Apakah Boleh Main Laptop Sambil Dicharge? Berikut Jawabannya

Bagi seorang pekerja atau mahasiswa, laptop adalah salah satu gadget yang memiliki fungsi paling penting.

Bagi mahasiswa misalnya, laptop akan sangat berguna untuk mengerjakan tugas kuliah. Laptop memiliki lebih banyak keunggulan bagi penggunanya yang membuat laptop dianggap lebih efisien dibandingkan dengan menggunakan komputer.

Salah satunya adalah karena laptop yang mudah dibawa kemana-mana. Jadi penggunanya bisa menggunakan perangkat ini dimanapun dan kapanpun.

Dengan begitu tentu akan sangat memudahkan pengguna untuk mengerjakan pekerjaan atau tugasnya.

Namun, dibalik kelebihan pasti ada kekurangan. Begitu pun dengan perangkat laptop ini. Dibalik keunggulannya yang dianggap lebih efektif untuk bekerja atau mengerjakan tugas, laptop juga memiliki kekurangan.

Sama seperti perangkat elektronik seperti ponsel, laptop juga menggunakan baterai sebagai sumber energi utamanya.

Ketika sedang digunakan diluar ruangan tanpa ada sumber listrik tentu akan sangat merepotkan. Begitupun ketika laptop sedang dicharge atau diisi ulang dayanya.

Beberapa orang terkadang tidak sabar untuk menunggu daya baterainya penuh sehingga memilih untuk menggunakannya bahkan saat sedang dicharge.

Lantas, pernahkah Anda berpikir apakah menggunakan laptop sambil dicharge itu memiliki dampak bagi laptop itu sendiri?

Dampak Saat Menggunakan Laptop Saat Sedang Dicharge

Jika Anda merasa sering melakukan kebiasaan buruk menggunakan laptop saat sedang dicharge, maka disarankan untuk menghentikan kebiasaan buruk itu mulai dari sekarang.

Jika memang tidak mendesak karena dikejar deadline atau hal mendesak lainnya, maka usahakan untuk membiarkan laptop dalam keadaan mati saat sedang dicharge.

Hal ini karena menggunakan laptop saat sedang dicharge bisa memberikan dampak negatif untuk laptop Anda.

Hal ini biasanya sering terjadi pada laptop yang digunakan untuk bermain game. Saking asyiknya bermain pengguna biasanya tidak akan rela jika permainannya harus berakhir karena baterai laptop habis dan harus dimatikan untuk mengisi kembali dayanya

Karena itu sebagai gantinya banyak yang lebih memilih menggunakannya sambil dicharge. Jika Anda terus melanjutkan kebiasaan buruk ini tentu akan berdampak negatif pada performa laptop Anda.

Salah satu dampak yang paling dirasakan adalah performa baterai yang terus menurun. Misalnya baterai laptop lebih cepat habis.

Atau yang paling parah adalah laptop tidak bisa digunakan sama sekali dengan sumber daya baterai.

Jadi ketika menggunakan harus tersambung ke sumber listrik. Untuk mengembalikan performa laptop Anda, tidak ada cara lain selain membeli baterai baru.

Namun sayangnya, baterai yang baru ini pun tidak menjamin laptop Anda kembali pada performa awalnya.

Menggunakan Laptop Tanpa Baterai bisa Berdampak Negatif

Ada juga beberapa orang yang beranggapan untuk menjaga performa baterai laptop agar tetap maksimal, lebih baik menggunakan laptop dengan sumber energi listrik langsung atau tanpa baterai.

Cara ini pun banyak diterapkan oleh pengguna laptop. Namun, Anda juga harus tahu jika menggunakan laptop tanpa baterai dan hanya langsung disambungkan ke sumber listrik juga memberikan dampak negatif pada laptop Anda diantaranya adalah sebagai berikut:

Merusak Komponen Elektronika Laptop

Dampak yang pertama adalah bisa merusak komponen eletronik yang ada di dalam laptop. Hal ini karena laptop menerima daya listrik dalam jumlah yang berlebihan tanpa ada penyesuaian. Disinilah fungsi charger yang menjadi stabilizer pada laptop tersebut.

Merusak Komponen Laptop Seperti RAM, Processor dan Lainnya

Ketika menggunakan laptop tanpa baterai otomatis sumber energi utamanya hanya ada pada listrik.

Lalu bagaimana jika ketika dipakai kemudian listrik mati? Bukan tidak mungkin hal tersebut nantinya akan merusak komponen-komponen dari laptop itu sendiri seperti processor, RAM, harddisk dan komponen-komponen lainnya.

Arus listrik yang tidak stabil pun juga menjadi ancaman yang serius untuk hardware Anda.

Pekerjaan Bisa Hilang Seketika

Dampak ini juga sering dirasakan apabila Anda menggunakan laptop hanya bersumber dari listrik. Ketika listrik mati dan Anda sedang bekerja, bukan tidak mungkin hasil kerja Anda tadi langsung menghilang seketika, apalagi jika Anda belum menyimpan file tersebut sebelumnya.

Laptop merupakan perangkat yang membantu efektivitas pekerjaan bagi penggunanya. Maka dari itu, gunakan sesuai dengan fungsinya.

Jangan terlalu sering menggunakan laptop saat dalam keadaan dicharge apalagi digunakan tanpa baterai dan hanya langsung disambungkan pada sumber listrik utama.

Setelah mengetahui dampaknya, ikuti tutorial: cara merawat laptop agar tahan lama.

Jika kebiasaan ini dibiarkan, dampak negatif seperti yang disebutkan di atas bisa menyerang laptop Anda.

Give a Comment