Penyebab dan Cara Memperbaiki Hp Xiaomi Tidak Bisa Dicas

Hp Xiaomi bisa dibilang menjadi gadget yang sangat diminati serta banyak digunakan di Indonesia.

Smartphone ini terkenal memiliki harga yang cukup kontroversial untuk spesifikasi di kelasnya.

Pasalnya xiaomi selalu menjual produk miliknya dengan harga lebih murah dari brand lain walaupun dengan spesifikasi yang sama ataupun lebih tinggi.

Harga yang ditawarkan memang terbilang ekonomis namun bukan berarti smartphone buatan Tiongkok ini aman-aman saja dari masalah ataupun kerusakan.

Beberapa masalah yang sering dirasakan penggunanya seperti baterai HP Xiaomi tidak bisa terisi saat dicas.

Penyebab Daya Baterai Tidak Terisi dan Solusinya:

Masalah Pada Kabel Charger

Jika hp Xiaomi sudah dicas selama berjam-jam namun daya baterai masih sama dan tidak mengalami peningkatan maka kabel charger Anda perlu dicurigai.

Kabel bagian dalam yang terputus memang kerap menjadi masalah yang sering dijumpai.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kebiasaan menggulung kabel charger secara berlebihan sehingga menyebabkan bagian dalamnya rawan untuk rusak.

Apalagi bagian pada pangkal port pengisi lebih berpotensi putus dibandingkan bagian lainnya, karena bagian ini sering sekali tertekuk karena pemakaian hp pada waktu pengisian.

Untuk mengeceknya cobalah menggunakan kabel charger lain apakah ada perubahan saat Anda mengecas hp Anda.

Jika memang kabel lain bekerja lebih baik maka solusi satu-satunya adalah mengganti kabel Anda.

Pada saat membeli yang baru pastikan bahwa kabel tersebut memang khusus digunakan untuk charger, karena kabel transfer data biasa tidak memiliki ketahanan yang sebagus kabel charger.

Sebagai tambahan belikan juga pelindung kabel yang sekarang sudah banyak diperjual belikan di toko aksesoris hp, hal ini akan membuat kabel charger Anda lebih awet.

Adaptor yang Bermasalah

Masalah pada charger bukan hanya pada kabelnya saja, kerusakan juga bisa terjadi pada kepala charger atau biasa disebut dengan adaptor.

Komponen dalam adaptor bisa mengalami pelemahan karena usia penggunaan, terjatuh, dan lain-lain.

Bagi Anda yang tidak berpengalaman di bidang elektro, maka ganti saja dengan yang baru, dan sebaiknya belilah produk yang asli.

Pentingnya menggunakan charger original adalah karena spesifikasi adaptor memang sudah disesuaikan dengan kebutuhan hp xiaomi Anda.

Semisal pengisian daya baterai Anda membutuhkan arus sebesar 2A, cobalah melihat name plate pada adaptor original pasti memiliki kesesuaian yang dibutuhkan.

Sedangkan jika menggunakan charger merk lain belum tentu arus dan tegangan yang dikeluarkan cocok dengan kebutuhan smartphone Anda. Maka hal inilah yang menyebabkan pengisian daya terasa lama.

Berikut tips untuk cara mengatasi baterai hp xiaomi tidak dicas:

Cobalah Memeriksa Stopkontak Anda

Masalah HP Xiaomi tidak bisa dicas lain juga bisa datang dari kelistrikan rumah Anda, hal ini bisa disebabkan oleh bagian dalam stopkontak yang mengalami perkaratan sehingga charger Anda tidak bisa menerima daya dengan baik.

Selain itu penggunaan stopkontak yang menggunakan cabang secara berlebihan tidak baik untuk digunakan, bukan hanya berbahaya hal ini secara tidak langsung dapat menjadi faktor kenapa baterai pada hp Anda tidak kunjung terisi.

Cobalah untuk mengecek tegangan stopkontak menggunakan AVO atau test pen, tegangan pada penghantar yang normal adalah 220 V dan menunjukkan angka 0 pada sisi lainnya (negatif).

