Macam-macam Bentuk Audio Visual yang Harus Diketahui

Sesuai dengan namanya, audio visual merupakan sebuah media yang terdiri dari unsur suara dan unsur gambar. Untuk menyajikan sebuah audio visual dibutuhkan alat khusus dan juga keterampilan. Setidaknya ada 2 macam bentuk audio visual yang harus Anda pahami agar lebih mengerti mengenai media ini.

Baik gambar bergerak maupun gambar tidak bergerak jika memiliki unsur suara maka termasuk media audio visual. 2 macam bentuk media audio visual yang ada memiliki ciri-ciri tersendiri.

Untuk lebih memahaminya, maka berikut contoh bentuk audio visual yang ada saat ini:

Audio Visual Murni

Audio visual murni atau yang juga biasa disebut dengan audio visual bergerak merupakan media yang menampilkan unsur suara dan unsur gambar bergerak. Unsur-unsur tersebut berasal dari sebuah sumber yang sama. Berikut ini merupakan contoh dari audio visual murni:

Film Bersuara

Ada beberapa jenis film bersuara yang ada saat ini termasuk dengan film komersil yang biasa diputar di bioskop-bioskop. Selain itu, film bersuara juga bisa digunakan sebagai alat atau media pembelajaran.

Peran film dalam proses belajar mengajar cukup besar dimana kemampuannya dapat mempengaruhi proses belajar mengajar. Film yang baik dapat memenuhi segala kebutuhan siswa dalam hal pembelajaran.

Ada beberapa ciri-ciri sebuah film bisa dikatakan sebagai film yang baik untuk pembelajaran. Berikut ini adalah ciri-cirinya:

  1. Tidak melenceng dari poin pembelajaran
  2. Bisa menarik minat dari siswa sehingga mereka menjadi lebih senang untuk belajar
  3. Autentik dan benar
  4. Sesuai dengan tingkatan siswa
  5. Menggunakan bahasa yang baik dan benar sehingga mudah untuk dipahami
  6. Up to date

Video

Video merupakan media visual audio yang menampilkan gerak. Media ini semakin lama semakin populer di kalangan masyarakat. Ada berbagai macam pesan yang bisa disampaikan melalui video yaitu seperti pesan yang bersifat fakta, fiktif, informatif, edukatif, ataupun instruksional.

Banyak dari tugas film bersuara yang dapat digantikan oleh video, namun bukan berarti video dapat menggantikan kedudukan dari film bersuara. Selain film bersuara yang banyak dikembangkan sebagai media pembelajaran, video juga masuk ke dalam media audio visual.

Televisi

Televisi merupakan media audio visual yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat. Media ini menampilkan unsur gambar serta unsur suara dalam bentuk yang bergerak. Televisi juga biasa menampilkan audio visual murni lain seperti film dan video.

Sama seperti film bersuara dan video, televisi juga mampu menyampaikan pesan pembelajaran melalui audio visual bergerak. Dengan unsur yang lebih baik, televisi mampu memberikan pemahaman yang lebih tinggi pada siswa yang menggunakannya.

Audio Visual Tidak Murni

Bentuk audio visual yang kedua yaitu audio visual tidak murni. Audio visual ini kebalikan dari audio visual murni dimana unsur gambar yang ada merupakan unsur tidak bergerak. Selain gambarnya tidak bergerak, kedua unsur dari media ini juga berasal dari sumber yang berbeda.

Contoh audio visual tidak murni yang menampilkan unsur gambar diam dan juga unsur suara yaitu sound slide. Slide yang ditambah suara bukan alat yang lengkap karena gambar dan suara yang ada berasal dari sumber yang terpisah.

Media sound slide yang menggabungkan slide dengan tape audio merupakan jenis sistem multimedia yang paling mudah untuk dibuat. Media pembelajaran yang berasal dari gabungan slide dan tape audio dapat memberikan informasi yang berguna.

Itulah informasi mengenai 2 macam bentuk audio visual yang harus Anda ketahui. Semoga dengan membaca informasi di atas, Anda lebih paham mengenai audio visual.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *