Macam-Macam Sistem Operasi Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Berbagai macam sistem operasi yang ada saat ini membuat Anda tentunya bingung dalam membedakanya. Namun sebelum membahas lebih jauh, apakah Anda sudah mengetahui tentang sistem operasi? sistem operasi adalah sistem yang mengatur hardware dan software untuk suatu pemprograman.

Sistem operasi memungkinkan untuk membuat suatu pengaturan serta penjadwalan yang sistematis mencakup penggunaan memori, perhitungan data, penyimpanan data, penggunaan sumberdaya, dan untuk pemprosesan suatu data.

Perkembangan zaman membuat produsen membuat berbagai sistem operasi guna memudahkan para penggunanya. Namun, banyaknya sistem operasi membuat Anda kebingungan dalam memilih. Berikut akan di ulas macam-macam sistem operasi yang ada berikut ulasannya.

Kemajuan teknologi informasi membuat perkembangan di semua sektor termasuk sistem operasi. Sistem operasi di dunia amat banyak. Hal tersebut membuat Anda memiliki banyak varian untuk menggunakanya.

Berikut akan di ulas beberapa jenis sistem operasi yang cukup populer di dunia:

Windows

Salah satu sistem operasi yang cukup terkenal di dunia yaitu Windows. Windows merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft. Awalnya Windows ini dirintis oleh Microsoft dari MS-DOS. Kemudian MS-DOS ini ditingkatkan menjadi sistem operasi berbasis GUI.

Perkembangan tersebut membuat Microsoft berani untuk merilisnya pertama kali bulan November tahun 1983. Setelah Microsoft merilis untuk pertama kali kemudian dilakukan pengembangan sistem operasi dan mulai dilakukan penjualan sistem operasi pada tahun 1985.

Microsoft mengklaim operating system yang dilaunchingnya memiliki berbagai kelebihan di banding dengan sistem lainnya seperti user friendly, compatible di semua perangkat, dan memiliki beragam fitur yang cukup memanjakan penggunanya.

Kelebihan tersebut membuat Windows merupakan sistem operasi yang paling popular di Dunia. Selain itu, Windows juga memiliki dukungan software yang paling banyak di dunia sehingga penggunanya puas dan nyaman dalam menggunakan produk dari Microsoft ini.

Windows terakhir merilis sistem operasi terbaru pada 29 Juli 2015. Mereka merilis versi terbaru yakni Windows 10 yang memiliki berbagai kelebihan seperti, memiliki Windows updates, memiliki beragam fitur yang menarik serta memiliki virtual assistant yang memudahkan penggunanya.

Microsoft juga bekerjasama dengan smartphone untuk membuat suatu sistem operasi. Sistem operasi yang bekerjasama dengan Windows yaitu Windows phone. Produsen yang bekerjasama dengan Windows yaitu nokia yang mulai mengganti Symbian menjadi Windows phone.

Macintosh OS

Mungkin sebagian dari Anda pasti kurang familiar dengan sistem operasi Macintosh OS. Hal itu wajar mengingat sistem operasi Macintosh OS ini lebih dikenal luas sebagai sistem operasi MAC OS. MAC OS lebih dikenal dan langsung membuat Anda terbayang mahakarya dari Steve Jobs.

Brand apple sangat familiar di kalangan masyarakat saat ini dan menjadi sebuah produk impian yang diharapkan oleh semua orang. Produk ini pertama kali di launching pada tahun 1984 sebagai sebuah sistem operasi di dalam produk komputer Apple.

Sistem operasi Macintosh OS ini mendukung kinerja dari komputer apple sebagai sistem operasi yang memiliki basis Graphical User Interface (GUI). Hal tersebut membuat komputer apple memiliki kelebihan dari segi grafis di banding dengan sistem operasi lainnya.

Komputer Apple memiliki kelebihan dari sisi grafis dan memiliki performa yang cukup mumpuni. Komputer dengan sistem operasi ini cocok untuk desain grafis dan multimedia. Namun, kekurangan yaitu harga yang cukup mahal dan tidak terjangkau bagi sebagian orang.

Linux

Sistem operasi yang cukup popular di kalangan programmer yaitu sistem operasi Linux. Sistem operasi ini pertama kali di launching pada tahun 1991 oleh Linus Torvalds yang merupakan orang penemu sistem operasi ini.

Operasi ini cukup di gemari oleh para programmer karena sistem operasi ini dianggap memiliki keamanan jaringan yang tinggi. Hal tersebut membuat para programmer cukup nyaman untuk menggunakan sistem operasi Linux.

Namun, sistem operasi ini mengalami peyorasi karena banyak digunakan oleh hacker yang berusaha meretas suatu sistem. Sistem operasi Linux ini memiliki sifat open source yang free alias gratis yang membuatnya dapat digunakan siapa pun dan dikembangkan.

Akan tetapi, Linux tidak berkembang di kalangan umum karena sistem operasi ini tergolong tidak user friendly dan mengalami peyorasi tersebut. Meskipun faktanya demikian namun Linux tetap meluncurkan berbagai versi yang dapat Anda gunakan.

UNIX

Salah satu sistem operasi yang ada di dunia yaitu UNIX. Sistem operasi UNIX lebih banyak digunakan oleh sektor korporasi. Hal tersebut karena sistem operasi UNIX sangat compatible untuk super computer dan mainframe guna mengelola data dalam jumlah yang sangat besar.

Andorid OS

Android OS merupakan salah satu sistem operasi dari berbagai macam sistem operasi yang ada di dunia. Sistem operasi ini pertama kali di launching pada tahun 2007. Sistem operasi Android OS ini dikembangkan oleh Google INC.

Android OS ini merupakan sebuah sistem operasi yang dikembangkan khusus untuk perangkat portable seperti ponsel pintar. Hampir semua perangkat ponsel pintar saat ini menggunakan Andoroid sebagai sistem operasinya. Hal itu karena Andoroid memiliki berbagai kelebihan seperti:

  • Mampu mengoperasikan multi tasking
  • Memiliki sifat open source dan dapat digunakan semua orang
  • Memiliki dukungan dari aplikasi Google Playstore
  • Memiliki Banyak aplikasi
  • Kompatible hampir di seluruh perangkat portable

Berbagai kelebihan tersebut membuatnya digunakan hampir seluruh perangkat portable. Beberapa brand smartphone terbesar di dunia yang menggunakan sistem operasi ini yaitu OPPO, Vivo, Asus, Samsung, LG, dan berbagai jenis smartphone lainnya.

IOS

Iphone OS (IOS) merupakan sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple INC. Mendengar kata Apple pasti yang terbayang di pikiran Anda memiliki teknologi yang canggih. Pasalnya IOS ini memiliki beragam fitur yang eksklusif dan tidak dapat diakses oleh setiap orang.

Sistem operasi ini pertama kali di launching pada tahun 2007 khusus untuk iPhone dan iPod Touch. Sama seperti sebelumnya IOS tidak bersifat open source dan hanya dapat diakses oleh perangkat Apple. Hal itu karena Apple tidak memberikan lisensi kepada perangkat keras non-apple.

Berbagai Jenis Sistem Operasi Berdasarkan Bentuknya:

Sistem Operasi Stand Alone

Sistem operasi stand alone merupakan sebuah sistem operasi yang berdiri sendiri dimana dapat digunakan untuk multi user-multi tasking maupun single user-multitasking. Contoh dari sistem operasi ini yaitu Macintosh OS, linux, dan Windows OS.

Sistem Operasi Live CD

Sistem operasi ini memiliki kelebihan karena tidak mengharuskan Anda untuk mendownload maupun menginstall OS tertentu. Untuk dapat menggunakanya Anda hanya tinggal menggunakan CD / DVD untuk menggunakannya.

Umumnya sistem operasi live CD ini berukuran kecil daripada sistem operasi lainnya. Penggunaan sistem operasi Live CD ini biasa digunakan untuk keperluan khusus. Sehingga jarang digunakan untuk pemakaian umum.

Untuk menggunakan sistem operasi live CD ini Anda harus membuat bootable OS pada CD/ DVD. Kemudian Anda harus menjalankan CD-ROM tanpa harus melakukan proses download dan install aplikasi tertentu.

Sistem Operasi Embedded

Sistem operasi embedded ini biasanya digunakan untuk perangkat portable seperti ponsel pintar. Sistem kerja dari embedded ini spesifik dan tidak dapat dilakukan perubahan sewaktu-waktu dibutuhkan karena sifat dari sistem operasi ini closed sources. Berbagai contoh dari sistem operasi embedded yaitu Ecos, Java OS (Nokia S40), Lynx OS, Embedded Linux, dan lainnya.

Sistem Operasi Jaringan

Berbeda dari ketiga sistem operasi di atas, sistem operasi jaringan hanya digunakan untuk proses instalasi jaringan tertentu. Hal ini artinya bahwa sistem operasi ini tidak digunakan untuk masyarakat umum untuk membuka suatu program maupun aplikasi.

Layanan sistem operasi jaringan ini dapat mengakses berbagai sistem seperti Sharring printer, DNS Service, HTTP Service, dan berbagai jenis service lainnya. Beberapa contoh sistem operasi jaringan diantaranya Windows Server Novell Netware dan lain sejenisnya.

Jenis Sistem Operasi Berdasarkan Sifat Pengembang:

Sistem Operasi Open Source

Open source merupakan sistem operasi yang mengizinkan serta membuka sumbernya untuk dikembangkan oleh programmer lainnya. Hal ini digemari karena lebih easy user dan mudah dalam mengatasi bug yang mengganggu ketika sedang membuka sebuah program.

Sistem Operasi Closed Source

Sistem operasi closed source ini meiliki kelebihan yaitu tingkat keamanan tinggi, mendapat dukungan dari pengembang, dan memiliki fitur yang eksklusif. Contoh OS Closed Source yaitu Macintosh OS dan Windows.

Jenis Sistem Operasi Berdasar Jumlah Pengguna dan Program:

Single User-Single Tasking

Sistem operasi jenis ini yaitu sistem operasi yang hanya mampu menjalankan suatu aplikasi maupun program dan hanya satu dapat digunakan oleh satu orang user. Sebagai contoh MS-DOS (Microsoft Disk Operating System).

Multi User-Single Tasking

Sistem operasi yang dapat digunakan oleh banyak user namun menggunakan satu program atau aplikasi tertentu. Contoh dari sistem operasi ini yaitu Novell Netware dengan basis DR-DOS.

Single User-Multi Tasking

Sistem operasi dengan jenis ini dapat digunakan oleh pengguna tunggal namun mampu digunakan untuk berbagai program dan aplikasi. Aplikasi ini umum digunakan pada saat ini seperti Windows OS, Macintosh OS, dan lainnya.

Multi User-Multi Tasking

Sistem operasi yang memungkinkan untuk digunakan banyak user dengan menggunakan banyak aplikasi maupun program dalam suatu waktu tertentu. Contoh dari sistem operasi ini Linux, UNIX, dan lain sebagainya.

Itulah Berbagai macam sistem operasi yang ada di dunia. Sistem operasi tersebut dapat menjadi referensi Anda dalam memilih jenis sistem operasi yang sesuai dengan keinginan Anda. Perlu diperhatikan bahwa setiap sistem operasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Give a Comment