Penyebab dan Cara Mengatasi Mobile Legends Tidak Bisa Login

kalangan game dunia. Tercatat berbagai kalangan masyarakat dari mulai anak-anak hingga orang dewasa mengenal game seru yang satu ini.

Untuk bisa memainkan game Mobile Legends, Anda hanya perlu menyediakan dua macam hal yaitu perangkat gadget berupa smartphone dan akses internet yang stabil. Karena game Mobile Legends adalah jenis game yang dimainkan secara online, maka koneksi internet yang stabil akan membuat pengalaman bermain game semakin menyenangkan.

Namun adakalanya, game Mobile Legends ini sulit untuk dibuka atau Mobile Legends tidak bisa login. Jika hal itu terjadi, apa penyebabnya? Dan apa saja cara untuk bisa mengatasinya dengan baik dan benar?

Penyebab Game Mobile Legends Tidak Bisa Login

Seperti yang sudah diketahui kalangan umum, game Mobile Legends masuk ke dalam jajaran game mobile yang dipertandingkan dalam eSports. Banyak atlet eSports Indonesia yang berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan memainkan game tersebut hingga mencapai prestasi tertentu.

Namun sayang, banyak pemain game Mobile Legends yang mengeluhkan ketika game menjadi sulit untuk dibuka atau untuk melakukan login jadi tidak bisa main ml. Beberapa diantara mereka menyebutkan, untuk login atau masuk pada game menjadi sulit dikarenakan faktor internal game. Namun beberapa pemain lainnya menyebutkan faktor eksternal yang menjadi penyebab Mobile Legends gangguan hari ini.

Di bawah ini adalah beberapa hal yang menjadi penyebab dimana game Mobile Legends tak bisa masuk atau login.

Server game mengalami down

Penyebab yang pertama dari tak bisa login pada game Mobile Legends adalah karena server game yang alami down. Biasanya jika hal itu terjadi, para gamers akan menunggu pihak pengembang game Mobile Legends yaitu Moonton untuk memberikan penjelasan terkait server down yang terjadi.

Moonton juga biasanya akan memberikan kompensasi pada para pemain karena mereka tak bisa menikmati permainan game tersebut akibat server down tersebut sehingga Mobile Legends tidak bisa diakses. Jenis kompensasi yang diberikan adalah berupa hadiah tertentu yang bisa diperebutkan oleh para pemain.

Jaringan internet yang tidak stabil

Mengingat game Mobile Legends adalah jenis game online yang mana permainannya membutuhkan akses internet tersendiri, maka setiap pemain harus bisa mencari akses internet yang stabil dan kuat untuk bermain game ini. Disarankan untuk menggunakan jaringan WiFi ketimbang data seluler untuk mendapatkan akses internet yang lebih berkualitas sekaligus hemat biaya.

Memakai aplikasi Mobile Legends MOD (modif) / Script

Penyebab yang keempat adalah karena penggunaan aplikasi Mobile Legends versi modif atau mod. Banyak pemain game Mobile Legends yang menggunakan jenis game ini karena ingin mendapatkan pengalaman bermain game yang lebih mudah dan aman untuk mereka.

Aplikasi game versi mod adalah aplikasi game yang dibuat oleh pihak pengembang ketiga secara tidak resmi. Untuk itu, penggunaannya pun pasti diklaim tidak resmi sehingga akan mengalami proses Mobile Legends tidak bisa masuk.

Pemain game memakai cheat

Pemain akan mengalami gagal terus jika dalam bermain game mereka menggunakan cheat untuk membantu memenangkan game dengan cepat dan mudah. Ada banyak cheat yang bisa dilakukan di game Mobile Legends, namun karena hal ini dianggap kecurangan maka pemain harus bersiap mengalami kerugian tak bisa login karena dibanned oleh pihak Moonton

Aplikasi Mobile Legends belum diupdate

Bahwa setiap aplikasi yang terinstal di smartphone harus diupdate secara berkala. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena bisa memberikan pembaruan pada aplikasi sekaligus menghilangkan bug yang ada di dalam aplikasi game tersebut. Bug pada aplikasi game yang belum diupdate bisa menyebabkan pemain kesulitan untuk melakukan login karena Mobile Legends lagi gangguan.

Mengunduh aplikasi Mobile Legends yang tidak resmi

Adakah aplikasi Mobile Legends yang tidak resmi? Tentu saja ada, itu adalah aplikasi game Mobile Legends versi modifikasi. Yaitu sebuah aplikasi game yang dimodifikasi oleh pihak ketiga untuk membuat pemain lebih mudah memainkan dan memenangkan game tanpa harus menyelesaikan misi atau memiliki koin untuk membeli sesuatu dalam game.

Aplikasi Game Mobile Legends yang diblokir oleh Pemerintah

Aplikasi game ini menjadi sulit untuk dibuka atau melakukan login diantaranya dikarenakan aplikasi diblokir langsung oleh pemerintah berdampak jadi tidak bisa main ml. Beberapa waktu yang lalu, masyarakat mendesak pemerintah untuk melakukan pemblokiran pada aplikasi game Mobile Legends karena dianggap mengandung unsur permainan online yang memiliki dampak negatif untuk anak usia sekolah.

Aplikasi game diblokir oleh pihak penyedia WIFI

Jika Anda sudah menelusuri semua kemungkinan penyebab tak bisa login atau bermasalah hari ini pada aplikasi game namun tetap tak menemukan masalahnya, bisa jadi hal itu disebabkan sehubungan dengan akses internet yang dipakainya. Bahwa login akan gagal untuk dilakukan jika jaringan internet yang dipakainya melakukan pemblokiran pada satu server tersebut.

Beberapa penyedia WIFI khususnya di tempat umum menutup akses WiFi mereka terutama untuk akses game Mobile Legends. Bagi mereka, akses WiFi di tempat umum tersedia untuk mereka yang membutuhkannya dalam kapasitas kebutuhan uang sangat penting bukan untuk sekedar bermain game.

Dibanned oleh pihak Mobile Legends

Kesulitan login padahal ada kuota pada aplikasi game Mobile Legends juga bisa terjadi ketika pihak Moonton selaku pengembang game Mobile Legends melakukan banned pada pemain dalam kondisi khusus. Seperti misalnya mereka memantau ada temuan khusus pada beberapa pemain yang ternyata sering menggunakan cheat atau bug saat mereka bermain game Mobile Legends.

Pemakaian cheat atau bug bukan hanya akan merugikan pemain lainnya, namun juga akan mendatangkan kerugian tersendiri pada pihak pemain itu sendiri yaitu dibanned akunnya baik untuk sementara atau permanen.

Akun Mobile Legends di hack atau dibajak

Banyak kasus pembajakan akun Mobile Legends yang terjadi dan membuat kerugian yang cukup banyak bagi para pemiliknya. Umumnya pembajakan akun game dilakukan pada jenis akun yang sudah memiliki prestasi tersendiri dan memiliki banyak poin untuk ditukarkan. Akun game yang dibajak akan membuat si pemilik akun kesulitan untuk masuk ke dalam permainan tersebut padahal ada kuota.

Salah input ID dan password lebih dari 3 Kali

Untuk bisa masuk ke permainan game, setiap pemain terlebih dahulu harus memasukkan ID dan password miliknya. Namun jika terlupa dan keliru memasukkan ID dan password yang benar, maka ada kesempatan sebanyak 3 kali saja untuk mengulang input namun jika tetap gagal terus maka untuk sementara akun akan ditutup dan Anda pun jadi tidak bisa main ml.

Cara mengatasi Mobile Legends Tidak Bisa Login

Beberapa penyebab gagal login atau masuk pada game Mobile Legends tersebut di atas bisa diatasi dengan melakukan beberapa cara sebagai berikut.

Lakukan verifikasi akun Mobile Legends

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mobile Legends Tidak Bisa Login 2022

Ternyata cukup banyak pemain game Mobile Legends yang mengalami gagal login hanya karena kode verifikasi yang dibutuhkan untuk login belum juga masuk ke email mereka meski dalam kondisi aktif. Dan hal ini disebabkan oleh adanya bug yang berasal dari pihak pengembang game.

Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan aplikasi VNG Mobile Legends untuk membantu proses verifikasi atau dengan membuat laporan pada pihak pengembang game yaitu Moonton.

Pakai fitur lupa password

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mobile Legends Tidak Bisa Login 2022

Untuk bisa login dengan lancar, Anda juga bisa menggunakan fitur lupa password yang biasanya akan diikuti langkah untuk membuat password yang baru. Pastikan email Anda aktif karena verifikasi akan dilakukan dengan menggunakan pengiriman email ke alamat email Anda.

Hapus Cheat/Script

Jika Anda sudah terbiasa untuk menggunakan cheat, maka untuk mengatasi kendala login yang sulit adalah dengan menghapus semua Script cheat yang masih tersimpan dan masih sering Anda gunakan agar supaya tidak bisa digunakan. Pastikan akun game Anda sudah bersih dari keberadaan cheat secara optimal.

Hapus atau uninstall aplikasi game Mobile Legends Mod

Seperti yang diberitahukan di atas, gagal login juga bisa dikarenakan pemain menggunakan aplikasi game versi modifikasi. Untuk mengatasinya satu-satunya solusi adalah dengan menghapus atau uninstall aplikasi game dari perangkat gadget yang dipakai kemudian menginstal aplikasi game yang resmi.

Paksa Henti Game Mobile Legends Kemudian Buka Kembali

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mobile Legends Tidak Bisa Login 2022

Jika ternyata aplikasi game masih tetap belum mau login atau tidak dapat tersambung, maka Anda bisa mengambil langkah untuk memaksa aplikasi berhenti sejenak. Anda mungkin akan mendapatkan peringatan bahwa aplikasi bisa berjalan dengan tidak normal. Setelah itu buka kembali aplikasi untuk mencoba login ulang dengan akun yang Anda miliki.

Restart HP Anda

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mobile Legends Tidak Bisa Login 2022

Solusi yang berikutnya untuk atasi gagal login adalah dengan menyalakan ulang hp yang digunakan. Dengan proses menyalakan ulang smartphone Anda, biasanya pengaturan dan fungsi fitur akan disegarkan serta diperbarui sehingga bisa berfungsi seperti sedia kala.

Centang opsi Ijinkan Fitur dalam Game Mobile Legends

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mobile Legends Tidak Bisa Login 2022

Kemudahan untuk login game juga bisa Anda dapatkan jika saat install game Anda terlebih dahulu melakukan centang pada opsi Ijinkan Fitur dalam game tersebut. Sehingga semua fitur akan berfungsi secara normal sesuai harapan pemain.

Ubah jaringan internet yang dipakai

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mobile Legends Tidak Bisa Login 2022

Terutama jika Anda berada di wilayah yang kesulitan mendapatkan sinyal atau memiliki jaringan internet yang tidak stabil. Beberapa daerah memang memiliki kondisi sinyal yang buruk sehingga Anda harus mengubah jaringan internet ke yang lebih mendukung permainan game online.

Update aplikasi Mobile Legends secara berkala

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mobile Legends Tidak Bisa Login 2022

Cara berikutnya untuk mengatasi gagal login adalah untuk melakukan update aplikasi Mobile Legends secara berkala. Dengan melakukan update maka akan ada pembaruan di aplikasi game dan membantu menghilangkan bug yang ada di dalam game.

Hapus data cache Mobile Legends

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mobile Legends Tidak Bisa Login 2022

Cara selanjutnya adalah untuk menghapus data cache yang tersimpan di game Mobile Legends. Cache adalah sebuah data yang tersimpan untuk memudahkan pengguna membuka aplikasi. Namun jika sudah menumpuk maka proses membuka aplikasi bisa menjadi sulit untuk dilakukan.

Install ulang aplikasi game Mobile Legends

Kesulitan login juga bisa diatasi dengan cara melakukan install ulang aplikasi game. Sebelumnya Anda bisa menghapus terlebih dahulu aplikasi game yang lama untuk kemudian mengunduh dan menginstal aplikasi game yang terbaru.

Gunakan layanan VPN atau DNS Resolver

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mobile Legends Tidak Bisa Login 2022

Beberapa pemain menyatakan penggunaan layanan VPN atau DNS terbukti efektif bisa membantu mereka untuk bisa melakukan login dengan mudah. Anda bisa mengunduh aplikasi pihak ketiga tersebut untuk mendapatkan kemudahan dalam melakukan login dalam game.

Buat laporan pada pihak call center aplikasi game

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mobile Legends Tidak Bisa Login 2022

Langkah yang terakhir adalah dengan membuat laporan pada pihak call center aplikasi game terkait kesulitan login game yang dialami. Umumnya call center bisa dihubungi melalui nomor bebas pulsa jika tidak ada koneksi internet atau melalui situs website resmi milik Moonton.

Situs resminya: https://help.mobilelegends.com/#/home

Bisa juga dengan tekan tombol ikon orang pake headset di game mobile legends.

Langkah ini juga bisa diambil untuk Anda yang ingin mengubah alamat email dalam akun pemain game Mobile Legends Anda. Semoga berhasil.

Tinggalkan komentar