Penyebab dan Cara Mengatasi Hp Vivo Tidak Bisa Dicas

Solusi dan Cara Mengatasi HP Vivo Tidak Bisa Dicharge. Setiap pengguna smartphone pasti pernah mengalami masalah pada ponselnya. Salah satu yang sering dialami adalah error saat pengisian daya baterai.

Masalah ini juga tidak luput dari para pengguna hp Vivo. Tidak hanya hp Vivo saja, hal itu juga sebenarnya bisa dialami oleh tipe hp apapun.

Bagi Anda pemilik ponsel Vivo dan mengalami masalah saat melakukan pengisian daya baterai seperti baterai yang cepat habis, saat dicharge daya tidak masuk atau waktu charging yang sangat lama, ada banyak hal yang bisa menyebabkan masalah tersebut.

Jika Anda mengetahui penyebabnya, Anda juga bisa menentukan solusi untuk mengatasi HP Vivo tidak bisa dicharge tersebut.

Diagnosa masalah yang tepat yang menyebabkan hp tidak bisa mengisi daya tidak hanya berguna untuk mengetahuu penyebabnya saja.

Dengan mengetahuinya Anda jadi bisa mencari solusi dan memperbaiki kerusakannya. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya.

Faktor Penyebab HP Vivo Tidak Bisa Dicas:

Aplikasi atau Software

Faktor pertama yang menyebabkan HP Vivo tidak bisa mengecas adalah karena faktor aplikasi atau software yang digunakan.

Ada beberapa jenis aplikasi android secara umum dan aplikasi Vivo khususnya, yang memang memakan daya baterai lebih banyak.

Aplikasi seperti Facebook Messenger atau aplikasi lainnya akan memakan daya yang lebih banyak saat masuk berjalan di latar belakang.

Oleh karena itu, sebagai solusinya Anda harus menutup semua aplikasi yang tidak diperlukan agar tidak berjalan di latar belakang.

Dengan menutup aplikasi dari latar belakang ini tentu akan menghemat penggunaan daya baterai Anda.

Hardware yang Kurang Berkualitas

Selain software, hardware ponsel juga bisa menyebabkan masalah saat pengecasan HP Vivo Anda. Misalnya USB yang sudah rusak, kepala charger yang tidak original atau juga power bank berkualitas buruk.

Perangkat-perangkat keras inilah yang akan menyebabkan error saat pengisian daya HP vivo Anda.

Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan hardware berkualitas atau hardware original yang sudah diberikan oleh produsen vendor ponsel tersebut.

Jika menggunakan power bank, pastikan juga Anda menggunakan power bank berkualitas.

Cara Memperbaiki dan Mengatasi HP Vivo yang Tidak Bisa Mengisi Daya
Apabila Anda mengalami masalah HP Vivo pada bagian baterai atau dayanya, seperti daya baterai yang cepat habis, waktu pengisian daya yang lama hingga hp tidak bisa dicharge, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Cara memperbaiki HP Vivo tidak bisa dicharge ini bisa Ands terapkan apabila Anda mengetahui penyebabnya.

Diantara banyaknya masalah yang sering dialami, berikut ini adalah beberapa masalah yang sering dialami dan bagaimana cara mengatasinya.

Baca trik: cara cas hp cepat penuh.

Berikut ini Cara Memperbaiki HP Vivo yang Tidak Bisa Dicas:

Charge dengan Stop Kontak Berbeda

Jika Anda mengalami kesulitan saat pengisian daya ponsel, cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan mencari stop kontak berbeda.

Rata-rata pemilik ponsel mengisi daya baterai dengan menggunakan stop kontak bercabang.

Terkadang Anda tidak mengetahui jika stop kontak yang Anda gunakan sudah rusak atau daya yang dialirkan tidak stabil.

Oleh karena itu, untuk mengatasinya cobalah langsung mengisi daya dari terminal utama tanpa menggunakan stop kontak.

Periksa Kondisi Kabel USB charger

Masalah pengisian daya baterai juga bisa terjadi karena kabel USB charger Anda rusak.

Karena itu, jika setelah Anda berpindah ke terminal utama saat mengisi daya namun tetap tidak berhasil, coba periksa kabelnya.

Terkadang kabel USB putus tanpa diketahui karena penggunaan yang tidak benar, seperti digunakan sambil ditekuk. Karena itu kabel bisa mudah rusak sehingga mempengaruhi proses charging.

Periksa Adaptor Charger

Selain kabel USB, adaptor charger juga sering rusak karena terjatuh atau karena hal lain. Jika adaptor rusak, sudah pasti daya tidak akan ditangkap charger dan dialirkan ke perangkat Anda.

Terkadang adaptor yang tidak sesuai dengan spesifikasi HP juga bisa mempengaruhi proses charging.

Untuk mengatasi masalah ini Anda harus menggunakan adaptor yang sesuai dengan spesifikasi ponsel Anda.

Port Charger

Jika sudah mengecek 2 hal di atas namun tetap belum bisa, coba cek port charger yang ada di ponsel Anda.

Di beberapa kasus ponsel Vivo tidak bisa mengisi daya karena port chargernya bengkok atau yang lebih sering karena ada remahan makanan yang masuk ke dalam port.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa meluruskan kembali port dengan pin kecil setelah sebelumnya mengeluarkan baterai dari ponselnya.

Jika masalahnya karena port kemasukan remah makanan, Anda bisa membersihkannya dengan tusuk gigi atau benda lainnya. Pastikan melakukannya dengan hati-hati.

Matikan Ponsel Saat Dicharge

Masalah pengisian daya baterai yang tidak kunjung penuh bisa jadi karena Anda mengisi daya sambil memainkan ponseln Anda.

Beberapa aplikasi Vivo bisa memakan daya yang sangat banyak. Karena itu jika terus dijalankan daya ponsel Anda tidak akan bisa terisi penuh dengan cepat.

Oleh karena itu, untuk mengatasinya pastikan Anda mengisi daya dengan ponsel dalam keadaan mati.

Charge Seperlunya

Penyebab lain yang juga sering membuat HP Vivo tidak bisa mengecas adalah karena ponsel Anda sudah overcharge.

Untuk menghindari hal ini, pastikan Anda tidak mengisi daya semalaman penuh atau hingga over charging. Charge seperlunya hingga penuh. Jika sudah segera cabut dari charger agar tidak overcharging.

Ganti Baterai

Solusi terakhir jika cara-cara di atas tetap tidak bisa mengatasi masalah pada ponsel Anda adalah dengan mengganti baterai baru.

Ada kemungkinan kerusakan terjadi pada baterai Anda. Karena itu agar ponsel Anda tetap bisa berjalan dengan normal Anda harus mengganti baterai ponsel Anda.

Merawat Baterai HP Vivo Agar Tetap Awet

Jika Anda sudah memperbaiki baterai ponsel Anda dan sudah bisa berjalan dengan normal, maka yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah merawatnya agar tetap awet.

Caranya bisa dengan menginstal aplikasi Ampere. Aplikasi ini akan memberikan informasi tentang baterai Anda, mulai dari power charge hingga kesehatan baterai ponsel. Dengan begitu kesehatan baterai Anda bisa tetap terjaga.

Selain itu, pastikan Anda menerapkan cara-cara di atas, seperti menggunakan hardware original, jangan melakukan pengisian secara berlebihan dan yang paling penting jangan menggunakan ponsel saat sudah dalam keadaan low bat.

Jika menggunakan hp yang lain:

Itulah tadi penjelasan tentang penyebab HP Vivo tidak bisa mengecas dan bagaimana mengatasinya. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda pun jadi tahu bagaimana cara mengatasi HP Vivo tidak bisa dicharge yang tepat.

One Response

  1. vito dery

Give a Comment