Jenis-jenis Switch Pada Jaringan Komputer dan Fungsinya

Anda ingin membeli switch untuk keperluan kantor? Tenang jangan khawatir, berikut ulasan lengkap 4 jenis dan macam-macam switch yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Sebuah perusahaan besar ataupun perusahaan yang sedang berkembang tentu membutuhkan suatu alat untuk mengelola atau menghubungkan jaringan didalamnya.

Salah satu alat yang cukup banyak digunakan untuk hal tersebut adalah switch.

Switch terbagi menjadi beberapa macam yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan skala usaha anda.

Bagaimana sudah mulai penasaran dengan apa saja jenis dan macam-macam switch yang bisa anda jumpai? Untuk lebih jelasnya simaklah artikel berikut ini hingga akhir.

Ketahui juga:

Seperti kita ketahui jenis dan macam-macam switch sangatlah banyak. Selain itu, masing-masing memiliki kelebihan serta kekurangan tersendiri.

Berikut macam-macam switch pada jaringan komputer dengan perbedaannya yang wajib untuk diketahui:

Unmanaged Switch

Perlu anda ketahui dari keempat jenis switch yang akan dibahas dalam artikel ini jenis switch ini merupakan jenis yang terbilang paling murah diantara lainnya di pasaran. Untuk itu, jenis switch ini kerap kali digunakan di kantor dengan skala kecil ataupun hanya mengelola jaringan di rumah.

Unmanaged switch memiliki fungsi utama yakni sebagai pengelola aliran data antara printer dengan beberapa komputer ataupun antar perangkat lain. Jenis switch yang satu ini bisa anda gunakan secara langsung tanpa pengaturan yang terbilanh rumit. Kelebihan switch jenis ini yakni instalasi mudah dan harga relatif lebih murah.

Dibalik kelebihan tersebut jenis ini juga memiliki kekurangan seperti sulitnya troubleshooting saat terjadi error. Selain itu, deteksi computer saat pengiriman data salah sulit dilakukan sehingga perbaikan juga sulit.

Managed Switch

Switch jenis ini memiliki kelebihan dibanding jenis yang sebelumnya yakni adanya user interface. Hal tersebut memudahkan penggunanya saat melakukan konfigurasi pada switch. Beberapa metode konfigurasi dapat anda lakukan seperti melalui console, interface serta yang tercanggih dengan melalui internet.

Smart Switch

Switch jenis ini telah mengalami modifikasi karakteristik yakni berada diantara managed switch serta unmanaged switch. Khusus jenis ini konfigurasi dan pengaturannya memanfaatkan teknologi berupa web base. Kelebihan lain dari jenis ini yakni kemampuan pengaturan otomatis yang dapat diubah sesuai kebutuhan jaringan computer anda. 

Enterprise-Managed Switch

Jeni switch ini, merupakan switch yang digunakan di perusaan besar. Oleh karenanya, membutuhkan ahli jaringan untuk memonitor dan mengkonfigurasi.

Hal tersebut karena konsep topologi jaringannya lebih komplek dibanding jenis lain.

Perbedaan switch ini dibanding jenis lain juga terletak pada kemampuan mendukung perangkan serta jumlah pengelolaannya. Umumnya hanya berkisar antara 4-8 port khusus perangkat Ethernet.

Switch adalah salah satu perangkat keras intenet. Untuk perangkat keras internet lainnya bisa dibaca: perangkat keras internet dan fungsinya.

Demikianlah ulasan mengenai jenis dan macam-macam switch. Semoga jenis dan macam-macam switching dengan perbedaannya tersebut bisa membantu anda dalam memilih jenis switch sesuai kebutuhan. Sekian, semoga bermanfaat.

Give a Comment