Jenis-Jenis Hub dalam Jaringan Komputer dan Fungsinya

Tersedia beberapa jenis hub dalam jaringan komputer. Hub memiliki makna yang penting dalam jaringan. Benarkah tanpa adanya hub, sinyal kabel UTP akan melemah?

Sebuah jaringan komputer membutuhkan bantuan komponen lain agar dapat menjadi jaringan yang baik. Komponen tersebut bekerja sesuai denan fungsi, sehingga menjadi jalur yang saling menyambung dengan device lainnya.

Ketahui juga:

Salah satu komponen yang penting dalam jaringan komputer adalah keberadaan Hub. Karenanya, penting mengetahui jenis hub dalam jaringan komputer. Serta, layanan apa yang dapat diberikan oleh hub dalam jaringan.

Jenis-Jenis Hub dalam Jaringan Komputer beserta fungsin dan manfaatnya:

Terdapat dua jenis hub dalam sebuah jaringan komputer. Anda dapat membedakannya melalui fungsi yang dijalankan oleh keduanya. Untuk lebih jelasnya, jangan lewatkan informasi berikut ini

Hub Pasif

Hub pasif merupakan hub yang berfungsi hanya untuk membagikan sinyal transmisi. Dalam hal ini, sinyal transmisi yang masuk ke port kompouter dan terhubung dalam jaringan. Hub pasif juga digunakan untuk menambahkan unik komputer yang dapat terhubung. Namun terdapat syarat, yaitu jarak unik komputer satu dengan lainnya, tidaklah terlalu jauh.

Hub Aktif

Selain hub pasif, terdapat jenis hub aktif dalam jaringan komputer. Hub ini bertugas untuk memperkuat sinyal dalam sebuah jaringan. Hub ini berguna untuk menyambungkan dua atau lebih unit komputer dengan jarak yang jauh. Layanan inilah yang lebih banyak digunakan dalam perusahaan, agar lebih mudah terkoneksi satu dengan yang lainnya.

Manfaat Kedua Jenis Hub dalam Jaringan Komputer

Walaupun sudah sempat disinggung, rupanya terdapat banyak manfaat lain dari hub. Manfaat lainnya akan dijelaskan di bawah ini,

Feature yang Menarik

Hub adalah komponen yang memiliki banyak fitur menarik didalamnya. Featur-feature yang ditawarkan adalah feature yang fault tolerance. Jadi, jika tertarik memiliki salah satunya, pergunakanlah layanan hub.

Management yang Teratur

Berikutnya, hub akan membantu anda memiliki management yang rapi. Lebih dari rapi, hub memberikan layanan managemen yang lebih tersentralisasi. Jadi, tidak akan merepotkan pengguna saat mencari data.

HUB adalah salah satu perangkat keras intenet. Untuk perangkat keras internet lainnya bisa dibaca: perangkat keras internet dan fungsinya.

Jadi, hub jenis mana yang akan anda gunakan? Pastikan bahwa hub yang digunakan adalah hub yang dibutuhkan. Jika dirasa sudah cocok dengan salah satu jenis hub dalam jaringan komputer, pilihlah hub tersebut.

Give a Comment