Jenis-jenis Hardisk dan Fungsinya, Disertai Spesifikasi

Ada banyak jenis-jenis hardisk dan fungsinya yang berbeda dari satu jenis dengan jenis lainnya. Hardisk merupakan suatu barang yang sanngat penting dalam dunia teknologi.

Secara umum, hardisk merupakan alat penting atau disebut juga dengan hadware utama yang ada dalam laptop atau komputer. Jenis-jenis hardisk dan fungsinya memang cukup banyak.

Ada beberapa tipe atau model cukup terkenal yang digunakan untuk mendukung produk komputer atau laptop.

Fungsi utama yang dimiliki hardisk yaitu sebagai alat untuk mempercepat start up dalam komputer.

Kinerja komputer akan terganggu jika hardisk rusak dan tidak bisa digunakan. Oleh sebab itu, penggunaan hardisk dan pengenalan tipe-tipenya wajib Anda ketahui agar komputer tetap dalam kondisi aman.

Pengenalan jenis-jenis hardisk dan fungsinya merupakan suatu informasi penting dalam dunia elektronik.

Hal ini dimaksudkan agar Anda bisa membedakan fungsi dan kualitas hardisk secara keseluruhan.

Karena sebenarnya produk hardisk yang dibuat oleh perusahaan bukan hanya satu, melainkan ada bermacam-macam tipe barang yang diproduksi.

Sama halnya dengan komputer, hardisk juga mempunyai beberapa tipe atau merk produk yang dijual dipasaran.

Fungsi hardisk, desain, ukuran dari satu tipe hardisk dengan tipe lainnya tentu berbeda. Apa perbedaannya? Berikut penjelasan lengkapnya :

Perbedaan 5 Jenis Hardisk Berkualitas Dan Fungsinya:

Hardisk IDE

Jenis hard disk IDE cukup terkenal di masyarakat, meskipun tergolong lama diproduksinya. 

IDE sendiri berasal dari kata Integrated Drive Electronics. Hardisk IDE dipertama digunakan pada era komputer pentium dengan kapasitas 320 GB dimasanya.

Fiturnya terdiri dari 4 pin power supply, 40 pin untuk transmisi data yang menyatu dengan fitur motherboard.

Arsitektur yang digunakan adalah IBM PC dengan kapasitas paling besar pada masa komputer pentium.

Peluang terjadinya kerusakan pentransferan data juga ada, sehingga semakin lama produk akan dibuat lebih baik lagi dari sebeelumnya.

Hardisk ATA

Tite hardisk ATA dibuat dengan spesifikasi yang lebih baik meskipun fungsinya hampir mirip dengan hardisk IDE. Fitur yang dimiliki oleh hardisk jenis ini juga sama, yaitu terdiri dari 40 pin konektor yang lebih baik. hardisk merk ATA disingkat dari kata Advanced Technology Attachment.

ATA tergolong jenis-jenis hardisk dan fungsinya yang cukup mirip dengan hardisk IDE, karena penggunaannya juga ada pada masa komputer pentium.

Transfer data dari hardisk ATA lebih cepat ketimbang menggunakan hardisk IDE. Selain hardisk, ternyata pemilihan komputer yang berkualitas juga cukup penting agar tidak terjadi loading saat digunakan.

Hardisk S-ATA (SATA)

Fungsi hardisk SATA juga hampir sama dengan tipe hardisk lain yang diprosuksi oleh perusahaan. Akan tetapi, kualitas, kecepatan dan kapasitasnya lebih baik dari yang sebelumnya.

SATA diambil dari kata Serial Advanced Technology Attachment yang masih digunakan hingga saat ini. fiturnya terdiri dari 7 pin tambahan untuk power supply dan 4 pin untuk mentransfer data tranmisi.

Fungsi lain dari hardisk SATA bisa digunakan sebagai untuk mentransfer data dengan waktu yang lebih cepat, kecepatan membaca yang lebih baik, memiliki kapasitas maksimal agar kinerja hardisk lebih baik dari sebelumnya.

Hardisk SCSI

SCSI merupakan singkatan dari Small Computer System Interface yang mempunyai kecepatan membaca data dengan kualitas paling tinggi.

Kapasitas yang digunakan pada hardisk ini mencapai 5 TB dan tergolong sangat besar kapasitasnya.

Tipe hardisk SCSI dibuat sedemikian rupa agar lebih baik dari produk sebelumnya dan mudah untuk digunakan dalam mentransfer data.

Penyimpanan data menggunakan hardisk tersebut juga lebih aman dan banyak yang menggunakan hingga saat ini. mayoritas penggunaan hardisk model ini untuk menyimpan database dengan kapasitas yang besar.

Harga hard disk tersebut juga tidak murah karena kualitasnya sangat bagus.

Hardisk SSD

Hardisk SSD atau Solid State Drive merupakan jenis hardisk yang menggunakan chip di dalamnya dan bukan menggunakan piring seperti jenis lain.

Hardisk model ini merupakan jenis yang digemari oleh masyarakat karena mempunyai kelebihan dan ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan merk lain.

Konsep yang digunakan adalah chip storage dengan kapasitas peyimpanan paling besar diantara yang lain. Penyimpanan dan pentransferan data juga bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Ada beberapa kelebihan hard disk  ssd yang tidak dimiliki oleh jenis lain. Kelebihan tersebut diantaranya :

  • Tidak berisik, karena menggunakan chip sehingga tidak terdengar putar cakram pada SSD
  • Kinerja menyalin dan membaca data lebih cepat dan stabil
  • Dibandingkan dengan hardisk konvensional, hardisk ssd mempunyai kecepatan membaca data jauh lebih tinggi kualitasnya
  • Kinerja untuk booting dan startup komputer lebih cepat
  • Lebih awet, lebih tahan lama, dan lebih tahan terhadap getaran di komputer

Dengan kualitas dan kapasitas yang dimiliki tersebut, hardisk ssd ditawarkan dengan harga yang relatif mahal dibandingkan dengan jenis lain.

Hal ini dikarenakan keunggulan produk dan kapasitasnya sangat baik. Kapasitas hardisk ssd mulai dari 128 Megabyte hingga 1 Terabyte.

Jenis-jenis hardisk dan fungsinya memang cukup beragam dengan spesifikasi dan kelebihan yang berbeda. Untuk mendapatkan kualitas hardisk yang baik juga harus disesuaikan dengan komputer yang Anda miliki.

Hardisk ini adalah salah satu perangkat keras. Untuk selengkapnya mengenai perangkat keras: perangkat keras dan fungsinya.

Selain itu, budget untuk mendapatkan hardisk yang diinginkan juga harus disiapkan.

Give a Comment