Keyboard Komputer-Laptop Tidak Berfungsi Karena Debu

Hal yang paling sering menyebabkan keyboard pada laptop tidak berfungsi normal adalah jarang dibersihkan sehingga membuat debu atau kotoran jadi menumpuk dan masuk ke sela-sela keyboard laptop.

Hal ini sudah dijelaskan di artikel: penyebab dan cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi.

Debu yang menumpuk tersebut bisa merusak fungsi keyboard laptop.

Untuk mengetahui apakah keyboard laptop yang dipakai rusak, Anda bisa mengeceknya menggunakan aplikasi yang disebut PassMark KeyboardTestTM yang bisa diinstall terlebih dahulu.

Untuk menginstall bisa di: situs resmi keyboard test untuk mengecek keyboard laptop rusak error.

Cara memperbaiki keyboard laptop tidak berfungsi karena debu

Kalau Anda sudah yakin bahwa keyboard notebook/ laptop Anda tidak berfungsi, mungkin itu karena debu maka lakukan cara memperbaiki keyboard laptop yang error berikut ini.

Berikut ini cara memperbaiki keyboard laptop tidak berfungsi sama sekali karena debu:

  1. Siapkan obeng dan pakai untuk membuka dan melepas semua tombol keyboard laptop satu per satu. Jangan lupa taruh tombol keyboard yang sudah dilepas di tempat yang aman agar tidak hilang.
  2. Lalu bersihkan secara menyeluruh bagian dalam keyboard dengan memakai cotton bud, bisa diberi sedikit air agar debu dan kotoran lebih mudah menempel pada cotton bud.
  3. Sedangkan untuk semua tombol yang barusan dilepas, dapat dibersihkan memakai karet busa. Selain menghilangkan debu dan kotoran, cara ini juga bisa dilakukan supaya zat yang melekat/ lengket di tombol tersebut mudah hilang.
  4. Sekarang semprotkanlah karet kecil yang sudah ditaruh di wadah yang lain dan bersihkan dengan air hangat. Setelah itu keringkan dengan dibungkus tissue.
  5. Taruh semua permukaan tombol keyboard menghadap ke bawah agar cepat kering, jangan lupa beri pelumas ringan.
  6. Setelah benar-benar kering, tinggal memasang kembali semua tombol yang sudah dilepas dengan memasang karet-karetnya terlebih dulu.
  7. Cara memperbaiki keyboard PC atau laptop ini prosesnya kira-kira 2 jam. Setelah selesai membersihkan, Anda tinggal memastikan apakah fungsi tiap tombolnya sudah berfungsi kembali dengan memencetnya satu per satu.

Sebetulnya cara memperbaiki keyboard laptop tidak berfungsi karena debu di atas bisa dilakukan tanpa harus menunggu tombol keyboard Anda rusak.

Jika masih tidak bisa juga, mungkin saja keyboard laptop terkunci. Bisa dilihat: cara membuka keyboard laptop tidak bisa karena terkunci.

Anda juga bisa membersihkannya secara teratur untuk mencegah keyboard rusak.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Di sini saya akan memberikan pengalaman seputar teknologi mulai dari komputer-laptop hingga sampai Handphone. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *