Cara Mencari dan Install Driver Laptop dan PC Secara Online

Driver adalah suatu file yang berfungsi agar komponen hardware di dalam laptop/ PC Anda dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Sesekali waktu, update driver juga diperlukan jika driver pada laptop atau komputer Anda sudah terlalu tua.

Menginstal driver pada laptop atau PC memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Apalagi jika CD driver Anda hilang entah kemana. Solusinya yaitu dengan mengunduh atau download driver secara gratis di internet pada situs yang telah disediakan oleh produsen laptop atau komputer Anda atau situs lainnya yang memang menyediakan.

Cara install driver laptop atau PC secara otomatis online di internet

Syarat utama agar bisa melakukan cara melakukan driver updater online ini yaitu memiliki jaringan atau koneksi internet yang kencang agar bisa selesai cepat.

Dan Berikut ini Cara menginstall driver laptop/komputer secara online:

  1. Pertama-tama pilih dan klik tombol Windows dan Pause Break di keyboard untuk masuk ke Device Manager atau cara lain yang lebih gampang cukup klik kanan My Computer -> Device Manager.
  2. Klik kanan Driver yang mau diinstall dan pilih Properties (misalnya Anda ingin menginstal Driver VGA).
  3. Nanti akan muncul kalimat ‘How do you want to search for Driver software?’ Anda cukup memilih opsi yang paling atas yaitu ‘Search automatically for updated driver software’.
  4. Saat Anda memilih opsi tersebut maka nantinya laptop/ PC akan secara otomatis mencari driver yang dibutuhkan. Cara mencari driver laptop secara online ini memang terbilang gampang karena Anda tidak perlu mencari-cari sendiri lagi.
  5. Setelah driver yang sesuai dengan perangkat ditemukan, maka sistem akan langsung mendownloadnya. Kalau jaringan internet Anda kencang, maka proses download akan cepat selesai.
  6. Saat proses telah komplit maka driver akan otomatis melakukan proses instalasi. Anda cukup menunggu saja sampai prosesnya berjalan selesai.
  7. Jika sukses maka akan muncul tulisan ‘Windows has successfully update your driver software’. Selesai dan Anda juga akan melihat nama driver yang terinstall.

Demikian cara install driver laptop atau PC secara otomatis online di internet. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *