Penyebab dan Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka

Hingga saat ini masalah tentang aplikasi Instagram tidak bisa dibuka masih sering terjadi, baik itu Instagram dalam smartphone yang menggunakan sistem operasi iOS maupun android.

Tidak hanya itu, terkadang Instagram juga tidak bisa dibuka melalui web dalam personal computer baik itu menggunakan browser berupa Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, ataupun UC Browser.

Hal ini sama seperti ketika menghadapi: Instagram tidak memuat ulang, dan instagram error.

Untuk penggunaan instagram melalui telepon seluler sendiri, permasalahan seperti biasa muncul ketika aplikasi Instagram selesai diperbarui. Hal ini juga termasuk bagi yang menggunakan seperti pararel, dual Instagram, serta GbInstagram.

Mungkin Anda akan berpikir tentang cara mengatasinya dengan teknik refresh maupun dengan keluar masuk aplikasi dalam Instagram web. Namun, cara-cara tersebut masih belum bisa mengatasi masalah tidak bisa dibukanya Instagram.

Perlu untuk diketahui, sebenarnya terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan Instagram tidak bisa dibuka ataupun login, biasanya masalah yang terjadi ini bisa membuat status, kontak, dan juga instastory menjadi bermaslah.

Oleh karena itu, berikut penjelasan penyebab aplikasi Instagram yang tidak dapat dibuka beserta dengan cara untuk mengatasinya:

Aplikasi Instagram yang Galat

Pada umumnya, aplikasi Instagram galat ini dapat terjadi kapan saja dan pada sistem operasi apa saja.

Faktor yang membuat galat pada aplikasi Instagram ini biasanya karena ketidak sengajaan, seperti dikarenakan oleh sistem operasi yang dipakai dalam sebuah smartphone.

Ciri yang timbul ketika Instagram galat ini yaitu aplikasinya berhenti secara tiba-tiba ketika sedang digunakan.

Untuk cara mengatasi permasalahan aplikasi Instagram yang galat ini, yaitu cukup dengan mematikan telepon seluler. Setelah itu lepaskan sim card dan juga baterainya. Apabila telepon seluler yang digunakan memakai baterai teman, maka cukup dengan mencabut sim cardnya saja.

Aplikasi Belum Diupdate

Biasanya, permasalahan aplikasi Instagram yang belum diupdate ini terjadi pada segala jenis smartphone baik itu android maupun iphone.

Hal ini dikarenakan oleh pengaturan dasar perangkat yang memungkinkan untuk mengudpate segala aplikasi hanya melalui wifi.

Tanda-tanda yang membuktikan bahwa masalah tidak bisa dibukanya Instagram karena aplikasinya belum diupdate, adalah keluar pesan yang mengatakan bahwa tanggal pada aplikasi tidak akurat ataupun tanggal telah kadaluwarsa.

Tidak hanya itu, namun terkadang juga akan muncul pesan Instagram tidak tersedia untuk sementara.

Jadi, untuk mengatasi permasalahan ini dapat dilakukan dengan memperbarui tanggal dalam ponsel.

Jika masih tidak bisa maka lakukanlah update terbaru pada aplikasi Instagram tersebut secara manual.

Data Aplikasi Instagram Telah Penuh

Salah satu hal yang dapat menjadi faktor penyebab masalah dalam Instagram ini adalah data pada aplikasi Instagram telah penuh sehingga memori internal pada ponsel juga penuh.

Tanda bahwa data pada aplikasi Instagram sudah penuh ini adalah aplikasi Instgram yang sedang digunakan berhenti dan keluar secara tiba-tiba. Jika hal ini terjadi, maka akses dari Instagram akan sulit.

Solusi yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menghapus data dan juga cache dalam penyimpanan internal ponsel.

Sebagai tambahan, jangan lupa menonaktifkan fitur download video atau gambar secara otomatis dalam chat Instagram agar data dan cache tidak cepat penuh kembali.

Dengan melakukan penghapusan terhadap cache dan juga data ini, maka semua chat dalam Instagram akan terhapus.

Selain itu, akun Instagram yang sebelumnya telah masuk akan keluar dan mengharuskan Anda untuk login akun kembali.

Untuk itu sebaiknya lakukan backup terlebih dahulu pada segala hal yang dianggap penting seperti halnya chat, karena semua yang telah hilang karena penghapusan data dan cache ini tidak bisa dikembalikan.

Di hp xiaomi berikut cara menghapus cache nya yang benar:

  1. Masuk terlebih dahulu pengaturan.
  2. Kemudian pilih kelola aplikasi/aplikasi terinstall.
  1. Pilih instagram.
  2. Kemudian pilih hapus data dan pilihlah hapus semua data.

RAM Internal Telah Penuh

Perlu untuk diketahui, RAM juga berpengaruh dalam jalannya segala aplikasi termasuk Instagram. Ketika RAM telah penuh, maka aplikasi Instagram juga tidak dapat dibuka.

Hal ini dikarenakan sebuah RAM tidak bisa menjalankan aplikasi Instagram dengan stabil karena ruang yang digunakan untuk berpikir habis.

Untuk itu, sebaiknya Anda menghapus berbagai data yang dirasa tidak penting, baik itu musik, video, dokumen, file-file lainnya dalam memori internal agar ketersediaan ruang yang berfungsi untuk berpikir lebih luas dan Instagram dapat dibuka kembali.

Berhenti Memakai Lebih Dari Satu Aplikasi Secara Bersamaan

Untuk saat ini sudah ada sebuah smartphone yang memiliki kelebihan multitasking. Akan tetapi, kemampuan multitasking ini tidak sepenuhnya membantu para penggunaannya.

Banyak efek buruk yang dapat timbul karena multitasking ini salah satunya adalah aplikasi susah bahkan tidak bisa dibuka karena komponen pada ponsel akan cepat panas ketika beberapa aplikasi dibuka secara bersamaan.

Setelah komponen dalam ponsel panas, kemungkinan terbesar yang terjadi adalah aplikasi berhenti secara tiba-tiba. Selain itu, beberapa aplikasi juga akan sulit dibuka.

Apabila sudah terjadi dan ponsel sudah panas, lebih baik Anda segera mematikan ponsel, cabut baterai dan sim cardnya, lalu diamkan selama beberapa saat sebelum digunakan kembali.

Waktu yang diperlukan untuk mendinginkan ponsel tersebut kurang lebih 30 menit agar memastikan ponsel benar-benar dingin dan beristirahat.

Terdapat Virus

Ketika sistem operasi dalam smartphone yang digunakan telah terjangkit virus, maka akan terjadi berbagai hal yang tidak diinginkan, salah satunya adalah tidak bisa dibukanya sebuah aplikasi termasuk Instagram.

Selain banyak aplikasi yang tidak bisa dibuka, terkadang akan muncul berbagi masalah lain seperti ponsel mudah panas.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya keberadaan antivirus dalam smartphone ini sangatlah penting. Untuk itu sebaiknya segeralah mendownload antivirus untuk smartphone Anda.

Setelah lakukanlah scan terhadap virus dan langsung hapus virus tersebut. Ketika virus sudah dihapus namun aplikasi Instagram tetap tidak bisa dibuka, maka ini berarti data dari aplikasi Instagram ada yang hilang karena terkena virus dan mengharuskan untuk menginstal Instagram lagi.

Banyak Data Dalam Browser

Bagi Anda yang mengakses Instagram melalui browser baik itu, Moziilla Firefox, Opera, Google Chrome, dan browser lainnya, permasalahan tidak bisa dibukanya Instagram ini dapat dikarenakan oleh banyaknya data yang ada pada browser tersebut.

Kinerja RAM dalam sebuah personal computer juga akan tidak stabil ketika terlalu banyak menyimpan data seperti cache dan histori.

Untuk itu, sebelum menggunakan browser pastikan semua file-file sampah dan cache dibersihkan terlebih dahulu.

Untuk menghapus data di browser Google chrome berikut ini caranya:

  1. Masuk ke Pengaturan hp.
  2. Selanjutnya buka menu Aplikasi terinstall.
  3. Kemudian carilah browser yang dipakai. Contohnya pada kali ini adalah Chrome, pilihlah aplikasi tersebut.
  1. Kemudian pada pengaturan Chrome, geser ke bawah dan pilih Hapus data.
  2. Klik Hapus semua data.
  1. Kemudian buka browser google chromenya dan hapus historyna dengan cara tekan tombol ikon menu dan pilih History.
  2. Lalu tekan ‘hapus data browsing’. Selanjutnya akan muncul pilihan rentang waktu, centang semua untuk menghapus seluruh history.
  3. Pilih hapus data.

Jika menggunakan browser lainnya silahkan diimprovisasi.

Akun Instagram Telah Dibanned

Hal yang memungkinkan tidak dapat membuka Instagram selanjutnya adalah akun yang dipakai telah dibanned.

Ini dapat terjadi pada akun siapa saja. Untuk mengetahui ini, dapat dilakukan dengan mengecek akun Anda melalui akun instagram teman atau keluarga.

Jika hasil pencarian tidak ditemukan, maka dipastikan akun Instagram tersebut telah dibanned.

Untuk mengatasi hal ini dapat dilakukan dengan melaporkan pada pihak Instagram, tapi kemungkinan akun akan kembali sangatlah kecil.

Oleh karena itu, sebaiknya langsung saja membuat akun Instagram yang baru ketika akun lama telah dibanned.

Koneksi Internet Lambat

Selain faktor internal, terdapat juga faktor eksternal yang dapat membuat aplikasi Instagram tidak dapat dibuka, salah satunya yaitu koneksi internet yang tidak stabil.

Untuk menangani permasalahan ini, Anda dapat menunggu beberapa saat hingga koneksi menjadi lebih baik.

Jika koneksi tidak kunjung baik, hal yang perlu dilakukan adalah mencari tempat dengan koneksi internet stabil seperti pada area wifi.

Akses Diblokir Oleh Pemerintah

Bisanya pemerintah akan memblokir segala akses dari media sosial termasuk Instagram ketika terjadi situasi yang tidak kondusif.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mencoba membuka Instagram dengan mengaktifkan VPN untuk mendapat akses dari luar negeri.

Akan tetapi cara ini tidak dianjurkan karena VPN dapat membahayakan penggunaannya, seperti kemungkinan pencurian data.

Oleh karena itu, ketika akses Instagram sedang diblokir oleh pemerintah, alangkah baiknya jika menunggu sampai akses dibuka kembali.

Server Instagram Sedang Down

Ketika Anda telah mencoba berbagai cara untuk membuka Instagram akan tetapi tidak berhasil juga, maka pastikan server Instagram sedang down atau tidak.

Terkadang server Instagram sendiri dapat menjadi down dikarenakan berbagai hal.

Dalam hal ini, yang bisa dilakukan hanyalah menunggu hingga server Instagram kembali normal.

Untuk mengeceknya bisa dilihat di website: cek instagram down.

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan Instagram tidak bisa dibuka serta cara mengatasinya.

Dikarenakan pentingnya dari salah satu media sosial tersebut, akan lebih baik jika Anda mengetahui solusi ketika terjadi masalah dalam mengaksesnya.

Give a Comment