Jenis-jenis Modem yang Ada Saat Ini dan Fungsinya

Ingin terkoneksi dengan jaringan internet dimana pun Anda berada? Gunakan saja modem.

Sebelum memilih modem, simak dahulu apa saja jenis modem yang ada saat ini dan keunggulan masing-masing.

Koneksi internet kini sangat mempermudah berbagai aktivitas. Untuk terhubung dengan koneksi internet, bisa dilakukan dengan berbagai cara misalnya melalui kuota ponsel, hotspot ataupun modem.

Modem sangat memudahkan Anda untuk terhubung dengan internet dimanapun dan kapanpun. Kini modem ada banyak sekali jenisnya. Kali ini akan diulas beberapa jenis modem yang ada saat ini.

Ketahui juga:

Ada banyak jenis modem yang bisa dijadikan pilihan. Awal kemunculan modem, jumlahnya terbatas dan jenisnya masih sedikit. Namun, seiring dengan berkembangnya jamam modem pun semakin beragam.

Masing-masing memiliki keunggulan yang berbeda satu sama lain.

Sebelum menentukan akan memilih modem yang mana, mari simak penjelasan jenis modem yang ada saat ini terlebih dahulu:

Modem Analog (Modem Dial-Up)

Modem jenis ini merupakan modem yang menerima data dalam bentuk sinyal analog. Sinyal analog yang telah melalui jaringan transmisi data diubah menjadi data digital.

Setelah itu data digital dikirimkan ke computer. Proses ini bisa terjadi sebaliknya. Modem analog biasa digunakan untuk koneksi dial up melalui jaringan telepon.

Modem jenis ini biasanya digunakan untuk keperluan pribadi dengan komputer tunggal. Ada beberapa kecepatan yang tersedia, yakni 14,4 kbps, 28,8 kbps dan 56 kpbs.

Modem DSL

Fungsi modem ini adalah untuk menerima serta mengirimkan data melalui jaringan yang terdedikasi.

Dengan teknologi yang ada, akses internet menjadi lebih cepat dibandingkan dengan modem analog. Ada 2 jenis modem DSL, yakni modem ADSL dan SSL. ASDL atau Asymmetric Digital Subscriber Line memiliki kecepatan download lebih tinggi dibandingkan kecepatan upload.

Sedangkan SSL atau Symmetric Digital Subscriber Line memiliki kecepatan yang sama antara download dan upload.

Modem Kabel

Modem jenis ini merupakan perangkat yang tersambung antara PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini digunakan untuk menyambungkan dengan internet.

Kecepatan maksimum yang ditawarkan adalah 27 Mbps downstream dan 2,5 Mbps upstream.

Agar dapat digunakan sebagai modem kabel, komputer harus dilengkapi dengan kartu Ethernet. Tanpa adanya kartu tersebut, tentu komputer tidak bisa tersambung dengan internet.

Modem CDMA

Sistem komunikasi yang digunakan oleh modem ini adalah jalur CDMA atau Code Division Multyple Acces.

Umumnya, contoh modem  CDMA berbentuk seperti USB yang dapat digunakan kapanpun dan dimanapun.

Kecepatan yang ditawarkan modem ini terbilang tinggi, mencapai 3 kali lipat dari koneksi dial up. Beberapa provider kartu CDMA bahkan menawarkan modem CDMA yang tergabung langsung dengan paket nomor sekaligus.

Modem GSM

Jenis modem GSM ini mirip dengan modem CDMA. Perbedaannya adalah pada jalur komunikasi internet.

Sesuai dengan namanya, modem ini menggunakan GSM atau Global System for Mobile Communication. Bentuk modemnya sama seperti modem CDMA, yakni berbentuk flashdisk.

Dapat digunakan di PC maupun laptop. Keunggulan yang ditawarkan adalah adanya fitur 3G, 4G serta HSPA yang akan membuat proses konektivitas menjadi semakin cepat. Dengan adanya jaringan 4G dari kartu GSM, kini penggunaan modem GSM semakin efektif.

Modem Internal

Modem Internal yang dikenal dengan sebutan On-Board umumnya dipasang di bagian dalam CPU, misalnya pada slot PCI. Modem ini dapat digunakan untuk slot PCI, slot ISA maupun card modem computer.

Modem internal computer juga kerap digunakan untuk koneksi internet dial up dengan sepasang koneksi RJ-1 yang dikenal sebagai kabel telepon tembaga.

Jenis modem yang semakin banyak digunakan di lingkungan perkantoran di Indonesia adalah jenis ini.

Fungsi modem internal akan muncul jika disambungkan dengan perangkat yang tepat.

Keunggulan dari modem jenis ini adalah harganya cenderung lebih murah. Selain itu, proses pemasangannya pun sangat mudah.

Modem internal umumnya mamp menerima data sebesar 56 KB/detik. Oleh karena itu, tak heran jika kerap disebut sebagai modem 56K.

Itulah beberapa jenis modem yang ada saat ini. Jika Anda ingin menggunakan modem agar tersambung dengan jaringan internet, coba pertimbangkan dengan baik modem apa yang akan digunakan.

Modem adalah salah satu perangkat keras intenet. Untuk perangkat keras internet lainnya bisa dibaca: Jenis perangkat keras internet dan fungsinya.

Modem akan berfungsi dengan maksimal jika Anda memilih dengan tepat. Masing-masing memiliki spesifikasi yang berbeda. Jadi, jangan sampai salah memilih modem ya.

Give a Comment