Jenis-jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Area

Jaringan Komputer merupakan sebuah metode yang menghubungkan dua komputer atau lebih ke dalam sebuah jaringan.

Dengan menghubungkan dua perangkat komputer ini sudah tentu akan memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya.

Jaringan Komputer juga dibedakan jenisnya berdasarkan pengguna dan fungsi jaringan tersebut.

Berikut adalah beberapa jenis jaringan komputer berdasarkan jarak dan jangkuan:

Personal Area Network (PAN)

Jenis pertama adalah Personal Area Network (PAN) yang merupakan jaringan komputer yang berfungsi untuk melakukan transmisi data antar perangkat pribadi. Perangkat yang digunakan biasanya komputer, smartphone, tablet, PDA (personal data assistant), video game konsol dan perangkat lainnya.

Jenis jaringan ini bisa berfungsi untuk menghubungkan antar perangkat pribadi dengan sistem komunikasi interpersonal ataupun lebih luas. Jaringan ini bisa juga menghubungkan perangkat pribadi dengan jaringan yang tingkatnya lebih besar serta internet. Dalam sistemnya, salah satu perangkat digunakan sebagai master yang berperan sebagai router internetnya.

Personal Area Network ini memiliki keunggulan dalam hal flesksibilitasnya yang tinggi. Dari jaringan ini, Anda sebagai pengguna bisa melakukan beberapa hal, diantaranya:

  • Mengirim dokumen dari perangkat input (komputer, laptop, smartphone) ke perangkat output (printer).
  • Upload foto dari smartphone ke desktop komputer
  • Menggunakan layanan streaming dengan TV serta berbagai aktifitas lainnya yang melibatkan penggunaan perangkat pribadi.

Local Area Network (LAN)

Jenis jaringan ini adalah jaringan yang saling menghubungkan komputer di dalam area atau lingkup terbatas. Misalnya di area sekolah, kantor, universitas, laboratorium dan menggunakan peralatan jaringan serta interkoneksi yang pengelolaannya juga dilakukan secara lokal.

Jaringan Komputer ini skala terkecilnya melibatkan dua komputer saja, sedangkan untuk skala yang terbesar bisa melibatkan hingga ribuan komputer. Pada jaringan ini, koneksi yang digunakan biasanya merupakan koneksi kabel untuk meningkatkan keamanan dan kecepatannya.

LAN ini memiliki karakteristik utama berupa biaya yang relatif rendah namun menawarkan koneksi yang cukup cepat. Karakteristik lain dari jaringan ini adalah digunakan di tempat yang mengharuskan setiap orang berbagi sumber daya hanya diantara pihak atau orang itu sendiri dan tidak dibagi dengan pihak luar. Misalnya di gedung perkantoran atau instansi.

Di gedung perkantoran misalnya, setiap karyawan harus bisa mengakses file yang dibutuhkan pada server pusat. Atau, contoh lainnya adalah setiap karyawan harus biss mencetak dokumen perusahaan yang dibutuhkan baik melalui satu printer perusahaan atau beberapa printer pusat.

Adanya jaringan ini akan semakin memudahkan karyawan dalam bekerja. Apabila LAN secara keseluruhan menggunakan jaringan wireless maka jaringan tersebut disebut dengan WLAN (Wireless Local Area Network).

Letak processor di tempat sama dan Jarak antarprocessor LAN:

  • Ruangan: 10m
  • Gedung: 100m
  • Kampus:1000m

Metropolitan Area Network (MAN)

Jenis jaringan komputer selanjutnya bernama Metropolitan Area Network (MAN). Jaringan ini menghubungkan pengguna dengan sumber daya komputer yang berada du satu area geografis. Area ini lebih besar dari cakupan area LAN namun masih lebih kecil jika dibandingkan dengan cakupan arean WAN.

Jenis jaringan ini bisa mencakup area jangkauan yang bervariasi tergantung pada konfigurasinya. Bisa mencakup mulai dari beberapa mil hingga jarak puluhan mil. Jaringan MAN ini biasanya digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan LAN. Tujuannya untuk membentuk jaringan yang lebih luas lagi.

Ketika jaringan MAN ini dirancang secara khusus untuk kebutuhan di sebuah universitas, maka biasanya jaringan ini lebih dikenal dengan nama Campus Area Network (CAN). Jaringan ini meliputi area akses di seluruh area atau wilayah sebuah universitas.

Letak processor di tempat sama dan Jarak antarprocessor MAN:

  • Kota/Provinsi: 10m

Wide Area Network (WAN)

Jenis dari jaringan komputer yang terakhir adalah Wide Area Network (WAN). Jaringan ini merupakan jaringan telekomunikasi yang membentang di jarak atau area geografis yang sangat luas. Biasanya mencakup satu negara bahkan hingga mencakup seluruh dunia.

Karena mencakup area yang sangat luas, Wide Area Network (WAN) ini umumnya terdiri dari berbagai jenis jaringan yang sifatnya lebih kecil. Seperti MAN atau LAN misalnya. Karena mencakup area yang sangat luas maka penggunaannya pun biasanya bersifat umum.

Misalnya, untuk penggunaan di lembaga pendidikan dan di bidang pendidikan atau di bidang bisnis, jaringan WAN ini digunakan untuk relay data. Relay data yang dimaksud ini melibatkan staf, klien, mahasiswa, siswa, pembeli dan pemasok yang berada di berbagai daerah.

Adanya jaringan Wide Area Network (WAN) ini tentu akan sangat membantu dalam bidang bisnis. Hal ini karena bisnis akan menjalankan fungsi hariannya dimanapun dan kapanpun dengan lebih efektif. Contoh paling mudah dan Paling umum penggunaan jaringan WAN ini adalah jaringan internet.

Jaringan komputer menjadi sebuah hal yang memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari.

Letak processor di tempat sama dan Jarak antarprocessor WAN:

  • Negara: 100km
  • Benua:1000km

Dengan adanya jaringan komputer akan semakin memudahkan pekerjaan karena semua pekerjaan bisa dilakukan hanya dengan sekali klik. Dengan mengetahui beberapa jenis jaringan komputer berdasarkan skala penggunaannya seperti yang dijelaskan di atas, kini Anda bisa membedakan masing-masing jaringan tersebut.

Semoga bermanfaat dengan artikel, macam-macam jaringan komputer berdasarkan area dan karakteristik yang ahrus diketahui.

Give a Comment