Jenis-jenis laptop dan Fungsinya yang Ada Saat Ini

Kamu sedang mencari laptop yang tepat untuk kebutuhan dan aktivitas sehari-hari? Berikut beberapa jenis laptop yang dapat menjadi referensi

Di era sekarang laptop sudah menjadi kebutuhan dan tuntutan akan pekerjaan tertentu.

Barang canggih ini membantu pekerjaan menjadi lebih ringan dan cepat. Berbagai jenis laptop dari berbagai merk berlomba-lomba memberikan inovasi terbarunya.

Sudahkan anda mengetahui spesifikasi yang tepat untuk kebutuhan dan aktivitas anda? Berikut jajaran laptop terbaik tahun 2019.

Jenis-jenis Laptop di Pasaran

Laptop digunakan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari pekerjaan mengetik, browsing internet, presentasi, game, edit foto, hingga desain.

Banyaknya permintaan pasar membuat para produsen berlomba-lomba memberikan spesifikasi terbaiknya dari berbagai harga.

Agar anda dapat memilih laptop yang tepat untuk memenuhi kebutuhan anda,

Berikut beberapa jenis laptop yang harus anda ketahui:

Netbook

Netbook adalah laptop dengan ciri khas berat yang ringan, daya tahan baterai standar, namun harga tetap terjangkau.

Netbook berasal dari kata “net” yang artinya internet dan “book” berarti singkatan dari notebook.

Pada dasarnya netbook dibuat khusus untuk mengetik dan browsing internet.

Maka dari itu, daya tahan baterainya tidak terlalu lama. Laptop ini cocok bagi anda yang memerlukan laptop terjangkau untuk melakukan pekerjaan ringan dan tidak terlalu berat.

Jenis laptop ini juga merupakan salah satu laptop yang bagus untuk mahasiswa Berikut contoh dari netbook:

Asus EeeBook E202

Netbookini menjadi produk yang dapat diperhitungkan karena RAMnya 2GB dan adanya Intel Celeron.

Memorinya HDD 500GB yang memudahkan anda menyimpan banyak file. Terinstal windows 10, netbook ini dibandrol seharga Rp 2.700.000

Ultrabook

Ultrabook merupakan merk yang dibuat Intel. Laptop jenis ini didesain khusus untuk mereka yang bekerja di kantoran atau pekerja mullimedia. Keunggulan dari itu spesifikasinya juga tinggi.

Bodynya tipis, dilengkapi prosessor berbasis AMD ARU yang didukung dengan komponen dan material premiun. Berikut contohnya:

HP Spectre X360

Tipe Laptop HP ini adalah keluaran ultrabook tertipis dari HP. Diciptakan untuk segmen entertainment, perangkat ini dilengkapi dengan teknologi oulfsen dan audio bang.

Jenis ini juga dapat memutar video berkualitas hingga 4K. Desainnya tipis 1,38 cm dan layarnya 13,3 in dan daya tahan baterainya bertahan sampai 15 jam. Untuk harga ultrabook ini berkisar Rp. 15.900.000 hinga Rp 20.000.000

Latop Bisnis

Laptop bisnis hampir sama dengan laptop pada umumnya. Bedanya laptop bisnis memiliki daya tahan yang lebih tinggi. Misalnya tahan terhadap percikan air, guncangan dan benturan.

Kelebihan lainnya, suara beresolusi tinggi yang biasa terdengar di laptop pada umumnya juga dihilangkan. Jadi produktivitas produk ini dapat dipertahankan untuk berbagai keperluan.

Diciptakan untuk para profesional dengan integritas tinggi dan berada di l apangan sehingga baterainya didesain bertahan hingga belasan jam. Berikut tipe laptop bisnis:

AsusPro B9440

Laptop asus ini merupakan laptop bisnis teringan di dunia. Beratnya hanya mencapai 1,04 kg saja.

Didukung oleh prosessor Intel Core i7, memori 512 GB atau 1TB, RAM 16 GB dengan VGA NVidia atau Intel HD.

Dengan spesifikasi yang unggul laptop ini masuk ke kategori premium yang menjadikan para profesional bisnis sasarannya.

Hybrid dan 2 in 1

Banyaknya permintaan dan inovasi tren laptop membuat perngkat elektronik semakin maju.

Tipe laptop hybrid dan 2-in-1 pun muncul. Jenis lapop merupakan perpaduan antara laptop dan tablet.

Didukung dengan teknologi touch screen memungkinkan anda untuk menggunakannya sebagai tablet atau laptop yang dilengkapi flip.

Hybrid keyboardnya dapat dilepas dari layarnya. 2-in-in biasanya dapat berupa laptop convertible atau hybrid.

Selain itu 2-in-1 dapat digunakan untuk pekrjaan berat seperti corel draw dan photoshop. Berikut contohnya:

HP Spectre X360 13-4125TU

Spesifikasi yang diberikan menjadikan laptop ini pilihan bagi anda yang mencari laptop hybird.

Memiliki prosessor Inter Core i7, SSD 512GB, dan RAM 8GB. Cocok untuk aktivitas berat seperti desain dan edit foto.

Harga yang ditawarkan juga termasuk terjangkau jika dilihat dari tipenya. Rp 19.788.000 menjadikan tipe ini masuk dalam laptop terbaik dan termurah.

Laptop Gaming

Pecinta game tentu tidak asing dengan laptop jenis ini. Bukan hanya didesain dengan tampilan yang mengagumkan, laptop ini juga memiliki komponen yang berkualitas.

Dari kartu grafis yang telah memenuhi standar gaming, RAM dipasang berukuran besar sehingga menjadikan permainan menjadi maksimal. Berikut contohnya:

Acer Predator Trion 700

Jenis gaming laptop ini dilengkapi prosesor Intel Core i7 770HQ dan dikombinasikan dengan GPU NVIDIA GeForce GTV 1080 8GB GDDR5X yang merupakan kartu grafis kualitas tinggi. Dilengkapi RAM 32GB dan SSD 512GB dan dibandrol Rp 40.000.000.

Notebook

Notebook merupakan komputer berbentuk portabel yang dapat dibawa kemana. Jika dilihat dari ukurannya, notebook lebih kecil dari pada laptop karena tidak memiliki DVD room.

Komputer portabel ini dilengkapi dengan fitur lengkap, perbedaan dengan versi desktop terletak pada desain yang portabel.

Notebook menjalankan software sama dengan desktop seperti windows dan MacOS. Komponen pengisinya hanya lebih kecil, lebih ringan, dilengkapi dengan baterai isi ulang yang dapat dibeli, artinya beberapa jam dapat beroperasi tanpa daya listrik. Berikut contohnya:

Lenovo Ideapad 100 14

Lenovo Ideapad 100 14 memiliki desain yang tipis dan harga terjangkau. Memiliki bentuk 14in, prosessor Intel Core, memori 8GB, HDD 500GB atau SSD 128GB. Dapat juga diinstal dengan winws 10 home.

Bentuknya yang tipis hanya mencapai 1,5 kg, sehingga ringan dibawa. Membuat notebook ini menjadi rekomendasi kamu.

Seperti itulah ulasan menganai jenis laptop yang ada di pasaran. Semoga dapat bermanfaat untuk anda dalam memilih laptop sesuai kebutuhan.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *