Ini Cara Memilih Spesifikasi Komputer Edit Video 4K (2019)

Ketika membeli komputer untuk kebutuhan sehari-hari, hal yang pasti harus diperhatikan adalah spesifikasinya.

Spesifikasi yang baik tentu akan membantu Anda bekerja dengan baik pula. Apalagi jika komputer yang digunakan secara khusus untuk bermain game atau mengedit video.

Diperlukan komputer dengan spesifikasi yang sangat memadai agar hasil video editingnya bisa baik pula.

Spesifikasi menjadi aspek yang sangat penting untuk menentukan hasil editing, biarpun komputer yang digunakan merupakan komputer rakitan.

Cara Mengetahui Spek dari Komputer

Baca juga: aplikasi edit video terbaik dan aplikasi edit foto terbaik.

Spek atau spesifikasi menjadi hal yang sangat penting untuk menunjang kinerja seseorang. Apalagi jika berhubungan dengan editing.

Pekerjaan editing membuat komputer bekerja dengan sangat berat, apalagi jika hanya menggunakan komputer dengan spek rendah.

Tentu akan sangat berpengaruh pada kinerja Anda. Oleh karena itulah diperlukan spesifikasi yang tinggi terutama jika digunakan untuk editing.

Spesifikasi yang digunakan oleh komputer untuk gaming tentu saja berbeda dengan spek komputer yang digunakan untuk editing.

Jangankan antara gaming dan editing video, antara editing video dengan edit grfais saja sudah membutuhkan spesifikasi komputer yang berbeda.

Inilah mengapa Anda harus memilih spesifikasi komputer sesuai dengan kebutuhan penggunaan Anda.

Pada dasarnya untuk kebutuhan bermain game dan editing video membutuhkan komputer dengan spesifikasi yang tidak jauh berbeda.

Sayangnya tidak semua editor video mampu mendapatkan komputer dengan spesifikasi yang mumpuni.

Sangat jauh berbeda dengan para gamers yang bahkan bisa memiliki lebih dari 2 komputer dengan spesifikasi yang sangat mumpuni dan bahkan bisa dibilang spesifikasi dewa.

Inilah yang kemudian membuat banyak editor mengeluhkan kinerja komputernya ketika digunakan untuk bekerja dengan jumlah editing yang banyak dan harus diselesaikan dalam waktu cepat.

Jika sudah seperti ini, maka komputer akan menjadi sangat lambat dan berat sehingga tidak bisa menghasilkan video berkualitas terbaik.

Kebanyakan pemilik komputer hanya mementingkan aksesoris dengan harga mahal namun justru tidak pernah digunakan.

Akan lebih baik jika Anda lebih mementingkan untuk mengupgrade komputer Anda dengan spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan hanya memenuhi keinginan untuk membeli aksesoris komputer yang hanya digunakan sekali dan kemudian harus dijual lagi.

Untuk itulah upgrade komputer Anda sekarang juga untuk mendapatkan hasil editing yang lebih baik.

Tips Memilih Komputer untuk Keperluan Edit Video 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, spesifikasi yang digunakan untuk komputer editing dan komputer gaming tentu berbeda, meskipun perbedaannya itu tidak begitu spesifik.

Meskipun demikian, untuk komputer editing video dibutuhkan spesifikasi tertentu. Karena itulah Anda harus cermat dalam memilih spesifikasi yang akan digunakan untuk kebutuhan editing.

Untuk itu, Anda bisa memperhatikan beberapa tips berikut ini sebelum memilih spesifikasi yang cocok untuk komputer Anda.

Ini tips memilih spesifikasi komputer game dan edit video 4K:

Pilih PC atau Mac

Pertimbangan antara memilih pc atau mac memang masih menjadi suatu perdebatan bagi para editor.

Di Indonesia sendiri, sejak awal masuknya komputer lebih mengenal dan lebih terbiasa dengan pc dibandingkan dengan Mac.

Namun, setelah tahun 2003 Mac mulai dikenal dan digunakan di Indonesia terutama untuk kebutuhan editing.

Selain itu, Mac juga sudah banyak digunakan untuk keperluan videografi karena performanya lebih baik dibandingkan pc biasa.

Berdasarkan pengalaman banyak editor atau videografer yang menggunakan perangkat Mac, perangkat ini lebih direkomendasikan untuk melakukan editing dibandingkan pc.

Salah satu alasannya adalah karena pembacaan perangkat ini lebih real time atau dengan kata lain pembacaan vudeo dan grafiknya benar.

