan di smartphone. Karena kan memang salah satu penyebab aplikasi game tidak berjalan dengan benar adalah virus yang ada di smartphone tersebut. Nah Anda perlu scan dulu smartphone untuk kemudian menghilangkan virus tersebut di smartphone.

Update Mobile Legends

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mobile Legends Tidak Bisa Dibuka 2022

Solusi yang keenam adalah Anda perlu untuk melakukan update dulu Mobile Legends apabila mungkin versi di smartphone Anda bukan yang terbaru. Nah Anda bisa melakukan update versi terbaru dari Mobile Legends yang tentunya dibutuhkan agar supaya Anda bisa membuka game tersebut. Jadi coba cek lagi apakah Mobile Legends di smartphone Anda sudah yang terbaru atau belum.

Dan berikut langkah-langkah cara update game di google play store.

Ijinkan Fitur Di Mobile Legends

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mobile Legends Tidak Bisa Dibuka 2022

Solusi selanjutnya adalah menyetting fitur yang ada di Mobile Legends itu harus Anda ijinkan semua ke dalam smartphone Anda. Karena terkadang gangguan dan aplikasi game tidak bisa digunakan karena ada beberapa fitur tidak diijinkan di smartphone Anda. Oleh sebab itu Anda harus pastikan untuk mengijinkan semua fitur di Mobile Legends agar game bisa berjalan dengan lancar.

Ganti Jaringan Internet

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mobile Legends Tidak Bisa Dibuka 2022

Solusi berikutnya adalah mengganti jaringan internet agar supaya bisa mendapatkan koneksi yang jauh lebih baik. Sehingga nantinya aplikasi game akan bisa berjalan lancar dan bisa membuka Mobile Legends yang tidak bisa dibuka.

Hapus Data Mobile Legends

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mobile Legends Tidak Bisa Dibuka 2022

Solusi yang bisa digunakan untuk membuka aplikasi game Mobile Legends yang tidak bisa lagi dibuka adalah dengan menghapus data Mobile Legends. Menghapus data cache ini akan memperlancar kinerja smartphone dan bisa membuka kembali aplikasi tersebut.

Tutorial untuk menghapus data:

Hapus File Menumpuk Di Smartphone

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mobile Legends Tidak Bisa Dibuka 2022

Solusi untuk membuka Mobile Legends itu adalah menghapus file yang menumpuk di Smartphone. Karena file cache itu akan membuat smartphone lambat dan tidak bisa membuka game.

Install Ulang Mobile Legends Di Smartphone

Kalau aplikasi berkali-kali eror dan tidak bisa dibuka, Anda bisa install ulang dulu agar supaya kembali ke setelan awal install aplikasi

Install Mobile Legends Di Taptap

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mobile Legends Tidak Bisa Dibuka 2022

Berikutnya Anda bisa install aplikasi game Mobile Legends di Taptap yang tentunya merupakan tempat yang resmi dari aplikasi Mobile Legends. Anda jadi bisa lebih aman untuk install aplikasinya.

Bisa melalui link download mobile legends di taptap

Gunakan VPN Atau DNS

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mobile Legends Tidak Bisa Dibuka 2022

Pada saat ada blokir dari pemerintah atau dari penyedia WIFI, solusi yang paling tepat itu adalah dengan menggunakan VPN dan DNS. Itu akan melewati blokir tersebut.

Daftar vpn yang perlu dicoba: vpn terbaik di hp android.

Pengubah DNS yang perlu DIcoba: aplikasi pengubah dns terbaik di hp android.

Gunakan Operasi Sistem Terbaru

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mobile Legends Tidak Bisa Dibuka 2022

Terkadang pada saat OS yang Anda pakai di smartphone Anda tidak yang terbaru itu akan membuat aplikasi tertentu tidak bisa dibuka. Dan berarti Anda perlu sekali menggunakan OS terbaru dan update OS terlebih dahulu.

Lapor Ke CS

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mobile Legends Tidak Bisa Dibuka 2022

Solusi selanjutnya adalah lapor ke CS kalau memang masih tidak juga bisa dibuka aplikasi game Mobile Legends tersebut. Ini adalah solusi terakhir, mungkin Anda bisa mendapatkan solusi yang terbaik juga dari CS.

Situs resminya: https://help.mobilelegends.com/#/home

Reset Smartphone

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mobile Legends Tidak Bisa Dibuka 2022

Terakhir adalah Anda reset smartphone, karena siapa tahu sudah terlalu banyak aplikasi yang rusak atau OS yang rusak. Jadi harus reset untuk kembali ke setelan pabrik terlebih dahulu.

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda pergunakan untuk kembali membuka aplikasi game Mobile Legends yang mungkin eror dan tidak bisa dibuka. Itulah beberapa solusi untuk menghadapi Mobile Legends gangguan hari ini dan juga hari yang lainnya. Carannya cukup mudah dan bisa Anda terapkan dengan mudah juga.

Tinggalkan komentar