Penyebab dan Cara Mengatasi PUBG Mobile Keluar Sendiri

PUBG Mobile menjadi salah satu game online yang cukup populer. Setelah sukses di platform PC, game dengan genre battle royal ini pun tersedia dalam versi mobile. Banyak pengguna atau gamer yang ketagihan untuk memainkan game mobile tersebut.

Penyebab PUBG Mobile Keluar Sendiri

Beberapa pengguna mungkin pernah mengalami masalah saat bermain PUBG Mobile. Salah satu masalah yang banyak ditemui adalah PUBG mobile keluar sendiri terus atau mengalami Force Close. Hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor penyebab seperti berikut.

Jaringan internet tidak stabil

Faktor penyebab yang paling umum adalah menggunakan koneksi internet yang jelek. Apabila jaringan internet buruk dan tidak stabil, maka akan sulit untuk menjalankan aplikasi atau bermain game.

Game yang banyak disukai orang ini membutuhkan jaringan internet yang stabil agar kecepatan akses game dan fitur di dalamnya lancar. Jika menggunakan koneksi internet yang tidak stabil, PUBG Mobile reconnect terus.

Waktu sesi login akun telah habis

Penyebab lainnya adalah waktu sesi login akun yang sudah habis. Hal ini dapat terjadi pada aplikasi atau game yang harus diakses secara online melalui akun. PUBG Mobil dimainkan dengan login akun terlebih dahulu.

Masalah aplikasi atau game yang keluar sendiri terus dapat disebabkan karena pengguna sudah lama login dan membiarkan game tidak bergerak. Aplikasi akan otomatis menutup game dan keluar.

HP kepanasan (overheat)

Apabila HP mengalami overheat, game dapat menutup aplikasi secara tiba-tiba tanpa pemberitahuan. Suhu panas yang berlebih pada perangkat memang dapat mengganggu kinerja sistem termasuk saat bermain game online.

Tidak hanya menyebabkan game keluar sendiri terus, kondisi overheat pada beberapa smartphone biasanya juga membuat perangkat mati. Hal ini merupakan respon otomatis dari sistem terhadap baterai HP yang terlalu panas.

PUBG mobile galat

Aplikasi galat adalah penyebab game tidak bisa berjalan dengan baik. PUBG Mobile akan mengalami Force Close atau kegagalan fungsi lainnya jika aplikasi corrupt.

Tanpa ada notifikasi sebelumnya, akun PUBG Mobile otomatis keluar dan pengguna harus login ulang. Kondisi ini dapat terjadi berulang kali karena memang ada masalah pada aplikasinya.

Menggunakan cheat/script

Game error seperti tiba-tiba keluar dan sering re-login dapat disebabkan karena cheat/script yang digunakan. Bermain game online menggunakan cheat sebenarnya tidak diperbolehkan oleh developer namun ada beberapa pemain yang tetap menggunakannya.

Cheat/script pada umumnya digunakan agar lebih mudah untuk menang dan mendapatkan koin atau diamond. Risiko menggunakan cheat tidak hanya game yang error tetapi juga bisa membahayakan akun PUBG Mobile.

PUBG mobile belum diupdate

Permasalahan yang paling umum pada game PUBG mobile yang tiba-tiba keluar dapat disebabkan karena aplikasi yang belum diupdate. Menggunakan aplikasi tersebut dapat menyebabkan error karena memang aplikasi yang sudah tidak mendukung.

Developer game biasanya melalukan update, baik untuk menambah fitur game atau memperbaiki permasalahan yang ada pada versi game sebelumnya. Aplikasi versi terbaru menjadi yang terbaik untuk digunakan.

Data PUBG mobile menumpuk

Game tiba-tiba keluar dan sering login ulang adalah permasalahan yang dapat terjadi pada siapa saja. Penyebabnya bisa karena masalah aplikasi dengan data yang sudah terlalu banyak dan menumpuk.

Data pada aplikasi PUBG mobile akan semakin bertambah seiring pengguna bermain game tersebut. Penyimpanan yang semakin penuh dari data aplikasi ini akan memberatkan sistem dan akibatnya aplikasi tidak berjalan normal.

File yang jarang dipakai menumpuk

Mungkin secara tidak disadari ada banyak file yang tersimpan di penyimpanan internal adalah file-file yang jarang dipakai. Sering kali orang-orang membiarkannya karena tidak tahu atau memang malas untuk membersihkannya.

Padahal file yang terlalu menumpuk akan membuat penyimpanan internal semakin penuh. Kinerja perangkat pun akan lambat karena hal tersebut dan saat membuka aplikasi game akan muncul masalah seperti game yang keluar sendiri.

Download PUBG mobile yang tidak resmi

Penyebab selanjutnya mengapa game PUBG mobile terus berhenti adalah aplikasi yang digunakan merupakan aplikasi yang tidak resmi. Orang-orang bisa saja menginstal aplikasi game ini dari berbagai sumber.

Lebih disarankan untuk menggunakan aplikasi dari developer resmi yang lebih terjamin keamanannya. Jika ada error pun biasanya akan langsung ditangani oleh developer sehingga pengguna akan mendapatkan pengalaman yang lebih baik.

Dibanned oleh pihak PUBG mobile

Selain disebabkan karena aplikasi yang tidak mendukung, gangguan PUBG online yang tidak bisa masuk juga dapat disebabkan karena akun yang sudah dibanned. Developer dari game dapat melakukan hal tersebut untuk berbagai alasan.

Namun yang paling umum adalah akun dibanned karena melanggar peraturan dan ketentuan. Akun yang sudah dibanned tersebut tidak dapat lagi digunakan untuk login sehingga tidak bisa mengakses game.

Terkena virus

Virus atau malware dapat menyebabkan kegagalan sistem aplikasi atau game. Masalah game yang keluar tiba-tiba pun dapat terjadi karena masalah malware tersebut. Virus dapat menyerang aplikasi dan membuat fitur atau fungsi di aplikasi sulit dikendalikan.

Apabila game berulang kali tertutup secara tiba-tiba, ada kemungkinan aplikasi PUBG mobile sudah terinfeksi malware. Virus bisa didapatkan dari berbagai sumber seperti link atau dari aplikasi.

Cara Mengatasi PUBG Mobile Keluar Sendiri

Beberapa penyebab masalah diatas tentu ada solusinya. Nah, berikut cara mengatasinya;

Restart modem

Penyebab Dan Cara Mengatasi Pubg Mobile Keluar Sendiri 2022

Lakukan restart modem bagi yang menggunakan modem untuk mengakses internet. Perangkat ini bisa saja bermasalah dan membuat aplikasi PUBG Mobile reconnect terus atau error.

Biasanya dengan restart modem, koneksi internet akan lebih lancar dan bermain game kembali normal. PUBG mobile membutuhkan jaringan internet yang lancar dan stabil.

Istirahatkan sebentar lalu main kembali

Jika sudah error dan game keluar sendiri terus, cobalah untuk mengistirahatkan HP sebentar. Matikan perangkat agar smartphone tidak terus-terusan bekerja yang dapat membuat aplikasi mungkin tidak berjalan lancar.

Restart HP

Penyebab Dan Cara Mengatasi Pubg Mobile Keluar Sendiri 2022

Cara ampuh untuk mengatasi PUBG yang keluar sendiri terus adalah dengan restart HP. Langkah ini dapat mengembalikan kinerja sistem dan aplikasi agar kembali seperti awal. Game yang error dapat kembali normal dan dijalankan seperti biasanya.

Izinkan fitur yang ada di PUBG mobile

Penyebab Dan Cara Mengatasi Pubg Mobile Keluar Sendiri 2022

Salah satu cara yang mungkin diperlukan untuk mengatasi game sering login ulang adalah memberikan izin fitur. Pada semua aplikasi termasuk game PUBG biasanya memiliki fitur yang harus mendapat izin akses terlebih dahulu.

Apabila aplikasi atau game error, mungkin bisa diatasi dengan cara ini. Ubah pengaturan dan berikan izin sehingga fitur yang ada pada game berjalan sebagaimana seharusnya.

Ganti jaringan internet

Penyebab Dan Cara Mengatasi Pubg Mobile Keluar Sendiri 2022

Jika masalah sering re-login adalah karena internet yang buruk, maka solusinya yaitu mengganti jaringan internet. Pilih jaringan wifi atau jaringan internet lainnya yang lebih lancar dan stabil. Koneksi internet ini sangat berpengaruh pada aplikasi game.

Prioritaskan jaringan internet untuk digunakan mengakses aplikasi game. PUBG mobile membutuhkan jaringan internet yang bagus dan lancar.

Turunkan pengaturan grafis PUBG mobile ke paling kecil

Penyebab Dan Cara Mengatasi Pubg Mobile Keluar Sendiri 2022

Apabila game terus error, coba cara yang satu ini dengan mengatur grafis pada game ke level yang paling rendah. Kualitas grafis yang tinggi membutuhkan spesifikasi perangkat yang juga tinggi. Apabila tidak sesuai, maka bisa muncul error seperti PUBG Mobile lagi gangguan.

Pengguna dapat memilih grafis yang paling kecil agar lebih ringan untuk dijalankan. Smartphone akan lebih lancar untuk membuka game online.

Hapus data PUBG mobile

Penyebab Dan Cara Mengatasi Pubg Mobile Keluar Sendiri 2022

Mungkin perlu mengecek data aplikasi apabila game terus error dan keluar tiba-tiba. Hapus data aplikasi untuk memberikan sedikit ruang pada penyimpanan internal. Hal tersebut dapat mengatasi game error karena penyimpanan yang terlalu penuh.

Mulai dari cache pada aplikasi PUBG mobile yang akan bertambah banyak setiap kali bermain. Apabila dibutuhkan, bisa hapus data PUBG secara keseluruhan untuk mengatasi masalah error ini.

Tutorial untuk menghapus data:

Hapus file yang jarang dipakai di HP

Penyebab Dan Cara Mengatasi Pubg Mobile Keluar Sendiri 2022

Banyaknya file yang menumpuk akan membuat kinerja ponsel semakin lambat. Aplikasi mungkin tidak berjalan normal seperti game PUBG mobile terus berhenti tanpa mengklik close. Hapus file yang jarang dipakai di HP untuk mengatasi game error seperti ini.

Penyimpanan ponsel pun akan tersisa lebih banyak ruang kosong sehingga ponsel lebih ringan untuk menjalankan fungsinya. Game PUBG mobile dapat dimainkan dengan lancar.

Instal ulang PUBG mobile

Jika sudah membersihkan data tidak berhasil, maka cara selanjutnya adalah dengan menginstal ulang aplikasi. Cara ini bisa mengatasi akun tidak bisa masuk, game keluar sendiri, dan masalah lainnya.

Instal ulang membuat aplikasi lebih ringan karena tidak banyak data yang tersimpan. Sistem pun akan lebih lancar dan bermain game menjadi normal tanpa force close.

Instal PUBG Mobile di Pihak Ketiga

Penyebab Dan Cara Mengatasi Pubg Mobile Keluar Sendiri 2022

Apabila cara untuk mengatasi PUBG mobile error tidak berhasil, mungkin bisa mempertimbangkan cara yang satu ini. Instal Game PUBG mobile di pihak ketiga untuk dapat bermain game battle royal. PUBG mobiletidak kalah menarik untuk dimainkan seperti PUBG Mobile.

PUBG mobile menyajikan permainan yang tidak jauh berbeda dengan PUBG Mobile. Jika PUBG mobile error, maka PUBG mobile bisa menjadi solusinya.

Berikut tempat download game pihak ketiga.

Gunakan VPN atau DNS resolver

Penyebab Dan Cara Mengatasi Pubg Mobile Keluar Sendiri 2022

Cara lain untuk mengatasi game bermasalah dan sering relog adalah menggunakan VPN atau DNS resolver. Cobalah untuk mengakses game melalui layanan VPN yang aman. Cara ini dapat menjadi alternatif apabila mengakses di aplikasi biasa sering mengalami masalah.

Virtual Private Network atau VPN memberikan banyak pilihan server sehingga login ke PUBG akan lancar. VPN sangat banyak dan pilihlah yang aman.

Daftar vpn yang perlu dicoba: vpn terbaik di hp android.

Pengubah DNS yang perlu DIcoba: aplikasi pengubah dns terbaik di hp android.

Lapor ke layanan CS

Jangan putus asa jika game PUBG mobile terus berhenti atau error. Apabila sudah membersihkan ruang penyimpanan dan memperbaiki jaringan internet tetapi masih tetap error, maka cara terakhir adalah dengan menghubungi customer service.

Customer service tentunya akan lebih paham dengan kendala yang dialami oleh pengguna dan apa solusinya yang paling tepat. Bagi yang sudah terlalu bingung, lapor ke layanan CS adalah solusinya.

Berikut link untuk melaporkan ke cs pubg mobile.

Baca juga:

Itulah beberapa penyebab PUBG mobile keluar sendiri terus dan error saat digunakan. Persoalan ini merupakan hal umum yang bisa saja terjadi kapan saja dengan berbagai faktor penyebab. Coba cara-cara di atas untuk mengatasinya.

Tinggalkan komentar