Pilihannya pun beragam dengan harga yang bervariasi pula, mulai dari 21” sampai 24” dengan harga mulai dari 13-20 juta.

Spesifikasinya pun lebih mumpuni karena sudah menggunakan pentium minimal core i5 RAM 4GB. Ada juga pentium core i7 dengan RAM minimalnya 16GB.

Sedangkan HDD yang ada di dalamnya sudah menggunakan HDD 1-12 Terra dengan graphic card minimalnya 1GB.

Semakin Tinggi Speknya Semakin Baik

Sebelumnya sudah sedikit dijelaskan tentang spek dari perangkat yang baik untuk digunakan videografer, termasuk salah satunya adalah hardware yang digunakan.

Nah, untuk bisa merakit komputer yang akan digunakan untuk mengedit video, ada 5 faktor yang harus benar-benar diperhatikan agar komputer tersebut memiliki spek yang tinggi.

Yang pertama adalah CPU atau power supplynya. Sebagai otak dari sebuah perangkat komputer, semakin canggih teknologi yang digunakan maka akan membuat performa komputer Anda semakin baik pula.

Untuk kebutuhan editing, lebih disarankan menggunakan processor core i5 atau core i7 walaupaun hanya perangkat seken.

Faktor selanjutnya yang juga harus diperhatikan adalah RAM yang digunakan. Paling tidak untuk kebutuhan videografi, Anda harus menggunakan RAM dengan kapasitas 16GB hingga 64GB.

Semakin besar RAM yang digunakan akan semakin membuat performa komputer semakin baik pula, karena proses editing video akan membuat komputer bekerja lebih ekstra.

Selaras dengan RAM yang digunakan, harddisk juga akan mempengaruhi performa komputer yang digunakan untuk videografi ini.

Untuk keperluan editing ini, harddisk minimal yang harus Anda miliki adalah berukuran 256GB untuk foder C.

Yang tak kalah penting untuk mendukung aspek tampilannya, Anda juga harus memilih VGA atau kartu grafisnya.

Agar proses editing Anda bisa lebih terbantu, sangat disarankan untuk menggunakan kartu grafis yang sudah mendukung adanya tampilan 3D dan juga sudah memiliki fitur High Definition (HD).

Akan lebih baik lagi jika kecepatan memorinya minimal 1GB. Terakhir, adalah monitor. Monitor ini adalah perangkat yang akan menampilkan video hasil editing yang sudah Anda buat.

Untuk mendukung kejelasan tampilan, monitor yang disarankan adalah monitor yang berukuran 24inchi atau minimal 22 inchi.

Disarankan juga untuk menggunakan komputer sebanyak dua buah untuk membuat preview editing Anda bisa lebih jelas dan akan membantu saat editing.

Penggunaan dua monitor ini biasanya dilakukan oleh para videografer profesional. Jika tidak ada pun Anda masih bisa menggunakan satu buah monitor dengan kuaitas setara.

Biasanya untuk mengakali permasalahan monitor ini, kebanyakan videografer atau orang yang bekerja untuk mengedit video bisa menggunakan TV LED sebagai alternatif pilihan.

Pemindahan Data (Copy paste dan capture)

Sebelum diedit, video sudah pasti direkam terlebih dahulu di dalam perangkat kamera. Dari perangkat kamera yang digunakan tersebut, file hasil rekaman harus dipindahkan ke dalam komputer yang akan digunakan untuk mengedit.

Inilah yang dinamakan pemindahan data. Jika dulu untuk memindahkan file hasil rekaman ke komputer, harus menggunakan hardware tertentu berupa kartu video (capture card).

Dengan hardware ini akan membantu Anda memindahkan data baik dari kaset beta, hi8, maupun miniDV ke komputer yang digunakan.

Namun, meskipun sudah banyak capture card yang dikeluarkan, tetap saja ada kendala yang dialami saat hendak mentransfer data dari kamera ke komputer.

Untuk memindahkan data itu, haruslah secara real time agar hasil video yang didapatkan bisa maksimal.

Kini semua kendala itu bisa diatasi dengan perkembangan teknologi yang terus ditingkatkan. Beberapa waktu belakangan, sudah banyak perangkat kamera atau camcorder yang punya spek memori internal yang berupa data digital.

Dengan menggunakan komputer yang memadai, minimal komputer dengan spek minimalnya core i7, RAM 32GB, SSD 256GB, VGA card 2GB serta monitor berjumlah dua buah tentu akan membuat editing lebih mudah dengan hasil lebih maksimal.

Dengan spek yang memadai ini tidak akan membuat Anda khawatir lagi saat mengerjakan editing.

