9 Penyebab dan Cara Mengatasi Instagram Error dan Gangguan

Instagram merupakan salah satu aplikasi media sosial yang mempunyai banyak manfaat. Banyak hal yang bisa ditemukan dalam instagram ini, seperti hiburan, informasi, bisnis, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, tentunya akan sangat merepotkan dan juga menjengkelkan apabila aplikasi instagram yang Anda miliki mengalami error ketika digunakan maupun akan digunakan.

Hal ini sama seperti ketika menghadapi: Instagram tidak memuat ulang, dan instagram tidak bisa dibuka.

Berikut beberapa penjelasan mengenai penyebab instagram error serta cara mengatasinya:

Aplikasi Instagram Galat

Salah satu hal yang dapat menyebabkan error pada aplikasi instagram yaitu aplikasinya yang galat.

Hal yang dapat menandakan bahwa aplikasi instagram Anda mengalami galat yaitu aplikasi tersebut mengalami error kemudian berhenti secara tiba-tiba pada saat dibuka.

Untuk menangani aplikasi instagram yang galat ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Tutup dengan paksa aplikasi instagram .
  2. Lalu matikan ponsel dan cabut baterai, memori eksternal, dan juga SIM card.
  3. Setelah itu tunggu beberapa saat, pasang lagi semuanya dan nyalakan kembali ponsel yang digunakan.

Untuk pengguna ponsel dengan baterai tanam tidak perlu khawatir. Anda dapat menanganinya hanya dengan melepaskan SIM card yang ada dalam ponsel saja.

Apabila permasalahan errornya aplikasi instagram ini dikarenakan galat, tentunya cara yang telah dilakukan diatas akan berhasil.

Data Pada Aplikasi Instagram Penuh

Penyebab instagram error yang terjadi pada setiap penggunanya yakni dikarenakan oleh data pada aplikasinya penuh. Ketika data pada aplikasi instagram telah penuh, biasanya tidak dapat memutar video yang diupload oleh orang lain. Selain itu, terkadang Anda juga tidak bisa mengupload foto dan video. Jika hal ini terjadi, tentunya sangatlah menjengkelkan bagi siapa saja yang merasakannya.

Hal ini dapat dikarenakan cache dan data yang menumpuk sehingga membuat performa ponsel menurun. Maka sistem dalam smartphone akan kesulitan dalam mengoperasikan serta membaca aplikasi dengan benar. Biasanya, ketika data dan cache dalam aplikasi instagram telah penuh akan muncul tanda “instagram berhenti tiba-tiba” dan akan langsung tertutup. Untuk itu, Anda dapat mengatasinya dengan cara menghapus cache dan file sampah aplikasi sebagai berikut.

  1. Masuklah kedalam pengaturan android pad smartphone Anda.
  2. Pilih aplikasi terinstall kemudian cari aplikasi instagram dan klik.
  1. Tekan opsi hapus cache pada aplikasi instagram.
  2. Namun jika tetap tidak bisa, maka diperlukan mengapus data aplikasi instagram.

Perlu untuk diketahui jika dilakukan penghapusan data pada aplikasi instagram, maka akun instagram yang telah masuk sebelumnya akan keluar secara otomatis. Hal ini berarti harus melakukan login username dan password lagi. Untuk itu, pastikan Anda mengetahui username dan password yang sebelumnya digunakan pada instagram tersebut.

Aplikasi Instagram Minta Diupdate

Update pada setiap aplikasi termasuk instagram ini sangatlah penting. Ketika diperlukan update pada aplikasi instagram yang digunakan tapi belum juga mengupdatenya, biasanya aplikasi insatgram tersebut akan mengalami error dan tidak bisa dibuka. Padahal, setelah aplikasi instagram diupdate akan muncul berbagai fitur baru yang akan memudahkan para penggunanya. Untuk itu, sebaiknya Anda mengaktifkan update secara otomatis jika tersambung dengan Wi-Fi. Namun jika diperlukan update dengan segera, maka update dapat dilakukan dengan cara berikut.

  • Masuk kedalam aplikasi Play Store dalam smartphone Anda
  • Klik ikon berbentuk tiga garis yang ada di sebelah logo Google Play
  • Setelah itu masuk kedalam opsi “aplikasi dan game saya”.
  • Kemudian cari aplikasi instagram dan klik update.

RAM atau Memori Internal Telah Penuh

Jika Anda ingin membuka aplikasi instagram ataupun mengupdate story di instagram namun tidak bisa, maka kemungkinan kapasitas RAM yang ada dalam ponsel telah penuh dan tidak bekerja secara maksimal. Error pada instagram yang diakibatkan oleh penuhnya kapasitas RAM ini dapat terjadi dimana saja termasuk pada smartphone dan juga browser di laptop atau PC.

Satu-satunya yang cara yang dapat dilakukan untuk menangani masalah errornya instagram karena kapasitas RAM penuh ini, adalah dengan menghapus atau uninstall berbagai aplikasi yang sekiranya tidak diperlukan. Ketika aplikasi yang terinstall telah dikurangi, maka kapasitas pada RAM secara otomatis juga akan berkurang. Selain itu, akan lebih baik lagi jika Anda menghapus file-file seperti video, dokumen, foto yang tidak dibutuhkan lagi.

Aplikasi Instagram Terkena Virus

Tentunya Anda sudah mengetahui jika virus dapat menjadi salah satu penyebab errornya pada setiap aplikasi khususnya instagram. Baik itu pada perangkat seluler maupun komputer, apabila aplikasi instagram yang telah diinstall terkena virus maka akan mengalami kerusakan juga. Satu-satunya jalan yang dapat ditempuh untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menghapus aplikasi instagram tersebut. Setelah itu, install antivirus terbaik dan lakukanlah scan. Ketika scanning sudah selesai, unduh aplikasi instagram kembali. Jika masih tidak bisa, maka dapat dipastikan terdapat masalah dalam sistem yang perlu untuk diperbaiki.

Ponsel Terlalu Panas

Ketika Anda sedang menggunakan atau menjalankan beberapa aplikasi dalam smartphone secara bersamaan, tentunya smartphone yang digunakan akan cepat mengalami panas. Untuk itu, sebaiknya hindari penggunaan lebih dari satu aplikasi secara bersamaan. Ketika aplikasi digunakan bersama, sistem operasi akan bekerja lebih ekstra dan menyebabkan perangkat menjadi panas bahakan dapat terjadi overheating. Pada saat perangkat sudah panas, dapat dipastikan kinerja dari sisetem operasi tidak dapat maksimal dan aplikasi tersebut akan tertutup dengan sendirinya.

Solusi untuk menangani error pada aplikasi instagram yang disebabkan oleh suhu panas pada perangkat ini, adalah dengan mengeluarkan semua aplikasi yang sedang berjalan. Kemudian matikan ponsel dan cabut kartu memori, sim card, dan juga baterainya. Tunggu selama beberapa saat paling tidak 30 menit hingga ponsel benar-benar dingin. Setelah itu pasang baterai, kartu memori, dan juga sim card lalu hidupkan ponsel kembali.

Aplikasi Instagram yang Diinstall Ilegal

Ketika Anda tidak bisa melakukan chat dalam instagram ataupun susah untuk login akun, kemungkinan besar penyebabnya adalah aplikasi instgram yang diinstal dalam perangkat tidak resmi atau ilegal. Terkadang, para pengguna instagram memilih menginstall aplikasi instagram ilegal ini karena berbagai fitur tambahan didalamnya. Namun karena tidak ada izin dari instagram secara resmi, maka akan banyak sekali masalah yang akan ditemui ketika penggunaannya.

Oleh karena itu, sebaiknya installah aplikasi instagram resmi yang telah disediakan di playstore. Dengan sumber yang telah terpercaya ini, tentunya aplikasi instagram yang digunakan juga akan terhindar dari berbagai masalah dan error ketika penggunaannya.

Terlalu Banyak Data Dalam Browser

Salah satu penyebab terjadinya error dalam instagram ini juga dapat dikarenakan banyaknya data dalam browser yang digunakan. Hal ini sering ditemui pada penggunaan instagram melalui laptop ataupun komputer.

Banyaknya data cache, history, dan lain sebagainya yang tidak dihilangkan ini tentunya akan membuat instagram sulit untuk diakses. Hal ini dikarenakan kinerja dari RAM pada komputer atau laptop yang tidak stabil, dan membuat perangkat tersebut menjadi lebih cepat panas.

Untuk mengatasi permasalahan satu ini dapat dilakukan dengan menghapus data baik itu cache, data histori ataupun data sampah lain pada browser yang Anda gunakan seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, dan lain sebagainya dengan cara sebagai berikut ini.

  1. Masuk dalam setting android kemudian pilih opsi aplikasi terinstall.
  2. Kemudian pilih browes yang digunakan untuk membuka instagram.
  3. Setelah itu klik hapus data.
  1. Langkah berikutnya adalah membuka browser yang akan telah dihapus data sampahnya.
  2. Masuk ke pengaturan browser dan cari opsi riwayat penelusuran atau histori.
  3. Klik opsi hapus data browsing untuk menghapus semua cache histori.
  4. Sebagai catatan, jangan lupa centang semua pilihan barulah lakukan penghapusan,

Tata cara diatas adalah petunjuk untuk membersihkan data sampah pada smartphone. Sedangkan apabila membuka instgram melalui browser di komputer atau laptop, tentunya caranya lebih mudah.

Tinggal membuka setting pada browser lalu klik opsi hapus data dan cache, maka semua data dan file sampah akan hilang dan instagram dapat dioperasikan secara normal kembali. Selain itu Anda juga dapat melakukannya dengan cara alternatif yakni menekan kombinasi dari Ctrl + Delete + Shift, maka menu hapus data akan muncul dengan sendirinya.

Akses Diblokir Oleh Pemerintah

Untuk saat ini, terkadang pemerintah akan memblokir beberapa media sosial ketika sedang terjadi suatu kejadian yang tidak kondusif. Hal ini dikarenakan berita akan mudah tersebar melalui media sosial tersebut termasuk dengan instagram.

Untuk itu, jika Anda benar-benar membutuhkan akses dari instgram maka dapat membukanya dengan bantuan proxy atau VPN. Namun sebenarnya cara ini tidak dianjurkan karena mungkin akan berbahaya untuk akun yang digunakan.

Itulah cara yang dapat membantu Anda dalam menangani permasalahan dalam mengoperasikan instagram seperti tidak bisa siaran langsung, tidak dapat like status teman, tidak bisa mengikuti orang lain, tidak dapat mengirim pesan, tidak dapat memuat ulang, tidak dapat berkomentar, tidak bisa mengupload foto dan video, terus loading, tidak dapat membuka profil, tidak dapat mencari dan dicari, tidak dapat membuka video dan gambar, tidak dapat membuka beranda, gagal logout, tidak mau masuk dengan akun baru, tidak dapat tagging teman, serta foto yang tampil tidak dalam ukuran penuh.

Dengan mengetahui penyebab dan cara mengatasi instagram error, tentunya akan mengerti pula cara mengatasinya dengan bijak. Dengan begini, maka Anda dapat mengakses serta mengoperasikan instagram seperti biasanya.

Ketika instagram dapat kembali berjalan dengan normal, pastinya segala keperluan yang dilakukan melalui instagram tersebut akan berjalan dengan lancar.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *