Cara Mengatasi Hp Android Tidak Bisa Masuk Recovery Mode

Recovery mode pada Android merupakan menu untuk melakukan recovery atau memperbaiki software yang rusak.

Itu sebabnya mengatasi hp Android tidak bisa masuk ke recovery mode penting untuk diketahui karena menjadi dasar untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan yang lain.

Beberapa kerusakan yang membutuhkan recovery mode untuk mengatasinya diantaranya adalah Android boot loop tidak bisa masuk recovery mode, tidak merespon input seperti tidak dapat masuk ke menu telepon atau tidak mau disentuh, mengatasi lupa PIN atau password yang membuat tidak bisa masuk ke menu, serta kerusakan software Android yang lain.

Langkah awal dari cara memperbaiki recovery Android adalah dengan memastikan, apakah 3 tombol kombinasi yaitu tombol power, home dan volume dalam keadaan normal atau berfungsi.

Sebab jika ada salah satu saja dari ketiga tombol tersebut tidak berfungsi, maka jangan berharap dapat masuk ke menu recovery mode.

Jalan satu-satunya adalah dengan terlebih dahulu memperbaiki satu atau ketiga tombol kombinasi itu agar berfungsi dengan normal.

Jika Anda sudah yakin ketiga tombol dalam keadaan normal, barulah bisa mengatasi hp Android tidak bisa masuk ke recovery mode dengan melakukan salah satu dari beberapa cara berikut ini.

Berikut cara mengatasi hp android tidak bisa masu ke menu recovery:

Menggunakan Quick Reboot

Cara memperbaiki recovery Android dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bernama Quick Reboot ini sangat simpel, tentunya dengan terlebih dahulu mengunduh dari play store dan menginstalnya.

Dengan memanfaatkan aplikasi ini Anda dapat mengakses semua menu untuk Bootloader, Reboot/Restart, Recovery Mode dan Power off

Buka Quick Reboot dan pilih recovery mode. Jika tidak ada persoalan maka smartphone secara otomatis akan melakukan reboot sebelum akhirnya masuk ke recovery mode.

Namun jika cara memperbaiki recovery mode Android masih belum berhasil dengan menggunakan cara ini, berarti Anda harus mencoba dengan cara yang lain.

Menggunakan Terminal Emulator

Aplikasi Terminal Emulator juga bisa dipakai untuk mengatasi hp Android tidak bisa masuk ke recovery mode.

Caranya sangat mudah dan terbilang efektif karena tinggal mengunduh dan menginstal aplikasi ini ke smartphone.

Selanjutnya buka aplikasi, ketik reboot recovery dan tekan OK atau enter. Tunggu beberapa saat dan hp akan reboot. Saat hp aktif kembali, Anda akan dibawa ke recovery mode, karena aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk masuk langsung ke dalam sistem.

Menggunakan ADB

Cara mengatasi hp Android tidak bisa masuk ke recovery mode dengan menggunakan ADB ini merupakan cara masuk recovery mode Android melalui PC.

Jadi butuh PC atau laptop serta kabel data yang terhubung ke smartphone. Setelah smartphone terhubung ke PC, masuk ke folder “C:/adb” . Pada bagian kosong tekan ‘SHIFT + Klik Kanan”  lalu pilih :Open Command window here”.

Setelah terbuka jendela baru pada monitor PC, ketik “adb devices” dengan tujuan untuk memastikan bahwa perangkat sudah terkoneksi pada mode ADB. Jika perangkat sudah terkoneksi, akan muncul kode acak.

Selanjutnya device akan terdeteksi dan masuklah ke Mode Recovery dan tulis “adb reboot recovery”. Terakhir, tunggu beberapa saat dan layar hp akan memuat tampilan revocery mode.

Sebaliknya, jika setelah mengetik “adb devices” tidak muncul kode acak yang berarti perangkat belum terkoneksi, periksa apakah driver dan USB Debugging sudah terpasang dengan benar.

Jangan Tekan Tombol Bersamaan

Tombol apa yang tidak boleh ditekan bersamaan untuk mengatasi hp Android tidak bisa masuk ke recovery mode? Tombol yang dimaksud adalah tombol power dan tombol volume.

Selama ini memang ada tutorial yang tidak jelas sumbernya namun banyak yang mempercayainya bahwa untuk memperbaiki Android bootloop tidak bisa masuk recovery mode adalah dengan menekan tombol power dan tombol volume dalam waktu yang sama.

Padahal yang benar adalah tekan terlebih dahulu tombol power selama 1 – 2 detik dan lanjutkan menekan tombol volume (bisa atas atau bawah) dengan terus menekan tombol power. Cara ini biasanya dapat membawa smartphone masuk recovery mode.

Factory Reset

Mereset ulang smartphone ke Pengaturan Pabrik atau Factory Reset biasanya cukup ampuh untuk mengatasi hp Android tidak bisa masuk ke recovery mode. Hanya saja, cara ini dapat menghapus semua data yang tersimpan dalam smartphone. Sehingga sebelum menerapkan cara ini passtikan seluruh data penting sudah dibackup.

Dengan hard reset, kerusakan recovery mode akan dapat terlihat. Sehingga jika sudah melakukan Factory Reset ternyata masih saja tidak bisa masuk recovery mode, artinya recovery mode telah hilang dan wajib diganti yang baru.

Ganti dengan CWM atau TWRP

Cara memperbaiki recovery Android dengan merubah versi customnya dengan menggunakan CWM atau TWRP memiliki risiko tinggi karena jika ternyata tidak sesuai justru dapat membuat kerusakan menjadi lebih parah. Itu sebabnya cara ini biasanya hanya dilakukan oleh ahlinya di tempat service hp.

Jika berani menanggung risiko dengan melakukan perubahan custom menggunakan CWM atau TWRP, usahakan untuk belajar root terlebih dahulu dengan mengunjungi grup-grup yang ada di sosial media atau forum-forum yang membahas CWM dan TWRP, sehingga risiko dapat diminamilir.

Flash Ulang

Flasing ulang hp merupakan jalan terakhir untuk memperbaiki android boot loop tidak bisa masuk recovery mode. Flashing yang dilakukan tidak hanya mereset sistem, tapi juga mereset recovery bawaan. Bahkan tidak menutup kemungkinan mengganti recovery bawaan dengan melakukan custom.

Flash ulang hp merupakan cara mengatasi hp Android tidak bisa masuk ke recovery mode yang tidak disarankan bagi mereka yang masih pemula, karena memang hanya bisa dilakukan oleh para ahlinya di tempat-tempat service hp. (*)

Give a Comment