Gunakan Software Edit Video Terbaik

Selain faktor perangkat, software editing video juga akan mempengaruhi dalam pekerjaan Anda mengedit video.

Kenali beberapa software yang bisa Anda gunakan untuk mengedit video. Sebagai standard awal, Anda bisa mempelajari software-software yang biasanya digunakan oleh editor TV.

Rata-rata software yang digunakan misalnya Final Cut Pro yang hanya bisa digunakan di Mac, Adobe Premiere yang digunakan untuk editing timeline.

Ada juga software After Effect yang digunakan untuk membuat bumper animasi serta efek-efek lainnya, serta beberapa software editing lainnya.

Apapun software editing yang Anda gunakan tidak akan menjadi masalah, karena semuanya tergantung pada spek maupun kemampuan editing dari masing-masing orang serta tentu saja budgetnya.

Untuk itu, Anda juga bisa mempelajari software editing lainnya untuk menambah referensi editing video Anda.

Yang juga tak kalah penting adalah penguasaan software editing itu sendiri. Meskipun menggunakan komputer dengan spek tinggi dan aplikasi editing terbaik.

Namun jika Anda tidak memiliki kemampuan yang memadai untuk mengoperasikan aplikasi atau software tersebut, maka hal tersebut akan percuma saja.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui pembagian jenis software editing berdasarkan penguasaan software dari penggunanya, ada dua kategori software yang bisa menjadi pilihan untuk Anda.

Karena itu akan sangat penting bagi Anda untuk mengetahui kemampuan editing Anda terlebih dahulu sebelum memilih jenis software video editing yang akan digunakan.

Dua kelompok software editing berdasarkan kemampuan penguasaan penggunanya itu antara lain:

Untuk kelas Pemula

Sesuai dengan kategorinya, software-sofware dalam kategori ini dibuat hanya untuk para pemula yang masih belum begitu mahir dalam hal mengedit maupun menggunakan software editing. Jenis software yang biasanya digunakan antara lain, Adobe’s Premiere Elements ($100), Cyberlink’s PowerDirector ($70-100), Corel VideoStudio Pro X4 Introductory editing software ($80), Nero’s Multimedia Suite ($130) dan beberapa jenis software editing lainnya, termasuk juga software bawaan dari sistem operasi yang Anda gunakan.

Untuk Kelas Professional

Kategori software yang masuk disini merupakan software yang cukup sulit untuk dioperasikan, karena itu hanya bisa digunakan oleh profesional yang lebih berpengalaman dalam hal editing video. Software-software yang masuk dalam kategori ini adalah Apple Final Cut X ($300), Sony Vegas Pro 10 ($600), Adobe Creative Suite, Production Premium ($$1,699) dan beberapa software lainnya.

Distribusi Hasil Akhir Proses Editing / Finalisasi

Setelah semua spek yang sudah disebutkan di atas, yang juga mempengaruhi kualitas video editing adalah pada tahap finalisasi yaitu pada saat distribusi hasil akhir.

Meskipun Anda memiliki kemampuan editing yang cukup baik dengan hasil editing yang juga tak bisa diragukan kualitasnya, namun jika saat proses distribute / eksport hasil editing Anda melakukan kesalahan, maka hal itu sama saja.

Kebanyakan finalisasi yang tidak tepat akan membuat hasil video editing tidak akan bisa diputar atau terputar namun tidak maksimal.

Misalnya yang paling sering terjadi adalah gambar video yang hancur saat diputar karena video yang digunakan berformat NTSC.

Dengan begitu bisa disimpulkan jika hasil video yang tidak sesuai bukan hanya disebabkan karena kemampuan editing yang kurang mumpuni saja, namun bisa juga karena proses finalisasi yang tidak tepat.

Jika dilihat dari trend video editing di jaman sekarang, bisa dipastikan jika semua video sudah menggunakan teknologi High Definition (HD).

Maka dari itu, editor juga harus menyesuaikan dengan perkembangan jaman tersebut. Contoh paling sederhana misalnya penggunaan High Definition Blu-Ray Burner sebagai burner untuk video yang sudah menggunakan teknologi Bluray HD.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang spek yang digunakan dalam editing video dan gaming, yang pada dasarnya tidak begitu berbeda namun terdapat perbedaan yang mendasar pada keduanya.

Selain itu dengan menggunakan tips memilih komputer dengan spek tinggi untuk editing video di atas, Anda bisa lebih tahu bagaimana cara memilih perangkat pendukung terbaik untuk mendukung pekerjaan Anda dalam mengedit video.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *