Penyebab dan Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Like

Instagram sebagai salah satu sosial media terbaik dan terfavorit saat ini menyediakan fitur keamanan yang cukup tinggi. Hal tersebut terkadang malah menyebabkan masalah yang tidak diinginkan seperti Instagram tidak bisa like.

Bagi pengguna aktif yang setiap hari menggunakan Instagram, tidak bisa like pada postingan orang lain merupakan masalah yang cukup menyebalkan. Anda tidak bisa memberikan respon pada sebuah postingan favorit jika fitur tersebut diblokir.

Ada beberapa penyebab mengapa pihak Instagram memblokir fitur like dari sebuah akun. Anda harus mengetahui penyebab-penyebab tersebut agar bisa menghindari pemblokiran. Untuk Anda yang sudah terlanjur diblokir pun tidak perlu khawatir karena ada cara mudah mengatasinya.

Setidaknya ada 11 penyebab akun Instagram Anda tidak bisa melakukan like pada postingan sendiri atau orang lain. Agar terhindar dari pemblokiran like, Anda harus menghindari penyebabnya berikut ini.

Berikut faktor penyebab kenapa instagram tidak bisa dilike:

Terlalu Banyak Melakukan Like

Terlalu banyak melakukan like pada postingan orang lain dapat menyebabkan akun Anda terkena blokir oleh Instagram. Usahakan tidak terlalu banyak menyukai postingan dalam waktu yang sama.

Jika ingin menyukai banyak postingan, lebih baik beri jeda beberapa saat. Hal tersebut dapat mengurangi resiko Anda terkena blokir like yang menyebalkan dari pihak Instagram.

Akun Baru

Aktivitas akun yang baru dibuat masih diawasi secara intens oleh pihak Instagram demi keamanan. Oleh sebab itu, jika Anda baru membuat akun jangan berlebihan dalam melakukan aktivitas seperti like postingan orang lain.

Aktivitas like terlalu sering menggunakan akun yang baru dibuat bisa dianggap spam oleh Instagram. Karena hal tersebut akun Anda akhirnya diblokir dari aktivitas like dalam beberapa saat.

Isi Like Selalu Sama

Instagram tidak hanya digunakan sebagai sarana berbagi foto di dunia maya, namun juga digunakan sebagai sarana berjualan. Tidak sedikit orang yang menggunakan Instagram untuk berjualan karena dinilai lebih mudah dan memiliki banyak pengguna.

Selain itu, promosi menggunakan Instagram dinilai lebih efektif dibandingkan dengan akun sosial media lainnya. Jika Anda merupakan pemilik akun Instagram yang menggunakannya untuk promosi, berhati-hatilah dalam menulis like.

Jangan menulis like dengan isi yang sama pada setiap postingan orang lain. Memang fitur copy dan paste lebih mudah dilakukan untuk promosi dibandingkan mengetik ulang tulisan yang banyak. Namun jika terlalu sering dilakukan maka akun Anda bisa diblokir.

Ketika ingin mengirim like dengan isi yang sama, lebih baik Anda mengubah satu atau beberapa kata di dalamnya. Bahkan Instagram akan menganggap like Anda unik hanya dengan menambahkan atau mengubah tanda baca saja.

Sering Melakukan Like

Terlalu sering melakukan like dapat membuat akun Anda diblokir oleh pihak Instagram. Pemblokiran yang dilakukan bisa terjadi dalam beberapa jam atau beberapa hari sehingga Anda harus menghindarinya.

Selain itu, Anda juga tidak boleh terlalu banyak melakukan like dalam satu waktu. Hindari hal tersebut dengan memberikan jeda beberapa saat jika ingin memberikan like. Lebih baik menunda mengirim like dibandingkan Anda tidak bisa mengirim like sama sekali.

Terlalu Banyak Mention Akun Lain

Mention teman atau akun lain terkadang dilakukan agar mereka mengetahui postingan penting yang sudah Anda lihat. Namun ternyata terlalu banyak mention dapat merugikan Anda sendiri karena like bisa diblokir.

Untuk menjaga akun dari pemblokiran like, Anda tidak boleh mention lebih dari 5 akun lain dalam satu waktu. Jika postingan yang akan dimention sangat penting dan teman yang membutuhkan banyak, Anda bisa menulis like lagi berisi mention yang berbeda.

Terlalu Banyak Menambahkan Hashtag

Sama halnya seperti mention, Anda juga tidak boleh terlalu banyak menambahkan hashtag. Maksimal hashtag yang bisa Anda tambahkan dalam satu like yaitu sebanyak 30 hashtag.

Jangan menulis hashtag lebih dari itu agar akun Anda aman dari pemblokiran like. Jika akun diblokir maka Anda tidak bisa melakukan aktivitas like pada postingan orang lain. Hal tersebut tentu saja sangat merugikan terutama untuk Anda yang menggunakan Instagram sebagai sarana promosi.

Menggunakan Fitur Private

Fitur private Instagram biasanya diaktifkan jika terjadi masalah dengan orang lain. Fungsi fitur ini yaitu untuk membatasi pengguna lain dalam memberikan like, komen, atau melihat postingan.

Karena pembatasan tersebut maka beberapa pengguna yang tidak memiliki izin akses tidak dapat memberikan like. Hal tersebut menjadi alasan yang sering terjadi mengapa Anda tidak lagi bisa memberikan like pada postingan orang lain.

Jaringan Internet Terlalu Lambat

Instagram merupakan salah satu media sosial yang membutuhkan jaringan internet tinggi agar dapat diakses dan digunakan dengan lancar. Hal tersebut dikarenakan postingan yang diupload melalui instagram berupa foto dan video membutuhkan koneksi lancar.

Berbeda dengan sosial media lain yang berbentuk tulisan sehingga tidak terlalu membutuhkan koneksi yang cepat. Jika internet terlalu lambat maka like yang Anda kirimkan bisa saja mengalami kegagalan.

Untuk mengatasinya, Anda harus menggunakan provider dengan koneksi paling cepat. Maka kenali provider tercepat di daerah Anda agar bisa memberikan like dengan lancar. Selain menggunakan provider yang baik, Anda juga bisa menggunakan jaringan WiFi.

Dilaporkan Oleh Pengguna Lain

Kemungkinan selanjutnya yang menjadi penyebab Anda tidak bisa memberikan like adalah dilaporkan oleh pengguna lain. Akun akan terkena blokir jika ada pengguna Instagram lain melaporkan like yang Anda berikan sebagai spam. Maka dari itu Anda harus menjaga diri ketika memberikan banyak like.

Pengaturan Privasi

Sebagai media sosial terfavorit, Instagram memiliki fitur Pengaturan Privasi yang memungkinkan penggunanya untuk mengatur privasi status seperti siapa yang dapat melihat postingannya. Jika pengguna lain tidak memberikan akses untuk melihat postingannya maka Anda tidak bisa memberikan like.

Diblokir Akun Lain

Selain karena status yang diprivate, Anda juga tidak bisa memberikan like jika pengguna lain melakukan block. Ciri-ciri Anda diblokir oleh pengguna lain yaitu tidak bisa mengirim direct message, tidak bisa melihat story, foto profil kosong, dan tidak bisa melihat postingannya.

Jika Anda terlanjur tidak bisa menggunakan fitur like pada Instagram. Lakukan salah satu icara mengatasi instagram tidak bisa like berikut ini:

Berikut beberapa cara Mengatasi Instagram yang Tidak Bisa Melakukan Like yang bisa diterapkan:

Ganti Profil dan Bio

Mengganti profil dan bio dapat mengatasi akun yang diblokir like oleh Instagram. Ubah foto profil Anda dengan foto yang baru. Selanjutnya ubah juga informasi yang Anda masukkan ke dalam bio di profil akun Instagram.

Jika Anda memasukkan link pada bio, lebih baik link tersebut dihapus atau diganti. Karena bisa saja link yang Anda masukkan dianggap spam oleh Instagram. Kemudian tunggu selama kurang lebih 24 jam agar bisa melakukan like kembali.

Cari Tempat dengan Sinyal Stabil

Jika Anda merasa sinyal yang tertangkap oleh smartphone kurang bagus maka carilah tempat yang memiliki sinyal stabil. Masalah ini biasanya lebih sering terjadi pada pengguna data seluler dari provider tertentu.

Pastikan Tidak Di Private

Anda tidak bisa memberikan like pada akun yang di private oleh penggunanya. Jadi pastikan bahwa akun yang ingin Anda like tidak mengaktifkan mode private.

Pastikan Tidak Diblokir

Jika diblokir oleh pengguna Instagram lain, Anda tidak bisa memberikan like, komen, mengirim direct message, dan komunikasi lainnya. Anda bisa membuat akun baru atau meminjam milik teman untuk mengetahui apakah akun benar-benar diblokir oleh pengguna lain.

Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan memaksa berhenti aplikasi Instagram. Caranya yaitu dengan masuk ke menu Pengaturan di smartphone kemudian pilih Aplikasi Terinstall lalu cari aplikasi Instagram. Terakhir klik pilihan Paksa Henti untuk memaksa berhenti aplikasi.

Hapus Data Instagram

Terlalu banyak data yang didownload baik itu foto maupun video juga bisa menjadi penyebab akun Anda tidak bisa melakukan like. Memori aplikasi yang terlalu penuh menyebabkan Instagram tidak bisa bekerja seperti biasanya.

Satu-satunya cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menghapus data dan cache. Sebaiknya Anda melakukan backup terlebih dahulu pada data-data tersebut karena data akan hilang jika tidak dibackup.

Dengan melakukan backup data Anda bisa melihat kembali data Instagram meskipun aplikasi sudah dibersihkan. Terutama untuk Anda yang menggunakan Instagram sebagai sarana berpromosi maka data yang ada di dalamnya pasti sangat penting sehingga wajib dibackup.

Berikut ini merupakan cara untuk menghapus data dan cache di aplikasi Instagram :

  • Buka menu Pengaturan pada smartphone Anda.
  • Selanjutnya pilih Aplikasi Terinstall.
  • Carilah aplikasi Instagram yang ada di deretan aplikasi terinstall.
  • Selanjutnya tekan tombol pilihan Hapus Data.
  • Terakhir tekan pilihan Hapus Semua Data. Dengan itu maka seluruh data pada aplikasi Instagram Anda akan terhapus.

Update Versi Aplikasi Instagram

Pengembang Instagram selalu melakukan update terhadap aplikasi ini untuk meningkatkan fitur yang dimiliki. Pengguna Instagram dengan jaringan WiFi biasanya mendapatkan update secara otomatis selama tersambung WiFi sehingga aplikasi yang digunakan adalah yang terbaru.

Lain halnya dengan pengguna data seluler, mereka biasanya tidak mengaktifkan update otomatis untuk menghemat kuota sehingga tidak tahu jika aplikasi Instagram terbaru sudah rilis. Jadi agar Anda tidak mengalami masalah maka aplikasi yang digunakan haruslah yang terbaru.

Jika mengalami masalah saat akan memberikan like, sebaiknya Anda cek apakah ada update versi terbaru. Apabila ada update versi terbaru sebaiknya Anda segera mengupdatenya untuk mengatasi masalah.

Cara update aplikasi Instagram terbaru yaitu dengan masuk ke aplikasi Google Play Store di smartphone Anda. Klik ikon tiga baris di pojok kiri atas kemudian pilih Aplikasi dan Game Saya. Selanjutnya cari aplikasi Instagram dan klik tombol Update untuk mendapatkan versi terbarunya.

Izinkan Aplikasi Instagram

Khusus pengguna smartphone Xiaomi dan Lenovo sering terjadi dimana aplikasi tidak diizinkan untuk berjalan sehingga Anda tidak bisa melakukan like. Pada kedua merk smartphone tersebut Anda harus memberikan izin secara manual agar aplikasi bisa digunakan seperti biasa.

Jika aplikasi Instagram tidak diizinkan berjalan pada smartphone maka seluruh fitur yang ada tidak bisa digunakan termasuk dengan fitur like. Adapun cara untuk mengizinkan aplikasi Instagram berjalan seperti biasa adalah sebagai berikut :

  • Jika Anda sedang membuka aplikasi Instagram maka tutup aplikasi tersebut terlebih dahulu.
  • Masuk ke menu smartphone Anda dan pilih menu Pengaturan.
  • Klik pilihan Aplikasi Terinstall kemudian carilah aplikasi Instagram.
  • Klik pilihan Perizinan Aplikasi.
  • Kemudian hidupkan semuanya.

Cara di atas dapat dilakukan pada smartphone merk Xiaomi atau Lenovo. Untuk merk lainnya mungkin ada sedikit perbedaan tapi secara garis besar sama. Anda hanya perlu mencari aplikasi Instagram kemudian mengizinkan aplikasi agar bisa berfungsi seperti biasa.

Hapus File di Memori

Segala aktivitas yang Anda lakukan menggunakan Instagram seperti download, like, dan lain sebagainya akan disimpan pada memori smartphone. Agar bisa menjalankan fungsi aplikasi dengan baik maka memori Anda tidak boleh penuh.

Memori yang penuh dapat menyebabkan Instagram tidak bisa digunakan dengan lancar. Selain itu, memori yang terlalu penuh juga bisa menyebabkan terjadinya error seperti tidak bisa memberikan like pada postingan orang lain.

Anda harus menghapus beberapa data yang disimpan jika memori smartphone penuh. Data di memori bisa berupa foto, musik, video, dokumen, dan lain sebagainya. Namun jika memori tidak penuh maka Anda tidak perlu menghapusnya.

Nonaktifkan Fitur Penghemat Baterai

Fitur penghemat baterai cukup berguna agar baterai bisa bertahan lebih lama bahkan hingga seharian. Namun optimasi tersebut terkadang malah membuat aplikasi tertentu tidak bisa bekerja dengan baik misalnya seperti Instagram yang tidak bisa like.

Untuk itu Anda harus mematikan fitur penghemat baterai tersebut. Pada smartphone Xiaomi, cara mematikan fitur penghemat baterai adalah dengan masuk ke menu Pengaturan kemudian pilih Baterai dan Performa.

Setelah itu pilih Daya, kemudian pada menu Penghemat Daya Baterai pilihlah Pergi ke Setelan. Selanjutnya Anda bisa menonaktifkan fitur penghemat baterai.

Nonaktifkan Aplikasi Game Booster

Selain fitur penghemat daya, untuk mengatasi aplikasi Instagram yang tidak bisa like Anda juga harus menonaktifkan aplikasi game booster. Aplikasi ini berfungsi untuk membatasi jumlah aplikasi yang berjalan di background. Instagram biasanya menjadi salah satu aplikasi yang dibatasi.

Hubungkan dengan Akun Sosial Media Lain

Jika Instagram melakukan blokir maka akun Anda dianggap sebagai akun spam. Coba hubungkan akun Instagram Anda dengan akun sosial media lain seperti Facebook atau Twitter agar tidak dianggap sebagai spam lagi.

Caranya yaitu dengan masuk ke menu Settings di aplikasi Instagram kemudian pilih opsi Linked Accounts. Pada opsi tersebut Anda bisa memilih akun sosial media lain yang ingin dihubungkan dengan akun Instagram.

Pindah Jaringan

Instagram melakukan pemblokiran pada akun yang dianggap spam berdasarkan alamat IP pengguna. Jika smartphone Anda adalah dual SIM maka cobalah untuk mengganti koneksi internet ke SIM yang kedua.

Jika Anda diblokir saat menggunakan WiFi maka cobalah menggantinya dengan data seluler. Hal tersebut bisa mengatasi pemblokiran yang dilakukan oleh pihak Instagram.

Lapor ke Instagram

Jika tidak merasa melakukan spam dan masih dalam penggunaan wajar, maka Anda bisa melapor ke Instagram. Caranya yaitu dengan masuk ke menu Settings kemudian pilih opsi Report a Problem.

Selanjutnya akan ditampilkan 3 pilihan pop-up lalu pilihlah Report a Problem. Setelah itu jelaskan masalah yang terjadi beserta dengan screenshot saat Anda gagal melakukan like pada sebuah postingan.

Itulah informasi mengenai penyebab instagram tidak bisa like serta berbagai cara untuk mengatasinya. Semoga informasi yang diberikan di atas dapat memberikan solusi untuk Anda yang mengalami masalah tersebut.

Give a Comment