Jenis-Jenis Router Dalam Jaringan yang Wajib Diketahui

Anda sedang bingung menentukan jenis router yang akan digunakan? Tenang simaklah ulasan jenis-jenis router dalam artikel ini untuk memecah kebingungan anda.

Sebelum membahas mengenai jenis-jenis router, tahukah anda apa itu router? Router merupakan suatu system perangkat jaringan yang memiliki fungsi utama mengirimkan paket data dari jaringan internet ke tujuan yang telah ditentukan melalui sebuah proses khusus.

Ketahui juga:

Proses tersebut dikenal dengan istilah routing. Router PC berfungsi untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan LAN.

Bagaimana semakin penasaran dengan apa itu router dan ragam jenisnya? Untuk itu, simaklah artikel ini hingga akhir.

Jenis-Jenis Router Berdasar Pengaplikasian:

Jenis-jenis router itu sangat banyak. Akan tetapi, secara umum jenis router bisa kita kelompokkan menjadi dua yakni berdasarkan pengaplikasian dan mekanismenya.

Bagaimana penasaran dengan apa saja jenis router berdasarkan kedua pengelompokkan tersebut? Untuk lebih jelasnya, simaklah ulasan lengkapnya berikut ini.

Router Aplikasi

Router aplikasi merupakan aplikasi dimana para penggunanya bisa menginstallnya pada sistem operasi computer.

Dengan demikian sistem operasi dari computer bisa bekerja sama selayaknya sebuah router.

Beberapa aplikasi yang bisa digunakan diantaranya Wingate, WinProxy, Winroute, serta Spygate. Anda bebas memilih aplikasi mana yang akan digunakan.

Router Hardware

Router hardware merupakan suatu hardware yang memiliki kemampuan sama halnya seperti router. Dengan kemampuan itu, hardware ini bisa menjalankan beberapa fungsi router.

Fungsi yang bisa dijalankan antara lain membagi alamat IP atau dikenal dengan IP address.

Selain itu juga dapat membagi jaringan internet di wilayah tertentu, dimana router hardware sebagai acces point, sedangkan wilayah yang menerima alamat IP serta koneksi internet dinamakan sebagai Hot Spot Area.

Router PC

Router PC merupakan computer yang memiliki spesifikasi dengan kategori tinggi yang difungsikan sebagai router. Walaupun telah masuk dalam kategori tinggi PC yang digunakan sebagai router tersebut telah dimodifikasi sebelumnya. Spesifikasi minimum dari komputer yang akan digunakan sebagai router diantaranya prosessor Pentium II dengan hard drive 10 GB dan RAM 64, terdapat LAN Card, dan sistem operasi khusus router PC, Mikrotik.

Jenis-Jenis Router Berdasarkan Mekanismenya:

Router Statis

Jenis-jenis router berdasarkan mekanismenya yang pertama akan dibahas adalah router statis. Router statis merupakan router yang proses routingnya dilakukan secara manual. Proses tersebut dilakukan manual oleh administrator.

Router Dinamis

Router dinamis merupakan router yang mampu menjalankan proses routing otomatis dan juga dinamis. Untuk bisa berjalan demikian router tersebut sebelumnya telah diatur oleh administrator jaringan.

Router Wireless

Jenis router wifi ini mampu bekerja tanpa kabel. Hal itu karena, router wifi mengandalkan udara untuk mengirimkan paket data.

Router adalah salah satu perangkat keras intenet. Untuk perangkat keras internet lainnya bisa dibaca: macam-macam perangkat keras internet dan fungsinya.

Demikianlah ulasan mengenai jenis-jenis router. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat untuk anda.

Give a Comment