Jika memang tegangannya kurang atau malah keduanya menunjukkan angka yang sama, maka Anda bisa menggunakan stopkontak lain ataupun menggantinya.

Kerusakan Pada Port Charger

Kabel charger sering terlepas dengan sendirinya, atau mungkin sudah terpasang dengan benar namun tidak ada indikator pengisian pada layar hp Anda?.

Mungkin port pengisian hp Anda bermasalah. Merupakan hal yang umum jika port ini melar karena seringnya penggunaan, ataupun tidak bisa menerima daya dengan baik.

Untuk port yang melar atau bengkok sebenarnya bisa Anda perbaiki sendiri, namun matikan hp Anda terlebih dahulu.

Setelah hp sudah mati Anda bisa meluruskan plat ini menggunakan bantuan alat seperti obeng kecil ataupun yang lainnya.

Jika masalah hanya pada bagian luar port yang berfungsi menahan kabel charger maka cukup bagian ini saja yang Anda perbaiki.

Jangan menyentuh bagian dalamnya agar konektor penerima daya tidak sampai rusak.

Namun, bila bagian dalam memang kotor atau terdapat sesuatu yang menyumbatnya maka bersihkanlah dengan lembut dan hati-hati.

Mengganti Baterai

Jika semua perangkat Anda tidak mengalami masalah apapun mungkin baterai Anda lah yang perlu diganti.

Hal ini akan sedikit sulit untuk tipe hp yang menggunakan baterai tanam karena perlu perlakuan khusus dan dikerjakan oleh ahlinya.

Ciri hp Xiaomi yang mengalami gangguan baterai yaitu saat dicharge tidak mengalami peningkatan ataupun malah tetap berkurang walaupun charger sudah terhubung dengan benar

Baterai yang mengalami kerusakan biasanya juga cepat sekali panas saat sedang digunakan.

Pemborosan Daya yang Disebabkan Aplikasi Penguras Baterai

Walaupun Anda sudah menutupnya tetapi aplikasi jenis ini biasanya akan terus beroperasi selama sambungan internet masih aktif.

Kebanyakan aplikasi ini adalah platform media sosial seperti facebook, instagram dll, karena mereka akan terus mengolah informasi dan menyediakan pemberitahuan secara aktif.

Mengatasi problem seperti ini sebenarnya mudah, Anda bisa memanfaatkan aplikasi menejemen baterai, aplikasi ini akan bekerja dengan menutup secara penuh aplikasi penguras baterai Anda.

Manfaat lain aplikasi ini dapat Anda gunakan untuk membersihkan pemberitahuan yang tidak penting, serta bisa meningkatkan kinerja ponsel dengan membersihkan RAM dan sampah pada memori internal.

Jika menggunakan hp yang lain:

Tips Agar Baterai Xiaomi Tahan Lama:

Charge Dengan Mematikan Handphone

Pengisian daya baterai yang paling bagus adalah dengan mematikan hp Xiaomi, perlakuan ini akan membuat baterai Anda lebih tahan lama dan pengisian berjalan secara optimal.

Berbeda dengan pengisian baterai saat kondisi sedang menyala, walaupun sedikit namun daya baterai akan dibagi dengan sistem yang berjalan sehingga pengisian tidak bisa optimal.

Hindari Mengecas Semalaman

Kebanyakan orang memilih untuk mengisi baterainya saat malam hari dengan tujuan hp sudah terisi penuh dan siap digunakan di pagi harinya.

Namun tanpa disadari hal ini dapat mengurangi umur baterai, karena baterai xiaomi umumnya sudah terisi penuh selama 2-3 jam jika tidak digunakan.

Pengisian yang berlebihan akan membuat baterai menjadi panas dan lebih berpotensi mengalami kerusakan.

Untuk selengkapnya bisa dibaca: cara cepat cas hp xiaomi dan bisa tahan lama.

Seperti itulah beberapa cara untuk mengatasi masalah hp xiaomi tidak bisa di cas.

Tentunya hal ini tergantung dari perlakuan masing-masing penggunanya, ada baiknya Anda memperhatikan waktu pengecasan dan juga mematikan hp Xiaomi saat dicas agar lebih aman.

Give a Comment