Cara Mengatasi Komputer Lemot Setelah Install Ulang

Penginstallan ulang atau reinstall terkadang menjadikan komputer menjadi lambat.

Beberapa komputer terkadang mengalami masalah setelah diperbarui sistem operasinya.

Kejanggalan tersebut antara lain komputer menjadi lag, bootingnya lambat, serta membuka aplikasi apapun menjadi tidak secepat biasanya.

Karena banyaknya keluhan seperti itu maka informasi mengenai penyebab dan solusi komputer lambat setelah install ulang sangatlah dibutuhkan.

Beberapa penyebab dan Solusi Komputer Lambat Setelah Reinstall

Bagi Anda yang tidak terlalu sering memainkan game di komputer ataupun laptop pasti menganggap komputer lambat bukanlah suatu masalah.

Lain halnya dengan gamers yang bisa merasa terganggu. Maka dari itu, inilah penyebab dan solusi mengatasi komputer lambat setelah reinstall yang dikemas dalam bentuk pertanyaan.

Berikut ini penyebab komputer lemot dan cara mengatasinya:

Apa Komputer Sedang Diupgrade ke Sistem Operasi Paling Baru?

Jika jawabannya adalah iya maka Anda bisa mengecek spesifikasi komputer ataupun laptopnya. Saat ini banyak orang yang hanya asal mengganti sistem operasi tanpa tahu lebih lanjut mengenai seluk beluknya. Hal-hal seperti itulah yang bisa membuat komputer jadi lemot. Jika Anda kurang tahu tentang spesifikasi laptopnya maka bisa ditanyakan ke orang yang lebih berpengalaman di bidangnya.

Apa Jumlah Software yang Diinstall Terbilang Banyak?

Terdapat beberapa software yang menjadikan PC ataupun laptop Anda lambat. Untuk menghindarinya Anda bisa menghapus software yang sekiranya tidak digunakan. Install saja aplikasi yang pas dengan kebutuhan Anda. Dengan begitu maka bisa mengurangi tingkat kelambatan perangkat Anda.

Apa Driver Laptop Telah Diinstall Terlebih Dahulu?

Permasalahan yang satu ini terlihat sederhana. PC atau laptop jadi lemot bisa dikarenakan tahapan reinstallannya yang keliru. Anda seharusnya menginstall driver terlebih dahulu setelah windows direinstall. Setelah itu Anda bisa melanjutkannya dengan menginstall antivirus dan aplikasi lain yang dibutuhkan.

Apa Komputer Terkena Banyak Virus?

Untuk menjawab pertanyaan ini memang dibutuhkan pengecekan virus terlebih dahulu. Untuk itu Anda bisa menginstall “avast antivirus”. Aplikasi antivirus tersebut bisa terpercaya karena bisa mendeteksi program apa saja yang terkena virus. Jika antivirus tersebut tidak bisa terinstall maka bisa saja komputer atau laptop Anda terjangkit virus. Tapi jika sukses maka Anda bisa melakukan full scan di tiap drive harddisknya.

Apakah Memori Kurang atau Rusak?

Memori yang rusak ditandai dengan seringnya blue screen serta hang. Apabila memory komputer Anda berukuran di atas 4GB dan masih lemot maka kemungkinan yang paling besar adalah kembali ke poin pertama yaitu spesifikasinya tidak pas. Tapi jika diinstall dengan OS yang sama dan masih lambat juga maka kemungkinan jawabannya ada di poin 2.

Apa Harddisk Rusak?

Jika komputer terlalu sering direinstall maka harddisk bisa saja melemah. Tanda yang paling umum terlihat adalah terdengarnya bunyi aneh dari harddisk, blue screen, ataupun bad sector.

Cara mengatasi komputer lambat setelah install ulang tersebut adalah dengan menginstall ulang sesuai cara yang ditentukan.

Cek dulu spesifikasi Pcnya sebelum melakukan install ulang. Jadi hasilnya akan memuaskan.

Give a Comment