Penyebab dan Cara Mengatasi iPhone Dicharge Malah Mati Total

iPhone menjadi smartphone dengan pengguna yang banyak. Setiap pengguna pastinya pernah menemui permasalahan ketika menggunakan iPhone terutama terkait baterai.

Beberapa masalah baterai yang mungkin dialami adalah iPhone dicharge tetapi tidak mengisi, iPhone dicharge tetapi malah berkurang, indikator lampu menyala tetapi gambar petir di status bar tidak muncul, dan yang terakhir adalah iPhone dicharge malah mati.

Permasalahan terakhir tersebut muncul ketika iPhone dicahrge dalam keadaan hidup.

Sama seperti halnya: Iphone dicas tidak penuh terus dan iphone tidak bisa dicas terus.

Apa dampaknya? Ketika iPhone mati, segala aktivitas yang dilakukan menggunakan iPhone akan terhambat.

Kondisi tersebut akhirnya akan sangat merugikan. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu membawanya ke service center.

Namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya masalah tidak menjadi lebih parah atau ketika penyebabnya merupakan masalah ringan.

Kebutuhan smartphone dalam kebutuhan tidak bisa dipungkiri. Jika iPhone rusak, maka Anda harus segera memperbaikinya agar kegiatan tidak terhambat.

Sebelum mengatasi permasalahan iPhone dicharge malah mati meskipun sebelumnya hidup, maka perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dulu.

Jika iPhone tidak bisa dicharge dengan kondisi sering aktif, maka bisa disebabkan proses pengisian daya eror.

Untuk memastikan hal tersebut, maka Anda perlu memeriksa kerusakan yang mungkin terjadi pada iPhone.

Tutorial pemeriksaan iPhone Dichagre Malah Mati:

Mencoba konektor dan adaptor lain

Langkah pertama untuk memeriksa adalah mengganti konektor dan adaptor yang digunakan untuk charge. Kemungkinan penyebab permasalahan pertama adalah ternyata konektor atau adaptor rusak sehingga pengisian daya tidak bisa berjalan.

Pinjamlah konektor dan adaptor milik teman atau saudara yang memiliki iPhone setipe.

Pastikan juga bahwa aksesoris yang Anda gunakan merupakan aksesoris asli. Jika aksesoris Anda ternyata kualitas rendah, maka pinjamlah aksesoris iPhone asli milik orang lain.

Menghubungkan ke PC

Apabila tidak tersedia pinjaman, jangan khawatir. Ada cara lain yang bisa dilakukan. Cara pemeriksaan lain yang bisa dilakukan adalah menghubungkan iPhone ke PC dengan kabel USB.

Jika terhubung dan daya terisi, maka permasalahan disebabkan oleh konektor dan adaptor.

Jika cara pemeriksaan di atas tidak memberikan hasil apapun, maka Anda perlu melakukan hal lain.

Dalam keadaan charger masih terpasang ke iPhone, cobalah untuk reset iPhone dengan menekan tombol on-of dan home secara bersamaan selama beberapa detik ketika iPhone masih menyala.

Selanjutnya amati apakah baterai sudah bisa terisi atau belum. Jika belum, maka ikuti langkah di penjelasan selanjutnya.

Mengatasi iPhone Dicharge Malah Mati

Apabila pemeriksaan telah dilakukan dan sudah dipastikan bahwa aksesoris tidak bermasalah dan menggunakan yang asli, maka cara pengatasan diperlukan supaya iPhone bisa digunakan secara normal.

Ikuti salah satu cara di bawah ini untuk memperbaiki baterai iPhone yang tidak bisa dicharge dan malah membuat iPhone mati.

Jika suatu cara yang telah dilakukan belum berhasil mengatasi masalah, maka Anda bisa mencoba cara lain yang tersedia.

Cara pertama

Cara pertama untuk mengatasi masalah ini diawali dengan memasang charger iPhone ke sambungan listrik terlebih dulu.

Tujuannya adalah untuk mengisi daya selama beberapa waktu. Selanjutnya tekan tombol on-off sampai muncul baterai bergaris merah tipis.

Kondisikan supaya iPhone tidak mati meskipun daya tidak bisa diisi. Langkah selanjutnya, tekan tombol on-off dan menu bersamaan selama 8 detik. iPhone akan mengkonfirmasi apakah Anda ingin mematikan iPhone. Pilih opsi Yes dan tunggu sebentar sampai iPhone benar-benar mati total.

Lepaskan charger iPhone selama beberapa saat, lalu sambungkan kembali. iPhone akan restart atau reboot.

Hal tersebut ditunjukkan dengan munculnya logo Apple dan menu springboard seperti proses normal biasa. Cobalah untuk charge iPhone untuk memeriksa apakah cara ini berhasil atau tidak.

Cara kedua

Terdapat cara lain yang bisa dilakukan. Cara ini dilakukan dengan restore ulang ketika iPhone mati total.

Langkah yang perlu dilakukan adalah mematikan iPhone dengan menekan tombol on-off dan home selama 8 detik secara bersamaan.

Lalu, sambungkan iPhone dengan komputer melalui kabel USB.

Ketika telah terhubung, buka iTunes di komputer yang sedang digunakan. Tekan tombol home untuk menyambungkan iPhone dengan iTunes.

Biarkan selama lebih kurang 6 detik sebelum merestore iPhone untuk memberikan waktu bagi iTunes memproses data dalam iPhone.

Perlu diperhatikan bahwa iPhone SU harus dilakukan unlock ulang agar bisa dihubungkan. Setelah melakukan cara ini, cobalah charge iPhone dan pastikan bahwa iPhone tidak mati lagi meskipun sebelumnya hidup. Selain itu, pastikan juga baterai terisi.

Cara ketiga

Cara ketiga membutuhkan persiapan yang sama dengan cara kedua, yaitu iTunes di komputer.

Cara ketiga diawali dengan menghidupkan iTunes di komputer. Persiapan lain adalah menekan tombol on-off dan home secara bersamaan sampai iPhone mati.

Jika sudah, maka hubungkan iPhone dengan komputer tersebut. Lepaskan tombol on-off tetapi biarkan tombol home tetap tertekan agar iTunes tetap membaca data dalam iPhone.

Bila perlu, Anda dapat menyiapkan firmware pada komputer lalu restore. Apabila Anda menggunakan iPhone SU, jangan lupa untuk unlock ulang sebelum melakukan langkah-langkah ini.

Itulah beragam alternatif untuk mengatasi masalah iPhone dicharge malah mati meskipun awalnya dalam kondisi hidup.

Untuk mencegah permasalahan ini, teruslah menjaga kondisi iPhone dengan menggunakan aksesoris asli dan tidak berlebihan ketika mengisi daya baterai.

Cara di atas tidak menjamin keberhasilan dalam mengatasi masalah ini. Jika iPhone masih tidak bisa dicharge atau tidak perubahan signifikan, maka tandanya iPhone Anda butuh penanganan khusus di service center. Diharapkan penjelasan di atas dapat membantu.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *