Hp yang Menggunakan Linux

Linux merupakan sebuah sistem operasi yang biasa berjalan pada PC atau laptop. Sistem operasi ini dikenal ringan dan mudah dijalankan sehingga banyak yang menyukainya. Namun kini Anda tidak perlu menunggu memiliki PC atau laptop karena ternyata banyak HP yang bisa menggunakan linux.

Ada cukup banyak merk HP yang bisa menggunakan sistem operasi linux ini Samsung, Xiaomi, ZTE, hingga Sony Ericsson. Bukan seperti bayangan Anda dimana harus HP merk dan keluaran terbaru, ternyata HP yang bisa menggunakan sistem operasi linux ini kebanyakan sudah lama dirilis.

Hal tersebut karena memang linux merupakan sistem operasi yang ringan termasuk untuk HP.

Berikut daftar hp yang menggunakan sistem operasi linux:

Xiaomi Redmi Note 3

Xiaomi Redmi Note 3 merupakan produk dari Xiaomi pertama yang bisa menggunakan sistem operasi linux. HP ini memiliki ukuran yang sangat compact yaitu sebesar 5,5 inch dengan ketebalan 8,6 mm dan berat 164 g.

Selain body-nya yang terbuat dari logam mate finish, Redmi Note 3 juga memiliki kelebihan dari segi baterai yang berkapasitas 4050 mAh dengan teknologi fast charging. HP ini juga sudah mendukung jaringan 4G LTE dan dual SIM Card.

Xiaomi Redmi Note 7

Xiaomi Redmi Note 7 yang dirilis pada awal tahun 2019 ini sudah menggunakan chipset terbaru yaitu Snapdragon 660. Dengan RAM dan ROM yang cukup besar yaitu 6 GB dan 64 GB membuat HP ini bisa menangani sistem operasi linux dengan mudah.

Selain chipset terbaru, keunggulan lain dari Xiaomi Redmi Note 7 adalah kamera yang sudah beresolusi 48 MP. Dengan teknologi dual kamera utama yang dimiliki, HP ini mampu menghasilkan efek bokeh yang mengagumkan.

Xiaomi Redmi Note 4

Xiaomi Redmi memang banyak menghadirkan HP berbahan metal. Kali ini yaitu dengan seri Redmi Note 4. Dengan body metal tersebut, HP ini terasa sangat kokoh saat berada di dalam genggaman sehingga tidak mudah jatuh. Ukurannya sendiri juga cukup compact yaitu sebesar 5,5 inch.

Dari segi dapur pacu, Xiaomi Redmi Note 4 dibekali dengan chipset Snapdragon 625. Chipset tersebut sudah cukup baik jika digunakan untuk mendukung aktivitas multitasking yang Anda lakukan. Apalagi dengan dukungan penyimpanan yang cukup besar yaitu RAM 3 GB dan ROM 32 GB.

Xiaomi Redmi 2

Xiaomi Redmi 2 memiliki kelebihan dari segi body yang ramping dan compact. Ukuran layarnya yang hanya sebesar 4,7 inch ini sanga cocok untuk Anda yang tidak suka HP berbody besar.

Meski hanya menggunakan chipset Snapdragon 410 dengan teknologi GPU Adreno 306 namun HP ini sudah mampu digunakan untuk sistem operasi linux. Beberapa fitur lain yang cukup unggul yaitu panorama, white balance, auto focus, dan lain sebagainya.

Xiaomi Redmi 4X

Masih produk redmi, HP yang bisa menggunakan sistem operasi linux selanjutnya adalah Redmi 4X. HP ini cocok untuk Anda yang memiliki budget rendah namun menginginkan HP kece dan memiliki spesifikasi lumayan baik.

Xiaomi Redmi 4X memang masih menggunakan chipset Snapdragon 435, namun kapasitas penyimpanannya cukup lega yaitu RAM 3 GB dan ROM 32 GB. Namun sayangnya, slot SIM Card 2 harus terpasang secara hybrid dengan MicroSD.

ZTE Blade AF3

Meski sudah dirilis lama yaitu pada tahun 2015, namun HP ini masih mampu menjalankan sistem operasi linux. ZTE Blade AF3 memiliki penyimpanan yang belum terlalu besar karena memang tahun perilisannya sudah cukup lama.

HP ini memiliki RAM sebesar 512 MB dan ROM 4 GB, sedangkan chipsetnya menggunakan Spreadtrum SC7731. Ukuran layarnya terbilang cukup mini yaitu sebesar 4 inches dengan resolusi 480 x 800 px.

Xiaomi Redmi 1S

HP yang bisa menggunakan linux selanjutnya yaitu Xiaomi Redmi 1S yang dirilis pada Mei 2014. HP yang memiliki ukuran layar sebesar 4,7 inch ini memiliki bingkai atau bezel berwarna hitam yang terlihat mengkilap sehingga tampak elegan.

Layarnya juga sudah dilindungi oleh anti gores Dragontrail yang mampu melindungi layar dari goresan sama seperti Gorilla Glass. HP yang menggunakan chipset Snapdragon 400 ini memiliki RAM sebesar 1 GB dengan kapasitas baterai sebesar 2000 mAh.

Samsung Galaxy Ace

Samsung juga memiliki HP yang bisa menggunakan sistem operasi linux yaitu ada pada seri Samsung Galaxy Ace. Perusahaan asal Korea Selatan ini merilis Samsung Galaxy Ace pada Februari 2011.

Karena sudah lama dirilis, tidak heran jika HP ini memiliki RAM yang cukup kecil yaitu 278 MB. Dengan ukuran layar sebesar 3,5 inch, Anda bisa menggunakan HP ini hanya dengan satu tangan saja.

Xiaomi Mi 2

Sedikit lebih baru dari Samsung Galaxy Ace, Xiaomi Mi 2 dirilis pada November 2012. HP yang memiliki ukuran layar sebesar 4,3 inch ini menggunakan chipset Qualcomm APQ8064 Snapdragon S4 Pro dengan dukungan GPU Adreno 320.

Terdapat dua variasi penyimpanan yang tersedia yaitu RAM 2 GB ROM 16 GB dan RAM 2 GB ROM 32 GB. Xiaomi Mi 2 ini tersedia dalam 4 varian warna yaitu merah, putih, biru, dan hijau.

Samsung Galaxy S Advance

Samsung Galaxy S Advance menjadi HP keluaran Samsung selanjutnya yang bisa menggunakan sistem operasi linux. HP yang ditenagai oleh chipset NovaThor U8500 ini memiliki keunggulan dari segi layar yang sudah menggunakan teknologi Super Amoled.

Untuk penyimpanannya sendiri, terdiri dari dua varian yaitu RAM 768 MB, ROM 8 GB dan RAM 768 MB, ROM 16 GB. Sedangkan untuk kameranya yaitu 5 MP pada kamera utama dan 1.3 MP pada kamera depan.

Samsung Galaxy Note 4

Samsung Galaxy Note 4 bisa dibilang sebagai HP flagship pada jamannya jadi tidak heran jika bisa menggunakan linux. HP berukuran 5,7 inch ini ditenagai dengan prosesor Exynos 5433, RAM 3 GB, dan ROM 32 GB.

Selain chipsetnya yang sudah cukup tangguh, Samsung Galaxy Note 4 juga memiliki layar Super Amoled yang dapat menghemat daya. Kameranya sendiri memiliki resolusi yang cukup tinggi yaitu 16 MP dengan hasil memuaskan. Samsung Galaxy Note 4 juga sudah dilengkapi dengan teknolog fingerprint sebagai keamanan.

Samsung Galaxy Note 8.0

Samsung Galaxy Note 8.0 merupakan HP tablet yang memiliki ukuran layar super jumbo yaitu sebesar 8 inch. HP yang dirilis pada April 2013 ini menggunakan chipset dari Samsung sendiri yaitu Exynos 4412 dengan dukungan GPU Mali-400MP4.

Anda bisa melakukan multitasking dengan mudah menggunakan Samsung Galaxy Note 8.0 karena penyimpanannya cukup lega yaitu RAM 2 GB, ROM 16 GB dan RAM 2 GB, ROM 32 GB. Kapasitas baterainya juga terbilang cukup besar sehingga bisa Anda gunakan seharian yaitu 4600 mAh.

Sony Ericsson Xperia Arc

Sony Ericsson yang pernah berjaya pada masanya juga memiliki seri HP yang bisa menggunakan sistem operasi linux. Seri itu ada pada Sony Ericsson Xperia Arc yang memiliki ukuran layar sebesar 4,2 inch.

Kinerja mumpuni dari HP ini berasal dari prosesor berkecepatan 1,4 GHz dengan dukungan GPU Adreno 205. Meski dengan RAM sebesar 512 MB namun Anda sudah bisa melakukan beberapa kegiatan multitasking.

Samsung Galaxy Young

HP terakhir yang bisa menggunakan sistem operasi linux adalah Samsung Galaxy Young atau yang juga dikenal dengan Samsung Galaxy Y saja. HP ini memiliki kinerja cukup baik dari prosesor 832 MHz dengan memori internal sebesar 4 GB dan RAM 768 MB.

HP yang dirilis pada tahun 2011 ini memiliki ukuran layar sebesar 3,2 inch dengan resolusi 320 x 480 pixel. Layarnya sendiri masih mengusung teknologi TFT Capacitive Touchscreen. Sedangkan kameranya memiliki resolusi sebesar 3,15 MP yang bisa digunakan untuk mengambil foto maupun merekam video.

Untuk jenis-jenis sistem operasi linux saatini bisa dilihat: sistem operasi linux yang ada di hp.

Itulah beberapa HP yang bisa menggunakan linux sebagai sistem operasi. Meski HP di atas merupakan HP lama dengan spesifikasi yang tidak secanggih HP masa kini namun tetap bisa menggunakan sistem operasi linux. Semoga informasi mengenai HP yang bisa menggunakan sistem operasi linux ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Give a Comment