Komponen-komponen Untuk Merakit Pc Gaming yang Harus Tahu

Bagi para gamers tentunya bahasan ini sungguh menarik untuk menjadi perhatian, pasalnya dengan membaca ulasan ini Anda dapat mengetahui komponen-komponen untuk merakit PC Gaming. Dengan mengetahuinya Anda dapat merakit PC gaming sendiri sesuai dengan yang Anda inginkan.

Ketika Anda membeli PC Gaming di oulet komputer, Anda akan disuguhkan berbagai spesifikasi. Namun Anda tidak dapat mengubah spesifikasi tersebut sesuai dengan yang diinginkan. Oleh sebab itu, maka merakit PC gaming sendiri membuat Anda bebas menentukan spesifikasi yang diinginkan.

Kelebihan lainnya dari merakit PC Gaming sendiri yakni harganya lebih murah. Anda dapat berhemat dan tidak mengeluarkan uang lebih untuk membayar jasa perakitan komputer. Selain itu, merakit sendiri juga membuat Anda dapat memastikan setiap komponen yang di pasang berkualitas atau tidak.

Bagi Anda yang tertarik untuk merakit PC Gaming, terlebih dahulu Anda harus mengetahui tiap-tiap komponen dari PC gaming. Berikut ini akan di ulas beberapa komponen penting yang harus ada di dalam PC Gaming Anda. Berikut ulasannya.

PC Gaming yang berkualitas menjadi impian setiap para gamers. Maka wujudkanlah hal tersebut dengan merakit sendiri PC gaming Anda. Namun, sebelum merakit PC Gaming sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai komponen-komponen untuk merakit PC Gaming,

Berikut adalah ulasanya khusus untuk Anda agar paham ketika merakit pc gaming:

Central Processing Unit ( CPU )

Komponen yang pertama yang wajib ada di PC Gaming yaitu Central Processing Unit ( CPU ). CPU memiliki peran yang penting bukan hanya pada PC Gaming namun setiap perangkat komputer. Hal itu karena CPU merupakan sebuah otak komputer yang kehadirannya wajib ada.

Ketidakadaan CPU akan membuat PC Gaming tidak dapat beroperasi. CPU juga berkorelasi positif dengan kecepatan dari PC Anda. Oleh sebab itu, maka kualitas dari CPU merupakan suatu hal yang penting agar permainan game Anda tidak akan terganggu.

Setidaknya terdapat dua hal yang harus Anda perhatikan ketika hendak memilih CPU bagi PC Gaming. Yang pertama yaitu clock speed (GHZ) serta jumlah dari core unit sebagai contoh, dual core, quad core, hexa core, dan lainnya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini CPU yang banyak beredar di pasaran yakni Intel dan AMD. Kedua produk ini bisa dibilang memiliki tempat tersendiri di masyarakat. Hal itu karena kualitas dari kedua produk ini dapat diandalkan serta memiliki harga yang cukup kompetitif.

Bagi Anda yang ingin merakit PC Gaming sebaiknya menggunakan dua jenis CPU dari Intel dan AMD yaitu Intel Core i3 serta AMD A8 7650 K. Kedua varian tersebut cukup berkualitas serta memiliki harga yang relative terjangkau ( antara 1,5 – 2 juta rupiah).

Kedua jenis CPU tersebut sudah kompatibel dan menunjang berbagai game seperti Counter Strike, DOTA, Point blank, dan berbagai game online lainnya. Namun, apabila Anda menginginkan perfoma yang lebih mumpuni dapat meningkatkan ke tipe i5, i7 dan seterusnya.

Graphic Card ( GPU )

Komponen yang tidak kalah penting dalam menunjang PC Gaming Anda yaitu Graphic Card ( GPU ). GPU ini berperan di dalam menentukan ketajaman serta kerjernuhan dari gambar ketika Anda bermain game. Oleh sebab itu, semakin berkualitas GPU maka semakin tajam juga kualitas gambar di PC Anda.

Selain menentukan ketajaman dan kerjernihan dari gambar, GPU juga dituntut pada beberapa game. Beberapa game seperti FiFA 2019, DOTA, Counter Strike, Point Blank dan beberapa game lainnya menentukan standart GPU untuk dapat memainkan game tersebut.

Oleh sebab itu, Anda harus memilih GPU yang berkualitas. GPU yang umum beredar di pasaran yakni NVIDIA dan AMD Radeon. Kedua GPU tersebut memiliki kualitas yang mumpuni serta harga yang kompetitif.

Apabila Anda bingung menentukan GPU, Anda dapat memilih NVIDIA GTX 950 atau AMD Radeon R7 370. Kedua GPU tersebut sangat berkualitas dan memenuhi kebutuhan minimum dalam beberapa game online seperti DOTA, Counter Strike, Point Blank dan beberapa game lainnya.

Random Access Memory ( RAM )

Random Access Memory (RAM) merupakan komponen yang cukup penting dalam membuat suatu PC Gaming. Hal itu karena peran dari RAM yakni untuk membuat game berjalan dengan lancar tanpa adanya kemungkinan lag (patah-patah) atau gangguan lainnya.

Sekurang kurangnya Anda harus memasang RAM di PC Gaming dengan kapasitas 8 GB. Kapasitas tersebut merupakan syarat minimum untuk merakit PC Gaming. Apabila Anda memasang RAM di bawah 8 GB maka kemungkinan akan terjadi lag ataupun gangguan lainnya.

Semakin besar RAM maka semakin baik guna menunjang permainan game Anda. Namun tentunya RAM yang besar memiliki harga yang lebih mahal. Selain kapasitas, Anda juga perlu memperhatikan frekuensi dari RAM yang hendak dipasang pada PC Gaming.

Khusus untuk PC Gaming, Anda sebaiknya memilih RAM dengan frekuensi 1600 Mhz atau lebih. Hal tersebut dilakukan guna menunjang GPU yang Anda gunakan. Semakin besar kapasitas RAM dan frekuensinya maka akan semakin baik.

Faktor lainnya yang harus Anda perhatikan yaitu memilih RAM dual channel ataupun single channel. Pabila Anda dihadapkan kepada dua pilihan tersebut, pilihlah RAM dengan dual channel dengan kapasitas yang sama.

Hal tersebut karena RAM dual chanel akan mempermudah Anda untuk mendapatkan bandwitch memory dengan kapasitas yang banyak. Jadi 2 buah RAM 8 GB pada dual chanel lebih baik apabila dibandingkan dengan RAM 16 GB dengan single channel.

Motherboard

Di dalam perangkat komputer, motherboard berfungsi untuk sebagai wadah/ tempat di rakitnya komponen komputer lainnya seperti RAM, CPU, GPU, HD, dan berbagai komponen lainnya. Oleh sebab itu, komponen ini cukup penting di dalam PC Gaming.

Hal utama yang harus diperhatikan ketika memilih motherboard yakni kesesuaian socket yang terdapat di motherboard dengan CPU yang telah dibeli. Sebagai contoh, ketia Anda membeli CPU Inyel Core i5-2500 maka Anda harus memastikan motherboard menyediakan socket LGA 1155.

Jadi ketika Anda membeli motherboard maka pastikan bahwa socket sesuai dengan CPU yang hendak digunakan. Komponen lainnya yang juga harus diperhatikan adalah socket RAM karena berbeda jenis socket apabila Anda memilih DDR3 atau DDR4.

Motherboard sendiri terdiri dari 4 tipe yaitu tipe Mini ITX, Micro-ATX, tipe ATX, tipe EATX, dan tipe Extended – ATX. Semakin besar ukuran dari motherboard maka fitur yang dimilikinya akan semakin besar pula.

Sebagai contoh, tipe Mini ITX yang merupakan ukuran terkecil motherboard hanya memiliki 2 port USB 3.0, 1 GPU, dan 2 buah RAM. Sedangkan motherboard EATX memiliki 8 port USB 3.0, lebih dari 1 GPU dan lebih dari 2 RAM.

Namun, semakin besar dan banyaknya fitur sebuah motherboard maka harganya juga akan semakin mahal. Maka sesuaikan jenis motherboard dengan kebutuhan dan tentunya budget Anda.

Case Komputer

Hal yang perlu diperhatikan ketika Anda memilih case komputer yakni ukuran dari motherboard. Semakin besar ukuran motherboard maka case juga akan semakin besar. Sebagai contoh motherboard dengan ukuran Mini-ITX memerlukan case dengan tipe Mini ITX Tower yang berkurang kecil.

Sedangkan apabila Anda menggunakan motherboard dengan ukuran di atas itu maka Anda dapat menggunakan case komputer tipe Mid Tower, tipe EATX, maupun tipe full tower. Case komputer berfungsi sebagai pembungkus tiap komponen pada PC Anda.

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih case komputer yaitu sirkulasi udara pada case, tata letak pengaturan, tata letak penempatan kabel, dan yang terakhir yakni desain dari case komputer. Desain yang cantik akan membuat PC Anda berbeda dengan orang lain.

Cooler

Ketika perangkat komputer bekerja, maka komputer akan menghasilkan panas. Kenaikan suhu tersebut harus di atasi guna mencegah terjadinya overheating. Salah satu caranya yakni dengan memasang cooler pada PC Anda.

Secara umum cooler terbagi menjadi 2 jenis yaitu water cooling dan air cooling. Umumnya di setiap PC atau laptop digunakan air cooling dimana komputer Anda didinginkan dengan memanfaatkan kecepatan putaran kipas (RPM). Namun, resiko dari air cooler yakni debu yang masuk akan menyebar.

Cooler yang kedua yakni water cooler. Cara mendinginkan PC dengan water cooler adalah berdasarkan sirkulasi air guna menyerap kalor. Namun, kekurangan dari cooler ini yakni harga yang ditawarkan lebih mahal.

Solid State Disk ( SSD )

Salah satu komponen yang wajib di PC Gaming Anda yaitu Solid State Disk (SSD). Hal itu karen SSD berperan dalam membaca atau menilis data secara cepat ketika Anda sedang bermain game online di PC Anda.

Apabila Anda hendak memasang SSD, sebaiknya Anda menggunakan SSD dengan kapasitas 240 GB ataupun di atasnya. Hal tersebut akan membuat permainan game Anda lebih lancar dan tidak adanya resiko lag ataupun gangguan lainnya.

Hard Disk ( HD )

Komponen penting lainnya di dalam PC gaming yakni Hard disk. Hardisk berfungsi sebagai storage dimana Anda dapat menyimpan data secara permanen ke dalam sektor-sektor yang berada di dalam HD. Oleh sebab itu, gunakan HD berkapasitas besar untuk PC Gaming Anda.

Selain kapasitas, Anda juga perlu memperhatikan kecepatan dari HD yang hendak di beli, usahakan untuk menggunakan HD dengan kecepatan 7200 RPM atau lebih. Hal tersebut akan membuat proses menulis dan menyalin akan lebih cepat.

Power Supply Unit ( PSU )

Komponen terakhir yang sangat penting yakni Power Supply Unit (PSU). PSU ini dibagi menjadi dua jenis yakni modular dan non modular. Modular artinya kabel PSU ini bersifat bongkar pasang sedangkan non modular yaitu kabel PSU tertanam dan permanen.

Ketika Anda membeli PSU sebaiknya Anda memperhatikan rating dari PSU. Pilihlah rating dengan nilai 80+. Hal tersebut menandakan bahwa PSU yang digunakan memiliki tingkat efisiensi hingga 80 persen. Beberapa PSU yang direkomendasikan seperti Corsair, Seasonic, dan cooler master.

Faktor lainnya yang harus Anda perhatikan ketika hendak membeli PSU yaitu kapasitas dari PSU. PSU memiliki kapasitas mulai dari 300 watt hingga mencapai 1000 watt. Oleh sebab itu, Anda harus menentukan kapasitas PSU yang sesuai dengan kebutuhan perangkat PC Gaming Anda.

Kapasitas PC gaming ditentukan dari CPU, GPU, HD, hingga kepada SSD. Untuk dapat mengetahuinya Anda dapat menghitung nilai masing-masing per unit komponen. Cara lainnya yaitu dengan menggunakan kalkulator konsumsi enegri PC secara online di beberapa situs ternama.

Itulah beberapa jenis komponen yang wajib ada di PC Gaming Anda. Pengetahuan mengenai tiap-tiap komponen di dalam PC Gaming akan semakin mempermudah Anda untuk merakit PC Gaming yang sesuai dengan impian Anda. Dengan merakit PC Gaming sendiri Anda dapat memastikan kualitas dari PC Gaming.

Give a Comment