Macam-macam Perangkat Keras Internet dan Fungsinya

Banyak masyarakat awam yang belum memahami macam-macam perangkat keras internet sehingga mengira penggunaan internet cukup hanya dengan menghubungkan komputer dengan modem atau smartphone dengan SIM Card. Padahal tidak sesederhana itu dan butuh setidaknya 13 macam perangkat keras internet.

Pengertian perangkat keras internet sendiri adalah perangkat untuk mengakses internet yang bersifat fisik sehingga dapat dilihat dan dipegang. Selain perangkat keras jaringan internet ada jua perangkat lunak internet, yaitu perangkat untuk mengakses internet dalam bentuk software sehingga tidak bisa dilihat dan dipegang.

Ketahui terlebih dahulu:

Bagi Anda yang ingin mengetahui perangkat apa saja yang dibutuhkan untuk dapat mengakses internet …

Berikut penjelasan tentang 13 macam perangkat keras internet dan fungsinya:

Router

Perangkat keras internet yang disebut router berfungsi sebagai pengirim data lewat jaringan internet yang disebut routing. Router bisa dipakai untuk menghubungkan jaringan-jaringan kecil ke jaringan internetwork yang lebih besar atau sebaliknya, membagi jaringan internetwork ke beberapa subnetwork untuk mempermudah managemen dan meningkatkan kinerja.

Fasilitas yang dimiliki router terdiri atas DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) untuk membagi IP Address dan NAT (Network Addres Translator) yang membuat koneksi internet dari satu IP Address dapat dishare ke IP Address yang lain.

Repeater

Fungsi perangkat keras internet yang satu ini adalah untuk memperluas jangkauan sinyal WIFI . Perangkat ini terdiri dari dua komponen, yaitu komponen penerima sinyal dari server dan komponen penyebar sinyal WIFI atau accespoint.

Repeater biasanya digunakan untuk mengcover daerah-daerah yang sinyal WIFInya lemah karena jauh dari server, untuk menambah daya jangkau sinyal dari server dan untuk memudahkan akses sinyal WIFI.

Switch

Perangkat keras internet yang bernama Switch ini bisa diibaratkan sebagai jembatan data yang memproses dan mengirimkan data dari hardware ke layer dengan model OSI. Fungsi Switch adalah menerima dan meneruskan informasi dari berbagai sumber yang terkoneksi untuk diteruskan ke perangkat yang membutuhkan.

Dengan menggunakan switch, memungkinkan terjadinya pertukaran paket data dari satu perangkat ke perangkat lainnya, baik untuk mengirim, menerima dan memprosesnya.

Hub

Hub atau network hub merupakan perangkat keras jaringan internet yang berfungsi menghubungkan dua atau lebih komputer yang berada dalam lingkup jaringan yang sama, sehingga komputer yang saling terhubung tersebut dapat saling bertukar data.

Untuk dapat menjalankan fungsinya perangkat hub dilengkapi dengan banyak port ethernet agar dapat dipakai untuk menghubungkan perangkat yang satu dengan yang lain. Dengan terhubungnya semua perangkat menggunakan por hub membuat perangkat-perangkat tersebut tersambung pada jaringan LAN. Disaat itulah semua perangkat dapat saling bertukar data.

Modem ADSL

Diantara sekian banyak perangkat keras internet beserta fungsinya, yang sudah tidak asing lagi adalah Modem ADSL atau DSL. Fungsi perangkat keras internet ini sebagai penghubung antara router atau komputer ke saluran telepon.

Sistem kerja dari Modem ADSL hampir sama dengan modem Voiceband konvensional yaitu memproses transmisi menggunakan nada-nada berfrekuensi tinggi ke sebuah DSLAM (Digital Subscriber Line Acces Multiplexer).

Saluran Telepon

Saluran telepon terbagi atas dua jenis yaitu jaringan tetap dan jaringan bergerak. Telepon yang menggunakan kabel seperti telepon rumah dan kantor merupakan contoh dari jaringan tetap, sedang telepon seluler, satelit dan radio trunking adalah contoh jaringan bergerak.

Fungsi saluran telepon sebagai perangkat keras internet sangat penting karena menjadi perantara antara komputer dengan jaringan internet.

ISDN (Integrated Sevices Digital Network)

Layanan digital yang disebut ISDN ini berfungsi untuk mengintegrasikan dan mentransmisi data dalam bentuk gambar, video, grafik, voice dan teks lewat kabel telepon. Layanan ini membutuhkan line telepon digital sehingga tidak semua area dapat memanfaatkan layanan ini karena di Indonesia belum semua wilayah menggunakan line telepon digital.

ISDN memiliki dua channel komunikasi yaitu PRI (Primary Rate Interface) dan BRI (Basic Rate Interface). Channel yang kedua inilah yang umumnya dipakai untuk rumah dan kantor.

Satelit

Satelit merupakan perangkat keras internet yang sangat dibutuhkan untuk dapat mengakses internet di area yang tidak terjangkau line telepon serta teknologi broadband lainnya, karena fungsi dari satelit adalah penerus sinyal dari satu titik ke titik lainnya.

Untuk dapat menerima sinyal dari satelit dibutuhkan stasiun penerima sinyal yang disebut VSAT (Very Small Aperture Terminal). Bentuknya berupa piringan dengan diameter sekitar 3 meter. Dengan menggunakan VSAT seseorang dapat mengirim sekaligus menerima data dan fungsi dari satelit adalah meneruskan data VSAT ke titik lainnya yang ada di muka bumi.

Twisted Pair atau Unshield Twisted Pair (UTP)

Kabel UTP (Unshield Twisted Pair) merupakan perangkat keras internet yang berbentuk sepasang kabel terpilin satu dengan yang lain guna mengurangi interferensi listrik. Pasangan kabel ini bisa terdiri atas dua, empat atau lebih meski yang sering dipakai pada jaringan komputer biasanya 4 dan 8 pasang kabel yang memiliki warna berbeda-beda.

Fungsi dari kabel UTP adalah sebagai penghubung berbagai perangkat seperti komputer, server, switch, acces point, router, hub dan printer dalam satu jaringan, sehingga semua perangkat yang berada pada jaringan yang sama dapat saling terhubung dan saling berkomunikasi untuk membentuk jaringan komputer.

Konektor RJ 45

Perangkat keras internet yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi mereka yang sering bersentuhan dengan komputer dan internet, karena digunakan untuk banyak perangkat jaringan seperti router, LAN Card, switch serta yang lain.

Konektor RJ (Regitered Jack) 45 dalam penerapan jaringan komputer memiliki banyak fungsi tergantung dari apa yang dihubungkan. Jika digunakan sebagai penghubung kabel ethernet maka akan membuat jaringan dapat terhubung ke transceiver atau pemancar penerima. Jika  dipakai pada jaringan komputer LAN akan memudahkan penggantian pesawat telepon, dan beberapa fungsi yang lain.

Konektor RJ 11

Selain Konektor RJ 45 ada lagi perangkat keras internet yang dinamakan Konektor RJ 11 yang seringkali disandingkan bersama kabel STP. Konektor ini memiliki 6 posisi konektor, namun yang dipakai pada umumnya hanya 2 atau 4 saja.

Setidaknya ada 2 fungsi yang dimiliki konektor RJ 11 yaitu untuk menghubungkan komputer pada jaringan Pcnet-Home dengan dipasang ke jack untuk memperoleh sambungan telepon serta dipakai untuk modem DSL atau saluran telepon.

Coaxial

Coaxial adalah kabel jaringan yang terbungkus metal lembek. Dengan menggunakan coaxial instalasi jaringan menjadi lebih mudah dibanding menggunakan kabel UTP. Namun, kecepatan akses menjadi sedikit lambat sehingga sebagian orang tidak mau menggunakan kabel ini.

Fungsi dari perangkat keras internet ini adalah sebagai penghubung berbagai perangkat dalam jaringan komputer seperti menghubungkan dua atau lebih komputer.

Kartu Jaringan atau Kartu LAN

Dalam membangun jaringan komputer LAN Card memiliki peran yang sangat vital karena menjadi media penghubung dalam proses pertukaran data. Beberapa fungsi dari perangkat keras internet ini diantaranya adalah untuk mengontrol aliran data antar komputer dalam satu jaringan, menerima dan menerjemahkan data dalam bentuk bit, serta mempersiapkan data agar bisa berjalan melalui media penghubung saat dilakukan proses transfer dari satu komputer ke komputer lain.

Saat ini penggunaan Kartu LAN sudah mulai berkurang berkat hadirnya perangkat wireless yang dipandang lebih efektif dan efisien karena tidak menggunakan kabel. Tetapi masih banyak pengguna komputer yang memanfaatkan LAN Card karena lebih cepat dalam mentransfer data dibandingkan perangkat wireless.

Secara ringkasnya:

Perangkat keras internetFungsinya
RouterSebagai pengirim data lewat jaringan internet yang disebut routing.
RepeaterMemperluas jangkauan sinyal WIFI
HubMenghubungkan dua atau lebih komputer yang berada dalam lingkup jaringan yang sama
Modem ADSLSebagai penghubung antara router atau komputer ke saluran telepon
SatelitUntuk dapat mengakses internet di area yang tidak terjangkau line telepon serta teknologi broadband lainnya
SwitchMenerima dan meneruskan informasi dari berbagai sumber yang terkoneksi untuk diteruskan ke perangkat yang membutuhkan
Saluran TeleponSebagai perangkat keras internet sangat penting karena menjadi perantara antara komputer dengan jaringan internet
ISDN (Integrated Sevices Digital Network)Untuk mengintegrasikan dan mentransmisi data dalam bentuk gambar, video, grafik, voice dan teks lewat kabel telepon
Twisted Pair atau Unshield Twisted Pair (UTP)Sebagai penghubung berbagai perangkat seperti komputer, server, switch, acces point, router, hub dan printer dalam satu jaringan
Konektor RJ 45Ddalam penerapan jaringan komputer memiliki banyak fungsi tergantung dari apa yang dihubungkan
Konektor RJ 11untuk menghubungkan komputer pada jaringan Pcnet-Home dengan dipasang ke jack untuk memperoleh sambungan telepon serta dipakai untuk modem DSL atau saluran telepon
CoaxialSebagai penghubung berbagai perangkat dalam jaringan komputer seperti menghubungkan dua atau lebih komputer
Kartu LANMempersiapkan data agar bisa berjalan melalui media penghubung saat dilakukan proses transfer dari satu komputer ke komputer lain

Untuk jenis-jenis dari masing–masing perangkat keras bisa lihat di sini:

Itulah 13 perangkat keras internet yang dibutuhkan untuk dapat mengakses internet. Jadi tidak sesederhana sebagaimana anggapan banyak orang. (*)

Give a Comment