Macam-macam Versi dan Jenis Linux Mint

Pengoperasian komputer memiliki sistem operasi yang beragam. Salah satu sistem operasi yang banyak digunakan dalam sebuah komputer adalah Linux.

Sistem operasi Linux sendiri juga beragam, salah satunya adalah Linux Mint.

Terdapat beberapa versi Linux Mint yang bisa digunakan. Sistem operasi ini merupakan produk Linux dengan basis Ubuntu dan Debian. Perilisan pertama dilakukan pada 27 Agustus 2006.

Setelah berjalan selama 12 tahun, jenis Linux ini masih tetap digunakan dengan rilis stabil terkini sebesar 19.0 Tara.

Sistem operasi Linux jenis Mint terus dikembangkan untuk menyesuaikan kebutuhan para penggunanya.

Dalam Linux ini terdapat berbagai macam versi atau jenis dengan karakteristik yang berbeda.

Untuk rekomendasi yang digunakan untuk server bisa dilihat: distro linux untuk server terbaik.

Sedangkan untuk pribadi bisa dilihat: distro linux yang stabil dan ringan untuk digunakan.

Berikut versi dari Linux jenis Mint yang umum digunakan:

Cinnamon


Linux jenis Mint pertama adalah Cinnamon. Versi Cinnamon memiliki ciri khas berupa tampilan yang terlihat sangat modern, baru, dan lengkap. Karena tampilannya yang menarik, versi Cinnamon cukup populer di kalangan pengguna Linux. Tidak hanya menarik, tampilan versi Cinnamon juga sangat mudah digunakan karena cara pengoperasiannya sangat mudah.

Xfce


Versi lainnya adalah Xfce. Xfce merupakan versi Linux yang paling ringan dan stabil dibandingkan dengan Linux Mint lain. Tampilan dari Xfce lebih sederhana dan tidak membutuhkan banyak ruang penyimpanan. Versi Linux ini sangat sesuai bagi pengguna komputer yang ingin komputernya berjalan lancar dan tidak memerlukan banyak program.

MATE

Dibandingkan dengan Cinnamon dan Xfce, MATE menempati posisi di antara keduanya. Tampilan desktopnya lebih sederhana sehingga ruang penyimpanan yang dibutuhkan tidaklah banyak. Namun kestabilannya tidak bisa mengalahkan Xfce. MATE merupakan pengembangan dari GNOME 2 yang dirilis antara 2006 sampai 2011.

KDE

Versi KDE merupakan desain dari KUBUNTU yang memiliki 3 komponen antara lain plasma workspace, aplikasi KDE, dan framework KDE. KDE membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup besar sehingga cukup memberatkan komputer.

Itulah berbagai versi Linux Mint yang ada. Masing-masing versi memiliki kelebihan masing-masing.

Pengguna disarankan memilih versi yang sesuai dengan kemampuan komputernya.

Give a Comment