Penyebab dan Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di Youtube

IDM atau Internet Download Manager merupakan software yang mampu membantu Anda mengunduh data di internet dan meneruskannya kembali. IDM bisa digunakan untuk mendownload video yang ada di Youtube. Namun terkadang aplikasi ini tidak muncul sehingga Anda membutuhkan cara mengatasi IDM tidak muncul di Youtube.

Penyebab IDM Hilang di Youtube

Tombol IDM yang tidak muncul di Youtube sebenarnya hal yang biasa terjadi. Penyebab hilangnya tombol tersebut bisa dikarenakan versi IDM dan versi Browser yang Anda gunakan tidak cocok atau tidak kompatible. Biasanya hal tersebut terjadi karena Anda baru saja memperbarui versi IDM atau versi Browser.

Selain karena tidak kompatible, tombol IDM yang hilang dari Youtube juga bisa terjadi karena ekstension di pengaturan Browser terdisable. Masalahnya, terkadang bukan hanya tombol download IDM saja yang hilang namun juga proses download file yang biasanya muncul otomatis juga ikut berhenti.

Berikut Cara mengatasi IDM di youtube tidak muncul dan hilang tidak ada tombol download:

Anda tidak perlu khawatir jika tombol IDM hilang di Browser ketika membuka Youtube karena ada beberapa cara untuk mengatasinya.

Update IDM dan Browser Terlebih Dahulu

Langkah pertama Anda harus mengupdate terlebih dahulu kedua jenis aplikasi baik itu aplikasi Browser maupun aplikasi IDM. Update ke aplikasi yang paling baru agar kompatible pada semua aplikasi yang digunakan. Atau Anda bisa mengunduh aplikasi terbaru melalui link di bawah ini:

IDM merupakan aplikasi berbayar. Link di atas merupakan link resmi untuk download aplikasi IDM terbaru. Setelah update, Anda akan mendapatkan free trial selama 30 hari. Setelah itu lakukan pembayaran lisensi agar IDM bisa digunakan dengan bebas. Anda bisa membeli lisensi di website lokal.

Ketika melakukan update IDM ke versi terbaru, sebaiknya Anda menghapus atau uninstall IDM lama terlebih dahulu. Baru setelah IDM lama dihapus Anda bisa menginstall IDM versi terbaru. Sedangkan untuk mengupdate browser, bisa Anda lakukan seperti biasa tanpa menghapus aplikasi lama.

Tambahkan Ekstension di Mozilla Firefox

Apabila Anda sudah mengupdate kedua aplikasi namun link atau tombol download belum muncul juga di Youtube, maka Anda harus re-add ekstension pada browser. Mungkin saat Anda melakukan update aplikasi, ekstension yang telah terpasang kembali ke pengaturan awal sehingga terhapus.

Cara re-add ekstension sangat mudah, melalui sebuah integration module yang tersedia langsung pada aplikasi IDM. Ikuti langkah berikut ini untuk menambahkan ekstension:

  • Buka aplikasi Mozilla Firefox Anda, kemudian tekan ikon options di pojok kanan atas. Selanjutnya pilih Add-Ons.
  • Tekan tombol gear atau menu Settings. Lalu pilih Install Add-On from File.
  • Masuk ke direktori dimana Anda menginsall aplikasi IDM.
  • Pilih file dengan nama idmmzcc.xpi lalu tekan Open atau Buka.
  • Proses penginstallan akan dimulai dan tunggu prosesnya hingga selesai.
  • Setelah penginstallan selesai, restart aplikasi Mozilla Firefox Anda.
  • Kemudian cek apakah berhasil dengan membuka situs Youtube. Jika tombol download muncul maka Anda berhasil.

Apabila ketika Anda menginstall file dmmzcc.xpi muncul notifikasi corrupt maka coba file lainnya hingga berhasil. Pada direktori IDM terdapat 3 file berekstensi xpi jadi Anda bisa mencobanya satu per satu.

Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di sini cara menambahkan di mozilla firefox: cara memasang dan menyambungkan idm ke mozilla firefox agar muncul download otomatis.

Tambahkan Ekstension di Google Chrome

Sama seperti Mozilla Firefox, IDM juga memberikan file khusus untuk Anda yang ingin menggunakannya di browser Google Chrome. Namun file yang harus Anda install berbeda dengan file Mozilla Firefox. Untuk lebih lengkapnya, ikuti cara re-add ekstension pada Google Chrome berikut ini:

  • Buka aplikasi Google Chrome terbaru di laptop atau PC Anda. Tekan ikon titik tiga di pojok kanan atas. Pilih opsi More Tools kemudian pilih Ekstension.
  • Carilah IDM Integrations Module lalu klik tombol dengan logo hapus.
  • Tekan Hapus.
  • Keluar dari aplikasi Google Chrome tapi jangan ditutup terlebih dahulu, kemudian buka direktori tempat Anda menginstall aplikasi IDM terbaru.
  • Temukan file dengan nama IDMGCExt.crx.
  • Selanjutnya drag file yang telah Anda temukan tersebut ke halaman Ekstension Google Chrome yang telah dibuka sebelumnya.
  • Selanjutnya akan muncul pemberitahuan jika penginstallan Ekstensi IDM di Google Chrome akan dimulai. Setelah itu tekan pilihan Add Ekstension.
  • Tunggu proses instalasi hingga selesai. Jika sudah selesai restart Aplikasi Google Chrome Anda.
  • Buka aplikasi Youtube melalui Google Chrome kemudian lihat apakah ada tombol download IDM yang muncul.

Untuk lebih lengkapnya jika tidak paham bisa dilihat: cara memasangi idm ke google chrome agar muncul otomatis ketika download.

Itulah cara mengatasi IDM tidak muncul saat membuka Youtube di Browser.

Dengan mengupdate kedua aplikasi baik itu Browser yang digunakan dan juga IDM maka aplikasi bisa kompatible.

Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda yang tidak bisa download menggunakan IDM karena tombol yang hilang.

Give a Comment