Macam-macam Browser Internet Serta Kelebihan dan Kekurangan

Browser merupakan salah satu aplikasi wajib yang harus ada di perangkat gadget setiap orang baik itu perangkat PC maupun HP. Ada banyak sekali macam-macam browser populer yang bisa Anda pilih. Setiap browser memiliki kelebihannya masing-masing termasuk dalam segi kecepatan akses.

Browser populer disukai banyak orang karena memiliki kecepatan akses yang tinggi serta mudah digunakan. Selain itu, fitur yang tersedia pada setiap browser juga harus mendukung aktivitas browsing Anda misalnya seperti adblock, download, hemat data, keamanan, dan lain sebagainya.

Berselancar dunia maya menggunakan PC dan HP tentu saja memiliki perbedaan sehingga browser yang direkomendasikan juga berbeda. Sebaiknya Anda mengetahui daftar browser terbaik agar bisa memaksimalkan aktivitas browsing.

Tidak semua browser dapat berjalan lancar pada setiap jenis PC. Ada beberapa browser yang memiliki fitur beragam namun terasa berat digunakan pada PC berspesifikasi rendah. Ada juga browser dengan sedikit fitur namun lebih cepat digunakan dalam berjelajah.

Berikut macam-macam browser internert di pc komputer/laptop beserta kelebihan dan kekurangannya:

Opera

Opera merupakan salah satu web browser yang populer dan memiliki banyak pengguna. Memiliki akses yang baik meskipun dalam keadaan konseksi rendah menjadi keunggulannya. Dengan begitu Anda masih bisa melakukan browsing meskipun sinyal sedang tidak stabil.

Tidak hanya itu saja, Opera juga memiliki fitur yang cukup membantu berupa Ad-Blocker dan Mode Excellent Turbo. Ad-Blocker memungkinkan Anda untuk berjelajah dengan lebih nyaman karena tidak terganggu oleh banyaknya iklan.

Opera menjadi web browser yang paling banyak digunakan setelah Mozilla Firefox dan Google Chrome. Fitur plugin yang tidak terlalu banyak menjadi kekurangan Opera dibandingkan dua web browser tersebut.

Internet Explorer

Mungkin Anda lebih mengenal Internet Explorer atau IE sebagai web browser yang lambat saat digunakan. Hal tersebut tidak berlaku pada versi terbarunya yang sudah ditingkatkan menjadi lebih baik.

Kelebihan dari web browser ini terletak pada desain atau User Interface-nya yang lebih baik dan lebih menarik. Sedangkan kekurangannya adalah kecepatannya yang masih rendah serta plugin yang terlalu sedikit.

Vivaldi

Meskipun tidak sepopuler web browser yang lainnya namun Vivaldi sangat recommended untuk Anda gunakan. Web browser ini memiliki keunikan tersendiri dimana Anda bisa melakukan kostumisasi tampilan display dengan cara memilih tab dan menu yang ingin ditampilkan.

Selain itu, Vivaldi masih memiliki segudang fitur lain yang cukup membantu seperti fitur mouse gesture, quick command, note, tab stacking, dan lain sebagainya. Disamping penggunanya yang tidak terlalu banyak, kekurangan lain dari Vivaldi yaitu kecepatannya yang masih kalah dengan browser lain.

Mozilla Firefox

Mozilla Firefox kembali dinobatkan sebagai browser terbaik setelah beberapa tahun gelar tersebut diambil alih oleh Google Chrome. Banyak pengguna web browser PC kembali menggunakan Mozilla Firefox karena update terbarunya memiliki performa yang cukup baik.

Kelebihan dari Mozilla Firefox ada pada sistem privacy yang baik serta kecepatan akses yang membuatnya lancar saat digunakan. Tidak hanya itu saja, web browser ini juga memiliki ekstensi yang lengkap.

Microsoft Edge

Microsoft Edge merupakan salah satu web browser PC yang cukup baru. Browser ini menjadi browser default yang dipasang pada Windows 10 setelah Windows sebelumnya menggunakan Internet Explorer sebagai browser default.

Kelebihan Microsoft Edge yaitu memiliki mode built-in reading serta performa yang cukup kencang. Sedangkan kekurangannya yaitu tidak kompatible dengan Sistem Operasi lama.

Tor Browser

Meskipun masih terdengar sedikit asing namun Tor Browser cukup nyaman untuk digunakan sehingga menjadi salah satu web browser populer. Keunggulan yang menonjol dari web browser ini yaitu fitur private browsing yang bisa terus digunakan.

Google Chrome

Google Chrome dikenal sebagai web browser dengan akses cepat serta ekstensi lengkap. Namun banyak pengguna yang mengeluhkan bahwa Google Chrome termasuk aplikasi yang berat. Anda harus memiliki spesifikasi perangkat yang baik agar bisa menggunakannya dengan lancar.

Bagi yang tidak memiliki PC, perangkat HP menjadi pilihan lain yang bisa digunakan untuk berjelajah. Browsing menggunakan HP memiliki pengalaman yang tidak jauh berbeda dengan menggunakan PC jika Anda tepat dalam memilih web browser.

Berikut ini adalah macam-macam browser untuk HP beserta kelebihan dan kekurangannya:

Opera Mini

Opera Mini merupakan salah datu web browser HP terpopuler yang cukup banyak digunakan saat ini. Hal tersebut terbukti dengan jumlah unduhan Opera Mini di Play Store yang cukup tinggi.

Selain dapat menghemat data seperti versi PC, Opera Mini versi HP juga memiliki kelebihan lain yaitu dapat menyimpan halaman website. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah untuk meninggalkan halaman dan kembali ke halaman.

Firefox

Meski lebih populer versi PC-nya namun Firefox versi HP juga cukup direkomendasikan untuk Anda gunakan. Ada beberapa kelebihan Firefox hingga layak digunakan yaitu seperti memiliki kecepatan tinggi, memiliki fitur adds-on yang cukup lengkap, serta memiliki mode icognito.

Google Chrome

Goggle Chrome masuk ke dalam top browser yang banyak digunakan saat ini karena dinilai nyaman dan sangat membantu saat berjelajah. Berbagai fitur yang ada di versi PC juga bisa Anda dapatkan di versi mobile misalnya seperti login akun Google.

Dari segi kecepatan akses, Google Chrome masih menjadi yang terbaik diantara browser HP lainnya. Sedangkan kekurangannya yaitu memakan lebih banyak data karena memuat ulang situs yang pernah ditinggalkan jika ingin kembali.

Puffin

Puffin layak menjadi browser HP terbaik karena memiliki berbagai keunggulan seperti pemilihan tema yang beragam, proses loading yang cepat, gamepad virtual, serta terintegrasi dengan Adobe Flash. Beberapa dari keunggulan tersebut bahkan tidak ada pada web browser HP lain yang lebih populer.

UC Browser

Hampir semua pengguna smartphone mengenal aplikasi web browser satu ini dan menjadikannya sebagai browser default. Fitur yang dimiliki sangat beragam dan menguntungkan salah satunya yaitu pemangkasan data saat browsing sehingga data yang dikeluarkan lebih sedikit.

Bahkan Anda bisa lebih menghemat data lagi karena UC Browser memiliki fitur yang dapat mematikan gambar. Sedangkan kekurangannya yaitu belum mendukung javascript dan rss feed sehingga sebagian pengguna akan terkendala saat ingin menampilkan mode PC atau desktop.

Safari/Surf Browser

Kurang lengkap rasanya membicarakan browser HP populer tanpa Safari browser. Web browser satu ini memiliki berbagai keunggulan yang akan meningkatkan kenyamanan penjelajahan misalnya seperti desain User Interface yang menarik.

Dolphin Browser

Dolphin Browser menjadi web browser yang istimewa karena memiliki fitur Dolphin Sonar. Fitur tersebut memungkinkan Anda untuk melakukan pencarian menggunakan suara. Selain fitur Dolphin Sonar, masih banyak fitur lainnya yang dapat Anda pertimbangkan.

Itulah rekomendasi browser paling populer yang banyak digunakan di seluruh dunia. Selain populer, browser-browser di atas juga memiliki kelebihannya masing-masing. Anda bisa memilih salah satu browser yang paling cocok dan nyaman untuk digunakan.

Give a Comment