Komponen-komponen Cpu dan Fungsinya Beserta Gambarnya

Sudah tahu komponen CPU beserta fungsinya yang terdapat di dalam komputer? Di era sekarang tentunya Anda harus mengetahuinya agar tidak gaptek teknologi.

Komputer menjadi salah satu benda elektronik yang kini banyak digunakan, tetapi tak semua orang mengetahui apa itu CPU.

Padahal, tanpa adanya CPU perangkat komputer tidak akan bisa dihidupkan.

Dengan demikian maka mengetahui informasi mengenai komponen CPU beserta fungsinya memang sangatlah penting. Jadi ketika ada permasalahan Anda bisa mengatasinya sendiri.

Apa itu CPU? Central Processing Unit merupakan perangkat penting dalam komputer yang memiliki peranan untuk mengolah data yang dapat dijadikan sebagai pusat pemrosesan data sehinga perannya memang cukup penting dalam menjalankan kinerja komputer.

Ini adalah bagian komponen-komponen CPU Beserta Fungsinya:

Mengenal komponen CPU dengan fungsinya memang sangatlah penting, untuk mengetahuinya maka simaklah informasi yang terdapat di bawah ini.

Casing

Casing merupakan salah satu bagian terluar di CPU yang berfungsi untuk melindungi dan menutupi komponen dari kotoran debu yang berfungsi sebagai tempat dudukan komponen CPUnya, seperti motherboard, harddisk, CD Room, dan floppy drive.

Jadi, tanpa adanya casing maka akan sangat mudah membuat CPU menjadi kotor sehingga dapat merusak peranan dan fungsinya.

Dengan demikian casing juga menjadi salah satu komponen yang dianggap cukup penting untuk menjalankan CPU dalam komputer.

Processor

Berikutnya, komponen dalam CPU yaitu terdapat prosessor yang merupakan otak dari semua proses untuk membuat fungsi mesin dalam komputer lebih berjalan sesuai dengan fungsi dan kinerjanya. Ketahuilah semakin tinggi kecepatan prosessor maka akan semakin cepat juga kompoter tersebut dalam memproses data.

RAM

Ketahuilah bahwa komponen dalam CPU juga terdapatRAM (Random Access Memory) yang memiliki fungsi untuk menampung data yang sudah melalui proses dalam processor. Jadi, fungsinya juga bisa untuk menyimpan data sementara selama komputer tersebut masih bisa dinyalakan.

Untuk satuan memori yang digunakan bisa berupa byte dengan kapasitas memori yang ada di pasaran yaitu 64 Mb,128 Mb,256 Mb,512 Mb,1 GB,2 GB,4 GB Dan 8 GB.

VGA Card



Selanjutnya, komponen CPU yang memiliki fungsi dan peranan cukup penting yaitu VGA( Video Graphic Editor) yang merupakan komponen untuk digunakan dalam mengolah data grafis agar dapat ditampilkan ke dalam monitor.

Jadi, tanpa VGA ini data yang ada di dalam komputer tentunya tidak dapat ditampilkan.

Hardisk



Selanjutnya, komponen di dalam CPU juga terdapat hardisk yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data di dalam komuter. Semakin besar ukuran hardisknya maka akan semakin besar pula data-data yang dapat disampaikan, kapasitasnya mulai dari 250 GB, 500 GB, 1 Tera, hingga 3 Tera.

Motherboard

Ketahuilah bahwa Motherboard juga menjadi komponen komputer yang berbentuk papan sirkuit yang dgiunakan sebagai penghubung semua komponen di dalam CPU. Fungsinya dapat digunakan untuk menghubungkan setiap komponen dalam komputer tersebut agar dapat bekerja dengan baik.

Sound Card



Berikutnya terdapat sound card yang memiliki fungsi untuk memerima sinyal digital dari komputer kemudian mengubahnya menjadi gelombang sehingga dapat menghasilkan sinyal sonic.

Optical Disk Drive

Komponen CPU yang berikutnya yaitu terdapat Optical Disk Drive yang berfungsi untuk membaca dan menullis CD/DVD. Contohnya yaitu adanya komponen CD-ROM drive, CD-RW drive, DVD-ROM drive, dan DVD-RW drive.

Power Suply


Power supply juga menjadi salah satu komponen CPU yang digunakan untuk memberikan arus listrik apda komponen komputer yang lainnya. Nah, power supply ini dibedakan dengan beberapa daya mulai dari 380 watt, 400 watt, 450 watt, 500 watt, 300 watt, 600 watt yang dapat bekembang sesuai perkembangan zaman.

Itulah seputar penjelasan mengenai informasi komponen CPU beserta fungsinya yang memiliki peranan cukup penting.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *