44 Macam Perangkat Keras dan Fungsinya yang Harus Diketahui

Bagi yang sering menggunakan komputer pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah hardware atau perangkat keras, apalagi buat yang hobi main game.

Secara pengertian, hardware merupakan komponen fisik pada komputer ataupun laptop yang saling berhubungan sehingga dapat berfungsi dengan baik. Bagi yang sering otak-atik PC biasanya lebih dikenal dengan sebutan “Jeroan”.

Setiap jenis hardware memiliki fungsi dan spesifikasi yang berbeda-beda. Semakin bagus jeroan atau perangkat keras yang digunakan maka akan semakin optimal kinerja komputernya.

Nah, sebelum kamu memutuskan untuk membeli hardware maka sebaiknya pelajari terlebih dahulu macam-macam perangkat keras yang terdapat pada komputer dan fungsinya dibawah ini:

Keyboard

Keyboard merupakan alat untuk mengetik semua data berupa huruf, tanda baca, angka dan juga simbol agar bisa terbaca oleh komputer. Tanpa keyboard kamu tidak akan bisa menggunakan mengetik tulisan, mengedit gambar bahkan bermain game di komputer

Nah, belakangan ini mulai bermunculan keyboard dengan berbagai macam bentuk yang keren dilengkapi fitur yang canggih khususnya untuk para gamers yang ingin mendapatkan kepuasan di setiap permainan.

Harganya pun relative, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Mouse

Perangkat keras yang bentuknya “imut” dilengkapi tombol kanan dan kiri yang bisa di “klik” berfungsi untuk menggerakkan pointer atau kursor dari satu tempat ke tempat yang lain.

Mouse juga dilengkapi komponen penggerak berupa bola atau laser sehingga kursor bisa berpindah-pindah tempat. Selain itu, ada juga roda kecil dibagian tengahnya yang digunakan untuk melakukan scrolling dari atas kebawah dan sebaliknya.

Joystick

Perangkat yang satu ini sering digunakan oleh para gamers. Yups, joystick merupakan bagian dari hardware yang memiliki bentuk seperti perseneling mobil yang biasa dipakai untuk bermain games di komputer.

Saat ini sudah banyak joystick yang menggunakan teknologi buletooth yang bisa terkoneksi tanpa menggunakan kabel sama sekali. Joystick ini cocok banget untuk kamu yang memang terjun sebagai professional gamers.

Touchpad

Selain menggunakan mouse, untuk menggerakkan pointer atau kursor juga bisa menggunakan touchpad. Biasanya perangkat ini terdapat di dalam laptop dan notebook yang dibawahnya terdapat dua tombol yang bisa diklik.

Sebaiknya touchpad tidak terkena air dan minyak karena dapat mengurangi tingkat sensitivitasnya sehingga sulit dikontrol. Selain itu, untuk mengganti touchpad ini harus dibongkar bagian dalamnya karena terhubung langsung dengan mother board.

Pilih touchpad yang memiliki kualtias yang bagus, jangan pilih yang produknya tidak jelas karena nantinya bisa cepat rusak.

CD (Compact Disc)

Perangkat keras pada komputer ini sering dipakai untuk menyimpan data dengan memanfaatkan sistem optikal. Terbuat dari bahan baku plastik dengan bentuk lingkaran dan pada bagian tengahnya terdapat lubahng kecil.

Walaupun saat ini sudah ada perangkat modern untuk menyimpan data seperti flashdisk dan hard disk eksternal tapi tetap saja masih banyak yang menggunakan CD karena dianggap lebih cepat, simpel dan lebih aman.

Modem

Kalau kamu sering menggunakan internet pasti tahu banget dong yang namanya modem. Perangkat ini memiliki bentuk yang beragam tergantung tipe dan mereknya. Ada 2 jenis modem yaitu model usb memanfaatkan paket data yang ada di dalam simcard dan model wifi yang memanfaatkan jaringan internet dengan bentuk sinyal.

Setiap modem berbeda harganya tergantung jenis modem yang digunakan. Ada modem yang hanya untuk 1 PC, ada juga modem yang bisa tethering dengan pc atau device lainnya.

CD/DVD ROM

Nah, untuk perangkat yang satu ini digunakan untuk memasukan dan membaca data yang ada pada CD dan juga DVD. Untuk PC, alat ini harus dipasang pada mother board CPU, sedangkan untuk laptop biasanya sudah terpasang permanen dibagian sampingnya.

Jika pada CPU atau laptop kamu belum ada CD/DVD ROM, tidak perlu khawatir. Kamu bisa beli CD/DVD ROM eksternal yang sudah banyak di jual di berbagai toko komputer.

Digitizer

Memiliki bentuk seperti papan dengan pena khusus untuk menggambar menjadikan Digitzer sebagai perangkat yang sangat membantu para desainer.

Perangkat keras untuk membuat desain ini terhubung langsung dengan komputer, sehingga apa yang kamu gambar pada papan akan langsung diubah menjadi gambar digital yang bisa terlihat langsung di monitor.

Barcode Scanner

Jika kamu sering belanja di supermarket pasti pernah melihat alat di kasir yang memiliki bentuk ganggang panjang dilengkapi laser pada bagian kepalanya untuk scanning setiap barcode yang ada pada belanjaan, alat itu disebut barcode scanner.

Alat tersebut dibuat khusus untuk membaca setiap kode barcode yang sudah disesuaikan dengan database pada komputer.

Light Pen

Perangkat ini berbentuk seperti pulpen dan dilengkapi dengan sensor elektrik dan terhubung dengan kabel.

Light pen bisa berfungsi jika dicolo pada komputer ataupun laptop. Alat ini digunakan untuk mengubah atau mengedit gambar pada monitor komputer.

Scanner

Scanner adalah model hardware yang digunakan untuk mengubah data real pada kertas yang dapat dikonversi menjadi data digital sehingga bisa terbaca oleh kompuer.

Data digital yang terbaca akant tersimpan dalam format PDF. Selain data pada kertas, alat ini juga bisa digunakan untuk mengkonversi data lainnya seperti KTP, Stnk, sim, dan lainnya.

Sekarang ini, teknologi menjadi lebih canggih yang juga bisa digunakan menelpon, fotocopy dan mengirim fax.

Tiap scanner memiliki bentuk dan cara kerja yang berbeda seperti:

  • Scanner gambar dan barcode
  • Scanner metal
  • 3D Scanner
  • Scanner Xray
  • Scanner OMR

Trackball

Trackball merupakan komponen yang dipasang pada mouse yang memiliki sensor untuk menggerakan kursor atau pointer pada monitor komputer ataupun laptop.

Belakangan ini mulai muncul beberapa keyboard yang juga dilengkapi trackball untuk mempermudah perpindahan kursor.

Microphone

Perangkat keras ini digunakan untuk mengkonversi suara kamu menjadi digital yang bisa didengar melaui headset dan speaker komputer. Microphone sering dipakai untuk video call atau webcam dan juga live streaming di berbagai jejaring sosial.

Bagi kamu yang terjun di dunia vloging, sebaiknya memilih microphone khusus yang dilengkapi peredam sehingga jika ada suara dari luar tidak ikut terdengar.

WebCam

Ketika melakukan video call atau melakukan streaming tentunya wajah kamu harus kelihatan dong, disinilah peran WebCam. Perangkat ini memiliki komponen kamera real-time untuk sehingga kamu bisa bertatap muka melalui layar monitor dengan lawan bicaramu selama terhubung dengan internet.

WebCam ini menjadi perangkat wajib bagi youtuber dan gamers yang sering live streaming di depan komputer. Pilih lah WebCam yang memiliki kualitas gambar yang jernih dan fitur pendeteksi wajah yang bagus.

Hardware diatas bisa dibilang berupa perangkat input dimana semua fungsinya akan berjalan jika terhubung dengan komponen PC ataupun laptop. Ada juga beberapa perangkat keras komputer yang merupakan komponen inti agar komputer atau laptop bisa beroperasi secara optimal.

Motherboard

Sesuai dengan sebutannya, motherboard merupakan induk dari berbagai perangkat keras pada komputer yang saling terhubung satu dengan yang lainnya. Bentuknya seperti papan yang dilengkapi jalur penghubung antar komponen dengan berbagai jenis tipe tergantung bentuk PC ataupun Laptopnya.

Setiap komponen yang terdapat pada motherboard memiliki fungsinya tersendiri sesuai dengan jalur dan konektor pada papan PCB.

Gambar diatas adalah contoh salah satu motherboard yang digunakan pada PC IBM yang sudah disesuaikan dengan spesifikasi PC IBM itu sendiri sehingga dapat bekerja dengan baik.

Terkadang, motherboard ini juga sering disebut mainboard karena merupakan perangkat utama yang menyatukan semua komponen penting pada PC komputer. Bisa dibilang perangkat ini adalah “kepala” nya komputer yang mengatur semua fungsi di dalam komputer.

Setiap jenis PC memiliki bentuk motherboard yang berbeda tergantung susunan komponen seperti prosesor, ram dan VGA yang digunakan di dalamnya. Pastikan motherboard kamu yang memiliki kualitas yang bagus jangan yang “kaleng-kaleng” ya.

CPU atau Prosesor

Jika motherboard berfungsi sebagai kepala maka CPU adalah otaknya. Yups, Central Processing Unit (CPU) merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menganalisa dan melakukan berbagai perintah yang berasal dari perangkat lunak atau software.

CPU ini terpasang di atas sirkut motherboard yang terhubung dengan komponen lainnya seperti chip bios, VGA , RAM dan lainnya. Perangkat ini terpasang secara permanen sehingga jika ingin menggantinya maka harus mengganti motherboard-nya juga.

Jika tidak ada CPU maka semua aktivitas di dalam komputer tidak akan bisa berjalan, maka dari itu jangan sampai CPU kamu rusak ya.

Layar LCD

Perangkat yang satu ini juga termasuk perangkat utama karena semua visual grafis yang dihasilkan setiap komponen akan terlihat melalui layar monitor. Dahulu, bentuk monitor berupa layar tabung dengan ukuran yang cukup besar.

Namun, seiring perkembangan teknologi kini layar monitor bentuknya lebih slim atau tipis sehingga tidak memakan banyak tempat, bahkan bisa dipindahkan dengan mudah.

Semua tampilan visual pada monitor merupakan output dari perangkat software dan hardware yang saling terintegrasi sehingga menampilkan gambar yang bisa diakses oleh pengguna komputer.

Monitor memiliki ukuran yang berbeda-beda yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Setiap merek monitor memiliki resolusi yang berbeda-beda, semakin baik resolusinya makan gambarya akan semakin tajam.

Berdasarkan bentuk dan tipenya, monitor terbagi menjadi beberapa macam jenis, diantaranya :

– Layar Tabung
– Monitor LCD
– Monitor Plasma
– Monitor OLED

Setiap jenis monitor memiliki fungsi dan pengaturan perangkat yang bervariasi, cara pengaturannya bisa kamu lihat dibuku panduan yang tersedia.

RAM

Random Access Memory atau RAM berfungsi untuk menyimpan berbagai macam file data yang ada pada komputer. Semua data tersebut akan tersimpan dalam satu waktu di tempat yang tersedia. Selama belum terhapus maka data tersebut bisa kamu akses kapanpun.

Sekedar informasi saja, RAM mulai dipopulerkan sekitar tahun 60 an dengan harga yang bisa dibilang cukup mahal. Dahulu hanya digunakan untuk lembaga pemerintahan dan juga riset laboratorium.

File yang tersimpan RAM bisa diubah dan juga dibaca, berbeda dengan ROM (read-only-memory). Besarnya file yang bisa disimpan disesuaikan dengan kapasitas RAM itu sendiri. Semakin besar kapasitasnya maka semakin banyak data yang bisa kamu simpan.

Sedangkan untuk ROM merupakan bentuk lain dari RAM yang hanya bisa dibaca saja tapi tidak bisa diubah. Ingin tahu lebih detail mengenai ROM ? lanjut baca penjelasan dibawah.

ROM

Read only Memory atau ROM lebih sering disebut memori baca. Bisa dibilang ROM ini seperti memory internal tapi tidak bisa diganti sama sekali. Sama seperti RAM, fungsi dari ROM itu sendiri juga untuk menyimpan data.

Namun, ROM ditanam permanen yang artinya semua data yang sudah tersimpan tetap bertahan atau tidak akan hilang walaupun komputer sudah dimatikan.

Semua data yang tersimpan di dalam ROM merupakan data bawaan yang sudah di install terlebih dahulu dari pabrik rakitannya. Sehingga tidak bisa dihapus tapi hanya bisa dibaca.

Ini juga yang menjadi alasan kenapa firmware dipasang di dalam ROM supaya semua fungsi software inti tetap berada di dalam penyimpanan komputer.

Contohnya adalah BIOS yang khusus untuk melakukan pengaturan semua sistem komputer sehingga bisa dinyalakan. Hal ini dikarenakan BIOS merupakan software yang mengatur semua fungsi perangkat keras pada komputer.

Hard drive

Hard Drive atau yang lebih dikenal hard disk drive (HDD) merupakan hardware yang digunakan untuk menyimpan berbagai jenis file dengan komponen disk magnetic. Perangkat ini dibuat oleh insinyur Reynold Johnson pada tahun 1956.

Dulu, hard drive memiliki ukuran yang sangat besar dengan tinggi sekitar 0,5 meter dengan rotasi 1.200 rpm sedangkan kapasitasnya waktu itu masih kecil sekitar 4,4 MB.

Selain itu, hard disk pertama ini juga memiliki komponen yang cukup banyak tercatat ada 50 disk di dalamnya.

Tapi sekarang, hard drive telah hadir dalam bentuk yang lebih kecil sekitar 15 cm dengan kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar mulai dari 750 MB hingga 3 TB. Semakin besar kapasitasnya maka semakin luas ruang penyimpanannya dan sudah pasti semakin mahal pula harganya.

Flash Drive

Flash drive merupakan perangkat keras eksternal yang juga digunakan untuk menyimpan berbagai macam data mulai dari gambar, dokumen, video, dan lainnya.

Perangkat yang juga dikenal dengan sebutan flash disk ini memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga mudah dibawa dan disimpan, jadi kamu bisa lebih leluasa menyimpan data dari komputer lain.

Pertama kali flash drive diperkenalkan di Indonesia sekitar tahun 2006 dengan kapasitas penyimpanan yang masih kecil sekitar 64 MB. Seiring perkembangan waktu, ruang penyimpannya terus diupgrade sehingga bisa menampung hingga 512 GB.

Dahulu, untuk menyimpan data menggunakan floopy disk sebagai perangkat memory eksternal. Bentuknya berupa disket atau cakram padat berukuran kurang lebih 7 cm.

Dengan hadirnya flash disk maka untuk menyimpan data menjadi lebih mudah, tinggal colok ke pc atau laptop dan data pun siap untuk disimpan.

Namun, flash disk tetap memiliki kekurangan salah satunya tidak mampu bertahan lama maksimal umurnya hanya 5 tahun, lebih pendek dibandingkan umur CD atau DVD yang bisa menyimpan berbagai macam file hingga 12 tahun.

Floppy Disk

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Floopy merupakan perangkat ekseternal pertama yang digunakan untuk menyimpan data. Perangkat yang sering disebut disket ini memiliki komponen penyimpanan berupa magnetic tipis dilengkapi dengan fleksibel dan ditutup dengan casing plasting berbentuk persegi.

Disket mulai digunakan sekitar tahun 1970-an dan terus dipakai hingga akhirnya pada tahun 2000 mulai banyak motherboard yang sudah tidak mendukung ruang untuk disket.

Perangkat penyimpanan pun beralih ke CD/DVD RW yang dapat menyimpan data dengan kapasitas yang jauh lebih besar dibandingkan Floopy disk.

Alasan lain tergusurnya disket sebagai perangkat penyimpanan adalah karena kapasitasnya yang sangat kecil yang hanya 1,44 MB. Wajar saja jika akhirnya keberadaan floopy disk mulai punah dan tergantikan dengan penyimpanan eksternal lainnya.

Router

Perangkat yang satu ini sering terlihat di warnet, café dan perkantoran. Router merupakan alat untuk mengirim data jaringan internet ke setiap device dengan melalui proses yang disebut routing.

Jika dilihat dari definisinya, berarti kamu sudah mengerti dong jika router merupakan penghubung dari satu jaringan internet ke jaringan internet lainnya yang bisa dikases melalui PC dan laptop.

Beda halnya dengan Switch yang hanya berfungsi sebagai penghubung untuk jaringan LAN atau Local Area Network.

Repeater

Repeater merupakan jenis hardnware untuk menghubungkan jaringan komputer dengan perangkat lainnya yang terpisah jarak. Perangkat ini wajib ada di gedung-gedung tinggi karena memang jarak setiap lantainya cukup jauh.

Pemasangan repeater dilakukan pada beberapa titik tertentu yang berfungsi untuk memperbarui transimisi sehingga kondisi sinyal yang dipancarkan masih tetap baru seperti ketika dipancarkan pertama kali.

Switch


Switch digunakan untuk menghubungkan setiap jaringan LAN. Perangkat ini dioperasikan pada layer 2 terkadang di layer 3 (layer jaringan) dari Referensi OSI sehingga mendukung protocol paket data.

LAN yang terhubung malalui switch akan diaktifkan sehingga jaringan ethernet akan terbaca di layar monitor. Selain itu, perangkat keras ini juga sering dipakai untuk penghubung antar jaringan komputer di area yang terbatas seperti server, gudang dan sebagainya.

Hub

Jika switch menghubungkan kabel jaringan komputer, sedangkan hub ini digunakan untuk menguhubungkan kabel ethernet yang berperan sebagai plot jaringan. Biasanya, kalau kamu membeli router dan switch nanti akan mendapatkan juga perangkat hub ini.

Kartu Jaringan atau Kartu LAN

Perangkat yang memiliki nama lain Network Interface Card ini merupakan kartu akses jaringan sebagai penghubung kabel jaringan seperti internet, jaringan printer atau hanya menghubungkan beberapa jaringan lainnya ke PC komputer dan juga laptop.

Perangkat ini menggunakan alamat MAC untuk menghubungkan setiap jaringan. Ada beberapa jenis LAN Card seperti PCMCIA Card yang biasa dipasang pada laptop.

Pemasangan LAN Card ada yang dihubungkan lewat port PCI tapi ada juga yang sudah ditanam secara permanen di dalam motherboard komputer. Nantinya LAN Card yang terpasang akan menentukan protocol yang akan dipakai setiap jaringan yang terpasang.

LAN Card menjadi komponen wajib karena semua komputer dan laptop saat ini pasti membutuhkan jaringan internet. Selain itu, harganya juga cukup terjangkau sehingga tidak terlalu menguras kantong kamu.

VGA (Video Graphics Array)

Supaya tampilan pada layar komputer terlihat jernih dan tajam maka harus dipasang VGA (Video Graphics Array). Produsen komputer yang pertama kali memasarkan VGA sebagai standar display komputer analog adalah IBM.

Namun, sekarang ini sudah VGA sudah diganti dengan standar terbaru, sedangkan standar yang lama masih tetap diaplikasikan untuk pocket PC.

VGA menggunakan prosessor yang disebut GPU (Graphic Processing Unit). Resolusi awal dari VGA memiliki ukuran 640 X 480 pixel. Nah, sekarang ini sudah hadir super VGA yang resolusinya lebih besar yaitu 800 x 600 dan 1024 x 768.

Bagi para gamers, kualitas dari suatu VGA menjadi poin yang sangat penting karena jika VGA jelek nantinya grafis game-nya jadi seperti pecah-pecah atau blur.

Sekarang ini produksen grafis yang paling terkenal adalah nVidia dan ATI, kamu juga harus hati-hati karena belakangan ini mulai bermunculan VGA palsu yang berlabel merek tersebut.

Printer

Printer merupakan jenis hardware yang digunakan untuk mencetak data dari komputer menjadi hasil real. Beberapa jenis data yang bisa dicetak diantaranya dokumen berupa tulisan, foto, desain undangan, kartu id dan lainnya.

Perangkat ini memiliki beberapa bagian seperti tempat untuki meletakan tinta berwarna dan hitam, baki (tempat untuk meletakan kertas), terkadang juga dilengkapi fitur untuk scan dan fotocopy.

Selain digunakan untuk mencetak data pada komputer dan laptop, sekarang sudah ada printer yang bisa mencetak data secara langsung dari smartphone, jadinya kamu tidak perlu bingung ketika harus mencetak dokumen dengan cepat.

Harga printer bervariasi tergantung fitur dan kualitas dari cetakannya. Biasanya, printer yang menggunakan toner atau tinta suntik lebih mahal ketimbang printer dengan tinta refil.

Proyektor LCD

Perangkat yang satu ini sering digunakan untuk presentasi ataupun mengadakan seminar. Proyektor LCD menggunakan sistem output dari komputer untuk menampilkan file berupa gambar dan video dengan bantuan layar putih atau bisa juga menggunakan tembok putih.

Proyektor jenis ini merupakan perangkat pengembangan dari tipe sebelumnya yaitu Overhead Projector (OHP) yang masih menggunakan kertas bening untuk menampilkan tulisan dan gambar.

Sedangkan proyektor LCD tinggal menyambung kabel VGA ke laptop dan komputer dan kamu sudah bisa menampilkan gambar dan video yang bisa dilihat bersama dengan tampilan yang lebih besar.

Speaker

Perangkat ini berfungsi untuk mengeluarkan suara dari komputer dengan menggunakan transduser untuk mengubah sinyal listrik yang dihasilkan menjadi suara yang bisa terdengar oleh kita semua.

Setiap jenis speaker memiliki kualitas yang berbeda tergantung dari komponen yang ada didalamnya. Buat kamu yang suka mendengar music dan juga nonton film pastinya wajib memiliki speaker. Memangnya kamu mau nonton film atau menyalakan music tapi nggak ada suaranya ? hehe.

UPS

Perangkat yang satu ini berfungsi layaknya batrai tapi dalam kapasitas penyimpanan listrik yang lebih besar. UPS (Unit Power Supply) berfungsi sebagai penyimpan daya lisrik otomatis sehingga ketika mati listrik komputer kamu tetap menyala.

Dengan adanya UPS kamu tidak harus khawatir jika suatu saat sedang mengerjakan tugas atau pekerjaan tiba-tiba komputer mati mendadak akibat kehabisan daya.

Selain itu, UPS juga berfungsi sebagai penahan arus listrik berlebih, sehingga jika terjadi konsleting listrik tidak langsung mengenai komponen utama PC ataupun laptop sehingga terhindar dari kerusakan.

Kehadiran UPS sangat diperlukan oleh perusahaan khususnya yang bergerak di bidang teknologi karena dominan menggunakan komputer. Selain untuk komputer juga bisa digunakan untuk perangkat elektrik rumah tangga seperti rice cooker, blender, tv dan lainnya.

Power Supply

Power supply digunakan untuk mengalirkan tegangan listrik yang berasal dari sumber listrik utama ke bagian inti komputer seperti harddisk, motherboard, fan dan lainnya. Secara garis besar, power supply ini berfungsi untuk mengubah arus listrik yang diterima yang pada awalnya bolak-balik (AC) menjadi searah (DC) sehingga lebih efisien..

Metode kerja dari power supply terbilang sederhana, ketika kamu menekan tombol power maka selanjutnya power supply akan melakukan pengecekan. Setelah dinyatakan sukses, selanjutnya power supply akan mengirimkan sinyal khusus ke motherboard.

Buat kamu yang mau menggunakan PC tanpa harus menyedot listrik yang cukup besar, sangat disarankan untuk menggunakan power khususnya untuk warnet, perkantoran dan juga lab sekolah.

Heatsink

Kalau kamu pernah membuka bagian dalam PC pasti melihat ada kipas kecil yang terhubung dengan komponen semacam logam alumunium, itulah yang disebut heatsink. Fungsi dari heatsink itu sendiri adalah untuk menghilangkan hawa panas yang keluar dari komputer sehingga tidak terjadi overheat.

Jika terjadi overheat atau panas berlebih dapat membuat komponen motherboard dan harddisk menjadi rusak bahkan bad sector sehingga fungsi komputer dapat terganggu.

Kipas atau fan yang terdapat pada heatsink ditempel menggunkaan gel atau pasta khusus komputer, banyak kok yang jual di toko komputer.

SSD

Jika sebelumnya kamu biasa menyimpan data komputer menggunakan harddisk, kini telah hadir inovasi terbaru yaitu SSD (Solid State Drive). Dengan menggunakan SSD semua proses penyimpanan dan akses data menjadi lebih cepat karena dilengkapi chip memori flash yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan UFD (USB Thumb Drive).

Bukan itu saja, kecepatan menggunakan SSD ini juga bisa kamu rasakan ketika melakukan booting windows dan melakukan transfer file, pokoknya wuzzz banget deh.

Wajar saja jika SSD lebih mahal daripada HDD karena selain aksesnya yang lebih cepat, ternyata juga kuat terhadap getaran, lebih hemat daya listrik, lebih ringan dan guncangan serta tidak cepat panas. Bisa dibilang sesuai lah antara harga dengan kualitas dan kepuasan yang bisa kamu dapatkan.

Namun kekurangannya adalah umur penggunaan SSD ini jauh lebih pendek dibandingkan HDD karena siklus write and read pada SSD lebih pendek.

Sound Card

Selain untuk mengolah data, komputer juga sering digunakan untuk merekam suara dan memutar musik menggunakan aplikasi khusus atau yang sering disebut media player.

Aplikasi ini dapat berjalan dengan baik dan mengeluarkan suara karena adanya perangkat keras suara yang disebut sound card. Perangkat ini terpasang pada motherboard komputer yang saling terhubung.

Sound Card itu sendiri terbagi menjadi 3 macam yaitu sound card onboard (tertanam di motherboard), sound card offboard (bisa dibongkar pasang) dan sound card external berbentuk USB.

Card Reader

Kamu mau memindahkan gambar dari memori smartphone ke komputer, mudah kok tinggal menggunakan card reader. Fungsi utama dari perangkat ini sudah pasti untuk membaca data yang ada pada memory card kemudian ditransfer ke komputer.

Untuk laptop biasanya memiliki card reader yang sudah terpasang dari pabrik, sedangkan untuk pc harus menggunakan card reader eksternal yang terhubung melalui kabel usb.

Setiap slot pada card reader memiliki ukuran yang berbeda tergantung dari jenis memorinya seperti mini SD, micro SD, XD Card, MMC, RS-MMC, Memory Stick Pro dan Memory Stick Micro.

Kamu tinggal memasukan memori card yang ingin dipindahkan filenya ke dalam slot card rider. Kemudian lihat monitor komputer biasanya ada keterangan sedang mendetect perangkat baru, setelah kamu lihat disitu akan muncul file memori milikmu.

ZIP Drive

sumber: en.wikipedia.org/wiki/Zip_drive

Dahulu ketika media penyimpanan eksternal seperti flash disk belum muncul, untuk menyimpan data menggunakan hardware bernama ZIP Drive. Awalnya, perangkat ini mampu menyimpan 100 MB kemudian diupgrade kapasitasnya menjadi 250 MB hingga 750 MB.

Puncak kejayaan ZIP Drive pada tahun 1994 dimana beberapa produsen komputer besar seperti Apple dan Dell menambahkan perangkat ini ke dalam komputer yang mereka produksi sehingga menjadi internal.

Hingga akhirnya, pada tahun 1999 – 2003 penjualan ZIP Drive menurun drastis karena muncul CD-R dan DVD RW sebagai media penyimpanan data yang lebih fleksibel dan kapasitas yang lebih besar dengan harga yang lebih terjangkau.

Headset

Headset merupakan perangkat khusus audio yang dilengkapi dua perangkat input yaitu microphone dan perangkat output berupa speaker. Kedua perangkat ini digabung menjadi satu yang terhubung dengan kabel jack atau colokan.

Biasanya pada bagian ujung speaker terdapat penutup khusus agar suaranya lebih terdengar halus. Dilihat dari bentuknya, headset terhubung dengan kabel panjang yang bisa dilingkarkan di kepala dan dilengkapi microfon pada kabel bagian kanan.

Headset dipasang dengan cara dicolok ke port khusus pada laptop ataupun PC, bisa juga untuk smartphone. Selain itu, headset juga sering dipakai untuk video chat, voice call, live streaming dan lainnya.

Untuk kontektifitasnya, headset dilengkapi 2 jack dengan ukuran 3,5mm yang nantinya dicolok ke sound card PC.

Kedua jack tersebut memiliki fungsi sebagai input untuk mikrofon dan juga output untuk speaker. Sekarang ini, koneksi headset sudah lebih canggih menggunakan fitur berupa USB dan Bluetooth sehingga lebih mudah untuk dipasang.

Headphone

Dilihat dari desainnya, headphone hampir mirip dengan headset. Perbedaannya, headphone memiliki busa yang lebih tebal pada bagian speaker sehingga lebih nyaman ditelinga dan suara yang dihasilkan lebih berkualitas.

Di Indonesia, penggunaan headphone lebih sering untuk bermain game dan rekaman musik karena dianggap mampu menghasilkan suara yang jernih. Belakangan ini mulai muncul berbagai macam varian headphone dengan teknologi yang semakin baru.

Earphone

Earphone memiliki fungsi yang sama dengan headset dan headphone, bedanya bentuknya lebih kecil sehingga mudah untuk disimpan dan dibawa kemanapun. Selain itu juga lebih simple digunakan karena ukurannya lebih minimalis.

Selain itu, bagian speakernya terdapat busa kecil sehingga dapat menyaring suara yang keluar dengan baik. Kekurangannya, pada earphone tidak dilengkapi microfone ataupun pengatur volume suara sehingga hanya berfungsi untuk mendengarkan suara saja.

Handsfree

Handsfree merupakan pengembangan dari earphone yang dilengkapi perangkat tambahan seperti microphone dan tombol untuk mengatur besar dan kecilnya suara. Bagian ujungnya dilengkapi penutup semacam karet agar lebih mudah menempel di telinga.

Selain itu, bagian kabelnya lebih tebal sehingga tidak mudah putus ketika ditarik. Pada bagian microphone terdapat tombol khusus untuk mengangkat telepon masuk dan mematikan sambungan telepon, bisa juga untuk memutar musik yang ada di playlist komputer.

Sekarang ini sudah banyak handsfree yang dilengkapi teknologi terbaru seperti menggunakan teknologi Bluetooth tanpa menggunakan kabel sama sekali yang bisa dipasang untuk smartphone.

Semua penjelasan mengenai perangkat keras komputer dan fungsinya yang ada di atas bisa menjadi modal buat kamu yang ingin merakit komputer sendiri. Dengan memahami setiap fungsinya maka kamu tidak akan kebingungan ketika harus merakit setiap komponennya.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *