Jenis-jenis Komputer Dan Fungsinya yang Ada Saat Ini

Komputer memiliki banyak tipe dengan kegunaan yang berbeda. Ada beberapa jenis komputer dan fungsinya yang cukup terkenal dan sudah banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia.

Perkembangan jaman yang semakin modern membuat segala sesuatu berubah menjadi lebih praktis, termasuk dalam bidang teknologi seperti pembuatan komputer.

Ada banyak jenis komputer dengan desain dan tampilan yang berbeda. Yang cukup terkenal saat ini ada 9 jenis komputer dan fungsinya yang memiki ciri khas tersendiri.

Selain fungsinya yang berbeda, bentuk dan ukuran setiap komputer tersebut juga tidak sama.

Dari 9 jenis komputer dan fungsinya yang akan dijelaskan tersebut mempunyai beberapa fitur yang sama, walaupun banyak yang berbeda.

Model komputer dari masing-masing tipe memiliki ukuran yang tidak sama karena disesaikan dengan fungsi dari komputer itu sendiri.

Selain model, tipe dari komputer mempunyai nama tersendiri yang bisa dibedakan antara satu komputer dengan komputer lain.

Tipe Dan Kegunaan Dari 9 Jenis Komputer Populer

Setiap tahun, model komputer selalu mengalami perkembangan sesuai dengan erannya masing-masing.

Desain komputer juga ikut berubah menjadi lebih simple dan praktis jika di bawa kemana-mana.

Berikut perkembangan dari beberapa jenis komputer yang cukup populer di masyarakat:

Tipe personal komputer (PC)

Personal komputer merupakan salah satu struktur komputer yang sangat penting dan harus ada.

Biasanya, komputer model ini terdiri dari PC, CPU, keyboard dan mouse. Desain komputer seperti ini sudah digunakan sejak lama dan masih eksis hingga saat ini, meskipun modelnya sudah berbeda.

Tipe desknote

Komputer jenis desknote merupakan perpaduan antara personal komputer dan laptop. Fitur yang melengkapinya juga hampir sama, hanya desain dan cara menggunakannya yang sedikit berbeda.

Jika pc tidak bisa dibawa kemana-mana, maka deksnote dapat dilipat dan bisa dibawa kemanapun.

Akan tetapi, tipe komputer yang satu ini tidak memiliki baterai, jadi apabila Anda ingin menggunakan harus ada saluran listrik langsung agar komputer dapat digunakan.

Tipe laptop

Laptop merupakan salah satu dari ke 9 jenis komputer dan fungsinya yang banyak digunakan pada saat ini.

Desain laptop tergolong sangat simple dan mudah digunakan, meskipun Anda sedang bepergian.

Tipe komputer ini sangat praktis karena strukturnya sudah menyatu mulai dari pc, keyboard dan baterai. Ukurannya yang ramping dan bisa dilipat merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh laptop.

Tipe notebook

Sebelumnya, tipe komputer berupa laptop sangat populer dikalangan masyarakat dan banyak yang menggunakannya.

Dengan perkembangan komputer yang cukup pesat, membuat perusahaan terus membuat inovasi baru yang lebih mudah dan praktis.

Kemudian muncullah istilah notebook yang dibuat dengan ukuran lebih kecil daripada laptop.

Akan tetapi ada beberapa fitur yang tidak dimiliki notebook seperti fitur untuk CD.

Tipe pc tablet

Perkembangan dunia komputer yang terus menerus, membuat perusahaan komputer lebih baik lagi dalam menemukan produk baru yang lebih praktis dan mudah digunakan.

Alhasil, keluarlah tipe pc tablet yang ukuran dan desainnya lebih kecil lagi ketimbang laptop atau notebook.

Komputer tablet dilengkapi dengan sistem input yang memungkinkan keyboard dan mouse ada di dalamnya dan menyerupai smartphone. Selain itu, terdapat pula fitur penting bernama stylus yang berguna sebagai pensil dalam tablet.

Tipe Palmtop

Semakin canggihnya teknologi, membuat perusahaan komputer terus mengembangkan produknya menjadi lebih praktis.

Produk komputer terbaru bernama palmtop, yang berasal dari kata palm yang berarti telapak tangan. Oleh sebab itu, jenis komputer ini menyerupai handphone dan bisa untuk mengirimkan email.

Tipe netbook

Banyaknya keperluan penggunaan internet, membuat perusahaan komputer terus melakukan hal baru untuk memperbaiki produk terdahulu.

Oleh sebab itu, muncullah salah satu jenis komputer bernama netbook yang diperuntukkan bagi masyarakat pengguna internet secara terus-menerus. Fungsi dan fiturnya hampir sama dengan jenis laptop dan notebook.

Tipe rugged laptop

Bermacam-macam kebutuhan manusia dalam menggunakan sebuah komputer, perlu diperhatikan agar fungsi dan manfaat komputer dapat diserap dengan baik.

Bagi para pekerja di lapangan seperti militer, polisi, pelaut, dan para pekerja ekstrim lain, Anda tentu sangat membutuhkan alat komputer untuk berkomunikasi yang tahan terhadap lingkungan ekstrim tempat Anda bekerja.

Oleh sebab itu, dibuatlah jenis komputer rugged laptop dengan kelebihan yang diharapkan.

Akan tetapi, harga komputer ini termasuk ke dalam golongan komputer termahal.

Tipe all in one pc (touchscreen pc)

Kemampuan komputer yang satu ini terbilang canggih karena fitur-fiturnya bergabung menjadi satu mulai dari keyboard, processor, memory dan fitur lainnya.

Dengan teknologi touchscreen yang memungkinkan Anda dapat menyentuh menu pada layar komputer.

Komputer jenis ini biasanya digunakan di tempat umum seperti stasiun kereta, mall dan tempat lain yang membutuhkan akses cepat.

Dari ke 9 jenis komputer dan fungsinya yang telah dijelaskan di atas, tentu mempunyai ciri khas dan kelebihan masing-masing.

Pilihlah tipe komputer yang sesuai dengan kebutuhan dan bugdet Anda agar lebih puas dalam menggunakan fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Semoga informasi ini berguna bagi Anda untuk dijadikan sebagai acuan dalam memilih tipe komputer yang akan dibeli.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *