5 Penyebab dan Cara Mengatasi Iphone Tidak Ada Suara Terus

iPhone anda baru tapi mickrofon tidak berdungsi dengan baik? Inilah cara mengatasi mic rusak yang dapat anda coba.

iPhone merupakan merk handphone yang memiliki kualitas baik. Sering dipakai para artis ternama dan orang kaya menjadikan handphone ini termasuk dalam kategori mahal.

Kualitas dan kecanggihannya juga unggul jika bersaing dengan brand lain. Lalu mengapa handphone baru dan mahal tapi mic rusak?

Benarkah demikian? Bagaimana cara memperbaiki kerusakan mic wireless? Simak penjelasan berikut.

Walaupun iphone memiliki lingkaran pasar yang sempit jika dibandingkan dengan model smartphone yang lain, namun peminatnya juga tidak sedikit. Adanya perkembangan disetiap modelnya menjadikan iphone masuk kejajaran handphone yang digemari.

Meski demikian, ternyata iphone juga memiliki kekurangan. Salah satunya terjadi masalah pada mic iphone. Lalu bagaimana cara memperbaikinya? Penasaran, berikut ulasannya.

Penanganan Ketika Mickrofon iPhone Tidak Berfungsi Saat Telepon:

Microfon Tidak Berfungsi

Sistem operasi iphone menggunakan perangkat IOS. Bagi anda pengguna iphone apabila ketika melakukan panggilan telepon, sinyal mic wireless lemah, atau face time suara tidak terdengar jelas, atau siri tidak bisa mendeteksi suara pasti pernah mengalami hal-hal berikut ini:

  • Lawan bicara anda tidak dapat mendengar suara anda ketika sedang melakukan panggilan melalui telepon atau panggilan face time
  • Anda tidak bisa merubah sumber audio ketika melakukan panggilan
  • Suara anda akan terdengar tidak jelas ketika melakukan panggilan telepon atau face time
  • Ketika memutar rekaman audio, suara akan terdengar tidak terlalu jelas atau bahkan tidak terdengar sama sekali
  • Siri mendeteksi hanya mendengar sebagian permintaan seseorang
  • Nada dering tidak berbunyi

Penyebab Mickrofon Tidak Berfungsi

IPhone memiliki 3 mic dan yang berfungsi menangkap suara ketika melakukan panggilan yaitu bottom mickrofon.

Terletak Disebelah headseat. Kebanyakan orang mungkin mengira jika itu adalah speaker karena bentuknya yang mirip, namun itu adalah bottom mickrofon.

Untuk mengetahui apakah mic tersebut berfungsi dengan baik, maka ketuklah berlahan bottom mic lalu sambil direkam menggunakan fitur voice memos.

Apabila terdengar ketukan saat memutar rekaman tadi, tandanya mic iphone sekarang dalam kondisi yang baik.

Sebaiknya anda jangan berpikir untuk memperbaikinya ke konter handphone karena biasanya mereka akan mengganti mic dengan yang baru dengan selang waktu 2 minggu.

Berikut penyebab tidak terdengar suara pada lawan bicara ketika melakukan panggilan dengan bottom mic:

  • Setelah membuka aplikasi compass, kemudian panggilan telepon diangkat penelpon tidak dapat mendengar suara kita sebagai lawan bicaranya.
  • Menurut forum diskusi aple, hal ini terjadi karena membuka fitur compass bawaan dari IOS. Karena ketika membuka aplikasi compass lalu ada panggilan masuk masalah yang sama terjadi kembali. Hal tersebut memberi spekulasi bahwa aplikasi tersebut masalahnya.
  • Jika saran dari forum diskusi apple, lakukanlah reset iPhone secara keseluruhan. Anda bisa membuka fitur menu setting, pilih general, lalu reset kemudian pilih opsi reset all setting.
  • Setelah melakukan reset semua akan menjadi normal kembali. Suara akan dapat terdengar ketika melakukan panggilan. Baik suara anda ataupun lawan bicaranya.
  • Jika masalah ini terulang kembali, maka lakukanlah reset penuh iPhone kembali. Namun sepertinya solusi ini hanya dapat berfungsi beberapa saat saja.

Cara Mengatasi Mic Tidak Berfungsi saat Telepon:

Ketika sedang melakukan panggilan dan terjadi masalah suaranya tidak terdengar atau mic wireless suara putus putus atau karena sinyal wirelessnya lemah pasti membuat tidak nyaman.

Mungkin juga anda sedang mencari solusi-solusi yang tepat untuk menangani masalah tersebut.

Seperti yang sudah dijelaskan, masalah tersebut terjadi dikarenakan aplikasi compass dari perangkat IOS.

Jadi solusi untuk memperbaiki mic wireless sinyal lemah, yaitu anda harus melakukan reset secara keseluruhan pada iPhone dan pastikan anda menggunakan versi IOS yang terbaru. Kemudian jangan membuka aplikasi compass. Anda bisa mencobanya sendiri.

Jika sudah mencoba cara tersebut namunmasalah yang sama masih terjadi atau siri tidak bisa mengakses permintaan anda, maka bisa menghubungi dukungan apple.

Memperbaiki Mic Kamera Depan iPhone

Seperti yang sudah diketahui, mic kamera depan iphone biasa digunakan untuk merekam video atau video recording.

Namun, tidak jarang juga mic depan kamera ini bermasalah dan tentu menyebabkan kepanikan bagi mereka yang mungkin awam tentang teknologi.

Masalah mic depan bukan masalah kecil karena akan mempengaruhi kinerja iphone. Maka dari itu simaklah beberapa solusi yang dapat anda coba berikut ini.

Mematikan Noice Cancelation

Untuk mematikan noice cancelation anda bisa ke menu setting dan pilih general. Setelah general terbuka akan muncul opsi accessibility. Terakhir cari pilihan noice cancelation lalu matikan atau turn off.

Membuka lapisan pelindung

Perlu mengecek mic kamera depan apakah berfungsi dengan baik dan tidak tertutup lapisan pelindung.

Karena ada kemungkinan kamera iphone tertutupi oleh pelindung tersebut. Situasi itu jarang disadari oleh pemilik iphone sehingga membuat mic tidak bisa berfungsi.

Restart

Cara lain untuk memperbaiki mic kamera depan yaitu dengan restart. Metode ini paling mudah dilakukan dan banyak dilakukan jika handphone sedang bermasalah.

Dengan melakukan restart, sistem pada iphone akan mati total dan akan dihidupkan kembali.

Hal yang perlu anda lakukan hanya kembali mengecek apakah mic kamera berfungsi atau tidak.

Bersihkan Mic iPhone

Selanjutnya hal yang dapat anda lakukan yaitu membersihkan mic iphone. Bisa saja masalah mic tidak berfungsi mungkin karena kotor jadi menghalangi masuknya suara dan berujung suaranya tidak keluar

Jika anda memilih melakukan cara ini, maka lakukanlah dengan berhati-hati dan jangan sembarangan. Bersihkan dengan tisu atau kain bersih.

Demikian pembahasan mengenai cara menangani mic rusak pada iphone. Anda bisa mencobanya sendiri. Semoga bermanfaat.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *