Kegunaan Microsoft Excel Dalam Kehidupan Sehari-hari

Microsoft Excel merupakan produk dari Microsoft Office yang merupakan software aplikasi untuk melakukan pengolahan data otomatis untuk berbagai keperluan.

Secara garis besar Microsoft Excel dilengkapi dengan kemampuan untuk membuat rumus, melakukan perhitungan, fungsi-fungsi, pengolahan data dan tabel, membuat grafik dan alat bantu untuk manajamen data.

Dalam keseharian, Microsoft Excel sangatlah memiliki fungsi yang sangat banyak. Hal ini sama seperti dengan: manfaat dari microsoft word dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini manfaat dari Microsoft Excel

  • Untuk membuat laporan keuangan, laporan persediaan barang.
  • Untuk membuat daftar hadir, dan daftar nilai.
  • Melakukan perhitungan dasar dengan capat.
  • Menghitung rata-rata dengan sangat praktis.
  • Membuat diagram dan tabel serta garis, dan berbagai keperluan lainnya.
  • Dengan Microsoft Excel pun data akan menjadi sangat rapi, akurat, dan data bisa disusun dengan urutan yang tepat.

Menggunakan Microsoft Excel sangatlah wajib dilakukan terutama untuk siapapun yang bekerja baik diinstansi pemerintahan maupun kantor swasta.

Banyaknya kegunaan Microsoft Excel yang telah dijelaskan tadi barulah gambaran untuk dari manfaat yang sebenarnya sangat luas.

Ya, saat ini Microsoft Excel sudah semakin lengkap dan canggih karena memungkinkan melakukan editing spreadsheet yang sama dengan orang lain secara bersamaan walaupun tidak berada dilokasi yang sama.

Hal ini berkat adanya Co-Authoring melalui aplikasi web Microsoft Excel. Selain itu ada pula excel add-in yaitu The Powerpivot yang bisa membuat Microsoft Excel menjadi lebib bisa untuk melakukan integrasi dari berbagai sumber dengan cepat, akuran dan tepat.

Microsoft Excel memang memiliki kelebihan yang sangat banyak.

Ada banyak sekali manfaat yang akan dirasakan oleh orang yang bisa menggunakan Microsoft Excel termasuk dalam kehidupan sehari-hari.

Keuntungan lainnya yang bisa didapatkan dari microsoft excel:

  • Membuat grafik dalam satu sel. Ya, sejak Microsoft Excel 2007 maka siapapun bisa dengan mudah membut grafik untuk data kecil dalam satu sel saja.
  • Kedua, terdapat fitur Slicer yang memiliki fungsi untuk memilah data-data agar yang muncul hanya yang ingin ditampilkan saja.
  • Ketiga, Microsoft Excel memungkinkan pengguna untuk mengakses spreadsheet dari mana saja. Seperti yang telah dijelaskan di awal, terdapat fitur Co-Authoring yang memungkinkan siapa saja kini bekerja secara bersamaan untuk melakukan edit spreadsheet secara bersamaan. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan terutama untuk pekerjaan yang melibatkan dua orang atau lebih.
  • Selain itu, Microsoft Excel juga memungkinkan pengguna untuk bisa membuat presentasi menjadi lebih canggih. Adanya fitur yang bernama Conditional Formating untuk Microsoft Excel 2007 dan diatasnya membuat presentasi menjadi terlihat profesional. Fitur ini akan membuat bar data menjadi terlihat lebih baik dan bisa untuk menyoroti data tertentu yang ingin ditonjolkan.
  • Selain itu, masih banyak kelebihan dari Microsoft Excel yang bisa dimanfaatkan. Contohnya seperti adanya fitur Pivot Chart yang lebih dinamis dan interaktif. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk menangkap gambar yang menarik untuk ditampilkan.
  • Microsoft Excel juga bisa membuat pengguna mengakses perintah favorit dengan Ribbon. Penggunaan Ribbon ini akan membuat pekerjaan menjadi lebih cepat.
  • Microsoft Excel pun dapat digunakan untuk membuat efisiensi moden dan bisa juga untuk menganalisis semua data.
  • Penggunaan spreadsheet kini dimungkinkan hingga menjadi sangat kompleks. Dengan begitu, data yang dikumpulkan, dibuat, dan diolah bisa menjadi lebih besar.
  • Dan yang  terakhir, Microsoft Excel memiliki fitur Publish and Sharing. Microsoft Excel membangun intelijen bisnis menjadi lebih mungkin dilakukan agar data bisa dibagika kepada siapapun yang diinginkan dengan menerbitkan spreadsheet ke web melalui layanan Excel.

Itulah penjelasan kegunaan microsoft excel dalam kehidupan sehari-hari. Memang hal ini adalah penjelasan dasar namun alangkah baiknya untuk belajar excel dibutuhkan pengetahuan dasar terlebih dahulu seperti hal-nya ini.

Give a Comment