Jenis-jenis Scanner dan Fungsinya yang Wajib Diketahui

Apakah anda ingin membeli scanner? Atau anda bingung memilih jenis scanner yang akan dibeli?

Sebenarnya anda tidak sendiri. Banyak orang kebingungan menentukan jenis scanner yang akan di belinya.

Sebelum membeli scanner pastikan Anda mengetahui fungsi dari scanner itu sendiri sehingga nantinya Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Karena setiap scanner memiliki berbagai macam fitur yang sebenarnya belum tentu Anda butuhkan.

Dalam kesempatan ini kita akan membahas tentang jenis-jenis scanner dan kegunaanya.

Seperti kita ketahui bersama bahwa scanner merupakan perangkat keras komputer yang masuk dalam kategori perangkat masukan komputer atau input computer device

Pada scanner terdapat kabel USB yang nantinya bisa langsung dihubungkan ke port PC ataupun laptop.

Lalu, aktifitas apa saja yang bisa dilakukan menggunakan scanner ? yuk, kita lanjutkan bacanya.

Fungsi scanner

Fungsi utama dari scanner adalah untuk memidai suatu obyek atau dokumen yang kemudian akan di konversikan dalam format digital untuk kemudian disimpan dalam sebuah komputer.

Ada banyak jenis dan ragam scanner yang dijual di pasaran. Masing- masing jenis scanner memiliki keistimewaan tersendiri. Untuk meningkatkan pengetahuan anda tentang scanner.

Berikut kami sampaikan jenis-jenis scanner dan fungsinya yang harus anda tahu:

Scanner Drum

Seperti namanya scanner yang satu ini memiliki bentuk seperti tabung. Scanner tabung memiliki kemampuan yang luar biasa. Scanner drum bisa menghasilkan gambar dengan resolusi sampai 24.000 ppi (pixel per inch).

Selain bisa menghasilkan gambar dengan resolusi tinggi Scanner berbentuk tabung ini juga bisa melakukan scan pada kertas dalam jumlah besar.

Karena memiliki getaran yang rendah, maka distorsi pada gambar bisa ditekan seminimal mungkin.

Scanner jenis ini sangat cocok bagi anda yang ingin hasil scan dengan resolusi tinggi.

Satu lagi, scanner drum sangat cocok untuk melakukan scan terhadap dokumen-dokumen lawas yang sudah rapuh.

Meski memiliki hasil scan yang prima, scanner drum memiliki beberapa kekurangan.

Bentuknya yang besar sehingga menyulitkan untuk digunakan disembarang tempat.

Obyek yang bisa dipidai juga terbatas dan harganyapun relative lebih bahal dari scanner jenis lainnya.

Scanner Flatbed

Seperti namanya scanner flatbed memiliki bentuk yang datar, rata seperti bed atau tempat tidur.

Scanner flatbed merupakan scanner konvesional yang banyak dipakai di rumah, perkantoran atau tempat-tempat lain yang membutuhkan alat pemidai.

Bentuk alat pemidai yang satu ini sangat kompak sehingga sangat cocok untuk digunakan diruangan kecil maupun ruangan dengan ukuran yang luas.

Scanner flatbed compatible dengan enaka jenis ukuran kertas seperti kertas A3, letter hingga legal.

Dilengkapi dengan teknologi CCD ( Charger Couple Device) membuat scanner flatbed bisa melakukan tugasnya dengan sempurna.

Karena memiliki banyak keunggulan, jenis scanner flatbed sangat populer disemua kalangan masyarakat.

Harga scanner flatbed jauh lebih murah dari scanner jenis lainnya. Selain itu, scanner jenis ini juga cocok dengan berbagai jenis sistem opersi komputer yang ada.

Kelebihan selanjutnya adalah bisa memidai semua jenis kertas.

Meskipun menghasilkan gambar dengan resolusi yang baik, scanner flatbed sangat irit listrik. Itulah kenapa banyak orang percaya bahwa scanner flatbed adalah jenis scanner terbaik yang ada di pasaran.

Namun demikian scanner flabed juga memiliki beberapa kelemahan. Jenis scanner seperti ini tidak bisa melakukan pemidaian terhadap banyak obyek.

Hal ini disebabkan karena scanner flatbed hanya bisa memidai satu sisi saja.

Jika anda bandingkan sisi kekurangan dan sisi kelebihannya, tentunya anda akan tahu bahwa scanner jenis ini memiliki banyak sisi kelebihanya.

Itulah kenapa banyak orang memilih scanner jenis flatbed jika dibandingkan dengan scanner jenis lainnya.

Film Scanner

Seperti kita ketahui bersama bahwa saat ini teknologi film negative sudah lama ditinggalkan.

Namun demikian, bila anda ingin bernostalgia dan ingin mencetak foto lawas anda yang masih dalam bentuk film negatif atau anda ingin mentransfernya ke dalam komputer, anda akan memerlukan film scanner.

Dengan memiliki fim scanner anda bisa melakukan scan terhadap film negative yang kemudian bisa mencetaknya dengan printer yang ada.

Perlu diketahui bahwa film scanner menggunakan teknologi yang sama dengan flatbed scanner yaitu teknologi CCD.

Film scanner memiliki CCD pada mata scannernya. CCD yang dimiliki memiliki kemampuan khusus untuk bisa memidai obyek khusus yaitu film negatif.

Dengan kata lain, film scanner sanggup memidai film negative lalu mengubahnya menjadi format digital yang kemudian bisa disimpan dalam komputer.

Perlu diakui bahwa untuk mendapatkan film scanner tidaklah mudah. Hal ini disebabkan karena pengunaan negatif film sudah jauh menurun. Saat ini hampir semua kamera menggunakan format digital.

Kalaupun anda mendapatkan film scanner, pasti harganya akan sangat mahal. Kelemahan berikutnya adalah dalam hal kemampuan melakukan scan.

Tidak seperti scanner lainnya, film scanner hanya memampu memidai film negatif saja dan tidak bisa untuk memindai jenis dokumen lainnya.

Roller scanner

Secara umum bisa dikatakan bahwa fungsi dari roller scanner mirip dengan scanner flatbed yaitu untuk melakukan scan pada gambar atau dokumen yang memiliki bentuk fisik seperti lembaran.

Perbedaan utama antara scanner flatbed dan scanner roller adalah terletak pada metode atau cara yang dipakainya.

Seperti kita tahu bahwa pada scanner flatbed memiliki mata scan yang memiliki teknologi CCD. Ketika proses scan berlangsung, mata pidai atau CCD akan bergerak-gerak untuk memidai dokumen.

Hal ini perbeda dengan scanner roller. Pada scanner roller mata pidai tidak bergerak alias diam statis dan yang bergerak adalah dukumen yang dipidainya.

Sistem kerjanya bisa dikatakan mirip dengan cara kerja sebuah printer dimana kertas atau dokumen diletakan di ujung lalu kertas tersebut akan masuk ke dalam scanner lalu keluar di ujung satunya.

Saat ini ada dua jenis roller scanner ADF (auto decoment feeder) scanner dan scanner sheed feed. ADF scanner memiliki baki atau trey untuk menyimpan dukumen yang selanjutnya akan ditarik ke dalam mesin scanner.

ADF sangat cocok untuk melakukan scan dokumen dalam jumlah besar karena tidak perlu memegangi dokumen atau kertas satu persatu sehingga proses scan bisa di lakukan dengan cepat.

Sementara pada roller scanned feed sheed tidak memiliki baki tempat menaruh dokumen dan anda harus measukan kertas atau dokumen satu persatu.

Perlu dicatat bahwa harga roller scanner ADV jauh lebih mahal daripada roller scannerfeed sheed.

Hand Scanner

Seperti namanya hand scanner adalah scanner yang bisa dengan mudah dioperasikan dengan menggunakan tangan.

Hand scanner merupakan jenis scanner barcode yang biasanya banyak digunakan di toko swalayan untuk memidai barcode sebuah barang.

Scanner jenis ini kadang juga digunakan untuk memindai barang bawaan seseorang. Harga hand scanner biasanya jauh lebih murah dari jenis scanner yang lainnya.

Namun, model scanner ini biasanya disetting agar sesuai dengan data base, sehingga ketika proses scanning barcode suatu produk maka data produk tersebut akan keluar.

Perhatikan juga perawatan dan penggunaannya karena banyak hand scanner yang rusak akibat terkena air, bahan kimia bahkan ada juga yang putus akibat ditarik terlalu kencang.

Scanner 3D

Berbeda dengan scanner lainya, scanner 3D memiliki kemampuan untuk memidai obyek yang memiliki bentuk 3D.

Dengan menggunakan scanner 3D anda bisa memidai sebuah benda dari segala sisi untuk kemudian dimasukan ke dalam komputer.

Harga scanner 3D sangat mahal dan biasanya hanya orang tertentu saja yang sanggup membelinya.

Begitu banyak jenis scanner yang dijual dipasaran. Bila anda ingin membeli scanner, pastikan terlebih dahulu jenis scanner seperti apa yang akan anda beli.

Selain itu, beli lah scanner dengan kualitas terbaik yang diproduksi oleh produsen yang kredibel sehingga tidak cepat rusak dan awet.

Sedangkan untuk harganya tergantung dari jenis dan fitur yang disediakan. Sekarang ini sudah mulai banyak scanner yang dibuat satu set dengan printer bahkan ada juga yang memiliki fitur untuk fotocopy file dokumen.

Jangan lupa juga untuk menanyakan garansi setiap membeli scanner dan tanyakan juga kerusakan seperti apa yang ditanggung oleh garansi tersebut.

Semoga informasi 6 jenis scanner dan fungsinya ini dapat membantu Anda untuk memilih scanner yang Anda inginkan.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *